5 Manfaat Manajemen Media Online : Elemen, Manfaat Dan Tools

Manajemen Media Online

Pernahkan kalian mengetahui tentang manajemen media online? Apa saja elemen dari manajemen media online? Apa saja peranan manajemen media online? Apa saja manfaat manajamen media online? Selain itu tools apa saja yang digunakan untuk manajemen media online?

Semua mengenai manajemen media online akan dibahas dalam artikel ini. Dimulai dari pengertian manajemen media online hingga beberapa tools yang digunakan untuk manajemen media online. Simak artikel ini sampai selesai.

Read More

Pengertian Manajemen Media Online

Manajemen Media Online

Apa sih yang dimaksud dengan manajemen media online? Pengertian dari manajemen media online ialah suatu proses pengelolaan media online secara efektif dan efisien dengan menggunakan berbagai macam sumber daya dalam mencapai tujuan.

Elemen Manajemen Media Online

Dari berbagai macam rujukan menyatakan bahwa aktifitas dalam manajemen media online ini bisa dikategorikan menjadi tiga bagian, yakni di antara lain: Manajemen Konten, Manajemen Desain dan Manajemen Pemasaran. Untuk penjelasannya bisa disimak di bawah ini:

1. Manajemen Konten Media Online

Secara umum, yang dimaksudkan mengenai konten media online ialah isi atau pesan dari bergama informasi yang disampaikan. Jadi, manajemen konten media online ialah salah satu dari bagian dari perusahaan yang memiliki tugas dalam mengelola isi atau pesan yang disampaikan via internet. Pada divisi yang ini terdiri dari; penulis, reporter/ fotografer, redaktur/ editor, pemimpin redaksi, kontributor serta koresponden.

2. Manajemen Desain Media Online

Desain media online ini berkaitan dengan tampilan dari website serta berbagai macam elemen yang ada di dalamnya. Beberapa hal penting untuk penerapan desain media online yang baik dan benar, yakni :

  • Loading cepat atau Ringan (fast loading)
  • Memiliki tampilan bersih (clean)
  • Ramah untuk pengguna (user friendly)
  • Desain mobile yangrresponsif (mobile friendly)
  • Ramah dalam mesin pencari (SEO friendly)

Divisi yang bertugas pada desain media online ini ialah web desainer atau web developer. Biasanya bagian dari web desainer ini akan bekerja sama dengan divisi lain (pemasaran dan konten) supaya desain website yang dibuat dapat mampu memenuhi kriteria yang sudah ditentukan.

3. Manajemen Pemasaran Media Online

Pemasaran media online ialah ujung tombak daripada sebuah bisnis atau perusahaan. Pemasaran ini dapat berupa offline ataupun online. Manajemen pemasaran media online ini biasanya mencakup:

  • Social Media Marketing (SMM) dan Social Media Optimization,
  • Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM),
  • Email marketing

Walaupun masih sangat banyak metode mengenai pemasaran yang ada di luar sana, tetapi penggunaan dari media sosial, email marketing, serta mesin pencari masih merupakan cara yang paling ampuh dan efektif.

Peranan Media Online Dalam Bisnis

Mengembangkan sebuah bisnis pasti tak akan terlepas dari peranan media online, pada hal ini ialah media sosial. Media online semacam website ataupun situs media sosial adalah sarana promosi yang paling ampuh, efektif dan efisien di dalam berbisnis. Yang mana manajemen media online dibutuhkan untuk strategi pemasaran pada suatu perusahaan atau bisnis guna mempromosikan produknya kepada calon konsumen.

Pengertian dari manajemen media online sendiri ialah cara untuk bagaimana mengatur, mengelola serta mengendalikan media-media online perusahaan supaya secara efektif bisa digunakan guna mencapai tujuan dari perusahaan. Perusahaan umumnya menggunakan media online yang tidak hanya untuk ajang promosi saja, tetapi juga untuk sarana dalam mengenali tentang pasar dan konsumen.

Manfaat Manajemen Media Online untuk Bisnis

Seperti yang telah disinggung dalam pengertian manajemen media online yang telah dibahas di atas, terdapat beberapa hal yang menjadi alasan mengapa pentingnya pengelolaan media online pada perkembangan bisnis, yakni diantaranya:

1. Mengenal pelanggan

Keberhasilan dari sebuah bisnis tak pernah terlepas dari adanya pelanggan. Dengan mengoptimalkan peranan media online dapat membantu Anda untuk bisa mengenal pelanggan lebih dekat. Media online dapat dijadikan sebagi alat survey dalam memetakan konsumen seperti apa yang akan menjadi pelanggan Anda.

Contohnya Anda dapat memanfaatkan tool semacam Facebook Insight guna mempelajari dominansi pelanggan Anda dengan berdasar usia dan jenis kelamin. Informasi seperti ini bsangat ermanfaat guna mengoptimalkan promosi dan branding.

2. Mendengar keinginan konsumen

Adanya feedback baik positif atupuna negatif dari konsumen Anda dapat membantu dalam mengevaluasi bisnis Anda agar menjadi lebih baik. Lewat media online semacam situs resmi perusahaan maupun media sosial dapat lebih cepat unruk memperoleh kritik atau saran dari konsumen. Yang mana media online bisa menjadi tolok ukur untuk kepuasan pelanggan Anda.

3. Memberikan respon cepat

Dengan adanya testimoni pelanggan lewat media online maka Anda dapat memberikan respon secara lebih cepat. Perusahaan yang baik tak hanya merespon keluhan melalui telepon saja, tetapi juga menerima keluhan dari media online yang sudah disediakan oleh perusahaan.

4. Melihat persaingan di pasar

Media online juga memiliki peran dalam menggali informasi mengenai kondisi pasar terutama pada hal persaingan. Lewat media online Anda dapat mengumpulkan informasi mengenai kelebihan serta kekurangan kompetitor Anda guna meningkatkan strategi bisnis.

5. Meningkatkan pengunjung situs

Manajemen media online sangat diperlukan guna meningkatkan pengunjung situs atau website perusahaan. Manajemen dapat dikerjakan dengan memasukkan konten yang bisa meningkatkan traffic dari SEO sehingga website bisnis mampu menjadi tranding pada mesin pencari Google.

Tools Manajemen Media Sosial

Mengacu dari pengertian manajemen media online dan juga sejumlah alasan mengenai pentingnya media online untuk bisnis, berikut ini ada beberapa tool yang dapat dimanfaatkan dalam mengelola media online perusahaan:

1. Hootsuite

Manajemen Media Online-hootsuit

Tool yang satu ini cukup popoluer terutama dimanfaatkan dalam bisnis yang memang berbasis online. Hoosuite terhubung dengan sejumlah media sosial populer semacam Twitter, Facebook, Linkedln, WordPress juga Foursquare.

2. Post Planner

Manajemen Media Online-postplanner

Post Planner juga sering disebut sebagai pengelola media online yang paling efisien. Post Planner pada awalnya dimaksimalkan untuk media sosila facebook guna membantu brand atau bisnis dengan memberikan konten yang relevan pada komunitas mereka.

3. Buffer

Manajemen Media Online-buffer

Dalam bisnis profesional lebih sering memanfaatkan tool ini dalam mengelola media online perusahaan. Buffer mmepunyai desain sederhana yang dapat membantu untuk memendekkan link yang panjang serta menyediakan analytics konten. Buffer juga terintegrasi dengan Twitter, Facebook, Linkedln, Pinterest dan Google+.

Kesimpulan

Demkianlah artikel kami mengenai Manajemen Media Online. Manajemen media online sangatlah penting. Terutama dalam era ini, media online mempunyai peranan penting dalam hidup. Terutama bagi dunia bisnis. Media online menjadi salah satu tempat terbaik dalam promosi bisnis. Oleh sebab itu, manajemen media online sangatlah penting untuk bisnis.

Dengan adanya tulisan kami kali ini diharapkan dapat bermanfaat untuk anda sekalian yang berkenan dalam membacanya. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa baca artikel-artikel lain dalam web ini.

5 / 5. 877

Related posts