5 Cara Memilih Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik

9,123

Mengetahui cara memilih perusahaan asuransi mobil terbaik merupakan suatu cara yang harus diketahui untuk mendapatkan perlindungan yang dapat dipergunakan oleh para pemilik mobil secara tepat dan benar. Supaya aset yang mereka miliki dapat terlindungi secara baik. 

Segala resiko kerusakan dan kehilangan mobil bisa diganti dan dialihkan pada perusahaan asuransi. Sehingga kamu merasa nyaman dan tenang selama memiliki kendaraan mobil. Salah satu kebahagiaan hidup adalah memiliki kendaraan yang baik. Kendaraan bisa berupa sepeda motor, mobil, truk, bis dan lain-lain. Namun yang paling memberikan kenyamanan adalah mobil. 

Mobil yang dikendarai oleh pemiliknya berisiko sangat besar mendapatkan kerugian berupa mobilnya hilang dicuri, mengalami kerusakan akibat ditabrak dan lain sebagainya. Penjualan mobil baru dan bekas di tanah air terus mengalami peningkatan setiap tahun. Setiap mobil itu tentu memerlukan asuransi. 

Melihat adanya kebutuhan masyarakat terhadap suatu perlindungan risiko kerugian akibat kerusakan dan kehilangan mobil maka beberapa perusahaan asuransi mobil terbaik merilis produk terbaru bernama asuransi mobil. 

Asuransi mobil sangat populer di masyarakat. Sehingga ada satu perusahaan asuransi yang fokus dalam bisnis asuransi mobil.

Baca juga : Asuransi Online 2021: Asuransi Pandemic Covid-19 Diawasi OJK

Mobil merupakan suatu benda berharga yang paling mempunyai nilai ekonomis tinggi dibandingkan kendaraan bermotor lain seperti sepeda dan sepeda motor. Dengan mempunyai mobil pribadi menunjukkan status sosial lebih mapan.

Bagi kamu yang sudah memiliki mobil pastinya kamu akan memelihara mobil dengan baik. Misalkan dengan mencuci mobil secara rutin maupun menggunakan cover pembungkus mobil jika sedang tak digunakan.

Untuk cara lain yang dapat dilakukan untuk memelihara dan melindungi mobil dengan mudah dan baik adalah mengikutsertakan dalam jenis asuransi mobil. 

Supaya mobil kamu dapat terlindungi secara baik dari segi biaya kerusakan dan kehilangan yang mahal. Segala biaya kerusakan dan kehilangan dapat diganti oleh uang pertanggungan dari perusahaan asuransi mobil terbaik.

Pengertian Asuransi Mobil

Pengertian Asuransi Mobil Terbaik
Sumber: Pixabay

Asuransi mobil adalah asuransi yang dikhususkan bagi mereka yang mempunyai mobil. Untuk mereka yang ingin melindungi mobilnya dari biaya kerusakan dan kehilangan.

Untuk manfaat asuransi mobil adalah untuk mencegah kerugian keuangan akibat mobil rusak mengalami kecelakaan dan kehilangan.

Perusahaan asuransi mobil terbaik akan mengganti seluruh biaya perbaikan mobil akibat kerusakan maupun kehilangan mobil.

Baca Juga : Memilih 9 Jenis Asuransi yang Tepat untuk Digunakan

Sebagian ahli keuangan mendefinisikan asuransi mobil sebagai wujud nyata perlindungan yang ditanggung oleh lembaga perusahaan asuransi mobil terbaik untuk para pemilik mobil atas semua klaim kehilangan dan kerusakan mobil.

Pada waktu melaju di jalan raya mobil dapat mengalami kerusakan. Semua itu dapat ditanggung kerugian oleh lembaga asuransi. Atau orang yang memarkirkan mobil tiba-tiba saja mobil hilang maka biaya kehilangan dapat diganti oleh perusahaan asuransi mobil.

Alasan Mengambil Asuransi Mobil

Alasan Mengambil Asuransi Mobil Terbaik
Sumber: Pixabay

Bagi sebagian orang asuransi mobil itu penting. Dan sebagian lagi beranggapan jenis asuransi mobil tidak begitu penting. Yang penting adalah asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan asuransi rumah.

Benarkah semua itu? Ternyata tak selamanya benar. Asuransi mobil sangat penting bagi mereka yang memiliki mobil dan ingin mendapatkan perlindungan optimal. Kamu bisa memilih asuransi mobil terbaik.

Berikut ini beberapa alasan seberapa penting asuransi mobil, antara lain:

1. Asuransi mobil mengganti biaya kerusakan atau kehilangan mobil

Asuransi mobil melindungi semua risiko kerugian keuangan apabila terjadi peristiwa mobil rusak atau kehilangan. Semua biaya kerusakan dan kehilangan mobil dapat digantikan.

Pemilik mobil akan merasa tenang dengan perlindungan asuransi. Adanya asuransi mobil tidak serta membuat semua pemilik mobil mengambil dan memilih asuransi mobil terbaik.

Pencurian mobil semakin meningkat. Seiring dengan sulitnya mendapatkan lapangan kerja membuat sebagian orang mengambil jalan pintas dalam mencari rezeki.

Baca Juga : 5 Cara Memilih Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Tahun ini

Mereka melakukan tindakan pencurian mobil. Walaupun kamu telah berhati-hati, mobil kamu tetap saja bisa hilang.

Di sinilah pentingnya memiliki asuransi mobil untuk memberikan perlindungan berupa uang pertanggungan akibat kehilangan mobil.

2. Tingkat kecelakaan lalu lintas di Indonesia sangat tinggi

Sangat mungkin terjadi ketika kamu mengemudikan mobil dengan hati-hati, mobil kamu mengalami kecelakaan disebabkan sobat yang lalai atau orang lain yang lalai.

Sementara itu, ada sebagian yang menganggap asuransi mobil tidak penting. Risiko kerugian akibat kerusakan mobil dapat dihindarkan dengan cara merawat mobil dengan baik.

Kehilangan mobil dapat dihindari dengan menjaganya dengan baik. Kecelakaan mobil bisa dihindari melalui mengendarai mobil secara tenang dan hati-hati.

Kerusakan pada mobil berbeda dengan kerusakan pada sepeda motor. Biaya memperbaiki mobil yang rusak biasanya mencapai jutaan rupiah.

Sedangkan biaya memperbaiki sepeda motor hanya ratusan ribu rupiah. Dalam arti kerusakan sudah sangat parah.

Untuk mencegah kerugian finansial akibat mobil mengalami kerusakan maka kamu bisa mengambil dan memilih asuransi mobil terbaik.

Fungsi Asuransi Kendaraan Mobil

Fungsi Asuransi Mobil Terbaik
Sumber: Pixabay

Fungsi asuransi kendaraan mobil adalah melindungi mobil yang kamu miliki dari segala resiko rugi yang dapat berlangsung secara mendadak pada mobil sobat. Contohnya mobil kamu mengalami kecelakaan hingga rusak berat, mobil mengalami rusak karena kebakaran, demonstrasi yang rusuh, bencana alam, dan lain sebagainya.

Yang namanya musibah seperti bencana alam atau kecelakaan di jalan tak ada yang dapat mengetahui kapan terjadinya, sewaktu-waktu bisa terjadi.

Mobil yang kamu pergunakan mesti diikutsertakan dalam jenis asuransi mobil supaya terlindungi secara baik dari segala resiko kerugian tersebut. Sekarang sudah bukan jamannya lagi sebuah mobil tanpa disertai asuransi.

Asuransi mobil akan memberikan kedamaian bagi pikiran kita. Semua resiko yang dapat merugikan terlindung dengan asuransi mobil. Apa-apa yang membuat mobil kamu rusak maka uang penggantian akan diberikan pada kamu sesuai nominal kerusakan.

Prinsip Kerja Asuransi Mobil

Prinsip Kerja Asuransi Mobil Terbaik
Sumber: Pixabay

Jenis asuransi mobil lebih populer ketimbang asuransi sepeda motor. Karena biaya kerusakan sepeda motor lebih murah ketimbang mobil. Biaya perbaikan kerusakan mobil lebih mahal sehingga asuransi mobil mengcover semua biaya kerusakan dan kehilangan mobil.

Berikut ini beberapa prinsip kerja asuransi mobil, antara lain:

  1. Seorang tertanggung memberikan iuran premi bulanan. Uang premi dari para nasabah yang besar itu digabungkan menjadi dana bersama. Yang kemudian dana bersama itu dikelola oleh manajemen yang ditunjuk oleh perusahaan asuransi mobil terbaik bersangkutan
  2. Pada saat seorang nasabah melakukan klaim atas kehilangan mobil atau kerusakan mobil akibat kecelakaan lalu lintas maka uang pertanggungan diberikan pada nasabah yang berasal dari dana bersama itu.

Jenis Asuransi Mobil

Berikut ini dua jenis asuransi mobil yang dapat sobat pilih, antara lain :

  • Asuransi All Risk yaitu jenis asuransi mobil yang menanggung biaya semua kerusakan dan kehilangan yang terjadi pada mobil. Misalkan kecelakaan ringan dan berat pada mobil anda
  • Asuransi Total Loss Only yaitu sebuah jenis asuransi yang memberikan uang pertanggungan jika kondisi mobil mengalami kerusakan melebihi 75 persen. Inilah yang membuat insiden kerusakan kecil yang terjadi pada mobil kamu tidak bisa dilakukan klaim.

Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Asuransi Mobil Terbaik

Bagi kamu yang mempunyai mobil dan ingin mengambil asuransi mobil, berikut ini cara memilih asuransi mobil yang terbaik, antara lain:

1. Menyesuaikan dengan kebutuhan

Untuk memilih asuransi mobil terbaik yang tepat, kamu sebaiknya memeriksa kondisi mobil kamu sejujurnya.

Baca Juga : 6 Tipe Asuransi Jiwa Berjangka Beserta Premi dan Ciri Khasnya

Bagaimana kondisi umur mobil, bodi dan mesin mobil. Dengan begitu, akan memudahkan kamu dalam mengambil jenis asuransi mobil yang tepat.

2. Mengetahui keunggulan asuransi mobil

Kamu akan mengambil asuransi mobil tentu adanya keperluan untuk melindungi mobil dari berbagai resiko kerugian. Dalam memilih asuransi mobil terbaik, kamu harus jeli, cermat dan teliti.

Kamu bisa melihat kelebihan-kelebihan secara rinci dari asuransi mobil yang akan kamu ikuti. Dan apa saja keuntungan dan manfaat yang akan kamu dapatkan darinya.

3. Membandingkan

Cara memilih asuransi mobil terbaik lainnya adalah membandingkan antara satu asuransi mobil dengan asuransi mobil lain. Hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan yang terbaik.

Kamu tidak cukup puas untuk mengetahui satu produk asuransi mobil. Kamu bisa melihat asuransi mobil lain dari perusahaan asuransi mobil terbaik yang berbeda untuk melihat mana yang benar-benar terbaik.

Lalu yang jadi pertanyaan banyak orang adalah bagaimana cara membandingkan antara satu produk dari perusahaan asuransi mobil terbaik dengan produk asuransi mobil lain? jaman kini sangat mudah.

Kamu bisa membandingkan produk asuransi mobil dengan yang lain lewat informasi yang kamu dapatkan di internet atau kamu berkunjung ke situs resmi perusahaan asuransi mobil terbaik. Cara termudah, kamu bisa mendatangi langsung kantor perusahaan asuransi mobil bersangkutan.

4. Berpikir tenang

Dalam mengambil asuransi mobil, kamu jangan terburu-buru mengambilnya. Kamu harus berpikir tenang dan bijak. Setiap produk asuransi mempunyai kelebihan dan kekurangan. Pilihlah asuransi mobil yang paling banyak memenuhi kebutuhan anda.

5. Menyesuaikan dengan anggaran keuangan

Tidak serta merta kamu membutuhkan asuransi mobil langsung mengambilnya. Ada yang harus kamu pikirkan secara matang. Terutama dari segi premi.

Kamu hendaknya memilih asuransi mobil yang biaya premi perbulan atau pertahun bisa kamu jangkau. Intinya, kamu mengambil asuransi mobil disesuaikan dengan kemampuan finansial.

Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik

Bisnis asuransi mobil di tanah air sangat menjanjikan. Karena jumlah pemilik mobil di Indonesia sangat besar. Satu orang bisa mempunyai beberapa buah mobil. Tak ayal, banyak penerbit asuransi mobil saat ini. Kamu bisa memilih asuransi mobil dari perusahaan ternama.

Berikut ini beberapa perusahaan asuransi mobil terbaik, antara lain:

1. Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik Sinarmas

Asuransi mobil Sinarmas sangat populer di Indonesia dan merajai bisnis asuransi mobil. Asuransi yang ditawarkan memberikan perlindungan biaya pertanggungan atas segala resiko kerugian terhadap mobil, diantaranya :

  • Kecelakaan
  • Sambaran petir
  • Kebakaran
  • Kehilangan akibat dicuri dan bencana alam.

Untuk mengikuti asuransi mobil dari perusahaan Sinarmas, kamu dapat mengajukan secara online. Dengan mengunjungi website resminya.

Begitu juga dalam pengajuan klaim bisa dilakukan secara online. Asuransi mobil Sinarmas paling banyak direkomendasikan orang.

Perusahaan asuransi ini sudah memiliki banyak bengkel mitranya yang siap melayani perbaikan mobil kamu dengan jaminan asuransi.

2. Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik Allianz

Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan asuransi Allianz. Allianz merupakan salah satu perusahaan yang menyedian berbagai jenis asuransi, seperti :

  • Asuransi jiwa
  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi pendidikan
  • dan asuransi mobil.

Asuransi mobil yang dikeluarkannya dinamakan Asuransi Allianz MobilKu yang termasuk kategori terbaik di kelasnya.

Ada tiga paket yang bisa kamu pilih dari Asuransi Allianz MobilKu, yakni:

  • Paket Lengkap
  • Paket Ekonomis
  • Paket Keinginan

Keunggulan Asuransi Allianz MobilKu tak perlu diragukan lagi. Karena pengalaman perusahaan ini yang telah ratusan tahun melayani masyarakat.

Kelebihan lain Asuransi Allianz MobilKu adalah kemudahan dalam proses klaim. Untuk mengajukan klaim dapat melalui SMS atau lewat website resminya.

3. Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik Adira Danamon Group

Sebagai perusahaan terkenal, Danamon group mengembangkan bisnisnya sampai ke bisnis asuransi umum dan asuransi mobil. Mereka mendirikan perusahaan Adira Insurance sebagai anak usaha.

Perusahaan ini menyediakan layanan asuransi mobil. Untuk asuransi mobil yang diterbitkannya adalah Asuransi Mobil Adira Autocillin.

4. Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik Asuransi Central Asia

Perusahaan Asuransi Central Asia disingkat ACA merupakan perusahaan yang fokus melayani masyarakat dalam asuransi.

Salah satu asuransi yang diterbitkannya adalah asuransi mobil yang memiliki jumlah nasabah sangat besar di Indonesia.

5. Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik MNC Insurance

MNC merupakan salah satu perusahaan besar dan ternama di Indonesia. Dengan banyaknya jaringan memudahkan bisnisnya berkembang pesat.

Salah satu bisnis yang digarap dari perusahaan ini adalah bisnis asuransi mobil. Dengan menerbitkan asuransi mobil  MNC Insurance. Untuk manfaat yang bisa didapat dari Asuransi Mobil MNC, antara lain:

  • Jaminan mengganti mobil baru
  • Langganan Indovision secara gratis
  • Layanan service mobil di jalan secara gratis
  • Layanan ambulance jika menderita kecelakaan
  • Layanan derek
  • Penggantian atas kerusakan mobil

Setelah diuraikan tentang cara memilih perusahaan asuransi mobil terbaik dan beberapa perusahaan asuransi mobil terbaik diharapkan kamu tidak salah dalam mengambil asuransi mobil yang tepat bagi anda.

Prosedur Klaim Asuransi Mobil

Asuransi mobil memiliki banyak manfaat. Berikut ini manfaat pokok mengikuti asuransi mobil yaitu mendapatkan uang pertanggungan jika kehilangan mobil akibat pencurian atau perampokan.

Untuk mendapatkan uang pertanggungan itu, kamu mesti melakukan klaim sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

Inilah langkah-langkah yang dilakukan dalam mengajukan klaim asuransi mobil, antara lain:

  • Mengontak langsung perusahaan asuransi mobil. Utarakan bahwa kamu telah kehilangan mobil. Laporan kehilangan bisa melalui kontak telepon maupun email
  • Setelah melakukan kehilangan mobil lewat telepon, selanjutnya nasabah mengunjungi langsung kantor perusahaan asuransi. Di sini, kamu dapat menjelaskan kronologi kejadian sampai kamu kehilangan mobil.
  • Sebaiknya jika kamu kehilangan mobil secepatnya melaporkan kejadian itu kepada perusahaan asuransi lewat telepon maupun datang langsung ke kantor. Karena adanya batas waktu pelaporan. Setiap perusahaan asuransi memberikan batas waktu pelaporan berbeda-beda. Ada yang memberikan batas waktu pelaporan kehilangan mobil maksimal tiga hari, 72 jam, atau 120 jam. Semua itu tergantung kebijakan perusahaan. Lewat dari batas waktu itu, laporan kehilangan mobil kamu dan proses klaim akan ditolak.
  • Pembuatan berita acara kehilangan mobil dari pihak kepolisian

Laporan kehilangan mobil yang kamu sampaikan kepada perusahaan asuransi harus diperkuat dengan bukti yang ada yakni surat berita acara kehilangan dari pihak kepolisian setempat. Hal ini akan menjadi permulaan untuk memproses pengajuan klaim.

Jadi setelah nasabah kehilangan mobil segera melaporkan kejadian tersebut pada dua pihak yakni pihak perusahaan asuransi dan pihak kepolisian.

Laporan kehilangan mobil ke pihak kepolisian pun mempunyai batas waktu. Batas waktunya 1×24 jam pasca peristiwa kehilangan kendaraan. Melebihi waktu tersebut maka laporan akan ditolak oleh pihak kepolisian.

Pembuatan laporan kehilangan mobil pada kepolisian harus disertai dengan 2 orang saksi. Yang kemudian mereka menjalani pemeriksaan intensif.

Kepolisian yang mendapatkan laporan kehilangan mobil akan segera melakukan pemblokiran semua dokumen yang berhubungan dengan mobil yang hilang itu, meliputi pemblokiran STNK. Selanjutnya kepolisian akan melaporkan perkembangan dari pengusutan masalah kehilangan mobil itu.

Adanya surat berita acara kehilangan mobil yang resmi diterbitkan oleh pihak kepolisian tidak cukup untuk melakukan klaim kepada perusahaan asuransi.

Perusahaan akan meminta dokumen selanjutnya berupa surat resmi dari Kepala Direktorat Reserse yang menyatakan sah telah terjadi kehilangan mobil pada tanggal dan waktu tertentu.

Pihak kepolisian menetapkan ketentuan untuk mendapatkan surat resmi dari Kepala Direktorat Reserse untuk keperluan klaim asuransi membutuhkan persyaratan berikut ini:

  • Fotocopi KTP Pemohon
  • Fotocopi Faktur Pembelian Mobil
  • Fotocopi BPKB
  • Fotocopy polis asuransi mobil
  • Surat pengantar dari perusahaan asuransi
  • Surat bukti acara kehilangan mobil
  • Surat daftar pencarian mobil
  • Fotocopy dokumen TKP

Demikian pengertian asuransi mobil, alasan pentingnya dan daftar perusahaan yang menyediakan asuransi mobil serta cara memilih asuransi mobil terbaik. Semoga apa yang penulis sampaikan dapat memberikan manfaat pada kamu semua.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2235

No votes so far! Be the first to rate this post.

/* */