Startup : Cara Membangun dan Mengembangkannya di 2020

Membangun Startup

Merintis sebuah startup adalah hal yang mudah. Siapa saja bisa mulai membangun startup digital pada era ini. Akan tetapi, hal yang sulit itu justru adalah menjaga startup tersebut dapat terus berkembang. Bisa dibilang berkembang adalah kunci agar bisnis bisa bertahan dan terus eksis.

Namun, mengembangkan startup tentu saja memiliki tantangan yang sedikit berbeda dengan bisnis kebanyakan. Artikel ini akan membahas secara lengkap cara membuat startup serta cara-cara bagaimana mengembangkannya. Yuk simak bagi anda yang ingin startupnya bisa lebih berkembang.

Read More

Cara Membangun Startup Digital

Membangun Startup

Seperti yang disebut sebelumnya, membangun startup adalah hal yang mudah. Meski begitu, bukan berarti hal tersebut bisa dilakukan asal-asalan. Ketika anda memiliki pondasi kuat untuk membangun startup, ada kemungkinan besar startup yang dibuat bisa bertahan lama. Maka dari itu, kami akan memberikan tips singkat membangun startup. Simak di bawah ini.

Menemukan ide bisnis

Startup adalah perusahaan yang memiliki visi untuk menyelesaikan masalah sosial. Maka dari itu, sangat jelas kalau inovasi adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari jenis perusahaan seperti ini.

Jika benar anda berkeingininan membangun sebuah startup ataupun inspirasi usaha unik, pastikan ide bisnis yang anda punya memiliki peluang untuk bisa menyelesaikan masalah sosial, atau bisa mengikuti jejak pendiri facebook dengan fokus kepada pengembangan aplikasi bisnis online. Untuk itu, anda bisa mencoba mulai untuk mencari ide dari lingkungan sekitar Anda.

Perhatikan kira- kira hal apa yang sering kali menganggu masyarakat sekitar. Dari situ coba anda analisa dan cari beberapa kemungkinan solusinya. Atau anda juga bisa menemukannya melalui pengalaman yang telah anda lalui sendiri, sehingga memungkinkan anda untuk menemukan solusi yang ideal

Membuat rencana bisnis

Rencana bisnis adalah hal wajib yang harus anda miliki. Rencana bisnis akan membuat strategi pemasaran menjadi lebih baik. Pun dengan rencana jangka panjang dan target pencapaian. Namun selain memuat hal-hal yang sifatnya terencana, rencana bisnis juga memiliki manfaat yang lebih praktis. Seperti akan mempermudaha anda mendapatkan pinjaman dana.

Cari sumber dana

Meskipun startup tergolong sebagai bisnis yang idealis, bukan berarti dana merupakan hal yang tidak penting. Bisnis tetaplah bisnis. Anda membutuhkan dana untuk memberi gaji ke orang-orang yang bekerja di bawah anda, membayar kebutuhan bulanan, serta berinovasi untuk mengembangkan bisnis anda.

Umumnya, ada enam sumber dana yang bisa dipakai untuk membiayai startup yang anda rintis. Yaitu simpanan pribadi dan kredit, keluarga dan, dana dai teman. pendanaan perusahaan, investasi personal, bank, dan crowdfunding.

Membangun keberadaan offline dan online

Ketika startup anda sudah terbangun, tentu anda menginginkan usaha anda tetap eksis dan diketahui banyak orang. Maka dari itu, membangun keberadaan offline dan online seperti membangun sebuah blog untuk bisnis atau website menjadi suatu hal yang teramat urgent.

Untuk keberadaan offline, pastinya anda akan membutuhkan kantor. Desainlah kantor yang nyaman untuk semua pegawai anda. Sediakan bermacam fasilitas yang mendukung kebutuhan kerja.

Jika Anda memiliki budget yang lebih, sediakan pula fasilitas hiburan juga bisa membantu mengusir kejenuhan disaat bekerja. Untuk perkara keberadaan online tentu saja anda harus memanfaatkan keberadaan media sosial sebagai penhubung anda dengan konsumen.

Menjaga hubungan dengan konsumen

Pengusaha-pengusaha baru biasanya akan sibuk menjaring konsumen baru. Bahkan terkadang mereka lupa bahwa penting juga untuk mempertahankan konsumen hingga menjadi loyal dengan perusahaan.

Maka dari itu, jangan lupakan memasukkan inovasi seperti loyalty card atau sistem poin ke sistem perusahaan anda. Siapkan juga inovasi-inovasi baru yang fresh dan menarik supaya pelanggan anda terus menggunakan produk atau jasa Anda.

Setelah pembahasan mengenai komponen penting dalam membuat startup, selanjutnya kita akan beralih membahas topik penting lainnya, yaitu tips-tips dalam mengembangkan startup.

Tips Mengembangkan Startup

Mengembangkan Startup

Pada tahun-tahun awal, pendiri startup seperti anda harus berurusan dengan banyak hal. Maka ketika bisnis mulai berkembang, daftar pengerjaan yang perlu dikerjakan bisa jadi bertumpuk-tumpuk.

Terkadang dalam fase ini, anda bisa terjebak di aktivitas yang remeh dan teknis. Untuk mempermudah usaha anda dalam mengembangkan startup secara stabil dan berkelanjutan, ada beberapa hal yang perlu anda diperhatikan.

Jalin Hubungan Dengan Pelanggan

Ketika anda baru mulai membangun bisnis, marketing bisa jadi teman sekaligus lawan. Mengalokasikan dana dalam jumlah besar bisa menguras anggaran Anda. Namun, dengan membagikan konten-konten yang spesifik untuk sektor pelanggan tertentu yang telah ditargetkan dan memastikan semua elemen penting dalam bisnis membantu keseluruhan branding maka pesan anda akan tersampaikan tanpa menguras isi dompet anda.

Maka dari itu, ada beberapa faktor yang perlu anda pastikan berjalan dengan benar di awal memulai bisnis. Beberapa faktor itu adalah nama domain, website, dan rencana content marketing. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut maka anda akan mempunyai hubungan yang lebih kuat untuk menunjang keberadaan bisnis anda ke depan.

Meningkatkan Produk Atau Layanan Terbaik yang Anda Punya

Meningkatkan performa adalah salah satu cara sebuah startup untuk berkembang. Sebuah bisnis yang mampu berkembang dapat dengan mudah beradaptasi pada kapasitas kerja yang lebih besar. Ini bisa dilakukan tanpa mengurangi kualitas, performa, ataupun pendapatan.

Untuk mengembangkan bisnisanda harus memastikan bahwa anda memiliki sumber daya yang dibutuhkan. Bahkan jika perlu, mintalah tambahan sokongan dana Di bawah ini, Anda akan menemukan beberapa taktik yang bisa dipakai untuk memperbesar bisnis Anda:

  • Otomatisasi semua hal yang bisa diotomatisasi. termasuk penyimpanan cloud, optimalisasi marketing, training untuk talent baru, pembayaran gaji, pembayaran tagihan bulanan, dan berbagai macam yang lain. Anda memang perlu melakukan ini agar dapat memaksimalkan output dan potensi talents yang anda miliki.
  • Fokus pada marketing. Ketika awal memulai, pakailah anggaran dalam jumlah kecil untuk mengetes semua channel marketing. Ketika Anda berhasil menemukan channel denganreturn on investment (ROI) terbesar dan potensi untuk dikembangkan, investasikan usaha marketing anda ke channel tersebut.
  • Outsourcing semua pekerjaan yang tidak esensial. Kebanyakan startup belum memiliki kemewahan untuk mempekerjakan penulis secara penu seperti, editor video atau desainer grafis. Anda bisa menggunakan platform semacam Fiverr untuk mencari talent untuk bisa diajak ke proyek anda.
  • Bangunlah tim yang kuat dengan orang-orang yang tepat. Pekerjakan dengan banyak ide akan mampu membantu bisnis anda berkembang. Bekerja di startup akan menuntut anda untuk mengerjakan dan menguasai beberapa hal sekaligus. Begitu pun dengan talents yang anda miliki. Setidaknya mereka harus mempunyai berbagai macam keahlian ataupun kemampuan yang bisa membuat mereka bekerja lintas divisi.
  • Pastikan pelanggan anda selalu puas dengan kinerja startup anda. Jangan lupa untuk memperhatikan apa yang mereka katakan dan mereka inginkan tentang brand anda di dunia maya. Selain untuk meningkatan performa, mengembangkan bisnis juga berarti bertahan dari berbagai macam tantangan.

Berjejaring Untuk Membantu Bisnis Anda Secara Signifikan

tips startup

Berjejaring dan menjaga hubungan personal dapat membantu anda meraih banyak konsumen, mencapai target bisni dan mendapatkan pengetahuans yang tentunya ikut meningkatkan keuntungan.

Anda perlu melakukan blusukan ke lapangan untuk berkomunikasi dan bertemu dengan orang secara acak maupun yang anda tuju demi mengembangkan dan menjaga hubungan bisnis.

Hal tersebut akan membantu membangun profil personal yang anda  punya dan menjadikan anda tetap relevan di pikiran orang yang tepat.

Kesimpulan

Mengembangkan bisnis adalah soal pikiran dan kemauan. Anda perlu memiliki gambaran dan desain besar untuk menjadikan bisnis besar.

Pun begitu, anda juga perlu bekerja lebih keras dan cerdas, memaksimalkan keuntungan, dan melakukan itu semua dengan hati senang. Seketika anda menguasai alur berpikir di balik bisnis, mengembangkan startup akan jadi hal yang jauh lebih mudah untuk dilakukan

5 / 5. 924

Related posts