6 Daftar Aplikasi Cloud Storage Terbaik Serta Manfaatnya

6 daftar aplikasi cloud storage

Apa sih aplikasi cloud storage itu? Dan apa saja jenis nya? Bagaimana aplikasi penyimpanan cloud mampu memberikan manfaat bagi kita? Semakin bertambahnya waktu maka semakin banyak juga penemuan berbagai macam teknologi canggih yang dapat mempermudah segala jenis kegiatan dan kebutuhan manusia.

Jika dulu kita harus menggunakan perangkat keras atau hardware seperti hard disk ataupun flash disk untuk meyimpan data, maka saat ini sudah tidak perlu lagi.

Read More

Aplikasi cloud storage hadir sebagai sebuah solusi untuk kamu yang memiliki data cukup banyak namun khawatir menyimpannya di hard ware karena bisa saja tertinggal atau terkena virus.

Manfaat aplikasi cloud storage

Manfaat aplikasi cloud storage

Semakin canggih sebuah teknologi, maka semakin banyak manfaat yang akan didapatkan. Begitu juga dengan aplikasi cloud storage yang hadir sebagai sebuah solusi penyimpanan yang aman dan praktis. Berikut ini beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan cloud storage :

Memudahkan proses pengarsipan data

Fungsi utama dari Cloud Storage adalah mampu menyimpan atau mengarsipkan data dengan sangat mudah dan cepat. Fungsi utamanya ini tentu akan sangat bermanfaat terlebih lagi data yang disimpan atau diarsipkan juga terhindar dari resiko rusak atau hilang seperti saat disimpan di media lain misalnya hard disk, flash disk, dan lainnya.

Manfaat yang satu ini akan sangat diperlukan untuk kamu yang memiliki usaha atau bisnis, kamu bisa menyimpan segala data penting yang akan menunjang bisnismu agar lebih sukses dan maju.

Bisa berkolaborasi

Apa maksud dari bisa berkolaborasi? Maksud dari kolaborasi disini adalah cloud storage bisa digunakan atau bekerja secara bersama-sama.

Misalnya saja di dalam dunia perkantoran, cloud storage akan sering digunakan untuk berkolaborasi bersama dengan karyawan lain untuk bertukar data, pendapat, atau ide.

Ini merupakan salah satu manfaat dari cloud storage yang dapat memberikan dampak yang efektif dan efisien.

Sebagai alat berbagi

Cloud storage bisa kamu gunakan untuk membagi file yang kamu miliki dengan orang lain. Dengan menggunakan cloud storage kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk mengunggah file yang akan kamu bagikan.

Fitur ini juga bisa kamu gunakan untuk membagikan file dengan beberapa orang sekaligus lho! Jadi kamu sudah tidak perlu repot untuk membagikan file satu persatu lagi.

Mampu mengontrol data

Saat sedang membagikan data atau berkolaborasi dengan orang lain menggunakan email atau flash disk, tentunya kamu akan seringkali mengirim file bukan? Nah, semakin lama kamu mengirim file yang beraneka ragam kamu pasti akan bingung file mana yang benar karena file yang diberikan melalui email atau flashdisk sudah tertumpuk.

Berkat cloud storage file yang akan kamu bagikan akan tetap sama dan kamu juga bisa menambahkan catatan untuk setiap perubahan yang kamu lakukan. Dengan begini, teman atau orang yang sedang berbagi file denganmu tidak akan bingung file mana yang harus diterima.

Dapat menghemat biaya

Manfaat yang tidak kalah pentingnya dari penggunaan cloud storage adalah kamu bisa menghemat biaya dalam pemenuhan kebutuhan penyimpanan data.

Manfaat ini sangat penting terutama untuk pelaku bisnis yang sedang menjalankan usahanya namun tetap harus menghemat biaya yang harus dikeluarkan.

Dengan menggunakan cloud storage kamu sudah tidak perlu lagi untuk mengeluarkan biaya mahal untuk membeli hardware seperti hard disk maupun flash disk.

Ramah lingkungan

Karena cloud storage tidak memerlukan perangkat fisik seperti hard disk maupun flash disk, maka limbah yang ada di bumi ini akan berkurang dan lebih ramah terhadap lingkungan karena semua data menggunakan sarana internet.

Simple

Karena semua data disimpan di internet, kamu bisa dengan mudah mengaksesnya kapanpun dan dimanapun. Satu-satunya yang kamu butuhkan untuk bisa mengakses data yang ada di cloud storage hanya koneksi internet yang stabil.

Itu dia beberapa manfaat aplikasi cloud storage yang sangat wajib untuk kamu ketahui agar kamu semakin yakin menggunakan cloud storage.

6 Daftar aplikasi cloud storage terbaik

6 daftar aplikasi cloud storage

Jika kamu termasuk salah satu orang yang masih menggunakan hardware seperti hard disk maupun flash disk untuk menyimpan data atau file, maka sebaiknya kamu segera beralih menggunakan aplikasi cloud storage.

Saat ini hampir semua orang sudah mengandalkan cloud storage sebagai pilihan utama untuk bisa menyimpan berbagai jenis file seperti foto, video, musik, dan dokumen.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ada banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan cloud storage dibandingkan dengan menggunakan hardware.

Hardware sangat memiliki resiko keamanan yang rendah, bisa saja kamu lupa untuk membawanya dan akan ditemukan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab sehingga seluruh data atau file akan disalah gunakan bukan?

Nah untuk mencegah salah satu resiko tersebut, sebaiknya kamu segera beralih menggunakan cloud storage.

Cloud storage mampu menyimpan data atau file apapun dengan sangat aman dan bisa kamu akses kapanpun saat butuh. Kapasitas penyimpanan yang ada di cloud storage juga cukup besar.

Terlebih lagi saat ini cloud storage sudah bisa diakses menggunakan beragam jenis perangkat seperti PC, Laptop, atau smartphone baik itu cloud storage for android ataupun iOS. Berikut ini daftar cloud storage terbaik yang bisa untuk kamu gunakan :

Aplikasi cloud storage Google Drive

Aplikasi cloud storage Google Drive

Siapa sih saat ini yang tidak tahu tentang Google Drive? Google Drive merupakan sebuah layanan penyimpanan data secara digital besutan dari perusahaan raksasa Google.

Layanan ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2012 dan menjadi ekstensi dari Google Docs. Aplikasi Google Drive akan membantumu untuk menyimpan beragam jenis file penting.

Aplikasi cloud storage DropBox

Aplikasi cloud storage Dropbox

DropBox merupakan salah satu penyimpanan cloud storage terbaik dan sudah banyakdigunakan oleh banyak orang. Aplikasi ini bisa diakses melalui PC, laptop, dan smartphone.

Kapasitas dari aplikasi ini bisa ditambah juga lho, sehingga semakin banyak data yang bisa kamu simpan.

Aplikasi cloud storage One Drive

Aplikasi cloud storage One Drive

OneDrive juga dikenal dengan nama SkyDrive atau Windows Live Folder yang dirancang oleh Microsoft. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis maupun berbayar dengan ruang penyimpanan yang disediakan sekitar 7 GB hingga 15 GB dan bisa ditambah sebesar 5 GB.

Aplikasi cloud storage Box

Aplikasi cloud storage Box

Di kalangan pebisnis, Box merupakan cloud storage yang paling banyak digunakan. Aplikasi ini menyediakan kapasitas penyimpanan yang cukup besar hingga 10 GB dan file yang di upload dibatasi minimal sebesar 250 MB.

Aplikasi cloud storage Mega

Aplikasi cloud storage Mega

Dulu aplikasi Mega merupakan layanan berbasis situs yang dikenal sebagai megaupload.com. Kini perusahaan Mega Limited meluncurkan aplikasi Mega sebagai cloud storage gratis dengan kapasitas penyimpanan yang sangat tinggi hingga 50 GB.

Aplikasi cloud storage Bitcasa

Aplikasi cloud storage Bitcasa

Bitcasa merupakan cloud storage yang dibuat oleh perusahaan asal Amerika dengan mengutamakan keamanan data. Kapasitas penyimpanan di aplikasi ini juga cukup besar yaitu 25 GB untuk setiap pengguna.

Semua file yang disimpan di aplikasi ini akan di enkripsi terebih dahulu sehingga yang dapat melihat hanya pemiliknya saja.

Itu dia beberapa daftar aplikasi cloud storage terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah urusanmu dalam hal penyimpanan data atau file. Kira-kira aplikasi mana saja yang sudah dan akan kamu gunakan kedepannya?

5 / 5. 567

Related posts