6 Langkah Promosi Google Shopping untuk Bisnis

Google Shopping

Google Shopping ? Hampir semua orang pasti menggunakan google untuk mencari informasi. Tak heran apabila banyak iklan produk atau jasa google, peluang bisnis anda akan menjadi semakin besar. Bagi anda yang menginginkan untuk mengiklankan produjk anda secara online, google telah menyediakan layanan iklan yang berbasis gambar, yaitu google shopping.

Layanan google shopping ini mampu menampilkan produk anda dihasil pencarian google lengkap dengan gambar dan informaso produk mengenai harga barang lokasi toko dan link toko anda. cukup dengan sekali klik maka pengunjung langsung diarahkan ke website pembelian. Pada artikel kali ini kami akan memandu anda untuk busa mempromosikan prosdk melalui google shopping, selain itu kami juga akan memberikan strategi yang tepat untuk bisnis online anda. mari simak artikel kali ini.

Read More

Apa itu Google Shopping

Google shopping adalah layanan yang memungkinkan kita untuk menjual barang yang disediakan oleh google dengan fitur seperti informasi produk ; gambar, harga dan link toko online dari penjual. Pada layanan inin  konsumen dapat pula membandingkan berbagai macam produk dari toko satu ke yang lainnya. Nantinya hasil pencarian yang ditampilkan google berupa gambar berukuan mini disertai dengan nama produk, harga dan toko onlinenya. Fitur yang demikian tentunya akan sangat memudahkan bagi pelanggan yang ingin membandingkan harga dan kualitas suatu produk.



Cara kerja dari google shopping sendiri adalah menggunakan data informasi produk yang diunggah oleh pemilik bisnis untuk menampilkan iklan. Data tersebut bisa mengenai gambar, merek, warna, ukuran dan lain-lain. Terus bagaimana agar produk anda bisa muncul di halaman pencarian google ? Anda bisa menggunakan dua platform lain, seperti google merchant center dan google ads. Google merchant center gunanya adalah untuk tempat penyimpanan produk anda, sedangkan untuk google ads digunakan untuk mengatur promosi dan budget yang digunakannya.

Panduan Promosi Produk Google Shoping

Google Shopping

Untuk melakukan bisnis rumahan anda, dalam hal ini adalah bisnis online, promosi adalah hal yang paling utama. Untuk bisa mempromosikan produk di google shopping maka seperti penjelasan sebelumnya anda harus mempunyai akun google merchant center dan google ads terlebih dahulu. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk bisa mempromosikan produk anda di google shopping :

  1. Membuat akun Google Merchant Center

Supaya produk bisnis anda dapat ditampilkan di google shopping, anda membutuhkan google merchant center sebagai tempat untuk menginput produk-produk anda. anda bisa membuat akun dengan mengakses link dari google merchant center sendiri, setelah itu klik tombol sign up untuk mendaftar.



Setelah membuat akun adna perlu melakukan sedikit pengaturan akun, dengan klik business information anda perlu memasukkan informasi mengenai bisnis anda, termasuk alamat yang dari toko anda. anda juga perlu untuk memverifikasi URL website anda, pastikan website anda berformat “ http:// ” atau “https://”. Jika langkah sudah anda lakukan, maka akun google merchant siap digunakan.

  1. Mengoptimalkan Gambar Produk

Perlu diketahui bahwa google shopping akan menampilkan foto produk anda di halaman pencarian. Gambar produk yang berkualitas bisa menjadi peluang untuk dipilih oleh calon pembeli. Maka dari itu penting untuk mengoptimalkan pada bisnis online anda. selain itu google juga akan memverifikasi kualitas gambar yang anda pasang, jika lolos maka akan bisa tampil di halaman pencarian google.

Proses verifikasi biasanya membutuhkan beberapa hari dengan mempunyai ketentuan dari google. Gambar produk yang tidak sesuai dengan ketentuan akan ditolak oleh google, bahkan bisa-bisa google akan mem banned­ akun google shopping anda. ini merupakan bentuk komitmen dari google untuk memberikan pelayanan terbaik bagi calon pembeli.

  1. Membuat dan Mengisi Feed

Setelah anda selesai dengan optimalisasi gambar, maka kini saatnya menambahkan detail pada produk bisnis online anda di feed google merchant center. Pengisian ini sangat penting karena akan memudahkan google unuk menemukan dan menampilkan produk anda.  Ada empat cara untuk bisa menginput detail produk anda :




  • Google Sheets : anda bisa membuat detail produk menggunakan template yang telah disediakan oleh google merchant center, atau anda juga bisa membuatnya sendiri dan mengupload sesuka hati.
  • Schedule Fetch : anda cukup mencantumkan nama file URL google sheet produk anda dan menentukan jadwal pengambilan data secara otomatis. Kemudian google merchant center akan mengambil data produk dari file dan menguploadnya sesuai dengan jadwal yang telah anda buat.
  • Upload : upload dan update file detail produk secara manual a=ke akun google merrchant center. Data tidak akan diperbaharui secara otomatis apabila anda tidak mengubah detail file anda.
  • Content API : opsi ini memungkinkan anda untuk tidak kperlu repot memperbaharui data hatga, jumlah stok dan diskon produksatu per satu. Opsi yang bisa anda gunakan jika toko anda merupakan bisnis dengan skala besar yang disertai dengan intensitas pembelian yang tinggi.
  1. Menghubungkan dengan Akun Google Ads

Setelah anda selesai dengan google spreadsheet, produk anda tidak akan langsung muncul di hasil pencarian google shopping. Sebelum itu untuk lemancarkan bisnis online anda, anda harus menghubungkan akun google merchant center dengan google ads supaya produk anda bisa muncul di google shopping. Jika anda belum mempunyai akun google ads, anda bisa membuatnya terlebih dahulu.




Setelah mempunyai akun google ads, anda bisa menghubungkannya di akun google merchant center dengan mengklik setting  dan anda harus memilih link account. Setelah itu masukkan customer ID akun google ads anda. setelah memasukkan ID google ads anda, berati google ads dan google merchant center anda telah terhubung. Tahap selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah dengan membuat iklan di google shopping.

  1. Membuat Iklan di Google Shopping

Setelah akun google merchant center dan google ads terhubung anda bisa memulai membuat google shopping campaign dan mulai mengiklankan produk anda. ada dua cara untuk bisa membuat google shopping campaign.

Pertama anda bisa langsung membuatnya di google merchant center. Caranya sangat mudah yaitu pada menu linked account anda hanya perlu klik create shopping campaign, selanjutnya anda tinggal mengisi nama promosi, negara tempat anda berjualan, dan budget iklan harian kalian. Langkah berikutnya dilanjutkan pada pengaturan di google ads.




Cara yang kedua adalah anda bisa membuat google shopping campaign melalui google ads. Anda perlu login ke akun google ads terlebih dahulu.  Untuk menambahkan promosi produk, anda perlu klik pada menu campaign lalu klik ikon “+”, setelah itu google ads akan menampilkan berbagai pilihan promosi untuk bisnis online anda dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan, traffic website dan leads.

Untuk membuat promosi iklan di google shopping, anda bisa memilih tipe shopping. Pada tipe ini daftar produk pada google merchant center anda akan ditampilkan lengkap dengan gambar dan data yang telah anda input.

  1. Mengatur Budget Iklan

Setelah selesai di tahap sebelumnya, selanjutnya anda perlu memasukkan budget untuk mengiklankan produk anda. Google menerapkan sistem CPC (Cost per Click) sehingga anda hanya perlu membayar iklan yang diklik o;eh orang lain. Jadi lebih hemat bukan?

Ada dua jenis bidding yang bisa anda pilih. Pertama manual CPC, anda dapat mengatur sendiri tingkat maksimum CPC iklan anda. kalau anda tidak ingin pusing mengatur budget iklan anda bisa memilih Maximize Clicks, pada bidding ini google ads akan mengatur agar iklan anda mendapatkan klik sebanyak-banyaknya. Selanjutnya, pilih di mana iklan produk anda ingin ditampilkan, bisa di halaman pencarian youtube, gmail maupun google sendiri.



Anda juga perlu memilih lokasi pemasaran iklan anda yang disesuaikan dengan target konsumen. Setelah memilih targer, anda hanya perlu memilih jenis tampilan iklan yang ingin anda pilih, bisa Products Shopping ads dengan pengguna bisa melihat satu produk lengkap dengan informasinya ataupun showcase Shopping ads yang memungkinkan anda mengiklankan beberapa produk, untuk melihat detailnya pengguna bisa klik pada iklan tersebut.

Tingkatkan Penjualan Anda melalui Google Shopping !

Salah satu cara cepat untuk meningkatkan penualan online adalah dengan menayangkannya di iklan google shopping. Dengan menayangkan iklan pada bisnis online maka bisa meningkatkan traffic dan penjualan toko online anda. jadi tunggu apalagi? Tingkatkan penjualan produk anda dengan Google Shopping dan raihlah kesuksesan besar. Jika anda mau menggunakan layanan ini , silahkan kunjungi link resmi langsung dari google : klik di sini.

5 / 5. 981

Related posts