5 Cara Melatih Kebiasaan Finansial Saat Pandemic

35

Melatih Kebiasaan Finansial sangatlah penting. Sudah 7 bulan sejak 2020 berjalan. Melihat kondisi ekonomi global yang demikian ini, mungkin ada sejumlah dari resolusi keuangan Anda yang belum dapat tercapai.

Kita semua sadar jika resolusi ataupun target finansial hanya bisa tercapai melalui kedisiplinan serta kebiasaan sehat yang kita kerjakan. Maka karenanya, pada kesempatan ini kami bakal memberikan informasi mengenai melatih kebiasan finan sial dengan kebiasaan sehat yang dapat membantu Anda dalam menghadapi sisa 2021 serta menyambut tahun 2022.

Melatih Kebiasaan Finansial

Melatih Kebiasaan Finansial
Melatih Kebiasaan Finansial

Melatih kebiasaan finansial harus dimulai dari sekarang. Jangan menunda untuk melatih diri Anda agar dapat memperbaiki finansial Anda. Dalam artikel ini akan diberikan beberapa cara untuk Anda melatih kebiasaan Finansial Anda, diantaranya:

Menambah pengetahuan mengenai finansial

Melatih kebiasaan finansial yang pertama adalah dengan menambah pengetahuan mengenai finansial. Menambah pengetahuan mengenai finansial perlu dijadikan kebiasaan, apalagi tahun 2020. Anda dapat memulaidalam mencari beragam informasi mengenai tips menabung, investasi, asuransi, atau bisa juga informasi tentang keuangan umum yang lain. Seluruh informasi tersebutdapatdiperolehmelalui buku, seminar, maupun website.

Dengan mempunyai pengetahuan tersebut, Anda dapat menyusun perencanaan serta target keuangan ecara lebih realistis. Selain itu bila Anda memiliki niatan dalam meningkatkan penghasilan, maka Anda memerlukan pengetahuan mengenai bagaimana cara melihat peluang di dalam investasi yang terdapat di sekitar Anda. Entah itu investasi property, emas, ataupun deposito.

Contohnya Anda menginginkan mempunyai sejumlah dana yang dapat dikelola guna memberikan keuntungan di masa yang akan datang. Maka Anda perlu mencari tahu mengenai jenis bisnis atau investasi apa yang dapat dilakukan, seberapa besar risiko yang akan dan dapat Anda tanggung, juga apakah jenis investasi yang aman serta dapat terus dijalankan.

Pengetahuan mengenai pengaturan keuangan bagi masayang akan ini juga perlu Anda punyai jika tak ingin rugi sebab lalai di dalam mengantisipasi risiko atau mengelola keuangan.

Secara pribadi, pengetahuan finansial diperlukan supaya dapat mengelola uang yang Anda punyai guna kebutuhan sehari-hari ataupun jangka panjang. Banyak mencari informasi juga dapat membantu untuk membentuk pola pikir tentang uang. Sebab didalam banyak kasus, kegagalan finansial seseorang tak disebabkan karena sedikitnya uang yang dipunyai, melainkan karena ia tidak tahu bagaimana cara mengatur uang yang dipunyai.

Biasakanlah supaya selalu menyisihkan beberapa menit sebelum tidur guna membaca. Jika Anda sibuk, maka Anda dapat menyisihkan akhir pekan guna mencari bermacam informasi tentang finansial.

Menjaga gaya hidup sehat

Melatih kebiasaan finansial yang kedua dengan menjaga gaya hidup sehat. Jangan remehkan kesehatan Anda. mempunyai kesehatan yang baik dapat membantu Anda pada hal finansial. Hal tersebut karena Anda tak perlu mengeluarkan biaya pengobatan maupun membeli asupan khusus sebab penyakit tertentu.

Selain bisamenghindar dari biaya perawatan, menjaga kesehatan juga mampu menjadikann Anda dapatmenjalankan banyak aktivitas produktif yang berkontribusi terhadap penghasilan. Seperti melakukan bisnis sampingan setelah pulang kerja, ataupun pergi ke seminar di waktu akhir pekan. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan waktu yang tersedia dengan lebih bijak.

Pada sisi lain, jika Anda mempunyai kondisi badan yang tak sehat, maka kesempatan Anda untuk menjadi lebih produktif dapat berkurang. Sedang pengeluaran dalamkeperluan sehari-hari terus berjalan. Kondisi tubuh yang tak kunjung sehat juga mengakibatkan pengeluaran ekstra guna biaya perawatan erta pengobatan. Tanpa memiliki persiapan untuk kondisi darurat yang baik, badan yang tidak sehat dapatberpengaruh terhadap kehidupan finansial Anda. Jangan sampai tabungan Anda defisit sebab Anda tak menjaga kesehatan.

Untuk bisa menjaga kondisi badan supaya tetap sehat, Anda harus mau untuk meluangkan waktu guna melakukan olahraga, hobi, serta membersihkan rumah Anda. Melalui ketiga hal tersebut, Anda dapat mencegah adanya penyakit juga sekaligus dapat mereduksi stres. Tiga kebiasaan sederhana ini juga dapat menaikkan kualitas hidup Anda untuk jangka panjang apabila rutin dikerjakan.

Sisihkan uang untuk menabung dihari gajian

Melatih kebiasaan finansial yang ketiga dengan cara mensisihkan uang untuk menabung dihari Anda mendapatkan gaji. Apakah Anda termasuk pada golongan orang yang menabung apabila memiliki uang sisa? Kalau jawabannya “iya”, maka Anda perlu mengubah gaya hidup tersebut.

Anda perlu untuk membiasakan diri guna memasukkan sejumlah uang dari penghasilan pada tabungan tepat di hari gajian. Apabila tidak, uang ini bisa saja akan terpakai dan pada akhirnya Anda tak mempunyai sisa uang supaya disimpan.

Selain untuk memastikan Anda mempunyai tabungan, membiasakan diri supaya langsung menyisihkan uang agar disimpan juga mempunyai manfaat untuk melatih pola pikir. Dengan mempunyai kebiasaan ini, Anda bakal lebih berhati-hati untuk memakai sisa uang yang ada serta tidak impulsif di dalam berbelanja.

Di dalam menabung, akan lebih baik jika Anda membandingkan cara menabung yang lebih menguntungkan. Contohnya, daripada ditabung pada rekening tabungan biasa Anda dapatmemakai layanan tabungan berjangka,investasi, maupun deposito guna memperoleh hasil tabungan yang lebih baik. Dan pastikan juga jumlah yang ditabung tak akan membebani.

Pakailah internet dengan produktif

Melatih kebiasaan finansial yang keempat dengan memakai internet dengan produktif. Pemakaian internet bukanlah merupakan sesuatu yang asing lagi saat ini. Bahkan di rumah pribadi pun sambungan internet sudah dapat diperoleh. Bahkan memakai internet merupakan hal yang biasa untuk sebagian orang. Kenyataan ini memperlihatkan bahwa akses supaya mengerjakan banyak hal semakin luas terbuka.

Apabila Anda menghabiskan waktu berjam-jam dalam mengunjungi media sosial adalah kebiasaan Anda, maka waktunya dalam menggunakan internet pada hal yang lebih produktif. Contohnya dengan melakukan pekerjaan sampingan melalui internet maupun mengunjungi situs-situs yang memberikan profit bagi Anda.

Di internet ada banyak situs yang memberikan peluang bagi Anda yang hendak memperoleh pekerjaan sebagai freelancer. Diantaranya yakni Guru.com, freelancer.com, Upwork.com serta situs lain yang membantu Anda untukmemperoleh pekerjaan sampingan.

Selain situs penyedia proyek bagi para freelancer, Anda juga dapatmemakai internet untuk memperoleh hadiah voucher. Terrdapat beberapa situs survey online yang menyediakan voucher untuk hadiah, salah satunya ialah AIP Survey Online. Situs-situs ini memakai sistem poin, yang mana setiap survey mempunyai nilai poin sendiri-sendiri. Apabila jumlah poin Anda sudah cukup, Anda dapat menukarkannya dengan voucher guna berbagai macam keperluan semisal belanja bulanan ataupun makan.

Melatih kebiasaan finansial yang lainnya yakni melakukan hal produktif. Hal produktif yang lain yang dapat dikerjakan dengan internet ialah mempelajari ketrampilan baru semisal kerajinan tangan, menjahit, sampai memasak. Dimana ketrampilan tersebut kedepannya dapat dimanfaatkan untuk membantu keperluan finansial Anda.

Evaluasi harian secara rutin

Melatih kebiasaan finansial yang kelima dengan cara membuat evalusi harian secara rutin mengenai finansial Anda. Kebiasaan baik yang satu ini dapat dikatakan adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan.

Memang tak semua orang dapat berkomitmen supaya menyediakan beberapa menit pada malam hari guna mengerjakan evaluasi dari pengeluaran harian. Jikapun ada yang memulai, kebanyakan dari mereka hanya akan bertahan beberapa minggu setelah itu berhenti untuk menjalankan evaluasi lagi.

Mengevaluasi pemakaian serta pemasukan keuangan Anda secara harian mempunyai banyak manfaat. Salah satunya ialah Anda bisa tahu mengenai pengeluaran mana yang seharusnya tak dilakukan pada hari itu. Apabila Anda sudah terbiasa, maka Anda dapat menahan diri sewaktu hendak membelanjakan uang Anda untuk hal yang tak perlu.

Mulai sekarang ini, segeralah perbaiki kehidupan finansial Anda melalui kebiasaan harian semacam evaluasi keuangan ini. Dengan melihat kondisi finansial Anda lebih dekat melalui cara ini juga bisa membuat Anda paham akan kemampuan finansial Anda secara lebih baik. Pemahaman ini dapat menghindarkan Anda dari perilaku konsumsi yang tidak bagus.

Melatih kebiasaan finansial dalam menyusun evaluasi keuangan ini, Anda dapat memanfaatkan buku maupun aplikasi program seperti Microsoft WordsertaExcel. Jika Anda ingin lebih praktis, pakailah aplikasi pencatatan keuangan semacam Monefy dan Wallet. Tak perlu melakukan pencatatan yang rumit, yang terpenting adalah Anda dapat mengetahui jumlah dari pemasukan serta pengeluaran juga saldo akhir yang ada di hari itu.

Kesimpulan

Demikianlah artikel kami hari ini mengenai Melatih Kebiasaan Finansial. Selain mempelajari artikel ini, Anda juga perlu mempelajari ciri-ciri investasi bodong seperti apa. Kami harap dengan adanya artikel kami kali ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan keilmuan bagi Anda sekalian.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2573

No votes so far! Be the first to rate this post.

/* */