7 Hal Tentang Asuransi Mobil All Risk / Comprehensive

2,745

Apa itu asuransi mobil all risk ? Bagaimana asuransi jenis ini bekerja dan seperti apa cara untuk mengajukannya ? Seluruh penjelasan mengenai asuransi mobil all risk akan dijelaskan pada artikel di bawah ini, hingga penjelasan mengenai segala jenis resiko yang di dapatkan atau di cover oleh perusahaan asuransi mobil yang bersangkutan.

Pada dasarnya semua asuransi mobil itu sama fungsi nya, yaitu untuk melindungi kenyamanan dan mengurangi kerugian besar bagi pemilik kendaraan mobil. Beberapa asuransi mobil menerapkan perlindungan menyeluruh akan kerusakan mobil, bahkan hingga termasuk kehilangan mobil.

Secara khusus artikel ini akan menjelaskan beberapa hal, diantaranya :

  1. Info Lengkap Asuransi Mobil All Risk / Comprehensive
  2. Jenis Klaim yang Disetujui Asuransi Mobil All Risk
  3. Contoh Kejadian
  4. Contoh Kasus yang Dapat Klaim Asuransi Mobil All Risk
  5. Cakupan Perlindungan Kendaraan
  6. Perbedaan Asuransi All Risk dengan TLO
  7. Tarif dan Biaya Asuransi All Risk

Info Lengkap Asuransi Mobil All Risk / Comprehennsive

Asuransi Mobil All Risk 2021

Mempunyai kendaraan bermotor atau dalam hal ini adalah mobil, tentunya memiliki resiko akan beberapa hal, diantaranya kerusakan akibat kecelakaan baik itu kecelakaan ringan ataupun berat, dan yang kedua adalah resiko akan kehilangan mobil.

Baca juga : Asuransi Online 2021: Asuransi Pandemic Covid-19 Diawasi OJK

Ganasnya kehidupan berkendara di Indonesia adalah menjadi salah satu faktor utama yang mengapa hampir setiap pemilik kendaraan bermotor menggunakan asuransi mobil all risk. Di jalanan banyak sekali pengendara kendaraan yang ugal-ugalan alias tidak memperhatikan sekitar bahkan tidak peduli terhadap rambu-rambu lalu lintas.

Penerobosan lampu lalu lintas menjadi salah satu penyebab utama yang mendatangkan kecelakaan di jalan raya. Penerobosan yang dilakukan oleh hampir semua jenis kendaraan menjadi permasalahan utama. Hal ini lah yang menjadi dasar, pemilik kendaraan mobil yang peduli akan keselamatan finansial mereka dengan menggunakan asuransi mobil all risk.

Jenis Klaim yang Disetujui Asuransi Mobil All Risk

Asuransi Mobil All Risk Jenis Klaim yang Disetujui

Secara garis besar asuransi mobil all risk dapat diartikan sebagai asuransi yang menerima “segala jenis resiko”. Asuransi ini juga dapat disebut sebagai asuransi mobil comprehensive atau nama lainnya adalah asuransi mobil keseluruhan.

Dimana asuransi mobil comprehensive ini akan menanggulangi atau membiayai segala klaim kerusakan yang terjadi terhadap mobil yang diasuransikan. Dimulai dari jenis kerusakan ringan seperti lecet atau baret atau kerusakan cat mobil, rusak berat seperti mobil tertabrak benda yang lebih besar sehingga membuat mobil mengalami kerusakan yang memerlukan pergantian sparepart atau perbaikan dalam waktu yang lama, dan terakhir adalah resiko atas kehilangan mobil.

Terdapat perusahaan asuransi mobil yang hanya melayani jenis resiko kehilangan saja, dan disebut sebagai asuransi mobil TLO (Total Lost Only). Dimana secara garis besar asuransi mobil jenis TLO hanya akan membayar klaim kepada pemegang asuransi jika mobil yang diasuransikan mengalami kehilangan dengan kondisi tertentu dan syarat tertentu.

Contoh Kasus yang Dapat Klaim Asuransi Mobil All Risk

Asuransi Mobil All Risk Contoh Kasus

ElevenConsignment akan memberikan gambaran informasi mengenai contoh kejadian yang dapat ditanggung oleh asuransi mobil all risk / comprehensive. Berikut contoh kejadian yang memungkinkan untuk dilakukan klaim dengan asuransi mobil jenis all risk :

“Diketahu pemilik kendaraan mobi berdomisili atau tinggal di DKI Jakarta. Seperti yang sudah diketahui oleh sebagian atau bahkan seluruh rakyat Indonesia, bahwa Jakarta merupakan kota yang memiliki tingkat resiko banjir sangat tinggi. Lalu suatu waktu pemilik kendaraan mobil tersebut sedang bekerja di salah satu gedung atau perkantoran di daerah Jakarta Pusat yang memiliki fasilitas parkir basement. Kemudian, di luar perkiraan terjadi hujan yang cukup besar dengan durasi hujan yang begitu lama sehingga menjadikan parkiran basement kebanjiran. Oleh sebab itu lah, seluruh mobil yang terparkir di basement tersebut terendam banjir. Tentu saja, hal ini membuat mobil pemilik asuransi all risk pun kebanjiran yang menyebabkan kerusakan mesin yang cukup parah.”

Nah dalam contoh kasus di atas, pemilik mobil tersebut bisa mengajukan klaim menyeluruh atas kerusakan yang dialami mobil nya. Besarnya kerusakan yang dialami dapat sepenuhnya diganti atau dibayarkan oleh asuransi mobil berjenis all risk / comprehensive. Sebagian perusahaan asuransi mobi hanya dapat mengganti jika kerusakan mobil di bawah 75%, dan jika kerusakan di atas 75% maka bisa menggunakan asuransi mobil TLO.

Cakupan Perlindungan Kendaraan

Asuransi Mobil All Risk Cakupan Perlindungan

Bagaimana sih luasnya cakupan perlindungan asuransi all risk terhadap kendaraan mobil ? tentu saja, dilihat dari namanya saja sudah dapat diketahui bagaimana cakupan mobil all risk / comprehensive ini bekerja. Asuransi jenis ini mengklaim mampu melindungi mobil dari segala jenis tingkat kerusakan, baik kerusakan ringan hingga kerusakan mobil berat.

Biasanya di bawah ini beberapa hal tanggungan yang akan diterima oleh pemegang polis asuransi mobil jenis all risk, diantaranya :

  • Layanan Derek
  • Layanan atas Bantuan Darurat di Jalan
  • Mitra Bengkel yang Terpercaya
  • Same-Day Repair (tidak semua perusahaan asuransi mobil menerapkan ini)
  • Penggantian kendaraan lama dengan kendaraan mobil baru
  • Perlindungan menyeluruh terhadap mobil pribadi
  • Mengganti biaya transportasi yang telah dikeluarkan
  • Meberikan pelayanan untuk pembaruan STNK
  • Dan lain sebagainya…

Perbedaan Asuransi All Risk dengan TLO

Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Sudah dijelaskan di atas bahwa sebagian besar perusahaan asuransi all risk jenis kendaraan mobil biasanya hanya menerima klaim maksimal sebesar kurang dari 75% dari total kerusakan mobil. Namun dapat juga asuransi jenis all risk memiliki jaminan penggantian atas kehilangan mobil.

Namun, berbeda dengan asuransi mobil TLO yang hanya bisa menerima klaim jika mobil tersebut mengalami kehilangan atau kerusakan yang parah di atas 75% dari nilai kendaraan. Mobil akan diganti baru dengan syarat dan yang sudah disepakati di awal saat mengajukan asuransi.

Tarif dan Biaya Asuransi All Risk

Asuransi Mobil All Risk Tarif dan Biaya

Jika pembaca adalah seorang pemegang polis asuransi all risk, maka sudah seharusnya mengetahui tentang tarif dan biaya asuransi all risk mobil. Besarnya nilai premi yang telah ditetapkan oleh perusahaan penyedia asuransi dengan menyesuaikan terhadap kondisi kendaraan yang ada, sebagai berikut :

  • Perusahaan akan melihat keadaan dari fisik mobil yang diajukan
  • Perusahaan asuransi akan melihat jenis atau tipe kendaraan yang diajukan
  • Usia mobil juga menjadi pertimbangan besaran premi asuransi
  • Perusahaan wajib mengetahi fungsi dan bagaimana penggunaannya
  • Perusahaan akan mengajukan pertanyaan secara lisan ataupun tertulis berupa pernyataan dari pengaju polis mengenai pengalaman atau peristiwa yang telah terjadi seperti apa saja yang mengakibatkan kerugian
  • Baru yang terakhir adalah jenis pertanggungan yang diinginkan oleh pengaju asuransi all risk

Biaya yang diberikan pada setiap perusahaan asuransi pun akan berbeda-beda, namun dasar dari penetapan ini sebenarnya sudah diatur oleh Surat Edaran OJK dengan Nomor: SE-06/D.05/2017.

Adanya kasus tertentu yang menyebabkan terjadinya penambahan biaya asuransi yang dikarenakan pengaju polis asuransi mobil all risk ingin memberikan perlindungan tambahan untuk kejadian seperti :

  • Tanggung Jawab Hukum (TJH) yang ditujukan kepada Piha Ketiga (Third Party Liability/TPL)
  • Adanya Kecelakaan Diri (Personal Accident/PA) terhadap Penumpang ataupun Pengendara
  • Terjadinya beberapa musibah yang cukup besar dan langka, seperti Angin Topan, Banjir Besar, Badai Besar, Hujan Es, Tanah Longsor, Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi, hingga kejadian luar biasa seperti Tsunami
  • Kejadian pelengkap tidak terduga lainnya seperti huru-hara dan kerusuhan

Akhir Kata

Asuransi Mobil All Risk Akhir Kata

Calon pengguna polis asuransi mobil asuransi all risk wajib mengetahui dan memahami dengan baik dan benar untuk setiap resiko hingga cakupan klaim yang dapat ditanggulangi oleh pihak perusahaan asuransi tersebut. Pentingnya penggunaan asuransi all risk menjadi salah dasar kenyamanan finansial dari sisi kendaraan bagi setiap pemilik kendaraan bermotor, dalam hal ini adalah mobil.

Pilihlah perusahaan asuransi yang kredibel (terpercaya) / diakui secara legal oleh Pemerintahan Republik Indonesia, dan perusahaan asuransi yang memiliki banyak feedback positif mengenai kinerja proses klaimnya (proses cepat, tidak berbelit-belit, dan memiliki cakupan proteksi yang luas).

5 / 5. 3665

/* */
error: Alert: Content is protected !!