5 Cara Memilih Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Tahun ini

652

Mengetahui cara memilih asuransi jiwa terbaik merupakan pilihan utama bagi mereka yang cerdas dan mau mengambil asuransi jiwa yang tepat bagi dirinya. Namun semua itu memerlukan upaya dan pengetahuan.

Pengetahuan tentang cara memilih asuransi jiwa terbaik. Supaya nasabah mendapatkan pelayanan yang maksimal dari asuransi. Jangan sampai keliru mengambil alat proteksi diri.

Sudah banyak orang yang merasa tertipu dan dirugikan dengan asuransi yang mereka ikuti. Karena mereka kurang selektif dalam memilih asuransi jiwa.

Mungkin anda sering mendapatkan tawaran asuransi jiwa dari beberapa lembaga perusahaan penyedia asuransi jiwa terbaik ataupun perbankan. Misalkan asuransi Allianz, Prudential, Manulife dan lain-lain. Anda akan merasa kebingungan dalam memilih jenis asuransi jiwa yang tepat.

Mengingat berbagai  jenis asuransi jiwa memiliki kelebihan, pilihan dan fitur masing-masing. Sebagai patokan ada banyak cara untuk menentukan suatu asuransi tepat bagi anda atau tidak.

Cara Memilih Asuransi Jiwa Terbaik

Cara memilih asuransi jiwa terbaik 1

Bagi anda yang bingung cara memilih asuransi jiwa terbaik maka penulis akan memberikan panduan secara lengkap. Berikut ini cara memilih asuransi jiwa terbaik bagi pemula, antara lain:

1. Menentukan jenis asuransi

Cara memilih asuransi jiwa terbaik 2

Asuransi jiwa terdiri-dari dua bagian yakni asuransi jiwa syariah dan asuransi jiwa konvensional. Bagi anda yang lebih memerlukan asuransi jiwa syariah maka anda bisa mengambil asuransi jiwa syariah terbaik.

Contoh asuransi jiwa syariah Prudential, Manulife, Allianz, dan AIA. Selain itu, anda bisa mengambil asuransi jiwa berjangka, dan asuransi jiwa murni.

2. Lakukan perbandingan

Cara memilih asuransi jiwa terbaik 3

Lakukanlah perbandingan antara asuransi jiwa yang satu dengan yang lain. Misalkan asuransi jiwa Prudential vs Manulife atau Prudential vs Allianz. Anda bisa mempelajari layanan dan kelebihan dalam memproteksi resiko.

Baca Juga : Customer Journey – ini Dia 7 Cara Tepat Membuatnya !

Sangat mudah bagi anda untuk memperbandingkan satu asuransi jiwa dengan asuransi jiwa lain. Para sales asuransi dari berbagai perusahaan penyedia asuransi jiwa umumnya akan agresif menawarkan proposal asuransi.

3. Mendapatkan perlindungan maksimal sesuai kebutuhan

Cara memilih asuransi jiwa terbaik 4

Adapun tujuan anda mengambil asuransi jiwa terbaik, asuransi jiwa murni dan asuransi jiwa berjangka adalah untuk mendapatkan perlindungan optimal dari segala kejadian yang tak terduga. Contoh seorang nasabah akan mendapatkan uang pertanggungan atas suatu musibah kematian.

Asuransi jiwa terbaik akan memproteksi keuangan keluarga apabila sang tulang punggung keluarga mengalami cacat hingga tak dapat bekerja atau meninggal dunia.

Perusahaan penyedia asuransi jiwa akan memberikan uang pertanggungan atas resiko yang dialami nasabah. Uang pertanggungan itu mesti mencukupi biaya kebutuhan keluarga.

Apabila biaya hidup selama satu bulan sebuah keluarga sebesar Rp 9 juta maka sobat tak memerlukan mengambil asuransi jiwa yang memberikan perlindungan sampai Rp 100 juta. Karena itu sudah lebih dari memadai.

Anda bisa mengambil asuransi yang memberikan perlindungan uang sesuai kebutuhan yakni nominal uang proteksi mampu menghidupi kebutuhan secara layak satu keluarga.

4. Menilai biaya premi

Cara memilih asuransi jiwa terbaik 5

Biaya premi asuransi jiwa berbeda-beda. Anda bisa mengambil asuransi jiwa terbaik sesuai premi yang bisa anda jangkau.

Dengan premi asuransi jiwa yang murah dan pelayanan perlindungan maksimal adalah yang paling banyak dicari calon nasabah. Namun kebanyakan asuransi jiwa terbaik ditawarkan dengan premi yang mahal.

Perbedaan nilai premi tak terlepas dari pelayanan yang diberikan. Semakin mahal biaya premi asuransi umumnya sebanding dengan fitur dan layanan yang diberikan.

Bagi anda yang ingin mengambil asuransi jiwa murah maka anda bisa mengambil asuransi jiwa murni. Asuransi jiwa murni yang tidak memberikan nilai investasi sehingga lebih murah biaya premi.  Besaran premi diawali Rp 500.000 per bulan.

Baca juga : Asuransi Online 2021: Asuransi Pandemic Covid-19 Diawasi OJK

Banyak orang yang enggan untuk mengikuti asuransi jiwa. Salah satunya karena anggapan biaya premi bulanan yang mahal. Namun anggapan itu keliru. Justru biaya premi sebesar Rp 500 ribu sangat murah dibandingkan dengan nilai kerugian jika anda tak mengambil asuransi jiwa dan juga nilai uang pertanggungan yang sangat besar.

5. Asuransi jiwa paket

Cara memilih asuransi jiwa terbaik 6

Perusahaan penyedia asuransi jiwa banyak yang menggabungkan asuransi jiwa dengan asuransi kesehatan keluarga. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli asuransi jiwa dalam satu paket yakni memproteksi biaya kematian atau cacat sekaligus memproteksi biaya kesehatan keluarga.

Maksud penggabungan asuransi ini untuk menawarkan perlindungan yang lebih banyak dan biaya premi asuransi yang lebih murah.

Dengan mengambil asuransi jiwa satu paket dengan asuransi kesehatan keluarga maka ketika ada salah seorang anggota keluarga sakit dan mesti rawat inap, anda tidak usah risau. Karena perusahaan penyedia asuransi jiwa tersebut akan memberikan uang pertanggungan atau pergantian sesuai perjanjian awal.

Demikianlah cara memilih asuransi jiwa terbaik. Mudah-mudahan bisa menjadi pedoman bagi anda dalam mengambil asuransi yang tepat bagi anda. Sekarang kita beralih ke berbagai perusahaan penyedia asuransi jiwa terbaik.

Perusahaan Penyedia Asuransi Jiwa Terbaik

Perusahaan penyedia asuransi jiwa terbaik 1

Setiap orang tidak mengetahui apa yang akan terjadi di masa datang. Seseorang bisa mengalami resiko kematian atau cacat. Semua resiko itu perlu mendapatkan perlindungan. Salah satunya dengan mengambil asuransi.

Penggunaan asuransi jiwa di tanah air tidak sebanyak yang dilakukan oleh orang Eropa dan Amerika Serikat. Masih banyak orang di Indonesia yang tidak memiliki asuransi jiwa.

Padahal fungsi dan peranan asuransi jiwa sangat penting bagi kehidupan manusia di masa mendatang. Ia merupakan sarana investasi sekaligus proteksi.

Asuransi jiwa adalah sebuah payung yang memberikan perlindungan bagi keluarga jika terjadi sesuatu hal yang mengganggu keuangan. Misalkan seorang anggota keluarga meninggal dunia. 

Asuransi jiwa sebagai investasi karena akan memberikan perlindungan keuangan. Manfaatnya akan jauh lebih besar ketimbang biaya premi bulanan.

Berikut ini beberapa perusahaan penyedia asuransi jiwa terbaik yang sudah populer di Indonesia, antara lain:

1. Perusahaan penyedia asuransi jiwa Prudential

Perusahaan penyedia asuransi jiwa terbaik 2

Anda tentu mengenal dengan perusahaan penyedia asuransi jiwa ternama ini. Prudential telah memiliki banyak nasabah dan pengalaman dalam melayani nasabah dengan baik. Jumlah cabang perusahaan ini tersebar luas di berbagai kota besar di Indonesia.

PT Prudential Life Assurance Indonesia berdiri tahun 1995. Perusahaan Prudential Indonesia ini merupakan cabang dari jaringan Prudential PLC. Pada awalnya, Prudential adalah lembaga yang mengurusi soal jasa finansial atau keuangan. Seiring berjalan waktu, ikut merambah dalam bisnis asuransi di Inggris sampai ke seluruh dunia.

Sudah 168 tahun, Prudential melayani masyarakat dalam mengambil manfaat dari asuransi. Para nasabahnya tersebar luas hingga ke seluruh dunia. Salah satu yang menjadi andalannya adalah produk asuransi jiwa yang tersohor. Dan saat ini Prudential Indonesia terus mengembangkan variasi produk asuransi jiwa dengan membuat produk asuransi jiwa syariah pada tahun 2007.

Produk asuransi lain yang tersohor dari Prudential adalah asuransi plus investasi yang disebut asuransi unit link. Asuransi ini diperkenalkan tahun 1999 dan langsung mendapatkan sambutan positif dari masyarakat luas. Dan berdasarkan riset, Prudential menjadi penguasa pangsa pasar bisnis asuransi jiwa di tanah air.

2. Perusahaan penyedia asuransi jiwa Manulife

Perusahaan penyedia asuransi jiwa terbaik 3

Perusahaan penyedia asuransi jiwa terbaik lainnya adalah PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia yang disingkat Manulife Indonesia. Perusahaan ini berdiri tahun 1985 yang berada di bawah naungan Manulife Financial Corporation Internasional yang berkantor di sejumlah negara Asia,  Amerika Serikat, dan Canada.

Pada awalnya Manulife Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan finansial. Namun seiring berjalan waktu, perusahaan ini bergerak dalam jasa penyediaan dana pensiun, investasi dan asuransi jiwa yang lengkap. Seperti  asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa murni, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi mobil, dan jenis asuransi yang lain.

Kemajuan suatu perusahaan tak terlepas dari sumber daya manusia yang dimiliki. Inilah yang menjadi perhatian manajemen Manulife Indonesia. Saat ini PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia didukung oleh 35000 pegawai yang handal. Agen-agen handal dan profesional yang dimilikinya tersebar di seluruh daerah di tanah air.

Untuk mengembangkan pasar, Manulife Indonesia terus menambah agen dan mitra. Jumlah agen profesionalnya sekitar 70 ribu. Sedangkan jumlah nasabah sudah melebihi 22 juta. Dari jumlah nasabah sebesar itu, dana yang dikelola oleh perusahaan ini mencapai $977 miliar dolar Amerika Serikat. Jumlah uang klaim yang telah dibayarkan sebesar $26 miliar.

Para nasabah tidak perlu khawatir mengambil asuransi jiwa di perusahaan ini. Karena Manulife Indonesia sebagai penyedia asuransi jiwa terbaik dan terpercaya. Lembaga ini sudah memiliki ijin resmi dari kementrian keuangan dan kementerian hukum. Juga lembaga ini mendapatkan ijin resmi beroperasi yang berada di bawah pengawasan langsung Badan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pertumbuhan perusahaan Manulife sangat pesat. Pemasaran produk asuransi jiwa hanya di negara Amerika Serikat, Kanada dan negara-negara di Asia.  Nilai asetnya terus bertambah besar setiap tahun. Saham Manulife Internasional telah diperjualbelikan di Bursa Saham Filipina, NewYork dan Toronto serta Hongkong.

3. Perusahaan penyedia asuransi jiwa AIA Financial

Perusahaan penyedia asuransi jiwa terbaik 4

AIA Financial digadang-gadang sebagai salah satu asuransi jiwa terbaik dan ternama di Indonesia. Asuransi jiwa ini dikeluarkan oleh perusahaan AIA Financial yang merupakan bagian dari AIA Group dan sudah terdaftar secara resmi dan mendapatkan pengawasan langsung di lembaga Otoritas Jasa Keuangan.

Adapun produk asuransi yang ditawarkan kepada masyarakat bukan hanya asuransi jiwa murni. Tapi juga meliputi asuransi yang lain. Seperti asuransi jiwa berjangka, asuransi syariah, asuransi kecelakaan diri, asuransi kesehatan, asuransi unit link, asuransi mobil dll.

Perusahaan AIA Financial didukung oleh para pegawai yang handal dan profesional. Mereka ditempatkan sesuai bidang keahlian dan keterampilannya. Jumlah tenaga kerja bagian marketing mencapai 10 ribu orang. Mereka dibekali dengan pelatihan secara berkala cara melayani nasabah dengan baik.

4. Perusahaan penyedia asuransi jiwa Simas Jiwa

Perusahaan penyedia asuransi jiwa terbaik 5

Perusahaan Simas adalah perusahaan yang berkomitmen untuk melayani masyarakat Indonesia dalam mencapai kemakmuran dan kesejahteraan finansial. Upaya perusahaan nasional ini diwujudkan dalam bentuk menawarkan asuransi jiwa yang cukup bagus yaitu Simas Jiwa. Perusahaan ini mempunyai produk andalan mereka bernama asuransi Simas jiwa.

Selain menghadirkan asuransi Simas Jiwa, perusahaan Simas menyediakan asuransi Simas Investasi Link,  asuransi jiwa berjangka dan asuransi jiwa murni.

Asuransi Simas investasi Link mampu memberikan manfaat yang maksimal dalam proteksi jiwa dan investasi dalam tempo singkat.

Yang bermanfaat untuk merencanakan keuangan dalam rangka rekreasi keluarga, biaya pesta perkawinan anak, biaya renovasi rumah dan biaya ibadah umroh dan haji.

Asuransi Simas Jiwa memberikan sejumlah manfaat jika nasabah atau tertanggung mengalami kematian yaitu mendapatkan uang pertanggungan secara utuh. Dengan syarat, penyebab kematian bisa dikarenakan kecelakaan atau penyakit, usia tertanggung dari mulai 17 tahun hingga 97 tahun.

5. Perusahaan penyedia asuransi jiwa Allianz

Perusahaan penyedia asuransi jiwa terbaik 6

Salah satu perusahaan multinasional yang berpartisipasi dalam mengembangkan bisnis asuransi jiwa di Indonesia adalah PT Allianz Life.

Perusahaan ini berdiri tahun 1890 bermarkas di negara Jerman tepatnya di kota Munich. Perusahaan ini bergerak dalam bidang jasa layanan manajemen finansial sekaligus asuransi.

Berbagai penghargaan diraih oleh perusahaan ini dari lembaga pemerintah dan swasta serta majalah Forbes sebagai perusahaan paling besar jaringannya di dunia.

Sejarah PT Allianz Life berdiri di Indonesia dimulai tahun 1981. Dari bermula dari bisnis jasa managemen keuangan dan investasi merambah ke bisnis asuransi. Yang ditandai dengan berdirinya PT Asuransi Allianz Utama di tahun 1989 yang khusus mengelola bisnis asuransi umum. Berlanjut ke bisnis pengelolaan dana pensiun, asuransi kesehatan dan asuransi jiwa berjangka.

Jumlah penganut agama Islam di Indonesia sangat besar. Mayoritas sebesar 90 persen penduduk Indonesia beragama Islam dan kebutuhan umat Islam terhadap produk syariah sangat tinggi.

Produk syariah menjadi booming saat ini ditandai dengan berdirinya bank-bank syariah, deposito syariah, tabungan syariah, bisnis syariah, dan lain-lain.

Booming produk syariah dan permintaan yang sangat tinggi terhadap produk berbasis syariah membuat PT Allianz Life meluncurkan produk asuransi jiwa syariah di tahun 2006.

PT Allianz Indonesia Life mempunyai banyak cabang di beberapa kota besar di tanah air. Perusahaan ini mempunyai lebih dari 1400 orang pegawai yang profesional dan juga mempunyai 20 ribu lebih tenaga pemasaran sebagai ujung tombak perusahaan. Di tahun 2020, jumlah nasabah asuransi Allianz di Indonesia sudah mencapai tujuh juta pengguna lebih.

6. Perusahaan penyedia asuransi jiwa AXA Mandiri

Perusahaan penyedia asuransi jiwa terbaik 7

Perusahaan asuransi  jiwa berjangka dan asuransi jiwa murni yang terbaik lain adalah AXA Mandiri. Perusahaan ini bergerak dalam bisnis layanan finansial. Yang tahun 1991 memilih untuk merambah bisnis asuransi jiwa murni dan asuransi jiwa berjangka.

AXA Mandiri mempunyai beberapa cabang di Indonesia. Adapun yang menjadi markas utamanya di kawasan Gedung AXA Mandiri di Jln DR Satrio Kuningan daerah Jakarta Selatan. Keberhasilan perusahaan ini dalam menggarap bisnis asuransi jiwa berlanjut dengan membuka unit usaha terbaru yakni bisnis asuransi umum.

7. Perusahaan penyedia asuransi jiwa BCA Life

Perusahaan penyedia asuransi jiwa terbaik 8

Nama besar BCA menjadi jaminan asuransi jiwa yang diterbitkan menjadi yang terbaik. BCA Life menyediakan asuransi jiwa terbaik yang pastinya dibutuhkan setiap nasabahnya. Jumlah nasabah yang sangat besar membuat perkembangan asuransi jiwa BCA sangat baik.

BCA Life memberikan proteksi terhadap resiko kerugian nasabah. Seperti tertanggung mengalami sakit atau kecelakaan.

Apabila tertanggung mengalami kematian disebabkan kecelakaan maka pihak ahli waris dalam hal ini keluarga bisa mendapatkan uang pertanggungan sampai Rp 1,5 miliar.

Demikianlah beberapa perusahaan yang menyediakan asuransi jiwa terbaik. Dalam cara memilih asuransi jiwa terbaik maka anda bisa berpatokan pada perusahaan tersebut di atas yang benar-benar terpercaya, bonafide dan mempunyai ijin resmi. Namun semua itu tak cukup, anda mesti memperhatikan aspek lain.

Kesimpulan

Asuransi adalah produk yang dibutuhkan setiap orang. Tak ada orang yang tak butuh asuransi. Ia bagaikan payung yang memberikan perlindungan dari resiko kerugian. Contohnya asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi mobil, asuransi jiwa, dll.

Cara memilih asuransi jiwa terbaik merupakan suatu seni yang mesti dikuasai dengan baik. Mengingat ada banyak jenis asuransi jiwa. Salah memilih asuransi jiwa akan membuat anda tidak maksimal dalam proteksi kejadian hal tak terduga yang beresiko. Salah satu hal termudah dalam cara memilih asuransi jiwa terbaik adalah melihat lembaga asuransi yang menerbitkannya. Anda bisa melakukan pengecekan track record perusahaan tersebut.

Dalam mengambil asuransi jiwa terbaik susah-susah gampang. Anda mesti melakukan perbandingan dari semua asuransi jiwa yang ada. Anda bisa bertanya-tanya tentang premi dan layanan yang diberikan. Dari semua perbandingan itu pastinya anda akan mendapatkan suatu kesimpulan tentang asuransi jiwa terpercaya dan terbaik.

Mengambil asuransi jiwa sangat penting dan itu mesti dilakukan oleh setiap keluarga. Yang berguna untuk memberikan perlindungan finansial dan merencanakan keuangan keluarga secara baik dan benar di masa depan. Apabila ada salah seorang anggota keluarga sebagai tulang punggung ekonomi yang mengalami kematian maka keluarga itu masih bisa hidup secara layak di masa mendatang berkat pembayaran klaim asuransi jiwa terbaik.

5 / 5. 2451

/* */
error: Alert: Content is protected !!