8 Cara Cek NISN Secara Online Terbaru 2020

  • Whatsapp
8 cara cek nisn secara online terbaru 2020

Setiap siswa ataupun orang tua seharusnya memahami cara cek NISN secara online, karena hal tersebut sangat diperlukan. Pada artikel ini akan dibahas lengkap 8 cara yang memudahkan kamu untuk melakukan cek NISN via online.

NISN sendiri merupakan deretan angka berbentuk kode sebagai identitas siswa. nomor tersebut mempunyai sifat unik dan tidak sama antara 1 siswa dan siswa yang lainnya. NISN dijadikan sebagai tanda pengenal yang seringkali digunakan diberbagi hal yang menyangkut kepentingan murid.

Setiap peserta didik atau siswa pasti mempunyai dan diharuskan mengetahui cara cek NISN secara online atau Nomor Induk Siswa Nasional. Nomor tersebut dikeluarkan serta dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. NISN akan berlaku selama siswa berada di bangku sekolahan, baik itu SD, SMP, SMA, atau perguruan tinggi.

Sebelum mengetahui cara cek NISN secara online, kamu harus mengetahu beberapa manfaat dari NISN ini. Selain itu, Pembuatan nomor induk tersebut tentunya tidak asal membuatnya saja, karena di setiap angka mempunyai arti. Misalnya saja 3 digit angka pertama akan menunjukkan tahun lahir dari seorang siswa. Untuk 7 digit sisanya yaitu kode unik atau angka yang diatur kementerian pendidikan.

Manfaat NISN

Bagi orang tua siswa maupun peserta didik diwajibkan untuk mengetahui nomor atau kode unik NISN yang dimilikinya. Hal ini dikarenakan nomor tersebut seringkali digunakan pada berbagai keperluan penting. Misalnya seperti Ujian Nasional, pendaftaran ke jenjang pendidikan lebih tinggi, seleksi masuk perguruan tinggi dan Bantuan Operasional Sekolah atau Bos.

Berikut ini tujuan serta manfaat yang didapatkan dari NISN, diantaranya:

  • Dijadikan sebagai sistem pendukung dari program pengembangan pendidikan dan perencanaan di berbagai level sampai daerah.
  • Dijadikan sebagai alat untuk mengidentifikasi pada setiap individu peserta didik yang ada di seluruh Indonesia.
  • Dijadikan sebagai pusat layanan untuk sistem pengelolaan nomor induk siswa yang dilakukan secara online bagi Dinas Pendidikan daerah Kemendikbud bahkan sampai sekolah.

Cara Cek NISN Secara Online

8 cara cek nisn secara online terbaru 2020

Berikut ini cek NISN yang bisa dilakukan diantaranya yaitu seperti berikut ini :

1. Kunjungi situs resmi pemerintahan

Cara pertama dalam cek NISN secara online yaitu anda diharuskan mengunjungi situs resmi di https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/cindex/caribynama/ melalui di smartphone atau laptop.

2. Isi data diri kamu

Cara cek nisn secara online - isi data diri

Setelah langkah pertama, selanjutnya kamu bisa mengisi data diri kamu seperti nama, tempat tanggal lahir kamu, ibu kandung, dan terakhir sebagai verikasi bahwa kamu buka bot, maka kamu diharuskan melengkapi captcha yang ada.

3. Tombol cari data

Selanjutnya klik bagian tombol cari data yang terletak di sebelah bawah kiri yang tersedia.

4. Isi data siswa

Apabila datanya sudah selesai dan sesuai, maka kamu dialihkan pada halaman selanjutnya yaitu hasil pencarian berisi mengenai data siswa maupun NISN.

5. Memastikan data pada pangkalan data oleh Kemendikbud

Cara cek nisn secara online - memastikan data

Apabila kamu sudah melakukan pengecekan namun ingin memastikan data peserta didik apakah sudah sesuai di pangkalan data yang dimiliki oleh Kemendikbud atau tidak, maka kamu dapat membuka link website berikut ini : https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/?utm_source=ruanglaptop&utm_medium=referral&utm_campaign=blog

6. Isi formulir

Setelah itu isilah bagian kotak formulir yang sudah disediakan. Misalnya seperti nama ibu kandung, NISN yang sudah kamu miliki dan kode captcha.

7. Tombol cari data pada form

Kemudian klik bagian tombol cari data di bagian pojok kiri bawah.

8. Cek kembali pada pusat informasi

Apabila NISN yang sudah di-input sesuai maka nantinya akan muncul kotak yang berisi seputar informasi lengkap mengenai siswa dan kamu dapat melakukan pengecekan nya.

3 Alasan Mengapa NISN Harus dimiliki Setiap Pelajar

NISN memang menjadi sistem pendataan siswa skala nasional yang dilakukan dengan cara memberikan kode identitas bersifat unik, tunggal serta berlaku seumur hidup bagi semua siswa Indonesia di jenjang pendidikan dasar maupun menengah. Untuk nomor tersebut juga dapat dimanfaatkan ketika ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Lalu mengapa NISN harus dimiliki oleh setiap siswa? Berikut ini alasannya :

1. Nomor Tetap Untuk Seumur Hidup

Dengan mempunyai mengetahui cara cek NISN, maka seorang siswa atau peserta didik tidak perlu berganti nomor induk pada setiap kali pergantian jenjang maupun jenis pendidikan. Untuk 1 nomor tersebut digunakan sampai siswa tersebut menyelesaikan pendidikannya. Sehingga jika kamu melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, tentunya nomor NISN tersebut tidak akan berubah.

2. Untuk Melihat Perkembangan Siswa

Melalui NISN, maka untuk perkembangan dari riwayat pendidikan para siswa dapat dipantau dengan mudah. Termasuk mengetahui bagaimana perubahan data yang terjadi. Misalnya adanya proses mutasi, siswa putus sekolah, ataupun tingkat kelulusan siswa.

Dengan hal tersebut maka nomor NISN akan diketahui siapa saja yang sudah berhenti sekolah setelah lulusan sd maupun SMP. Selain itu NISN juga dapat dijadikan sebagai data dalam menggalakkan upaya pemberantasan siswa yang putus sekolah.

3. Mudah Melanjutkan Perguruan Tinggi

Menurut ketua Asosiasi Sekolah maupun Pendidikan Alternatif, NISN untuk siswa nonformal memang sangatlah penting. Sementara NISN tersebut dibutuhkan bagi siswa-siswi dari pendidikan non-formal pada saat ingin berpindah ke jalur pendidikan formal.

Tanpa mempunyai NISN yang berlaku seumur hidup maka para siswa akan kesulitan mendaftar ke perguruan tinggi, khususnya bagi siswa pendidikan non formal.

Mekanisme dalam penentuan maupun pemberian kode pengenal identitas tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis, yaitu melalui mesin komputer yang terdapat di pusat layanan NISN.

Sementara pemberian kode dan penentuannya berdasarkan dari masukan atau pengajuan dari sumber data siswa yang sudah divalidasi atau diverifikasi di setiap sekolah maupun dinas pendidikan Kabupaten atau kota secara online.

Dengan demikian maka NISN yang tersemat sepanjang hayat dari siswa tersebut. Pada biasanya pihak sekolah akan melakukan proses entri data siswa. Dengan demikian maka seluruh siswanya sudah pasti terdaftar.

Baca Juga : 5 Ciri Investasi Bodong dan 5 Cara Menghindari nya

Kabarnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud juga berencana akan memberikan NISN atau nomor Induk Siswa Nasional pada siswa tingkat pendidikan anak usia dini atau PAUD.

Tetapi untuk siswa yang memperoleh nilai NISN hanya siswa yang terdaftar pada data pokok pendidikan atau Katodik Kemendikbud saja. Di zaman dulu untuk masing-masing sekolah mempunyai sistem nomor induk sendiri, sehingga untuk setiap siswa mempunyai beberapa nomor induk apabila dirinya berpindah ke tempat belajar yang lain.

Akan tetapi berbeda dengan sekarang ini karena untuk NISN menjadi nomor unik yang digunakan seumur hidup. Sehingga tidak akan berubah walaupun dirinya berpindah sekolah. untuk memastikannya, silahkan cek NISN.

Akhir Kata

Dalam penyelenggaraan pendidikan di Negara Indonesia, keberadaan dari nomor induk siswa ini sangatlah penting. Sedangkan nomor induk juga dijadikan sebagai bagian pusat pelayanan yang ada pada sistem pengelolaan nomor induk siswa berbasis teknologi informasi maupun komunikasi.

Di berbagai tingkatan lembaga pendidikan, siswa yang mempunyai NISN maka bisa dijadikan sebagai pendukung Dapodik maupun statistika pendidikan maupun program perencanaan pendidikan yang lainnya. Dengan adanya program NISN, maka pihak pemerintah bisa dengan mudah mengetahui berapa jumlah siswa atau anak yang melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi atau siswa yang putus sekolah.

Baca Juga : 20 Cara Terbaru Membuka Blokir Waptrick Download

Pemerintah akan secara rutin melakukan cek NISN untuk bisa mengetahui informasinya. Bagi siswa yang telah memiliki NISN maka berarti sudah terdaftar di kementerian pendidikan sebagai pelajar secara nasional. Pihak sekolah mempunyai kewajiban untuk mendaftarkan para siswanya supaya bisa memperoleh NISN.

Bagi siswa, peran dari Nomor Induk Siswa Nasional ini sangatlah penting. Bagi orang tua yang belum mengetahui berapa nomor induk anaknya, maka harus cek NISN dan memastikan bahwa buah hati kamu sudah terdaftar dan mempunyai NISN.

Apabila siswa belum mempunyai NISN maka pihak sekolah yang akan mendaftarkannya. Hal ini bertujuan supaya lebih memudahkan pada saat melakukan pencarian riwayat pendidikan siswa sebelumnya. Melalui NISN inilah maka pihak sekolah dapat memperoleh informasi data siswa dengan lengkap.

5 / 5. 1722