5 Kesalahan Pebisnis Yang Fatal : Wajib Dihindari!

  • Whatsapp
kesalahan pebisnis

Apakah kamu ingin bisnis yang kamu jalankan sukses? kamu menginginkan bisnis tersebut berkembang pesat? Kamu harus tau kesalahan pebisnis fatal yang wajib dihindari. Kamu pasti bisa!

Read More

Namun pada saat kamu mencari data mengenai seberapa banyaknya bisnis kecil yang gagal pada awal perintisan atau setelah lima tahun pertama, maka dapat sangat menyedihkan.

5 Kesalahan Pebisnis Yang Fatal

kesalahan pebisnis

Bagaimana cara supaya mampu untuk menyiapkan diri supaya sukses serta berkembang untuk jangka yang panjang? Kuncinya ialah menghindari kesalahan pebisnis yang umum dijumpai.

Apa saja? Simak di bawah ini, ya!

1. Tidak membangun bisnis berdasarkan kebutuhan pasar (salah sasaran)

kesalahan pebisnis 1

Kamu mungkin berpikiran jika kamu mempunyai ide bisnis yang paling menarik di dunia, namun apabila bisnis tersebut tidak memenuhi keperluan ataupun keinginan dasar dari pelanggan Anda, bisnis tersebut tidak akan berjalan lancar.

Baca Juga : Peluang Bisnis Rumahan di Tahun 2021 : Modal Kecil !

Sebelum Kamu menggunakan waktu, energi, dan sumber daya yang dibutuhkan dalam merintis suatu bisnis, Kamu perlu untuk memastikan bahwa bisnis Kamu memiliki orientasi dalam sesuatu yang diperlukan atau diinginkan oleh pelanggan.

Namun banyak dari pengusaha baru yang tidak mengindahkan langkah satu ini. Mereka langsung masuk ke dalam proses planning bisnis tanpa adanya uji pada ide mereka.

Apabila Kamu berpikir dalam merintis suatu bisnis, penting supaya menguji ide serta pasar sebelum Kamu melakukan investasi secara lebih jauh. terdapat berbagai metode dalam mengukur mengenai ide bisnis Kamu apakah akan diterima pelanggan atau tidak, termasuk:

Riset pesaing

Kamu tidak pernah menginginkan untuk menjalankan kecurangan pada persaingan maupun mencuri ide dari kompetitor Anda. Tetapi dengan melihat apa yang akan dijalankan bisnis kecil lain pada bidang yang sama dengan Anda, pasti akan membantu dalam peberian wawasan mengenai apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, serta apakah ide dari bisnis Kamu sesuai terhadap keinginan dan kebutuhannya.

Quora

Quora merupakan platform untuk orang pergi dalam melemparkan pertanyaan dan memperoleh jawaban.

Memakai Quora guna melihat pertanyaan yang orang-orang ajukan mengenai industri, niche, sampai ide produk Kamu dapat menjadi metode yang ideal dalam memperkirakan apa yang tengah terjadi pada pasar.

Riset pelanggan

Kamu ingin merintis bisnis yang dapat menghubungkan Kamu dengan pelanggan Anda. Lantas mengapa tidak langsung pergi ke sumbernya guna mencari jawaban mengenai apa yang ebetulnya diinginkan oleh mereka? Kamu bisa berinteraksi secara terhadap pelanggan Anda.

2. Melakukan semuanya sendiri (one man show / one person company)

kesalahan pebisnis 2

Sebagai pemegang dari bisnis kecil, Kamu bakal mempunyai peran yang cukup banyak. Namun apabila Kamu mencoba untuk menjalankan seluruh peran tersebut seorang diri atau bisas disebut one man show yang akhirnya, hanya akan memberatkan Anda.

Salah satu kesalahan pebisnis terbesar (dan paling melelahkan!) dalam mengembangkan bisnis kecil adalah mencoba melakukan semuanya sendiri. Mereka adalah CEO, manajer akunting, asisten administrasi pelayan dan semua pekerjaan yang seharusnya tidak Kamu kerjakan.

Baca Juga : Startup – Cara Membangun dan Mengembangkannya di 2020

Tetapi pada kenyataannya, mencoba untuk menjalankan segalanya sendiri tak hanya bisa membuat Kamu menjadi lelah, namun juga dapat memberikan kerugian pada bisnis Anda. Tak peduli memiliki bakat atau paham mengenai bisnis yang dijalankan, bakal ada hal-hal yang harus diselesaikan yang tidak berada pada ruang kendali Anda.

Lantas apa yang perlu dilakukan? Memberikan job kepada tim yang tepat serta menggunakan delegasi atau memindahkan tugas untuk orang-orang yang telah sesuai syarat dan diikuti dengan keahlian yang tepat

3. Tidak memanfaatkan teknologi

kesalahan pebisnis 3

Kesalahan pebisnis pada pengembangan bisnis yang berikutnya ialah alergi teknologi.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak menggunakan delegasi tugas pada saat berbisnis merupakan kesalahan pebisnis yang besar. Namun mendelegasikannya terhadap orang lain bukanlah satu-satunya opsi yang Kamu miliki.

Terdapat teknologi yang mampu membuat bermacacm tugas yang ada pada bisnis Kamu supaya lebih cepat, mudah, dan efektif.

Namun ada pula bisnis lainnya, yang pemegangnya menolak dalam pemakaian teknologi. Dan hasilnya, usaha kecil tersebut akan mengalami kesulitan dan akhirnya bangkrut. Memanfaatkan teknologi pada bisnis Kamu merupakan kewajiban apabila Kamu hendak menyelesaikan suatu hal, mengoptimalkan efek bisnis Anda, serta tetap kompetitif.

Belum lagi, Kamu bakal kehilangan banyak dari calon kustomer. Dan juga kustomer tersebut bakal langsung berpindah ke kompetitor yang memberikan tawaran belanja online.

Atau bisa dikiaskan, Kamu mencoba untuk mengelola faktur dan proses dalam pembayaran manual. Hal tersebut bisa menghabiskan sebagian besar dari waktu Anda. Selain itu, pelanggan Kamu yang tidak sabar bisa saja tidak mau untuk berurusan dengan proses pengiriman dan pembayaran. Dan sebaliknya, mereka bakal mencari perusahaan yang memberikan tawaran pembayaran secara online yang nyaman.

Namun pada saat memanfaatkan perangkat lunak akuntansi berbasis cloud, Kamu bisa mengelola seluruh faktur dengan hany sejumlah klik, dan memperoleh laporan keuangan secara cepat kapanpun, dimanapun yang pastinya dapat memberikan menguntungkan bagi Kamu dan klien Anda.

4. Ide dan pelaksanaan bisnis harus seimbang (terlalu banyak teori)

kesalahan pebisnis 4

Dalam merintis bisnis yang sukses, Kamu harus mempunyai mindset gambaran besar, juga. Namun terlalu condong pada salah satu sisi bisa menjadi penyebab masalah untuk bisnis tersebut.

Apabila Kamu terlalu terjebak pada mindset gambaran besar, sulit dalam merampungkan apa pun pada keseharian Anda. begitupun sebaliknya ialah, apabila Kamu terlalu sibuk terhadap tugas sehari-hari pada penngelolaan bisnis, Kamu tak dapat menyumbang buah pikir dan usaha yang cukup guna visi jangka panjang dari perusahaan Anda.

Baca Juga : 10+ Ide Bisnis Kreatif Unik Dilakukan di Rumah

Keseimbangan keduanya merupakan kewajiban bila Kamu menginginkan bisnis Kamu sukses. Yang pertama, penting diketahui mengenai arah dari bisnis Kamu berjalan.

Apakah Kamu menjumpai bahwa diri Kamu membutuhkan banyak waktu dalam pembuatan rencana bisnis guna membawa semua sampai ke tingkat selanjutnya?

Atau juga apakah Kamu menghabiskan semua waktu Kamu dalam menjawab email, memproses pesanan, serta mengelola seluruh tugas biasa yang lain yang dibutuhkan dalam kemajuan bisnis Anda?

Sesudah Kamu tahu mengenai mentalitas mana yang akan Kamu pilih, Kamu bisa mengembangkan strategi guna mennetukan keseimbangan tersebut.

Mempunyai mentalitas mengenai gambaran besar merupakan kewajiban untuk para wirausahawan, begitu juga dengan keberanian dan motivasi dalam menyelesaikan bermacam pekerjaan untuk setiap harinya. Apabila Kamu menginginkan bisnis kecil Kamu sukses, mala perlu untuk menemukan balance antara keduanya.

5. Tidak menguasai keuangan di dalam bisnis

kesalahan pebisnis 5

Tujuan dari bisnis Kamu ialah mendapatkan keuntungan. Namun apabila Kamu tidak mengontrol anggaran sejak awal, maka akan sulit dalam meraihnya, ini merupakan kesalahan pebisnis pada pengembangan bisnis yang terjadi.

Keuangan yang tak terkontrol bisa mengakibatkan bisnis Kamu menjumpai beberapa masalah, yakni:

  • Salah dalam perhitungan arus kas per bulan
  • Membayar terlalu banyak untuk layanan
  • Membuat kesalahan pebisnis yang bisa memberikan kerugian ketika pelaporan pajak tiba

Itulah kenapa penting supaya mengaplikasian sistem keuangan serta pembukuan dari hari pertama menjalankan bisnis. Pada saat Kamu mengelola dana Kamu dari awal, Kamu bakal mempunyai gambaran yang jelas mengenai situasi finansial Kamu ketika Kamu berkembang yang bisa membuat pengelolaan dalam bisnis Kamu menjadi lebih baik.

Apabila Kamu embutuhkan bantuan dalam mengelola keuangan di dalam usaha, memanfaatkan aplikasi akuntansi emacam Accurate Online merupakan solusi terbaik yang dapat Kamu gunakan. Aplikasi ini tak hanya bisa untuk mengirimkan faktur dan mengatur pembayaran pelanggan, namun juga bisa membantu dalam memonitir arus kas dan kesehatan finansial bisnis Anda.

Akhir Kata

Demikianlah artikel kami mengenai kesalahan pebisnis. Kami harap dengan adanya artikel kami kali ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan keilmuan bagi kamu sekalian.

5 / 5. 1309

Related posts