4 Tips Sukses Menjadi Food Blogger Profesional

  • Whatsapp
Menjadi Food Blogger

Sebelum kita akan membahasnya, ada beberapa hal dasar yang wajib dimiliki oleh food blogger sejak pertama karirnya dimulai, yaitu: Dalam dunia blogging terdapat berbagai niche populer, mulai dari niche, lifestyle, otomotif, hingga niche kuliner atau food blogging.

Blog kuliner atau food blog merupakan salah satu contoh dari niche yang tidak akan pernah hilang ditelan masa. Hidupnya blog tentang makanan karena aktifnya perilaku konsumen kuliner yang terbiasa untuk mencari review kuliner atau resep makanan. Lalu, bagaimana cara menjadi food blogger ?

Read More



  • Manajemen keuangan.

Semakin sering anda membuat konten berarti semakin sering pula anda berkunjung ke tempat-tempat tertentu hanya untuk berburu makanan. Jika anda merupakan food blogger pemula, biasanya makanan yang akan anda review didapatkan dengan dana pribadi, maka haruslah pandai-pandai dalam mengatur keuangan dan juga pandai dalam menentukan makanan yang akan anda review agar tidak merugikan diri sendiri.

  • Memotret dan menulis.

Memperdalam kemampuan dalam hal menulis agar mendapatkan gaya tulisan yang cocok untuk anda. Dengan penulisan yang baik, maka setiap konten yang anda terbitkan akan menarik perhatian orang. Anda tidak perlu memiliki skill memotret yang jago untuk menjadi food blogger, pastikan saja anda memiliki variasi dan sudut pandang memotret yang pas dan baik agar foto yang dihasilkan menarik atau bahkan menggugah selera pembaca. Pastikan juga anda sering melakukan update terkait konten yang telah anda buat secara rutin agar tidak kehilangan pembaca.

Berikut adalah Tips Sukses Untuk Menjadi Food Blogger

Menjadi Food Blogger

Untuk menjadi food blogger yang sukses baik di sosial media ataupun sebagai youtuber, anda hanya perlu mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu. Di bawah ini kami akan menjelaskan empat langkah utama yang diperlukan untuk menjadi food blogger sukses, antara lain :



Riset

Riset Food Blogger

Sebelum anda akan memulai membuat konten tentang blog kuliner, langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah riset. Ada dua tahap dalam riset ini. Pertama, tentukan sub-niche yang cocok dengan diri anda. Tidak hanya sekedar website resep makanan saja, terdapat banyak pilihan sub-niche dalam blog kuliner, dari resep, review makanan, review restoran, atau super niche. Anda juga bebas memilih sub-niche mana saja yang paling cocok dengan minat anda.

Sub-niche resep adalah blog kuliner yang isinya merupakan tentang resep-resep makanan. Blog resep makanan kontennya harus lengkap dari bahan-bahan yang diperlukan sampai cara memasak suatu makanan. Setelah itu, ada juga sub-niche review makanan dan restoran. Sub-niche ini bisa berisikan konten ulasan mengenai makanan dan restoran tertentu yang telah ditentukan.

Ada juga blog tentang makanan yang memiliki super niche. Sub-niche yang terakhir ini ialah blog yang tidak hanya membahas soal makanan, tetapi juga membahas mengenai lifestyle. Jadi lebih akan lebih banyak lagi topik yang bisa anda bahas di blog, tetapi masih berkaitan dengan kuliner. Misalnya, anda bisa membahas bagaimana cara diet Keto atau diet vegetarian.

Tahap kedua di langkah riset adalah menemukan keunikan yang bisa anda tampilkan. Riset ini diperlukan agar anda bisa membuat blog kuliner yang unik dan berbeda dari blog kuliner yang lainnya. Blog yang unik tentunya akan lebih disukai dan cenderung mampu bertahan lebih lama di tengah persaingan oleh berbagai macam food blogger. Jika perlu buat branding yang kuat sehingga mudah diingat orang yang anda cicipi.

Buat Blog yang Profesional

Food Blogger Profesional

Jika anda ingin sukses menjadi food blogger, anda harus menjalankannya dengan profesional. Salah satu cara efektif  untuk menunjukkan profesionalitas anda adalah dari blog yang dibuat.



Pertama, pilihlah platform terbaik yang bisa menunjang anda. Berbagai macam platform pembuatan blog, mulai dari Blogger, sampai WordPress dapat anda gunakan. Lantas manakah platform terbaik untuk membuat blog kuliner yang profesional? Bisa dibilang WordPress adalah platform yang terbaik untuk semua jenis website dan blog. Saat ini lebih dari 30 persen website di dunia menggunakan plugin WordPress.

Kedua, pilih nama domain yang unik dan inovatif. Nama domain ini menjadi bisa identitas anda di dunia maya yang akan mengantarkan orang-orang ke blog anda. Pilih nama domain yang singkat, jelas, mudah dieja, dan mudah diingat orang sehingga orang-orang akan mudah untuk mengetik nama domain blog kuliner Anda.

Ketiga, pilihlah web hosting yang terpercaya. Untuk menggunakan WordPress.org anda tentunya membutuhkan web hosting. Web hosting merupakan tempat untuk menyimpan semua, konten di blog kuliner Anda.

Keempat, pilih tema yang sesuai dengan selera dan niche anda, yaitu blog kuliner. Anda bisa memilih bermacam tema gratis ataupun yang berbayar di WordPress.org. Jika budget yang anda miliki terbatas, menggunakan tema non-paid pun tidak masalah.

Tersedia banyak tema gratis yang bisa digunakan dengan kualitas terbaik di WordPress. Kelima, install pula plugin-plugin penting. Salah satu kelebihan dari WordPress.org dibanding WordPress.com adalah bisa memasang plugin. Plugin akan memudahkan anda untuk menambahkan bermacam-macam fitur penting di blog kuliner.

Membuat Konten

Sektor paling penting di blog anda adalah konten. Konten tidak harus melulu mengenai artikel, anda pun juga bisa membuat konten berbentuk visual seperti foto, infografik, video, atau ilustras, bisa juga menggunakan audio seperti podcast.



Kami menyarankan anda untuk tidak memaksakan diri anda untuk membuat semua jenis konten. Anda bisa memulai membuat jadwal konten yang tidak membebani anda, bisa dilakukan seminggu atau bahkan dua minggu sekali, tergnatung dari kemampuan yang anda miliki..

Ada dua hal penting yang harus anda perhatikan dalam membuat konten untuk blog kuliner. Pertama, konten harus original. Tidak dapat dipungkiri bahwa orisinalitas konten merupakan daya tarik tersendiri untuk menarik perhatian dari pengunjung. Hal lain yang tidak kalah penting dalam blog kuliner adalah foto.

Pembaca pasti ingin melihat foto-foto makanan yang bagus untuk meyakinkan mereka mencoba resep anda atau mencoba makanan yang anda review. Sebelum anda membuat konten, sebaiknya untuk melakukan riset keyword terlebih dahulu.

Riset keyword dapat membantu anda untuk menemukan kata kunci yang sedang populer di topik kuliner. Anda bisajuga melakukan riset keyword menggunakan berbagai media sosial, facebook, instagram dan twitter adalah medsos ideal yang bisa anda gunakan.

Mempromosikan

Membuat konten saja tidak akan cukup untuk menarik perhatian dari pengunjung anda. Anda juga perlu mempromosikan konten di blog kuliner anda supaya dibaca oleh banyak orang. Ada beberapa cara promosi yang  efektif untuk blog Anda.




Optimasi SEO

Sebelum anda melakukan kegiatan promosi lainnya, Anda perlu mengoptimasi SEO blog kuliner terlebih dahulu. Optimasi SEO penting dilakukan u ntuk mempermudah blog anda ditemukan. Jadi ketika orang mencari keyword tertentu berkaitan dengan kuliner, blog anda akan muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Bagikan di Media Sosial

Cara termudah untuk membagikan konten blog kuliner anda ialah dengan membagikanya di media sosial. Pilihan media sosial pun bermacam rupa, dari mulai Facebook, Instagram, sampai Twitter dan media sosial populer lainnya.

Gunakan hashtag yang relevan dengan konten anda supaya lebih mudah ditemukan oleh para pengguna media sosial. Anda pun perlu juga untuk bergabung dengan grup yang berkaitan dengan kuliner supaya konten yang telah anda bagikan langsung sampai kepada orang-orang.

Bangunlah Relasi dengan Sesama Food Blogger

Dalam dunia blogging, seperti apa pun niche-nya, membangun relasi dengan sesama blogger dalam satu niche merupakan langkah yang penting.

Manfaat dari relasi sesama food blogger ini tidak terbatas hanya pada saling berbagi konten saja, tetapi bisa juga sebagai sarana berbagi informasi dan update mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kuliner. Jadi anda tidak bakal ketinggalan update terbaru mengenai perkembangan industri kuliner yang mendukung anda untuk tetap eksis.

Kesimpulan

Demikian artikel kami mengenai Tips Sukses Menjadi Food Blogger. Dalam pengelolaan blog, apapun niche-nya, pastikan anda mempunyai dasar yang kuat, niat dan tekad merupakan landasan dasar untuk kesuksesan anda dalam menulis blog.



Dan ternyata dengan menulis blog anda pun bisa membantu orang-orang, dengan konten anda yang original dan menarik dan juga dengan memberikan review, ulasan atauapun berbagai hal lainnya mengenai kuliner. Menguntungkan dan bermanfaat, sekali dayung dua pulau mampu terlewati. Selamat berkreatif menjadi food blogger. Selamat berkreasi !

5 / 5. 904

Related posts