Contoh Surat Lamaran Kerja 2020 Beserta Tips dan Trik

  • Whatsapp
Contoh surat lamaran kerja

Contoh surat lamaran kerja merupakan bagian yang sering dicari oleh para pencari kerja. Mereka tidak bisa membuat surat melamar kerja tanpa dokumen yang resmi. Kalau mereka membuat sendiri akan banyak kesalahan yang mungkin terjadi. Pada dasarnya surat lamaran kerja terdiri dari pembukaan, isi dan penutup.

Read More

Bagi seseorang yang mau bekerja pada satu perusahaan diperlukan syarat administrasi yakni membuat contoh surat lamaran kerja terlebih dulu. Minimal harus ada surat permohonan lamaran kerja. Biasanya dokumen untuk memohon pekerjaan berisi surat lamaran kerja, fotocopy KTP pemohon, Fotocopy Ijazah terakhir, pas foto ukuran 3×4, dan surat pengalaman kerja atau curriculum vitae disingkat CV.

Hal yang paling utama dalam melamar kerja adalah membuat surat lamaran kerja. Layaknya membuat contoh surat kuasa, untuk membuat surat lamaran kerja tidak boleh sembarangan. Surat yang ditulis tangan atau komputer ini harus disusun bahasanya secara menarik dan lugas serta akurat. Sehingga menimbulkan minat bagi pihak perusahaan atau orang yang akan merekrut pegawai.

Contoh surat lamaran kerja harus mampu menggambarkan latar belakang pendidikan, biodata, dan keahlian anda. Jika keahlian atau latar belakang pendidikan anda sesuai yang dibutuhkan oleh perekrut maka anda sangat mudah untuk dipanggil wawancara dan diterima kerja.

Sebaliknya surat lamaran kerja yang tidak bisa menggambarkan identitas dan keahlian anda maka akan sulit bagi anda diterima kerja. Saat bekerja, maka anda pun harus dibiasakan untuk membuat surat kuasa kerja, karena akan banyak tugas lain yang akan anda terima, salah satunya adalah membuat contoh surat kuasa kerja.

Baca juga : Contoh Surat Kuasa Profesional 2020 dan Cara Membuatnya

Pintu pertama yang akan dilihat oleh pemberi kerja atau HRD adalah surat lamaran kerja. Jika surat lamaran kerjanya baik dari segi sampul dan isi bahasa maka itu sudah poin penting untuk dapat diterima kerja. Selanjutnya faktor penentu berikut adalah pihak perusahaan akan menilai dari aspek pendidikan dan keterampilan.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Anda tentu tak asing lagi dengan contoh surat kuasa , namun bagaimana dengan contoh surat lamaran kerja? Surat lamaran kerja ini dipergunakan dalam proses untuk mendapatkan sebuah pekerjaan di pabrik, kantor pemerintah, perusahaan dan lembaga swasta. Surat lamaran kerja mempunyai beberapa pengertian secara luas dan khusus.

Secara luas, berbeda dengan surat kuasa kerja, pada surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat oleh seorang pelamar kerja yang membutuhkan pekerjaan.

Ia menulis surat ini yang berisi permohonan kepada pimpinan atau pejabat perusahaan, kantor atau pabrik untuk bersedia mempekerjakannya berdasarkan kualifikasi pendidikan dan keterampilan yang dimilikinya.

Dalam hal ini, bertolak belakang dengan surat kuasa yang ditujukan untuk orang lain, maka surat lamaran kerja adalah surat yang ditujukan untuk calon atasan yang dibuat oleh calon karyawan.

Mengenai diterima tidaknya contoh surat lamaran kerja menjadi hak atasan atau pimpinan HRD perusahaan berdasarkan pertimbangan tertentu. Biasanya sebelum seseorang diterima bekerja sebagai karyawan, ia mesti melewati proses tes wawancara dan tulisan.

Sebelum seseorang melamar kerja pada suatu perusahaan pastikan perusahaan tersebut sedang membutuhkan tenaga kerja. Anda bisa mengetahuinya lewat iklan yang dipajang di surat kabar atau depan kantor maupun orang dalam perusahaan.

Dalam tulisan lamaran kerja ditulis juga mengenai jabatan atau posisi yang dilamar berdasarkan pertimbangan kemampuan dan latar berlakang pendidikan.

Pada paragraf pertama contoh surat lamaran kerja berisi pernyataan adanya lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut berdasarkan iklan yang tercantum pada tanggal tertentu.

Cara Mencari Informasi Lowongan Pekerjaan

Cara Mencari Informasi Lowongan Pekerjaan

Mencari pekerjaan saat ini sama dengan mencari pekerjaan di tahun sebelumnya. Sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan dengan posisi tertentu. Mengingat persaingan dunia kerja yang sangat sengit dan sekarang tambah sengit.

Pada tahun sebelumnya satu lowongan pekerjaan dilamar oleh ratusan pemburu kerja. Saat sekarang satu lowongan kerja bisa diperebutkan oleh ribuan orang. Apalagi Indonesia masih dalam masa pandemik covid19.

Sebenarnya untuk mencari pekerjaan sangat mudah. Anda bisa melihat berbagai iklan lowongan pekerjaan dari berbagai profesi di situs penyedia loker, seperti :

  • Driver,
  • Salesman,
  • Tenaga pemasaran,
  • Supervisor,
  • Manajer,
  • Arsitektur,
  • Dokter,
  • Konsultan,
  • Teknisi,
  • Operator produksi,
  • Operator komputer,
  • Internet marketer,
  • Admin media sosial,
  • Tenaga kuli bangunan,
  • Kuli angkut barang,
  • Desainer grafis, dll.

Berikut daftar situs penyedia lowongan kerja di Indonesia maupun di luar negeri, sebagai berikut :

  • Jobstreet.co.id
  • Jobs.id
  • Loker.id
  • Karir.com
  • Jakartakerja.com
  • Topkarir.com
  • Lokerindonesia.com

Anda tidak usah risau dengan sedikitnya lowongan kerja. Pada dasarnya lowongan pekerjaan sangat banyak. Bahkan semakin bertambah banyak seiring dengan kemajuan teknologi.

Seperti pekerjaan sebagai admin toko online atau admin media sosial Facebook. Pekerjaan ini sebelumnya belum pernah ada. Namun setelah ada media sosial facebook maka loker ini menjadi terlaris paling dibutuhkan pemilik bisnis online.

Untuk mencari kerja saat ini ada banyak cara yang bisa ditempuh. Dari cara konvensional sampai cara modern. Kedua cara tersebut sangat efektif membantu seorang pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai keinginannya. Berikut ini beberapa cara mencari informasi lowongan kerja terbaru, antara lain :

1. Membaca surat kabar media cetak seperti koran

Misalkan pada koran kompas, Republika atau Pikran Rakyat terdapat kolom Lowongan Kerja. Kolom ini sering dipergunakan oleh perusahaan untuk mencari tenaga kerja atau karyawan.

Contoh : Dibutuhkan tenaga marketing. Siap Target. Sanggup berada dibawah tekanan. Hubungi atau kirimkan surat lamaran kerja ke alamat berikut.

2. Melihat situs loker online

Inilah cara paling praktis dan modern dalam mencari info lowongan kerja. Anda tak usah membeli koran. Anda cukup mengunjungi situs penyedia informasi lowongan kerja maka anda bisa mendapatkan info loker dari sejumlah perusahaan sesuai posisi yang dikehendaki.

Iklan loker di media online lebih lengkap yang meliputi penjelasan tentang gaji, deskripsi kerja dan kriteria yang dibutuhkan. Bahkan anda bisa melamar pekerjaan tersebut di situs itu secara langsung. Yang membuat hemat biaya dan tenaga serta waktu.

3. Dari relasi

Informasi lowongan kerja dapat diperoleh dari relasi. Misalkan dari teman yang sudah bekerja pada satu perusahaan. Dan perusahaan tempatnya bekerja sedang membuka lowongan kerja.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Pada waktu sobat tengah mencari kerja tentu saja memilih lowongan pekerjaan sesuai keahlian, kualifikasi dan jenjang pendidikan. Pada saat adanya lowongan kerja terbaru sesuai posisi yang anda inginkan maka segeralah untuk melamar loker tersebut. Yang diawali dengan membuat contoh surat lamaran kerja.

Bagi mereka yang sudah sering melamar kerja pastinya sudah mengetahui bagaimana caranya membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Namun bagi mereka yang baru lulus sekolah dan hendak melamar kerja seringkali dibingungkan dengan cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar serta menarik.

Selama penulis bekerja di banyak perusahaan barulah menyadari bahwa untuk mendapatkan pekerjaan itu sulit. Satu lowongan kerja direbutkan oleh ribuan orang.

Ketika perusahaan membuka iklan lowongan kerja maka keesokan harinya banyak sampai ribuan contoh surat lamaran kerja masuk ke kantor perusahaan.

Padahal hanya dibutuhkan satu orang tenaga kerja. Tapi yang melamar kerja jumlahnya ribuan orang. Terkadang surat lamaran kerja itu dijadikan sampah dan banyak yang tidak dibaca karena kurang menarik secara fisik dan isi.

Anda jangan sampai membuat surat lamaran kerja yang akan menjadi sampah. Karena kerugian akan diterima oleh anda.

Apalagi dalam membuatnya terkadang membutuhkan biaya besar untuk membeli amplop besar, kertas, tinta, fotocopy ktp, afdruk foto dan lain-lain.

Cara membuat contoh surat lamaran kerja yang baik dibutuhkan sebuah konsep terlebih dahulu. Untuk lebih memudahkan maka anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja yang sudah ada.

Anda bisa mendapatkan contoh surat permohonan kerja di sanak kerabat, saudara maupun melihatnya di mesin pencarian google.

Mengapa dalam membuat surat lamaran kerja harus dibuatkan konsep terlebih dahulu? Supaya anda tidak mengalami kegagalan dalam menulis surat lamaran kerja.

Bagi mereka pemula akan banyak menghabiskan kertas karena mengalami kesalahan dalam penulisan atau konsep. Untuk mengantisipasinya dengan cara buat konsep terlebih dulu.

Pentingnya Surat Lamaran Kerja

Pentingnya Surat Lamaran Kerja

Semua orang sudah mengetahui bahwa surat lamaran kerja sangat penting. Ia merupakan gerbang pintu utama seseorang sebelum mendapatkan pekerjaan. Contoh surat lamaran kerja yang baik dan mampu menarik minat perusahaan akan membuahkan hasil positif bagi pelamar kerja.

Berdasarkan analisis penulis di lapangan kebanyakan surat lamaran kerja dibuat tidak baik. Dalam arti isi dan tulisannya tidak menarik orang untuk merekrut orang tersebut. Kelebihan yang ditampilkan secara umum. Misalkan lulusan SMA.  Semua itu sudah lumrah dan bukan nilai plus serta tak memikat perekrut karyawan.

Surat lamaran kerja sama dengan surat permohonan kerja. Sebuah surat yang menyatakan permohonan untuk bekerja pada suatu perusahaan atau lembaga berdasarkan kebutuhan perusahaan atau lembaga itu terhadap suatu tenaga kerja. Tidak serta merta seseorang membuat surat lamaran kerja kecuali memang ada lowongan kerja di perusahaan atau lembaga tersebut.

Dapat dikatakan juga surat lamaran kerja merupakan sarana promosi citra dan kesan seorang pencari kerja yang sangat efektif dan efisien. Seorang pimpinan perusahaan dapat mengetahui identitas dan keahlian serta bakat dan latar belakang pendidikan seseorang dari surat permohonan pekerjaan.

Surat lamaran kerja bukanlah sesuatu tulisan fiksi yang mengada-ada. Namun tulisan di dalamnya bersifat formal dan ditulis apa adanya. Bagi mereka yang mencoba menulis surat lamaran kerja tanpa kenyataan yang ada justru akan merugikan sang pemburu kerja tersebut. Ia dapat dikenakan unsur penipuan dan bisa ditolak bekerja di tempat tersebut.

Lalu bagaimanakah cara membuat surat lamaran kerja yang baik? Hal itu sering menjadi pertanyaan para pemburu kerja pemula.

Surat lamaran kerja yang baik haruslah dapat mengungkapkan kelebihan dari pencari kerja itu secara elegan dan sopan. Hal itu akan lebih meningkatkan peluang diterima kerja bagi pelamar kerja bersangkutan.

Perlu dipahami bahwa persaingan dunia kerja sangat ketat. Ribuan surat lamaran kerja diterima oleh perusahaan setiap hari.

Perusahaan terkadang pusing memilih surat lamaran kerja yang mana yang mesti dibaca. Terkadang surat lamaran kerja itu ditumpuk hingga satu lemari penuh.

Dan pada saat perusahaan membutuhkan seorang karyawan maka ia akan menghubungi pelamar kerja berdasarkan surat lamaran kerja di urutan pertama atau acak.

Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan

Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan

Cara membuat surat lamaran kerja, konsepnya sama saja berupa permohonan bisa bekerja di perusahaan. Dengan adanya media internet, surat lamaran kerja bisa dibuat di komputer dan mengirimkannya secara online. Berikut ini panduan cara membuat surat lamaran kerja bagi pemula, antara lain :

1. Menuliskan nama kota dan tanggal penulisan

Pada pojok kanan atas, anda tuliskan nama kota dan tanggal dibuat surat lamaran kerja.Contoh : Bandung, 9 Nopember 2020.

2. Tuliskan tujuan surat

Anda bisa menuliskan kepada Yth. Bapak Pimpinan PT Ultra Milk jika anda tidak mengetahui namanya.

Baca juga : 10+ Cara Mempromosikan Diri Saat Melamar Pekerjaan Terbaik

Namun jika anda mengetahui nama pimpinan lebih baik menuliskan nama asli beserta titel.

Contoh : Kepada Yth. Bapak  H. Elan Suherlan, Pimpinan PT Ultra Milk.

3. Alamat perusahaan

Seringkali pelamar kerja memberikan alamat di tempat. Hal ini kurang baik. Sangat dianjurkan dituliskan alamat perusahaan secara lengkap. Contoh: Jalan Amir Mahmud No 58 Cimahi.

4. Ucapan salam

Berikanlah ucapan salam. Seperti Assalamualaikum. Dengan hormat.

5. Pendahuluan

Pendahuluan yang ditulis di surat lamaran kerja memuat tentang adanya pemberitahuan lowongan kerja di perusahaan berdasarkan sumber tertentu. Seperti teman, iklan di koran, media online dll.

6. Mencantumkan jabatan atau posisi yang dilamar

Anda mesti mencantumkan posisi yang dilamar. Karena akan bermanfaat untuk meninjau keahliandan latar belakang pendidikan anda berdasarkan posisi yang dilamar.

7. Identitas pemohon kerja

Identitas pelamar kerja yang mencakup nama lengkap, tempat kelahiran, tanggal lahir, alamat tempat tinggal, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan pendidikan terakhir.

8. Pengalaman bekerja

Tuliskan juga pengalaman anda bekerja di satu perusahaan beserta jabatannya. Hal ini menjadi bahan pertimbangan selanjutnya bagi perusahaan atau kantor dalam mempekerjakan anda.

9. Bagian penutup

Pada bagian ini anda meminta kesediaan bapak pimpinan untuk menerima permohonan anda bekerja di perusahaan yang dipimpinnya. Yang dilanjutkan dengan ucapan terimakasih atas segala perhatiannya.

10. Lampiran

Lampiran yang berisi pas foto ukuran 3×4 terbaru, fotocopi ijazah terakhir, fotocopy identitas diri atau KTP yang berlaku, curriculum vitae (CV), dan fotocopy sertifikat yang diperlukan.

11. Tanda tangan dan nama lengkap pemohon kerja

Itulah sistematika surat lamaran pekerjaan. Bagi anda yang masih bingung membuatnya maka anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja yang sudah jadi sebagai bahan referensi.

Pertanyaan Seputar Surat Lamaran Kerja

Pertanyaan Seputar Surat Lamaran Kerja

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan para pencari kerja seputar surat lamaran kerja yang sifatnya luas, antara lain :

  • Apa perbedaan CV dan surat lamaran kerja? CV adalah singkatan dari curriculum vitae yang berarti daftar riwayat hidup. Yang menggambarkan riwayat hidup seseorang secara garis besar dari mulai asal pendidikan, pengalaman dan jenis pekerjaan yang telah pernah dikerjakan selama hidupnya.
  • Sedangkan surat lamaran kerja adalah wujud permohonan seseorang untuk bisa bekerja pada sebuah perusahaan. Surat lamaran kerja bersifat komunikatif dua arah atau komunikasi antara orang yang meminta kerja dan perekrut tenaga kerja.
  • Apakah surat lamaran kerja harus ditanda tangan? Tentu saja surat lamaran kerja harus ditanda tangan yang menunjukkan orang yang menandatangan surat itu adalah seorang pemohon pekerjaan.
  • Ditambah lagi dengan sifat surat lamaran kerja yang formal sehingga membuatnya mesti ditanda tangan sebagai proses resmi. Selain itu, tanda tangan yang disertai nama pemohon dalam surat lamaran kerja merupakan bagian dari format struktur surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Apa saja yang ada di dalam surat lamaran kerja? Surat lamaran kerja harus memuat unsur-unsur berikut ini, antara lain :

  1. Judul surat
  2. Lokasi dan tanggal pembuatan surat
  3. Salam pendahuluan
  4. Pendahuluan surat
  5. Maksud pembuatan surat lamaran kerja
  6. Persyaratan yang ditambahkan
  7. Penutup
  8. Tanda tangan pemohon yang dilengkapi dengan nama lengkapnya

Mengapa surat lamaran pekerjaan harus dibuat secara resmi?

Hal ini disebabkan surat lamaran pekerjaan memuat beberapa informasi penting dan berharga tentang diri pelamar yang harus sesuai dengan bukti dan fakta.

Sehingga pihak perusahaan dapat menilai apakah keterampilan dan jenjang pendidikan yang ia miliki diperlukan oleh perusahaan atau tidak.

Kalau keahlian dan latar belakang pendidikan sesuai yang dibutuhkan oleh perusahaan maka kemungkinan besar ia akan direkrut sebagai karyawan.

Apakah surat lamaran kerja boleh 2 lembar atau dua halaman?

Pada dasarnya tidak ada ketetapan baku mengenai banyaknya halaman surat lamaran kerja. Namun yang paling banyak digunakan orang adalah membuat surat lamaran kerja sebanyak  1 halaman.

Walaupun demikian, bisa saja surat lamaran kerja sebanyak dua halaman jika anda masih kurang memadai menjelaskan referensi tentang anda seperti sertifikat dalam satu halaman.

Apakah ada pengaruh surat lamaran kerja bagi anda di kemudian hari?

Ya tentu saja ada pengaruh. Terutama di terima tidaknya anda bekerja di satu perusahaan. Surat lamaran kerja akan memuat informasi tentang perilaku dan kepribadian sehari-hari.

Misalkan tidak merokok, sudah menikah dan lain-lain. Perusahaan akan merekrut karyawan yang sesuai keinginannya berdasarkan surat lamaran kerja.

Berapa lama surat lamaran kerja dipanggil?

Hal ini merupakan hak perusahaan. Jika manajer hrd membutuhkan karyawan dalam waktu cepat maka surat lamaran kerja dapat diproses dalam satu hari.

Jika perusahaan tak sedang membutuhkan karyawan secara mendesak maka pemanggilan calon karyawan akan sangat lama.

Apakah berkas lamaran kerja boleh di staples?

Berkas surat lamaran kerja mesti di paper clip atau staples menjadi satu. Hal ini akan memudahkan pihak perusahaan membaca surat lamaran kerja anda secara menyeluruh.

Surat lamaran kerja sebaiknya menggunakan kertas ukuran apa dan dikertas apa?

Surat lamaran kerja bisa ditulis tangan sendiri atau diketik di komputer. Tentu saja yang paling mudah adalah mengetik di komputer memakai program microsoft word.

Adapun kertas yang dipakai ukuran A4. Untuk font huruf yang paling baik dan jelas adalah New Times Roman dengan ukuran huruf sebesar 12 pt.

Manfaat Surat Lamaran Kerja

Manfaat Surat Lamaran Kerja

Manfaat surat lamaran kerja adalah memberikan kesempatan bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai diinginkan di pabrik, perusahaan, lembaga usaha, kantor pemerintah dll.

Surat lamaran kerja memberikan manfaat langsung bagi pelamar kerja untuk berkontribusi bekerja dan memberikan manfaat dalam proses administrasi bagi perusahaan.

Fungsi Surat Lamaran Kerja

Fungsi Surat Lamaran Kerja

Berbicara fungsinya, surat lamaran kerja mempunyai beberapa fungsi, antara lain :

Alat komunikasi antara pencari kerja dengan penerima kerja

Dalam surat lamaran kerja berisi informasi yang disampaikan oleh pencari kerja mengenai tentang dirinya dan keterampilan yang dimiliki sesuai dengan pekerjaan yang tersedia di perusahaan tersebut.

Bukti permintaan pekerjaan secara resmi

Dengan adanya surat lamaran kerja menjadi bukti seseorang meminta pekerjaan secara resmi. Yang disertakan dengan lampiran fotocopy KTP, daftar riwayat hidup, fotocopy Ijazah, dan lain-lain.

Bahan pertimbangan

Surat lamaran kerja yang diajukan oleh seseorang akan membuat pihak perusahaan mempertimbangkan orang tersebut diterima kerja atau tidak. Selama lamaran kerja menarik dan data pelamar sesuai kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan maka peluang diterima sebagai karyawan sangat besar.

Panduan Pembuatan Surat Lamaran Kerja

Panduan Pembuatan Surat Lamaran Kerja

Bagi anda yang bingung untuk memulai membuat surat lamaran kerja maka dapat menyimak uraian ini yang berkaitan dengan aturan pembuatan surat lamaran pekerjaan.

Berikut ini panduan dalam pembuatan surat lamaran kerja yang baik dan benar, antara lain :

Memakai bahasa Indonesia yang baku, baik dan benar

Surat lamaran kerja sangat berbeda dengan surat non formal. Sebagai surat formal maka mesti ditulis dengan bahasa yang baik, baku dan sesuai EYD. Tidak diperbolehkan menggunakan bahasa gaul atau alay.

Singkat dan jelas

Kalimat yang disusun dalam surat lamaran kerja mesti jelas dan singkat. Jangan sampai menimbulkan pengertian atau makna ganda. Misalkan melakukan penulisan dengan kalimat yang bertele dan panjang-panjang.

Menulis memakai tangan

Sekarang ini tersedia pilihan untk membuat surat lamaran kerja menggunakan komputer. Namun hal ini kurang disukai oleh pihak perusahaan. Umumnya mereka menyukai surat lamaran kerja ditulis oleh tangan sendiri. Karena dari hasil tulisan tangan sendiri dapat diketahui kepribadian, watak dan kebiasaan seorang pelamar.

Contohnya anda membuat surat lamaran kerja dengan kondisi kertas yang kotor maka perusahaan akan mengetahui kepribadian anda tersebut.

Oleh karenanya, faktor ini juga sangat penting yakni kebersihan kertas. Anda harus memastikan surat lamaran kerja ditulis pada kertas yang bersih. Supaya perusahaan lebih mementingkan surat lamaran kerja sobat ketimbang yang lain.

Mengisi data dan identitas pemohon secara jelas

Pengisian biodata dan identitas pemohon kerja perlu hati-hati dan akurat. Jangan sampai salah karena akan merugikan pihak pelamar kerja tersebut.

Sebagai contoh jika anda sebagai seorang pelamar kerja menulis nomor ponsel yang salah di contoh surat lamaran kerja maka pihak perusahaan tidak bisa menghubungi anda. Sehingga perusahaan akan memanggil pelamar kerja yang lain.

Melampirkan data pendukung

Melampirkan data pendukung yang menunjukkan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan sangat penting. Misalkan perusahaan membutuhkan karyawan bagian operator komputer maka anda bisa melampirkan dengan sertifikat pelatihan komputer.

Ciri Ciri Surat Lamaran Pekerjaan

Ciri Ciri Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan yang baik mempunyai ciri-ciri seperti berikut ini, antara lain :

  1. Adanya tulisan tempat dan tanggal pembuatan surat lamaran kerja. Biasanya tulisan ini terdapat di bagian pojok kanan atas dan yang pertama ditulis tanpa disertai tanda baca titik. Contohnya : Sumedang, 9 Oktober 2020;
  2. Dicantumkan perihal yakni soal lamaran kerja;
  3. Memuat tentang tujuan surat;
  4. Mengandung kalimat pembukaan yang singkat dan padat. Kalimat pembukaan dimulai dari ucapan salam, dan maksud dari pembuatan surat permohonan kerja. Contoh : Selamat Pagi. Dengan hormat, kepada Bapak Pimpinan HRD PT Buku mengenai adanya iklan lowongan kerja di surat kabar Kompas maka saya berniat untuk melamar kerja tersebut;
  5. Bagian Isi. Bagian isi menguraikan tentang maksud untuk melamar kerja yang ditulis dengan biodata pemohon kerja. Yang meliputi nama, tempat tanggal lahir, alamat, status, pengalaman, jenjang pendidikan terakhir, dll;
  6. Menyatakan ucapan terima kasih. Ucapan terimakasih ditulis pada bagian akhir surat lamaran kerja. Terimakasih telah menanggapi atau membaca contoh surat lamaran kerja. Apalagi bersedia mempekerjakan pemohon sesuai posisi yang dilamar;
  7. Mencantumkan beberapa lampiran. Seperti fotocopy ijazah, fotocopy KTP, daftar riwayat hidup, surat pengalaman kerja dari perusahaan sebelumnya, fotocopy sertifikat keterampilan tertentu, pas foto, dan lain-lain sesuai yang diminta oleh perusahaan. Daftar lampiran dibuat vertikal bukan horizontal tanpa titik;
  8. Adanya tanda tangan dan nama jelas pemohon pada bagian akhir surat. Nama jelas harus ditulis secara lengkap beserta titel. Dan pastikan pemberian nama berada dibawah tanda tangan.

Setelah mengetahui ciri-ciri contoh surat lamaran kerja seperti di atas pastinya anda akan bisa mengetahui mana surat lamaran kerja dan mana yang bukan.

Jenis Surat Lamaran Pekerjaan

Jenis Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan mempunyai berbagai macam jenis, antara lain :

  1. Contoh surat lamaran kerja model gabungan yang dibuat dengan penggabungan bersama CV (curriculum vitae)
  2. Pemisahan. Contoh surat lamaran kerja jenis kedua adalah pemisahan yang dipisahkan dengan CV. Surat lamaran kerja jenis inilah yang paling banyak digunakan oleh para pelamar kerja.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh surat lamaran kerja

Contoh pertama surat lamaran kerja

Sumedang, 9 Nopember 2020

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Pimpinan HRD Griya Sumedang

Di

Jalan Angkrek 90 Sumedang

Dengan Hormat,

Berkenaan dengan adanya iklan lowongan pekerjaan sebagai Teknisi di perusahaan yang bapak/ibu pimpin yang dimuat pada halaman website resmi Griya Sumedang pada tanggal 8 Nopember 2010, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

  • Nama : Elan Suherlan
  • Alamat : Jalan Cimuncang RT 6 Rw 7 No 45 Sumedang
  • Nomor HP : 08748985555

Berniat untuk melamar pekerjaan sebagai teknisi.

Saya berharap kesediaannya untuk menerima saya sebagai bagian keluarga besar Griya Sumedang. Berikut ini saya lampirkan beberapa dokumen sebagai bahan pertimbangan ;

  1. Fotocopy KTP
  2. FC Ijazah Terakhir
  3. Pas foto 3×4

Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Sumedang, 9 Nopember 2020

TTd

Elan Suherlan


Contoh kedua surat lamaran kerja

Kepada Yth.

HRD Manager PT.Indofood Tbk

Jl. Mayor Abdurrahman No.8 Sumedang

Up. A.Endang,SE

Di Tempat

Hal : Lamaran Kerja

Lampiran : 4 Lampir

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

  • Nama Lengkap : Elan Suherlan
  • Jenis Kelamin : Laki Laki
  • Tempat/Tgl Lahir : Bandung, 5 Maret 1980
  • Pendidikan Terakhir : S1 Syariah
  • Agama : Islam

Sehubungan dengan informasi yang saya dapat dari berita harian Pikiran Rakyat Bandung bahwasanya sedang dibutuhkan karyawan baru di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk diposisikan sebagai staff Administrasi, maka dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan surat lamaran untuk menempati posisi yang sedang lowong tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan Ibu/Bapak, dan untuk perlengkapan persyaratan administrasi lamaran kerja, berikut ini saya lampirkan beberapa dokumen foto kopi berupa:

  1. Fotocopy KTP
  2. Fotocopy Ijazah terakhir
  3. Fotocopy SKCK
  4. Fotocopy Biodata Diri
  5. Pas Foto 4×6

Besar harapan saya untuk diberikan kesempatan bergabung di perusahaan yang Ibu/Bapak pimpin untuk bisa memberikan kontribusi saya kepada perusahaan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat berdasarkan kondisi saya yang sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan banyak terimakasih.

Sumedang, 11 Nopember 2020

Hormat Saya,

Elan Suherlan

Pemohon


Demikianlah contoh surat lamaran kerja berikut cara mencari informasi lowongan kerja, pengertian, sistematika, dan cara membuat, dan pentingnya surat lamaran kerja. Semoga bermanfaat.

5 / 5. 1362

Related posts