16 Aplikasi Perekam Layar (Screen Recorder) Android PC Terbaik

  • Whatsapp
aplikasi perekam layar

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih ini membuat banyak sekali fitur canggih yang ada pada perangkat PC atau komputer. Bahkan sangking banyaknya aplikasi, sering kali ada aplikasi yang terlupakan keberadaannya. Salah satunya aplikasi perekam layar PC. Sebenarnya aplikasi screen recorder ini memiliki peranan yang sangat penting dalam PC.

Memanfaatkan fitur perekam layar ini anda bisa membuat video tutorial, presentasi, merekam aktivitas bermain game, dan berbagai keperluan lainnya. Terlebih saat ini sudah banyak sekali tersedia aplikasi perekam layar yang bisa anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan anda.

Read More

Pastinya setiap aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Jadi anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anda. Kini anda bisa melakukan download aplikasi perekam layar PC yang anda butuhkan secara gratis. Hal ini akan membuat anda lebih mudah menemukan fitur aplikasi perekam layar PC yang terbaik.

9 Aplikasi Perekam Layar PC yang Terbaik

Aplikasi perekam layar pc

Apabila anda bingung mencari aplikasi perekam layar PC atau screen recorder yang terbaik, maka tenang saja. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai rekomendasi aplikasi perekam layar terbaik untuk PC.

1. Aplikasi perekam layar PC OBS (Open Broadcaster Software)

Aplikasi perekam layar pc OBS

Rekomendasi aplikasi screen recorder untuk PC yang terbaik karena aplikasi ini sudah tanpa ada watermark. Aplikasi bisa anda pasang pada OSX, Windows, dan Linux karena sifatnya yang open source dan multiplatform. Jadi anda bisa memasang software ini di berbagai sistem operasi.

Baca Juga : Top 19 Aplikasi Terlarang Android 2020 dan Link Download

Anda bisa memanfaatkan aplikasi OBS ini untuk merekam video di situs online secara langsung. Terlebih anda bisa lebih mudah menggunakan aplikasi OBS sebab menawarkan tampilan yang lebih sederhana sehingga mudah digunakan.

Selain itu sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa anda manfaatkan untuk merekam suara, merekam desktop, dan webcam.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi screen recorder PC secara gratis sehingga tidak heran kalau aplikasi ini banyak digunakan oleh pengguna.

Ada beberapa kelebihan yang bisa anda rasakan saat menggunakan OBS seperti menawarkan banyak pilihan filter video, mendukung live broadcast dan streaming.

2. Aplikasi perekam layar PC TinyTake

Aplikasi perekam layar pc TinyTake

Aplikasi perekam layar pc TinyTake merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh MangoApps. Aplikasi ini bisa anda gunakan untuk rekam layar secara gratis. Walau gratis, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang lengkap sehingga sangat menarik untuk anda coba.

Anda bisa menggunakan TinyTake untuk merekam area tertentu atau seluruh layar. Selain itu anda bisa menggunakan fitur anotasi, zoom in/zoom out, dan masih banyak hal lainnya yang bisa anda manfaatkan saat menggunakan TinyTake.

Anda bisa memanfaatkan versi gratis dengan durasi 5 menit. Kalau anda menggunakan versi berbayar maka anda bisa menggunakannya dengan durasi 120 menit.

Ada beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan saat menggunakan TinyTake yaitu menawarkan tampilan yang sederhana sehingga lebih mudah untuk dioperasikan.

Selain itu pengaturan untuk merekam lebih mudah untuk dipahami sehingga sangat cocok sekali untuk pemula.

3. Aplikasi perekam layar PC Atomi Active

Aplikasi perekam layar pc Atomi Active

Aplikasi Atomi Active menjadi salah satu aplikasi yang menawarkan desain yang minimalis. Memang desainnya minimalis namun bisa anda manfaatkan untuk merekam layar PC. Aplikasi ini tidak main-main karena bisa anda gunakan untuk merekam layar dengan resolusi tinggi.

Aplikasi perekam layar pc ini bisa anda manfaatkan untuk merekam sebagian atau seluruh layar PC. Selain itu yang membuat aplikasi ini menjadi pilihan adalah menawarkan durasi untuk merekam layar dengan durasi yang lebih lama. Selain itu agar hasil videonya lebih baik maka anda juga bisa mengeditnya dulu.

Sebagai salah satu aplikasi yang terbaik maka atomi Active ini memiliki banyak kelebihan seperti : menawarkan banyak fitur efek, tidak ada watermark, menawarkan format yang banyak, dan sudah terdapat fitur editing.

Memang dari sekian banyak kelebihan yang ditawarkan memang setiap aplikasi pastinya ada kekurangannya. Namun semua itu tidak menjadi masalah karena sudah banyak kelebihan yang ditawarkan.

4. Aplikasi perekam layar PC Action

Aplikasi perekam layar pc Action

Action merupakan aplikasi perekam layar PC yang terbaik. Aplikasi ini bisa anda gunakan untuk aktivitas streaming setiap waktu. Selain itu aplikasi ini menawarkan kualitas rekaman yang terbaik dengan resolusi HD.

Saat menggunakan aplikasi Action anda akan menemukan fitur esensial untuk merekam video dan suara. Selain itu masih ada beberapa fitur unik lainnya yang pastinya sangat mendukung apa yang anda butuhkan. Action ini bisa anda manfaatkan untuk mengambil gambar dengan cepat atau screenshot. Sehingga sangat cocok bagi anda yang mengambil gambar dnegan tujuan untuk membuat tutorial.

Baca Juga : 8 Aplikasi Download Lagu Terbaik Yang Wajib Kamu Coba!

Format yang dihasilkan saat menggunakan screen recorder PC adalah AVI dan MP4 sehingga ini sangat cocok di edit di aplikasi editing video. Berikut ini kelebihan yang ditawarkan seperti : bisa anda gunakan untuk merekam video dengan kualitas HD, sudah tersedia fitur live streaming dan tersedia juga fitur screenshot layar.

5. Aplikasi perekam layar PC WM Capture

Aplikasi perekam layar pc WM Capture

Aplikasi WM Capture merupakan salah satu aplikasi perekam layar PC yang memiliki banyak kelebihan. WM Capture akan memudahkan anda dalam urusan merekam video dengan layar tertentu atau seluruhnya. Selain itu sudah dilengkapi dengan fitur schedule recording.

Nah, dengan menggunakan aplikasi tersebut anda bisa kapan saja melakukan perekaman layar PC. Anda bisa mengatur kapan aplikasi screen recorder PC, sehingga bisa merekam secara otomatis. Tentu ini tidak membuat anda repot menekan tombol rekam. Hasil videonya berupa format AVI, DVD, ISO, WMV, MPEG dan masih banyak lainnya.

Ada beberapa kelebihan menggunakan aplikasi perekam layar ini yaitu menawarkan fitur schedule recording yang membuat anda bisa mengatur jadwal untuk perekaman layar. Selain itu bisa anda gunakan untuk merekam sebagian layar. Selain itu sudah terdapat banyak hasil format yang banyak seperti WMV, AVI, ISO, DVD, dan masih banyak lainnya.

6. Aplikasi perekam layar PC XSplit Gamecaster

Aplikasi perekam layar pc XSplit Gamecaster

Aplikasi XSplit Gamecaster merupakan salah satu aplikasi perekam layar PC untuk aktivitas game. Sesuai namanya aplikasi ini bisa anda gunakan untuk merekam game. Aplikasi XSplit Gamecaster ini memang sangat populer dan sudah banyak digunakan oleh para gamer.

Salah satu keunggulan dari aplikasi XSplit Gamecaster ini adalah sudah ada fitur streaming untuk bermain game. Tentunya semuanya bisa berjalan dengan lancar dan stabil. Untuk melakukan perekaman video game anda cukup menekan tombol record saja.

Menariknya lagi screen recorder PC ini menawarkan konfigurasi pengaturan yang disesuaikan dengan spesifikasi laptop yang anda pakai. Selain itu pada aplikasi XSplit Gamecaster sudah terdapat fitur edit video bawaan sehingga anda bisa melakukan penyuntingan secara bersamaan.

Ada beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan saat menggunakan XSplit Gamecaster yaitu lebih mudah dan praktis sehingga sangat cocok untuk para pemula. Selain itu terdapat fitur edit video sehingga anda bisa langsung mengedit setelah proses rekaman selesai. Terdapat fitur live streaming untuk berbagai platform.

7. Aplikasi perekam layar PC Screenpresso

Aplikasi perekam layar pc Screenpresso

Aplikasi perekam layar pc Screenpresso merupakan aplikasi yang menawarkan dua versi yaitu gratis dan berbayar. Tentunya kedua versi ini menawarkan fitur yang berbeda. Satu hal yang perlu anda ketahui adalah aplikasi ini bisa anda gunakan untuk merekam layar dengan kualitas standar.

Beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan dari aplikasi Screenpresso yaitu bisa digunakan untuk merekam webcam dan audio secara bersamaan, hasilnya tidak berat, menawarkan fitur Quick Access untuk melihat rekaman sebelumnya. Selain itu terdapat fitur share sehingga bisa anda sebarkan di media sosial.

8. Aplikasi perekam layar PC Windows 10 Game DVR Bar

Aplikasi perekam layar pc Windows 10 Game Bar

Aplikasi perekam layar pc ini merupakan salah satu software bawaan yang terdapat di Windows 10. Apabila anda ingin menggunakannya yaitu cukup menekan tombol Windows + G setelah itu program akan terbuka.

Kelebihan menggunakan aplikasi perekam layar pc ini adalah terdapat fitur game dvr. Nah, dengan menggunakan aplikasi ini akan membuat anda lebih mudah dalam merekam layar lebih smooth dan hasilnya pastinya lebih berkualitas. Selain itu ukuran video yang dihasilkan tidak besar tentunya tidak membutuhkan memori penyimpanan yang besar.

9. Aplikasi perekam layar PC ShareX

Aplikasi perekam layar pc ShareX

Bagi anda yang sedang mencari software untuk merekam layar PC yang tidak ada watermark nya maka anda bisa menggunakan ShareX. Aplikasi perekam layar ini sudah menawarkan berbagai fitur pendukung dan metode perekaman yang sudah beragam. Kalau anda tertarik bisa langsung download aplikasi perekam layar PC di internet.

Saat anda menggunakan aplikasi screen recorder PC ini maka anda bisa menggunakannya tanpa batas waktu. Untuk penyimpanan akhir menggunakan format GIF. Ada beberapa kelebihan yang bisa anda rasakan saat menggunakan aplikasi ini adalah pastinya bebas iklan dan tanpa watermark. Menawarkan berbagai fitur yang lengkap dan pastinya bisa anda manfaatkan secara gratis.

7 Aplikasi Perekam Layar Android

Aplikasi perekam layar android

Selanjutnya selain aplikasi untuk perekam layar PC, juga terdapat aplikasi perekam layar Android. Mungkin anda sudah pernah melihat berbagai video tutorial mengenai Android. Saat melihat video tersebut maka anda akan melihat kalau video itu dibuat dengan merekam layar Android.

Apabila anda ingin membuat video tutorial maka anda perlu aplikasi perekam layar khusus untuk Android. Sebenarnya anda bisa melakukan rekaman layar secara manual dengan memanfaatkan kamera biasa. Namun hasilnya memang kurang memuaskan dan kurang jernih.

Kalau anda ingin melakukan perekaman layar Android maka anda bisa menggunakan aplikasi aplikasi perekam layar Android sehingga kualitasnya lebih baik. Bagi anda yang ingin mencari aplikasi yang terbaik untuk merekam layar maka silahkan simak beberapa aplikasi untuk merekam layar Android yang bagus.

1. Aplikasi perekam layar android DU Recorder

Aplikasi perekam layar android DU Recorder

Apabila anda ingin menggunakan aplikasi perekam layar Android yang terbaik dan berkualitas bisa menggunakan DU Recorder. Aplikasi ini bisa menjadi pilihan karena sudah banyak yang menggunakannya sekitar 1.5 juta.

Terlebih dengan menggunakan DU Recorder anda akan mendapatkan berbagai fitur yang banyak. Aplikasi perekam layar android ini bisa anda gunakan untuk berbagai smartphone Andorid tanpa harus rooting. Selain itu anda bebas menggunakannya tanpa harus ribet iklan dan tidak ada batasan waktu saat melakukan perekaman. Tersedia juga fitur editing yang memudahkan anda untuk melakukan editing untuk menghasilkan video yang terbaik.

2. Aplikasi perekam layar android AZ Screen Recorder

Aplikasi perekam layar android AZ Screen Recorder

Aplikasi perekam layar android AZ Screen Recorder merupakan salah satu aplikasi perekam layar android yang bisa anda gunakan untuk merekam layar di Android. Smartphone Android yang bisa anda gunakan ini mulai versi Lollipop dan sampai operasi Android yang tertinggi.

Saat menggunakan AZ Screen Recorder ini anda tidak perlu melakukan root. Anda cukup instal aplikasi ini pada perangkat Android. Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini tanpa ada batasan waktu.

Selain itu kualitas tampilan HD sampai Full HD. Selain itu saat menggunakan AZ Screen Recorder anda bisa memanfaatkan fitur Magic Button untuk merekam layar.

3. Aplikasi perekam layar android Lollipop Screen Recorder

Aplikasi perekam layar android Lollipop Screen Recorder

Aplikasi perekam layar android Lollipop Screen Recorder ini memang digunakan untuk ponsel Android dengan versi Lollipop dan versi Android atasnya. Selain itu anda tidak perlu repot-repot untuk rooting agar bisa menggunakannya.

Aplikasi perekam layar ini sudah dibekali dengan user interface yang sederhana sehingga anda bisa melakukan rekaman layar dengan mudah dan lebih praktis. Aplikasi ini sudah ada di Google PlayStore sehingga anda akan lebih mudah untuk menemukannya.

Selain itu anda juga tidak perlu khawatir kalau ada virus yang berbahaya dan merusak ponsel anda. Anda bisa mengunduh Lollipop Screen Recorder ini secara gratis sehingga anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk menggunakannya.

4. Aplikasi perekam layar android by Impress Codes

Aplikasi perekam layar android by Impress Codes

Aplikasi perekam layar android ini bisa anda pilih untuk digunakan sebagai aplikasi perekam layar yang menawarkan kualitas terbaik. Aplikasi buatan impress Codes ini menawarkan berbagai kemudahan untuk merekam layar di ponsel Android.

Aplikasi ini mampu menghasilkan kualitas rekaman yang bagus kualitas HD dan lebih profesional. Selain itu anda bisa bebas menggunakan aplikasi ini tanpa khawatir ada watermark.

Kalau anda tertarik untuk menggunakan aplikasi perekam layar android maka anda bisa menikmatinya tanpa harus rooting. Sehingga tidak heran kalau aplikasi ini banyak digunakan oleh pengguna smartphone.

5. Aplikasi perekam layar android Screen Recorder Free No Ads

Aplikasi perekam layar android Screen Recorder Free No Ads

Kalau anda membutuhkan aplikasi perekam layar android yang tidak ada iklannya maka anda bisa menggunakan Screen Recorder Free No Ads. Saat menggunakan aplikasi Screen Recorder anda akan mendapatkan berbagai fitur menarik yang bisa memudahkan anda untuk merekam layar Android.

Saat menggunakan aplikasi perekam layar android ini anda bisa sambil selfie. Terdapat penambahan stiker yang membuat hasil rekaman bisa lebih bagus lagi.

6. Aplikasi perekam layar android Rec. Screen Recorder

Aplikasi perekam layar android Rec. Screen Recorder

Rekomendasi aplikasi perekam layar android yang terbaik selanjutnya adalah Rec. Screen Recorder. Dimana aplikasi ini sudah dibekali dengan berbagai fitur yang lengkap dan menarik.

Aplikasi perekam layar ini sudah dilengkapi User interface yang sederhana sehingga akan memudahkan anda saat melakukan rekaman layar di ponsel Android.

Kalau anda tertarik untuk menggunakannya maka aplikasi ini sudah tersedia dalam dua versi yaitu gratis dan berbayar. Kalau untuk versi berbayar anda bisa memanfaatkan mic untuk merekam layar.

7. Aplikasi perekam layar android Game Screen Recorder

Aplikasi perekam layar android Game Screen Recorder

Bagi anda yang ingin melakukan rekaman layar android saat bermain game maka anda bisa memanfaatkan aplikasi perekam layar android Game Screen Recorder. Dimana aplikasi ini bisa anda manfaatkan untuk merekam di berbagai momen.

Penggunaan aplikasi ini tidak ada batasan sehingga anda pun bebas untuk melakukan rekaman layar sesuai dengan kebutuhan. Hal ini akan memberikan anda kepuasan tersendiri bisa melakukan rekaman layar tanpa ada batasan waktu.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenaiaplikasi perekam layar android dan PC. Pastinya daftar aplikasi ini direkomendasikan karena menawarkan kualitas terbaik dengan fitur menarik yang lengkap.

Anda bisa menggunakan aplikasi tanpa harus root di smartphone. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda terkait aplikasi untuk merekam layar PC dan Android.

5 / 5. 1402

Related posts