Tentang Deep Web dan 5 Cara Mudah Masuk dengan Bebas!

435

Pasti kamu pernah mendengar tentang deep web dan masih bertanya situs apakah itu? Sebenarnya deep web termasuk ke dalam kategori situs terlarang atau yang sebaiknya tidak diakses oleh siapapun. Pemerintah kerap sekali melakukan blokir terhadap situs sejenis ini karena kehadirannya dianggap meresahkan pengguna internet.

Tidak sedikit film-film di luar negeri yang membahas tentang kengerian dari deep web, dikabarkan bahwa deep web merupakan situs tempat berkumpulnya orang tidak baik alias penjahat. Informasi yang diberikan oleh deep web pun beraneka ragam. Kebanyakan memberikan informasi yang dilarang atau bahwak mengerikan untuk dilihat.

Deep web kerap dikabarkan juga menjadi tempat penjualan barang-barang yang tidak seharusnya diperjualbelikan secara bebas alias ilegal dan barang hasil tindak kriminal lainnya. Namun apakah kabar tersebut benar? Jika ingin mengetahui tentang deep web lebih lanjut silahkan baca penjelasan elevenconsignment di bawah ini ya.

Pengertian Apa itu Deep Web

Tentang Deep Web dan 5 Cara Akses

Sebelum membahas lebih dalam tentang deep web ada baiknya, kita mulai dengan pembahasan secara garis besar mengenai apa itu deep web, agar kita sudah bisa satu tujuan untuk memahami artikel ini.

1. Pengertian Deep Web

Nama lain dari deep web ialah invisible web atau web yang tidak dapat ditemukan dengan mudah, karena beberapa dari mereka sengaja melakukan itu dan beberapa memblokir situs seperti ini karena tentang deep web dianggap berbahaya dan termasuk ke dalam kategori situs terlarang.

Deep web sendiri pembuatannya masih sama dengan website atau situs pada umumnya yang termasuk ke dalam jaringan world wide web (www) dengan lokasi server tertentu dan menggunakan akses internet untuk membuat situs ini online. Hanya saja deep web kerap membuat dirinya tidak terindeks oleh mesin pencari google dengan mudah, sehingga menemukannya pun butuh beberapa cara.

Tidak hanya pengertian tentang deep web, namun pada artikel ini juga akan membahas mengenai cara melakukan akses atau cara mudah agar kamu bisa dengan mudah masuk ke situs deep web.

Mengapa deep web membatasi indeks mesin pencari agar tidak ditemukan? Hal ini karena deep web menyajikan informasi khusus dengan beberapa konten informasi terpendam yang tidak bisa ditemukan dengan mudah di publik sekalipun.

Beberapa kategori deep web yang elevenconsignment ketahui baiasanya berupa server lokal yang hanya alamat web atau ip address tertentu yang bisa melakukan aksesnya, aplikasi tertentu yang hanya disebarkan secara terbatas ke orang-orang atau organisasi tertentu, dan aplikasi online yang disebar untuk memberikan informasi kepada pekerja atau karyawan tertentu saja.

Pertanyaannya adalah apakah deep web berbahaya? Jawabannya adalah tergantung, namun sebagian besar tidak berbahaya.

Baiklah, elevenconsignment akan coba berikan ilustrasi sederhana tentang deep web. Jika terdapat bongkasan es yang mengapung di dalam air, maka bagian terbesar di dalam air tersebut merupakan deep web. Lalu bagian atas yang terlihat adalah website atau situs-situs umum yang terindeks oleh mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan lain sebagainya.

2. Perbedaan Dark Net dan Deep Web

Di atas sudah dijelaskan secara singkat dan padat mengenai apa itu deep web berdasarkan pengertian dan ilustrasi. Namun tahukah kamu, bahwa ada situs lain yang memiliki arti atau sifat yang mirip dengan deep web? Jawabannya adalah Dark Net. Lantas apa itu Dark Net?

Tentang deep web adalah lebih kepada informasi yang disajikan bersifat rahasia, atau bocoran informasi yang seharusnya tidak tersebar ke publik. Biasanya orang yang berhasil mendapatkan informasi ini memanfaatkan untuk kepentingannya sendiri.

Namun cukup berbeda dengan Dark Net. Situs ini memiliki sifat memperdagangkan informasi berupa barang-barang ilegal atau benda-benda yang unik yang susah sekali ditemukan di publik. Biasanya benda-benda yang disebar ini memiliki historis yang kelam ataupun memiliki jejak penggunaan yang tidak biasa dibandingkan benda sejenis lainnya.

Secara sekilas deep web dan dark net mirip, namun berbeda dari fungsi dan sifatnya. Tujuannya didirikan pun berbeda. Deep web berorientasi kepada informasi yang bersifat rahasia dari kalangan tertentu dan ditujukan untuk kalangannya sendiri, namun dark net lebih kepada ekploitasi informasi dan barang-barang ilegal atau benda-benda yang memiliki historis gelap.

Kami harap sampai sini sudah cukup jelas mengenai pengertian dark web dan perbedaannya dengan dark net. Yang jelas keduanya adalah situs terlarang jika diakses secara publik.

Fakta Tentang Deep Web

Fakta Tentang Deep Web

Seperti yang diketahui oleh penggunaa umum mengenai internet secara garis besar. Internet merupakan suatu infrastruktur dari jaringan yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan dunia baru di sebut dunia maya. Internet merupakan nama lain dari tujuan yang didapatkan setelah berhasil online.

Dunia maya ini merupakan dunia lain yang ditemukan oleh manusia juga, maka dari itu banyak sekali hal-hal yang berada di dalam internet ini. Internet kerap menjadi salah satu simbol kebebasan manusia untuk mengeluarkan ekspresi nya dan juga sebagai tempat manusia mencari segala macam informasi secara instant dari seluruh penjuru dunia.

Informasi yang dicari pada dasarnya adalah informasi umum, namun tidak sedikit dari pengguna internet mulai mencari informasi yang tidak ditemukan secara umum, ataupun informasi yang di luar nalar atau tidak lazim dilihat. Karena inilah deep web lahir, untuk memberikan informasi-informasi baru bagi pengguna internet khusus tersebut.

Deep web sering dijadikan sebagai kejahatan cyber, sejarah tentang deep web juga banyak sekali menjadi obrolan. Bahkan tidak sedikit yang memberikan klaim bahwa deep web memiliki kapasitas server yang jauh lebih besar dari Facebook, Google, dan Microsoft. Namun tidak juga sedikit orang yang beranggapan bahwa pemilik deep web terbesar adalah mereka yang memiliki akses server luar biasa di luar sana, dan gila nya ada yang beranggapan bahwa perusahaan besar seperti Facebook, Microsoft, dan bahkan Google sekalipun memiliki andil dari deep web ini.

Sudah dijelaskan tentang deep web dan dibandingkan dengan dark net, namun bagaimana cara masuk deep web secara bebas tanpa adanya blokir? Simak penjelasan dan beberapa caranya di bawah ini.

Cara Masuk Deep Web dengan Mudah

Tentang Deep Web dan 5 Cara Masuk Dengan Mudah

Jika kamu sudah mengetahui alamat pasti dari situs yang berlabel deep web, maka kamu bisa dengan mudah melakukan akses ke dalamnya. Namun biasanya walaupun kamu sudah mendapatkan alamat pastinya, kamu tetap tidak bisa karena entah dari IP kamu di blokir pemerintah setempat, namun bisa juga deep web melakukan blokir IP address kamu agar tidak bisa melakukan akses.

Elevenconsignment akan menjelaskan 5 cara mudah agar kamu bisa masuk ke deep web, sebagai berikut:

1. Menggunakan Deep Web Directory

Terdapat website yang memiliki segudang alamat situs yang dirahasiakan dan sengaja untuk tidak terindeks oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya. Kamu bisa memanfaatkan situs directory ini untuk masuk atau sekedar mengetahui alamat-alamat deep web yang ingin kamu akses atau masuki.

Web directory yang cukup rahasia, yang sebenarnya cukup favorit digunakan untuk mencaritahu tentang deep web dan apa saja alamatnya, ada di situs hidden wiki. Situs ini mengklaim bahwa kamu bisa menemukan banyak sekali deep web beserta konten-konten atau informasi yang tidak umum atau tidak dipublikasikan secara bebas.

Setelah kamu mendapatkan alamat deep web nya, kamu harus melakukan beberapa langkah lagi ya. Sebenarnya langkah ini juga bisa kamu gunakan untuk membuka situs terlarang manapun, situs yang diblokir kampus dan pemerintah manapun dengan mudah, sebagai berikut:

2. Menggunakan Tor Browser

Cara ini sangat ampuh dan bisa menjebol blokir situs yang terjadi jika kamu melakukan surfing internet menggunakan Tor Browser. Mengapa Tor Browser? karena aplikasi tambahan ini dapat mengklaim dapat menjamin kerahasian kamu saat surfing di dunia maya.

Tor Browser secara otomatis akan menutup informasi identitas kamu (disembunyikan) dan privasi lainnya, lau ditukar dengan informasi identitas lainnya. Jadi seakan-akan kamu menggunakan topeng yang dapat menyembunyikan wajah kamu, sehingga siapapun tidak akan mengetahuinya.

3. Menggunakan VPN Khusus Deep Web

Sebenarnya ada VPN yang khusus digunakan agar dapat masuk ke deep web. Kamu tidak bisa asal atau sembarangan menggunakan VPN jenis apapun. VPN yang digunakannya pun harus khusus. Terdapat VPN yang cukup populer di dunia maya yang jarang diketahui.

Baca Juga : 4 Aplikasi VPN Gratis Android & Anti Blokir

Bagi kamu yang memahami seluk beluk tentang deep web, tentu kamu tau VPN yang satu ini. VPN nya adalah Alphabay. Namun sayangnya, situs alphabay ini sudah terkena blokir langsung oleh FBI. Jadi segala macam tentang deep web pun telah dihapus.

4. Menggunakan Sistem Operasi Tails

Sistem operasi dari tails ini memiliki kemiripan fungsi layaknya VPN. Sebenarnya tails memiliki fokus kepada keamanan dan privasi. Hanya saja hal ini malah dimanfaatkan oleh pengguna internet yang penasaran tentang deep web. Mereka memahami fungsi dari tails yang mirip dengan VPN, yaitu dapat membuat pengunjung atau pengguna internet menjadi anonimus atau tidak diketahui atau tidak terindentifikasi dengan jelas.

Tails adalah singkatan dari The Amnesic Incognito Live System. Jadi setelah kamu selesai menggunakan tails maka seluruh aktivitas kamu akan dihapuskan jejaknya sampai tidak bersisa. Privasi kamu akan terjaga dengan aman.

5. Menggunakan Pretty Good Privacy (PGP)

Perlu diingat PGP di sini bukanlah Post generator pro yang merupakan tools spinning artikel yang diciptakan oleh orang Indonesia. PGP ialah kependekan dari Pretty Good Privacy, artinya adalah bisa dipastikan sistem ini sangat menjaga privasi pengguna karena telah melakukan enkripsi secara online yang cepat dan rumit.

Cara ini kerap digunakan oleh orang yang sudah paham mengenai dunia IT. Tidak sembarang orang yang mengetahui tentang deep web, menggunakan PGP untuk memasuki situs tersebut.

Kesimpulan

Seluruh penjelasan tentang deep web sudah dibahas di atas hingga cara masuk ke dalam deep web itu sendiri. Kelima cara diberikan dengan segala bentuk resiko sendiri yang ditanggung oleh pengguna nya. Namun satu hal yang perlu diketahui, jangan terlalu penasaran kepada deep web sehingga hal ini menjadikan kamu terjerumus untuk mencari hal terlarang atau negatif.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 6677

No votes so far! Be the first to rate this post.

/* */
error: Alert: Content is protected !!