5 Jenis Iklan Online Yang Paling Menguntungkan

Jenis Iklan Online Yang Paling Menguntungkan

Jenis iklan online yang paling menguntungkan akan dibahas dalam artikel ini. Kalian tau tidak jika dari online juga dapat menghasilkan uang loh. Berikut akan dibahas iklan online seperti apa sih yang paling menguntungkan?




Read More

Tetapi sebelum mengetahui jenis iklan online yang paling menguntungkan, ada baiknya jika kalian mengetahui pengertian dari iklan online dan apa saja keuntungan dari iklan online itu sendiri.

Apa Sih Iklan Online?

Jenis Iklan Online Yang Paling Menguntungkan

Jenis iklan online yang paling menguntungkan akan dibahas dalam artikel ini, tapi sebelumnya kalian juga perlu mengetahui apa sih iklan online itu? Kebanyakan orang iklan yang familiar dan paling sering ditemui adalah iklan-iklan yang muncul di media-media populer, tv, radio, billboard dan sebagainya. Iklan online memang tergolong baru yang dimulai dengan adanya banner ads pada 27 Oktober 1994 di majalah online HotWire.



Iklan online adalah iklan yang menggunakan media internet untuk menyampaikan pesan baik yang ditampilkan via komputer desktop ataupun perangkat mobile. Iklan online pun mempunyai berbagai macam jenisnya. Iklan online menjadi salah satu jenis online marketing.

Apa Keuntungan Yang Bisa Didapatkan?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai jenis iklan online yang paling menguntungkan maksimal, mungkin sebaiknya kalian perlu mengetahui keuntungan dari penggunaan iklan secara online. Berikut beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan, simak di bawah ini:




  • Iklan Akan Lebih Terukur : Iklan online akan sangat memudahkan kalian untuk melakukan analisa. Kalian bisa dengan jelas memantau efektifitas iklan mulai dari jangkauan, biaya, hingga target iklan kalian. Banyak patform iklan yang sudah menyediakan berbagai pelaporan data yang bisa kalian analisa untuk menentukan target iklan kalian selanjutnya.
  • Iklan Online Mempunyai Beragam Formatnya : Selain iklan menjadi lebih terukur, iklan online memounyai banyak keuntungan berupa kebebasan menentukan jenis dan format iklan. Mulai dari gambar, video, teks, hingga gabungan antara ketiganya yang bisa kalian gunakan sesuai kebutuhan.

Jenis Iklan Online Yang Paling Menguntungkan

Setelah kalian mengetahui pengertian iklan online dan keuntungan dari iklan online. Berikut ini kalian diharapkan mampu memperluas jaringan bisnis setelah membaca artikel ini. Kalian dapat mengetahui pula jenis iklan yang paling tepat untuk bisnis kalian. Silakan baca penjelasannya berikut ini:

1. Paid Search

Jenis iklan online yang paling menguntungkan pertama adalah Paid Search. Sejak mulai ditemukan mesin pencari online, siapapun bisa menemukan apa saja yang berada di dunia maya, mulai dari jurnal ilmiah hingga alat elektronik. Penemuan mesin pencari online seperti Google dan Bing pun mampu merubah perilaku konsumen, di mana konsumen saat ini bisa dengan mudah mencari produk di mesin pencari terlebih dahulu sebelum membelinya.

Dari Google sebanyak 84% konsumen mencari produk di Google sebelum membelinya terlebih dahulu. Kesempatan ini tentu bisa kalian manfaatkan untuk lebih mendapatkan konsumen melalui hasil pencarian.

jenis iklan online yang paling menguntungkan - Paid search
Sumber : searchengineland.com

Sebenarnya, paid search bisa ditemukan di hampir semua mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing. Akan tetapi, kami hanya akan membahas paid search dari Google saja mengingat google mempunyai pengguna yang paling banyak.

Google menyediakan layanan paid search melalui Google Ads. Google Ads memberikan tawaran berupa cara beriklan melalui hasil pencarian, iklan display, iklan di YouTube, dan iklan di aplikasi ponsel. Hal penting yang harus kalian perhatikan di paid search adalah keyword. Kalian harus memilih keyword yang tepat, yakni keyword yang paling banyak dicari oleh konsumen produk kalian.




Disaat mencari sebuah kata kunci yang berkaitan dengan produk yang dicari, calon konsumen bisa mendapatkan hasil pencarian dengan label iklan seperti di atas. Hasil pencarian label iklan tersebut yang dinamakan sebagai paid search. Semisal, ketika seseorang mencari toko online indonesia, Google akan menempatkan toko online seperti Shopee, Lazada, Bukalapak dan lain sebagainya di hasil pencarian orang tersebut.

2. Paid Social

Jenis iklan online yang paling menguntungkan pada poin pertama telah dijelaskan menegnai iklan online di hasil pencarian Google. Selanjutnya pada poin kedua ada Paid Social. Tidak hanya di hasil pencarian Google, kalian juga bisa dapat iklan online di media sosial seperti Instagram, Facebook dan Twitter.

Media sosial adalah tempat strategis di dunia maya untuk meletakkan iklan bisnis online kalian. Selain itu, iklan online di media sosial memungkinkan kalian untuk memilih target secara spesifik berdasarkan kategori tertentu yang kalian pilih.




Jenis iklan online yang paling menguntungkan pada poin ini ada beberapa media sosial populer yang bisa digunakan adalah Facebook Ads, Instagram Ads, dan Twitter Ads. Ada beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan ketika memilih media sosial untuk menempatkan iklan kalian. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah objektif yang bisa dicapai oleh masing-masing media sosial.

Facebook dan Instagram menawarkan beberapa objektif yang sama karena di bawah satu perusahaan yang sama, yakni Awareness, Consideration, dan Conversion.

Adapun objektif  dari Facebook Ads dan Instagram Ads:

  • Awareness objectives merupakan tujuan membangun brand awareness atau peningkatan jangkauan merek.
  • Consideration objectives mengarahkan trafik ke website, meningkatkan instalasi aplikasi, meningkatkan engagement , lead generation, atau mendorong audiens untuk bisa menghubungi perusahaan melalui messenger.
  • Conversions objectives mampu menciptakan konversi online (online conversion) atau mendorong audiens untuk datang ke toko fisik kalian, apabila jika ada.

Jenis iklan online yang paling menguntungkan dalam poin ini memiliki format iklan yang bermacam-macam. Beberapa format iklan yang tersedia di Facebook dan Instagram adalah photo ads, video ads, dan carousel ads. Untuk format iklan yang hanya tersedia di Facebook ada collection ads, slideshow ads, messenger ads, dan lead ads.




Sedang format iklan yang hanya tersedia di Instagram adalah hanyalah Instagram Stories Ads. Walaupun tidak sepopuler media sosial sebelumnya, Twitte mempunyai  pengguna aktif yang cukup banyak di Indonesia, sekitar 40 persen. Hal ini membuat Twitter menjadi salah satu media sosial yang potensial untuk memasang iklan. Twitter Ads mempunyai penawaran enam objektif  :

  • Conversion merupakan untuk mempromosikan tweet ke orang yang mempunyai potensi untuk melakukan konversi di website kalian.
  • Increase brand awareness untuk mempromosikan tweet terhadap pengguna dengan jangkauan yang lebih luas dengan pembayaran adalah per impression yang didapatkan.
  • Video views untuk mempromosikan video kalian ke telah yang sudah ditargetkan dan biaya dibayarkan dengan per view video tersebut.
  • App install untuk mempromosikan tweet dan pembayarannya per dibukanya link atau per install aplikasi.
  • Gain followers untuk mempromosikan akun Twitter dan biaya pembayarannya adalah per follower yang didapatkan.
  • Tweet engagement untuk memulai percakapan tentang merek kalian di Twitter

Format iklan yang ditawarkan ialah Twitter Promote serta Twitter Ad Campaign. Kalian juga bisa mengiklankan produk kalian melalui email.

3. Email Marketing

Jenis iklan online yang paling menguntungkan ketiga adalah Email Marketing. Email tidak hanya berguna sebagai alat komunikasi personal, akan tetapi juga bisa dijadikan alat pemasaran. Email marketing merupakan pengiriman pesan komersial dan promosi melalui email.

Jenis iklan online yang paling menguntungkan - email marketing
Sumber : dewina-journal.foutap.com

Email marketing memang mempunyai harga murah, tetapi juga memiliki tingkat efektivitas tinggi. Maka dari itu, penggunaan email marketing merupakan salah satu iklan online yang disarnkan untuk kalian




4. Remarketinng

Jenis iklan online yang paling menguntungkan keempat adalah Remarketing. Selain mempunyai paid search, Google juga menyediakan layanan remarketing. Remarketingakan menunjukkan iklan online kalian kepada orang-orang yang sudah mengunjungi website atau aplikasi kalian.

Disaat orang-orang tersebut meninggalkan website atau kalian, entah mereka membeli ataupun sekadar melihat-lihat produk kalian, mereka akan mulai melihat iklan-iklan yang kalian pasang saat browsing atau pun  ketika sedang asyik menonton video di YouTube.




Contohnya, ketika kalian selesai mengunjungi toko online untuk melihat barang atau produk yang kalian minati, di hasil pencarian atau iklan-iklan di website yang telah kalian kunjungi setelahnya akan mulai muncul iklan dari toko online tersebut. Tujuan utama dari remarketing adalah untuk mempertahankan buying intent atau keinginan membeli dari calon konsumen.

5. Video Marketing

Jenis iklan online yang paling menguntungkan terakhir adalah Video Marketing. Video marketing adalah salah satu jenis iklan online yang paling efektif untuk semua jenis usaha, baik itu dalam skala kecil maupun skala besar besar. Efektivitas video marketing dibuktikan kebenarannya dengan iklan yang sering dipasang di platform Youtube selain itu menurut laporan Vidyard (platform hosting video gratis) tahun 2017, 92% perusahaan menyatakan video merupakan hal yang penting untuk content marketing.

Pada tahun 2017, 41% perusahaan bisa memproduksi video marketing sebanyak 11 sampai 50 video. Masih berdasarkan laporan dari Vidyard pula, 70% perusahaan juga menyatakan video marketing mempunyai efektifitas lebih dibandingkan jenis konten lain yang mendorong konsumen melakukan conversion.




Jenis iklan online yang paling menguntungkan pada poin kelima ini perlu menggunakan kreatifitas dalam pembuatannya. Lantas kira-kira konten seperti apa saja yang bisa digunakan untuk melakukan video marketing? Ada beberapa konten video marketing untuk digunakan oleh bisnis kalian, yang terpenting adalah adanya kreatifitas dan originalitas dari video market yang kalian buat. Bisa melalui vlog, review, ataupun memperlihatkan hal yang menarik dari produk yang kalian pasarkan.

Kesimpulan

Jenis iklan online yang paling menguntungkan telah dibahas dalam artikel ini. Memang tersedia banyak cara untuk melakukan iklan secara online. Beberapa jenis iklan online yang paling menguntungkan diatas bisa kalian manfaatkan untuk menarik perhatian yang lebih banyak untuk konsumen kalian sehingga berminat untuk membeli produk yang kalian jual.



Kalian bisa menggunakan jenis iklan online yang paling menguntungkan yang telah kami bahas, dan yang tentunya disesuaikan dengan budget perusahaan. Demikian artikel mengenai jenis iklan online yang telah kami tulis. Semoga mampu menginspirasi kalian ke depan.

0 / 5. 0

Related posts