Memilih 9 Jenis Asuransi yang Tepat untuk Digunakan

102

Jenis asuransi yang terdapat di dunia khususnya di Indonesia sangat banyak. Seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi rumah, asuransi mobil, asuransi pengiriman dan asuransi lainnya.

Hal ini menjadi perlu diketahui secara satu persatu. Dari satu asuransi akan muncul jenis asuransi lain. Contoh asuransi kesehatan yang memiliki banyak produk turunannya.

Sebelum kita membahas jenis-jenis asuransi maka kita kaji dulu pengertian asuransi secara menyeluruh meliputi arti umum maupun khusus.

Pengertian Asuransi Secara Umum

Pengertian Asuransi

Asuransi adalah suatu kesepakatan antara pihak penanggung dan tertanggung untuk saling berbagi resiko. Kalau diumpamakan asuransi adalah sebuah payung yang akan memberikan perlindungan badan dari hujan dan panas.

Dalam hal ini hujan dan panas diibaratkan seperti musibah kematian atau kecelakaan yang membuat kondisi keuangan dapat terganggu.

Sebuah petuah bijak mengatakan sedialah payung sebelum terjadinya hujan. Dalam dunia asuransi berarti ambilah asuransi kesehatan sebelum anda sakit.

Baca juga : Asuransi Online 2021: Asuransi Pandemic Covid-19 Diawasi OJK

Ambilah asuransi jiwa untuk menjaga keuangan keluarga tetap stabil pasca kematian ‘tulang punggung keluarga’. Tanpa payung asuransi kondisi keuangan anda akan terganggu.

Semua orang paham asuransi sangat penting bagi setiap orang. Asuransi sebuah produk perlindungan terhadap segala sesuatu musibah yang tak terduga dan dapat mengakibatkan kerugian keuangan secara besar.

Tanpa asuransi, anda harus mengeluarkan biaya lebih besar. Untuk melindungi resiko dari kerugian, anda bisa mengambil asuransi. Yang tentu untuk mendapatkan manfaat darinya anda harus membayar biaya premi.

Berkaitan dengan asuransi yang dibutuhkan setiap orang ternyata mempunyai banyak jenis dan macam. Namun masih adanya sebagian orang yang belum mengetahui jenis asuransi.

Masih banyak masyarakat yang belum mengenal asuransi dan sama sekali tak mengetahui fungsi dan manfaat asuransi. Hal tersebut menyebabkan masih banyak orang di tanah air yang tak mempunyai asuransi.

Berdasarkan data, sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mengetahui macam-macam dan jenis asuransi. Jenis asuransi terdiri-dari asuransi pengiriman, asuransi mobil, asuransi rumah, asuransi  kesehatan dan asuransi jiwa. Asuransi yang ada memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Pengertian Asuransi Secara Khusus

Pengertian Asuransi Secara Khusus

Secara khusus asuransi adalah sebuah bentuk perjanjian atau kontrak yang saling mengikat antara mereka yang sepakat. Perjanjian kontrak pengalihan resiko atau berbagi resiko itu dinamakan polis asuransi. Bisa juga dikatakan asuransi sebagai alat mengganti biaya kerugian atas suatu peristiwa.  Contoh : sakit atau kecelakaan.

Untuk mendapatkan manfaat asuransi, seseorang mesti memenuhi ketentuannya. Seperti pembayaran premi bulanan. Pembayaran premi merupakan kewajiban seorang tertanggung untuk mendapatkan klaim asuransi dan biaya pertanggungan. Sedangkan kewajiban penanggung atau penyedia asuransi adalah membayarkan uang klaim seperti kesepakatan bersama.

Jenis-Jenis Asuransi

Jenis Asuransi

Jenis asuransi di Indonesia dan dunia tak terhitung. Asuransi jiwa, asuransi pengiriman, asuransi kesehatan, asuransi mobil dan asuransi rumah.

Jumlahnya semakin hari bertambah banyak seiring kebutuhan dan permintaan masyarakat terhadap jenis asuransi baru. Berikut ini berbagai jenis asuransi yang terdapat di dunia, antara lain:

1. Asuransi Jiwa

Jenis Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan asuransi yang memproteksi biaya pertanggungan jika seseorang mengalami kematian. Semua orang tahu asuransi ini sangat penting. Bukan hanya untuk dirinya tapi juga keluarganya. Apalagi jika ia sebagai tulang punggung keluarga. Yang jika ia meninggal maka ahli waris atau keluarganya bisa sengsara.

Baca Juga : 5 Cara Memilih Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Tahun ini

Ketergantungan secara ekonomi merupakan hal yang sudah terbiasa di masyarakat dan keluarga. Ayah adalah orang yang bertanggung jawab untuk mencari nafkah buat keluarga. Tampak peranan ayah sangat besar untuk membiayai semua kebutuhan keluarga.

Namun dalam kondisi tertentu, seorang suami atau ayah sangat mungkin mengalami sakit, kecelakaan atau meninggal dunia. Praktis tak ada penghasilan yang didapatkan jika kondisi suami atau ayah seperti ini. Pada saat inilah fungsi asuransi jiwa sangat penting untuk memberikan perlindungan atau biaya penggantian jika kondisi itu terjadi.

2. Asuransi Kesehatan

Jenis Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang paling banyak diikuti orang. Ada asuransi kesehatan pemerintah dan swasta. Asuransi ini memproteksi biaya kesehatan yang tinggi. Untuk besaran iuran premi sangat terjangkau.

Hal itu tergantung layanan yang dipilih seperti kelas 1, 2 dan kelas 3. Asuransi BPJS kesehatan adalah contoh baik dari asuransi kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Setiap orang baik itu pekerja, buruh, pengusaha, karyawan, ibu rumahtangga, pelajar, mahasiswa dan kalangan lainnya wajib memproteksi biaya kesehatan dengan mengambil asuransi kesehatan, karena biaya pengobatan dan kesehatan di rumah sakit sangat mahal.

Apalagi anda mesti menjalani tindakan bedah. Dengan asuransi kesehatan maka segala biaya itu menjadi lebih ringan dan jadi tanggungan pihak perusahaan asuransi. Seperti biaya rawat inap, biaya rawat jalan, biaya obat-obatan, biaya rontgen dll.

3. Asuransi Mobil

Jenis Asuransi Mobil

Seperti dilansir oleh Wikipedia, kendaraan merupakan salah satu benda berharga yang dimiliki manusia untuk sarana transportasi. Kendaraan terbagi dalam beberapa macam. Yang paling umum adalah mobil dan sepeda motor.

Mobil dan sepeda motor adalah kendaraan yang paling banyak kita jumpai di jalan raya. Dan anda mungkin mempunyai dua kendaraan ini. Untuk mencegah segala resiko kerugian maka kendaraan itu bisa diikutsertakan dalam asuransi.

Untuk asuransi kendaraan yang paling banyak dipergunakan adalah asuransi mobil. Untuk macam-macam asuransi mobil terdiri-dari dua jenis, antara lain:

Asuransi mobil all risk

Asuransi yang memberikan perlindungan terhadap segala biaya kerusakan mobil dari hal ringan sampai berat. Misalkan mobil mengalami lecet maka ia dapat melakukan klaim.

Total loss only

Jenis asuransi yang memberikan biaya penggantian jika mobil yang anda miliki mengalami kerusakan secara menyeluruh maupun hilang.

4. Asuransi properti atau asuransi rumah

Jenis Asuransi Rumah

Asuransi rumah yang sering disebut asuransi properti adalah jenis asuransi yang memberikan proteksi terhadap rumah jika mengalami kerugian.

Misalkan rumah mengalami kebakaran maka nasabah dapat melakukan klaim untuk memperoleh biaya pertanggungan. Asuransi rumah sangat penting untuk melindungi aset berharga ini dari resiko kerugian.

5. Asuransi Perjalanan

Jenis Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah asuransi yang memberikan jaminan perlindungan dari segala risiko pada saat seseorang bepergian.

Contoh kehilangan tas di Bandara, kecelakaan saat traveling, sakit saat jalan-jalan, dan lain-lain. Dengan asuransi ini segala kerugian dapat diminimalisir. Asuransi jenis ini sangat bagus dipergunakan bagi mereka yang suka jalan-jalan.

6. Asuransi Bisnis

Jenis Asuransi Bisnis

Kegiatan bisnis sangat marak di dunia ini. Dari bisnis kecil-kecilan sampai bisnis skala besar. Untuk melindungi bisnis anda dari segala risiko kerugian maka anda bisa mengambil asuransi bisnis.

Asuransi ini sangat cocok dipergunakan oleh kalangan pemilik bisnis skala mikro, kecil, menengah dan perusahaan besar.

7. Asuransi Pendidikan

Jenis Asuransi Pendidikan

Pendidikan merupakan kebutuhan setiap orang. Seorang anak memerlukan pendidikan untuk meraih masa depan yang baik.

Biaya pendidikan yang tinggi membuat orangtua harus mempersiapkan biaya pendidikan anak di masa depan.

Salah satu caranya dengan mengikuti asuransi pendidikan. Dengan asuransi pendidikan, orangtua akan bisa merencanakan pendidikan anak dengan baik. Dari tingkat SD sampai perguruan tinggi.

8. Asuransi Disabilitas

Jenis Asuransi Disabilitas

Mungkin anda masih sangat asing mendengar apa itu asuransi disabilitas? Asuransi ini kurang populer dibanding asuransi jiwa, pendidikan dan kesehatan. Asuransi disabilitas adalah asuransi yang memproteksi semua resiko yang dapat menyebabkan ia dapat mengalami difabel atau cacat.

Asuransi ini sangat dibutuhkan setiap orang terutama mereka yang bekerja dalam sektor tingkat resiko kecelakaan kerja sangat tinggi. Pada waktu, nasabah mengalami cacat akibat kecelakaan kerja maka ia akan mendapatkan uang pertanggungan.

9. Asuransi Pengiriman

Jenis Asuransi Pengiriman

Asuransi pengiriman dinamakan juga asuransi pengangkutan barang. Asuransi yang memberikan perlindungan terhadap suatu barang dari segala resiko akibat pengiriman. Asuransi pengiriman barang terdiri-dari berbagai macam, antara lain:

  • Asuransi Pengiriman laut
  • Asuransi Pengiriman udara
  • Asuransi Pengiriman darat

Dengan asuransi ini, segala resiko kehilangan atau kerusakan barang akibat pengiriman dapat diganti rugi dengan uang pertanggungan.

Demikianlah jenis asuransi yang terdapat di Indonesia dan dunia. Yang terdiri-dari asuransi jiwa, asuransi rumah, asuransi pengiriman, dan asuransi pendidikan. Anda dapat mengambil asuransi di atas berdasarkan kebutuhan dan kepentingan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1789

No votes so far! Be the first to rate this post.

/* */
error: Alert: Content is protected !!