8 Harga BBM dan Cara Berhemat : Lengkap dan Jelas

34

Harga BBM dan cara berhemat akan dibahas dalam artikel ini. Kenaikan harga dari bahan bakar minyak (BBM) bagi kendaraan seperti bensin maupun solar pasti terjadi direntang waktu tertentu. Kenaikan harga ini tentunya dipengaruhi karena sejumlah hal, salah satunya ialah harga pada minyak dunia.

Harga BBM dan Cara Berhemat

Harga BBM dan Cara Berhemat

Harga BBM dan cara berhemat menjadi topik yang hangat dibicarakan. Di Indonesia sendiri, kenaikan BBM sudah terjadi beberapa kali di tahun 2018. Hal ini membuat kita berfikir bagaimana cara menghematnya.

Harga BBM dan cara berhemat penting untuk diketahui. Besaran di kenaikan harganya diperkirakan yakni antara 10% hingga 30%. Seperti misalnya Pertamax, harga pada awal tahun 2018 ialah Rp 8.400 dan sekarangmenyentuh angka Rp 10.400

Bagi harga BBM sekarang yang berlaku sejak perubahan terbaru termasuk dalam harga Pertamax, Pertalite, Premium serta Solar tanggal 27 Juli 2020 ialahdi bawah ini :

JenisHarga Terbaru (per liter)Harga Sebelumnya (Per liter)
PertamaxRp 9.000Rp 9.200
Pertamax TurboRp 9.850Rp 9.900
Pertamina DexRp 10.200Rp 11.700
PremiumRp 6.450Rp 6.550
PertaliteRp 7.650Rp 7.800
DexliteRp 9.500Rp 10.200
Bio SolarRp 9.400Rp 9.300

Sumber : www.pertamina.com

* Harga diatas berdasar dari harga bbm non subsidi

* Harga Premium yang berada di Luar Jawa Madura Bali Rp 6.450/liter

* Harga bensin bisa berubah sesuai kondisi

Untuk dijadikan perbandingan, Anda bisamelihat harga dari bahan bakar minyak dari Shell terkini di bawah ini:

JenisHarga Terbaru (per liter)Harga Sebelumnya (Per liter)
Shell SuperRp 9.125Rp 10.250
Shell V-PowerRp 9.650Rp 11.700
Shell DieselRp 9.850Rp 10.225
Shell RegularRp 9.075Rp 10.000

Sumber : www.shell.co.id

*Wilayah Jabodetabek dan Bandung

Sedangkan harga untuk biaya BBM sebulan dapatdiilustrasikan sebagai berikut.

Jarak antararumah sampai ke kantor ialah 10km sehingga untuk pulang pergimemiliki jarak20km. Yang berarti untuk sebulan, dengan perkiraan 25 hari kerja, total dari jarak yang di tempuh ialah:

20 km*25 hari = 500 km

Apabila Anda mempunyai kendaraan mobil dengan spesifikasi konsumsi bahan bakar 1:10, maka bisa dihitung jumlah dari penggunaan bensin dalam sebulan:

500 km/10 liter = 50 liter per bulan

Apabila mobil Anda memakai Premium yang memiliki harga Rp 6.550 per liter, maka biaya untuk bensin Anda sebulan yakni:

Rp 6.550 X 50 = Rp 327.500

Pastinya perhitungan tersebut dapat berbeda tergantung spesifikasi konsumsi dari bahan bakar pada kendaraan yang digunakan, dan juga jarak tempuh yang dilakukan setiap hari. Selain itu, pemakain bahan bakar juga dapat dipengaruhi oleh cara dalam mengemudikan kendaraan dan juga kondisi dari jalan serta macet.

Tentunya BBM bukanlah satu-satunya barang transportasi yang menjadi keeperluan Anda setiap bulan, ada pula biaya untuk parkir, dan untuk yang mempunyai mobil juga biaya Tol. Maka dari itu, Anda harusmelihat tips untuk menghemat BBM di bawah ini.

Tips bagaimana menghemat bensin

Harga BBM dan cara berhemat perlu dipelajari. Sebelumnya telah dibahas mengenai harga BBM di Indonesia yang terjadi kenaikan beberapa kali di Indonesia. Setelah Anda paham mengenai harga BBM per liter bagi kendaraan bermotor Anda, sekarang Anda juga perlumengeathui bagaimana cara supaya dapat menghematnya.

Tidak memanaskan kendaraan terlalu lama

Harga BBM dan cara berhemat yang pertama adalah tidak memanaskan kendaraan terlalu lama. Sewaktu Anda mengidupkan mesin, kendaraan Anda sudah langsung memakai BBM tersebut. maka dari itu, bila Anda hendak berhemat dalam pembelian BBM, Anda tidak boleh untuk memanaskan mesin kendaraan terlalu lama.

Kebiasaan lain yang dapat membuat boros bahan bakar ketika memanaskan mobil ialah menginjak pedal gas secara dalam. Panaskan kendaraan anda beberapa saat sebelum Anda akan pergi. Jangan menyepelekan waktu dalam memanaskan mobil bila Anda ingin hemat BBM.

Tidak melewati batas kecepatan

Harga BBM dan cara berhemat yang kedua dengan tidak melewati batas kecepatan. Jangan dikiradengan kecepatan tinggi tidak membuat Anda boros bahan bakar. Menginjak pedal gas pada mobil, maupun memutar gas di motor, tiba-tiba ketika berhenti dapat menjadikan bensin segera habis.

Begitupun juga dengan melakukan rem mendadak sewaktu kendaraan tengahberjalan, hal tersebut dapat menjadi penyebab borosnya pemakain bahan bakar kendaraan.

Maka karena itu, dengan melakukan kebiasaan berkendara yang baik Anda sebetulnya telah mampu untuk menghemat pemakaianBBM.

Matikan mesin jika macet total

Harga BBM dan cara berhemat yang ketiga adalah dengan mematikan mesin jika macet total. Bagidaerah Jakarta, maka tidak asing lagi dengan kondisi jalan yang macet. Jika Anda terjebak dikemacetan total, maka akan lebih baik jika Anda mematikan mesin kendaraan.

Selama Anda menghidupkan mesin kendaraan, maka bensin bakal terus terkuras. Sebab itulah, dalampemakaian bensin yang efisien, sebaiknya matikan mesin kendaraan jika tidak dipakai, termasuk pada waktu terjebak disituasi macet total.

Gunakan AC dengan efisien

Harga BBM dan cara berhemat yang keempat adalah dengan menggunakan AC dengan efisien. Satu lagi yang dapat membuat Anda boros pengeluaran BBM ialah pemakain dari Air Conditioner (AC) di dalam mobil secara berlebihan.

Hal tersebut karena pemakaian AC berpengaruh terhadap putaran mesin yang juga mempengaruhi pemakaian daribensin. Dengan memakai AC seperlunya, maka Anda dapat mengurangi beban di putaran mesin serta mengurangi pemakaian BBM.

Tidak menambah hambatan angin dan beban mobil secara berlebihan

Harga BBM dan cara berhemat yang kelima dengan tidak menambah hambatan angin dan beban mobil secara berlebihan. Menambah aksesoris di dalam kendaraan secara berlebihan dapat menjadikan Anda boros dalam pemakaian bahan bakar.

Aksesoris seperti bumper, rak barang, ataupun sound system yang terlalu berat dapat menghambat jalannya kendaraan. Mengakibatkan kendaraan Anda memerlukan tenaga yang leibh banyak, yang akhirnya menggunakan bensin yang juga banyak.

Service secara berkala

Harga BBM dan cara berhemat yang keenam adalah dengan rutin service secara berkala. Melakukan service berkala serta memastikan kondisi kendaraan selalu pada keadaan baik fit dapat menghemat pemakaian bahan bakar.

Dengan pelaksanaan service rutin, Anda dapat memastikan seluruh komponen pada mesin di kendaraan bisa dipastikan keadannya. Apabilaseluruh komponen kendaraan pada keadaan yang baik, Anda dapat memastikan bahwa pemakain dalam bahan bakar juga lebih efisien.

Gunakan jenis bahan bakar yang sesuai dengan persyaratan pabrikan

Harga BBM dan cara berhemat yang ketujuh dengan memperhatikan jenis bahan bakar yang sesuai dengan persyaratan pabrikan. Jangan lupa juga supayasenantiasamemakai bahan bakar sesuai persyaratan dari pabrikan. Contohnya, apabila kompresi pembakaran mobil menuntut mobil untuk diisi bahan bakar yang memiliki oktan tinggi semisal Pertamax, maka jangan diisi oleh Premium.

Ketidakcocokan kompresi dalam pembakaran dengan BBM dapat merusak mesin serta membuat pemakaian bahan bakar menjadi boros. Kenaikan BBM yang tak menentu harus dapat disiasati dengan cara melatih kebiasaan finansial.

Kartu kredit untuk pengisian BBM yang hemat

Harga BBM dan cara berhemat yang terakhir dengan memakai penawaran yang ditawarkan dari penerbit kartu kredit. Apabila Anda teliti pada saat memilih kartu kredit, Anda bakal mendapati bahwa terdapat beberapa kartu kredit yang menawarkan cashback dalam pengisian bahan bakar bagi kendaraan Anda.

Tak hanya cashback, Poin Penghargaan juga dapat bermanfaat bagi Anda sebab dapat ditukarkan dengan profit yang lain. di bawah ini merupakan beberapa contoh kartu kredit yang meawarkan potongan harga dalam pengisian bahan bakar.

HSBC Signature Experience

Harga BBM dan cara berhemat selanjutnya dengan menggunakan fasilitas kartu kredit HSBC Signature Experience. Untuk pengguna kartu kredit ini, Anda bakalmemperoleh point reward dengan pengisian bahan bakar. Pengguna Signature Experience dari HSBC ini memiliki hakdalammemperoleh point reward sebanyak 2 point bagi tiap transaksi Rp 2.500 serta kelipatannya pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Citibank Cashback

Harga BBM dan cara berhemat yang selanjutnya dengan menggunakan fasilitas kartu kredit dari Citibank Cashback. Pemegang kartu kredit Citibank Casback juga dapat menghemat pengeluaran dalam pembelian dan pemakaian bahan bakarnya sebab mereka bakalmemperoleh cashback enilai 5% setiap transaksi di SPBU. Selain itu dengan mempunyai kartu kredit Citibank, Anda memiliki kesempatan untuk memperoleh tambahan cashback sampai dengan Rp 100.000 bagi transaksi kategori SPBU ini.

Danamon World

Harga BBM dan cara berhemat yang selanjutnya dengan menggunakan fasilitas kartu kredit dari Danamon World. Dengan mmepunyai kartu kredit World Danamon, Anda memiliki hakmemperoleh cashback sampai 5% dalam setiap transaksi di SPBU dengan minimum transaksi yakni Rp 100.000 per bulan. Anda dapat langsung menghemat pengeluaranBBM dengan mempunyai kartu kredit World dari Danamon.

Akhir Kata

Sekian artikel dari kami hari ini mengenai Harga BBM dan Cara Berhemat. Kami harap artikel kami kali ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan keilmuan bagi anda sekalian.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3200

No votes so far! Be the first to rate this post.

/* */