3 Cara Membuat Review Di WordPress Secara Mudah Dan Cepat

Review Di Wordpress

Membuat review di WordPress secara mudah dan cepat akan dibahas dalam artikel ini. Kita sudah sangat familiar dengan istilah “promosi dari mulut ke mulut”, Meski cara tersebut cukup lawas, strategi pemasaran ini masih terus dipakai. Dikarenakan efektivitasnya dalam menjaring pelanggan. Lantas, bagaimana cara menerapkan strategi ini di era digital?

Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan review di WordPress Anda. Hal ini menjadi salah satu cara online marketing. Pada kesempatan kali ini anda akan menemukan penjelasan mengapa strategi satu ini cukup efektif. Anda juga bisa menemukan berbagai alasan untuk meyakinkan anda menerapkan strategi ini.

Read More

Mengapa Membuat Review di Website Penting?

Review Di WordPress

Pada umumnya, orang membutuhkan rekomendasi untuk memutuskan sebagai pertimbangan membeli barang atau jasa. Entah rekomendasi teman ataupun review dari pelanggan, keduanya merupakan bentuk promosi mulut ke mulut. Hanya saja mereka menempati medium yang berbeda. Bisa saja satu ada di media online, sedangkan yang lainnya berada di media offline.

Walaupun banyak orang yang mempercayai testimoni dari orang terdekat, bukan berarti rekomendasi tersebut akan muncul setiap saat. Justru, kepercayaan akan didapatkan dari hubungan yang intens dan tanpa penghalang antara anda dengan mereka.

Anda bisa membayangkan ketika teman atau keluarga anda terus-menerus mempromosikan suatu barang. Justru akan aneh dan sangat menjengkelkan, bukan? Dengan kata lain, strategi “mulut ke mulut” secara offline akan sulit untuk dikontrol. Memang bisa dilakukan, akan tetapi biaya yang dikeluarkan pastinya juga lebih besar. Dan juga, tak ada jaminan strategi offline bisa bertahan lama.

Kembali lagi ke pertanyaan, mengapa review pelanggan di website itu menjadi penting? Review dari pelanggan adalah cara yang paling mudah menghadirkan words of mouth di website. Bagaimana cara membuat review di wordpress? Strategi ini gampang dilakukan dan lebih mudah juga untuk mengontrolnya. Andapun bisa memantau kira-kira apa saja yang dikatakan pelanggan mengenai bisnis yang anda kelola.

Anda juga bisa menanggapi keluhan atau pujian pelanggan atas performa bisnis anda. dan yang paling penting, review pelanggan akan meningkatkan reputasi bisnis yang anda miliki. Berikut kami jelaskan mengapa review pelanggan menjadi hal penting yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan bisnis anda.

1. Lebih Murah

Penambahan bagian review ke website bisa dikatakan sebagai cara yang paling murah dalam menjalankan promosi. Anda tidak perlu mendesain kampanye promosi. Tak usah membayar slot iklan berjuat-juta yang hanya ditayangkan sekian detik, ataupun mengendorse selebgram atau selebriti di media sosial lainnya dengan tarif yang mahal.

Membuat review di WordPress dengan biaya yang murah dan bahkan gratis, anda sudah bisa mempromosikan produk atau jasa ke pelanggan. Lebih baik lagi karena model promosi semacam ini akan tepat menyasar ke calon pelanggan.

2. Meningkatkan kepercayaan

Dengan membuat review di website tentu akan membantu meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap bisnis Anda. Adanya review memperlihatkan anda cukup percaya diri dan transparan dengan performa bisnis yang dijalankan. Dari hal tersebut calon pembeli bisa menyimpulkan kesan terhadap bisnis anda.

Hal ini sangat penting untuk selalu diperhatikan karena mengingat 94% pelanggan membaca review online dari pelanggan sebelumnya. Bahkan 84% di antaranya menganggap review online sama pentingnya dengan testimoni yang disampaikan oleh teman atau keluarga.

Selain memuat review, membalas review pelanggan juga akan menambah kepercayaan pelanggan terhadap bisnis anda. 41% orang mengakui bahwa mereka memiliki impresi baik setelah sebuah usaha membalas review yang mereka buat. Balasan atas review akan membuat mereka percaya bahwa bisnis mengedepankan kepuasan pelanggan.

review seseorang terhadap suatu barang sangat penting. Tak jarang menjadi penyebab mereka menjadi pelanggan setia. Cara membuat review di WordPress menjadi hal yang menarik untuk dipelajari.

3. Ciptakan fanbase pelanggan

Review pelanggan juga mempunyai keuntungan yang tak terduga, review merupakan cara membuat fanbase bisnis. Cara membuat review di WordPress menjadi hal yang menarik untuk dipelajari. Komunikasi yang intens antara pelanggan dengan pelanggan lainnya akan menciptakan suatu perasaan yang sma yang mampu membuatnya menjadi komunitas.

Mereka saling berbagi pengalaman dan memberi saran soal produk atau layanan yang dibeli. Mereka juga cenderung akan lebih aktif dalam merekomendasikan bisnis anda ke orang terdekat. Dengan cara ini , bisnis anda bisa bertahan lama karena banyaknya pelanggan yang loyal.

Untuk itu, tentu anda juga perlu menginvestasikan waktu anda agar dapat terlibat dalam komunikasi dengan pelanggan. Bisa dikatakan juga, hal ini merupakan cara lain dalam menjalankan customer service.

Cara Membuat Review di WordPress

Setelah kita membicarakan banyak hal soal manfaat review pelanggan, saatnya kita bicara cara menambahkan fitur tersebut ke website. Cara termudah, adalah dengan penambahan plugin di website berbasis WordPress. Namun, sudah barang tentu ada banyak pilihan plugin.

Mencari satu yang paling tepat tentu saja membutuhkan waktu yang cukup lama dan justru mungkin bisa merusak performa website ecommerce. Untuk itu, di sini kami merekomendasikan beberapa plugin yang bisa anda pilih sebagai bantuan untuk membuat review di WordPress:

1. Schema All In One Schema Rich Snippets

Plugin yang bisa anda pilih sebagai bantuan untuk membuat review di WordPress yang pertama adalah Schema All In One Schema Rich Snippets. Berbeda dengan plugin yang lain, plugin ini   menggunakan fokus ke konten review saja. Plugin ini berguna untuk memuat snippet dari berbagai macam konten, profil, resep, produk dan hal lainnya. Dengan adanya snippet, akan meningkatkan kemungkinan konten anda diklik oleh pengguna.

Untuk pengaktifan snippet review, anda bisa centang di opsi Item Review ketika menulis konten. Opsi tersebut akan mengaktifkan rating, nama reviewer, nama produk yang direview. Jika anda ingin memaksimalkan relevansi konten di search engine, plugin ini adalah solusi untuk segala jenis konten dengan harga gratis. Fitur andalannya adalah :

  • Snippet interaktif yang mampu memuat foto, rating, harga, penulis konten, dll)
  • Kompatibel dengan bermacam post seperti, resep, software, artikel, review, acara, profil, produk dsb.

2. WP Customer Reviews

Dapat memungkinkan anda mengatur berbagai konten review di website. Setiap review yang masuk ke website, bisa anda lihat terlebih dulu. Dengan demikian, anda bisa menentukan mana review yang layak tampil di website. Menguntukan, bukan? Fitur yang sama membuat anda memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkan balasan yang tepat.

Selain itu, anda bisa mengatur kolom isian untuk review. Anda tidak perlu lagi terpaku dengan kolom default yang barangkali tidak sesuai dengan bisnis yang anda jalankan. Anda bisa memodifikasi tampilan review sesuka hati supaya sesuai dengan tema website yang anda digunakan.

Selain itu, anda bisa menambahkan kolom review di bagian website yang diinginkan hanya dengan shortcode. Plugin kedua yang bisa anda pilih sebagai bantuan untuk membuat review di WordPress adalah anda dapat menggunakan WP Customer Reviews dengan harga nihil atau gratis. Fitur unggulan yang ada di WP Customer Reviews adalah :

  • Shortcode sebagai tampilan review di berbagai laman.
  • Modifikasi tampilan sesuka hati
  • Anda bisa memutuskan review apa yang ditampilkan di website
  • Kolom isian yang bisa ditambah dan dikustomisasi sendiri
  • Tampilan balasan dari review
  • Anti-spam

3. WP Product Review Lite

Pluginketiga yang bisa anda pilih sebagai bantuan untuk membuat review di WordPress adalah WP Product Review Lite merupakan versi gratis dari plugin WP Product Review. Meski versi gratis, plugin ini masih memiliki angka instalasi yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 50.000+. Banyak sekali untuk sekelas plugin yang gratis. Banyak pengguna WP Product Review Lite yang memuji user interface dari plugin ini.

Bisa dikatakan bahwa plugin ini merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang tengah merintis website ecommerce. Plugin ini termasuk plugin yang cukup praktis sebagai pembuat review di WordPress. Hal menarik lain, plugin ini dapat membuat tampilan untuk produk terlaris dan terbaru yang anda rilis.

Dengan begitu, produk anda bisa lebih mendapatkan eksposur dari pelanggan. Selain itu, plugin ini bisa digunakan untuk membuat snippet untuk tampilan yang menarik di mesin pencarian. Anda dapat menggunakan plugin versi Lite ini dengan gratis, adapun fitur andalannya adalah :

  • Widget produk terbaru dan terlaris.
  • Rich snippet
  • Affiliate button
  • Rating
  • Mempunyai daftar kelebihan dan kekurangan

Kesimpulan

Demikian artikel Membuat Review Di WordPress Secara Mudah Dan Cepat kami buat. Menambah review pelanggan ke website ecommerce merupakan langkah strategis untuk menjalankan promosi. Selain efektif, cara ini juga sangat tepat untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, murah, mampu meningkatkan transaksi di website , dan menjadi bibit komunitas pelanggan yang setia.

Lewat artikel Membuat Review Di WordPress Secara Mudah Dan Cepat yang telah dibuat, kita juga belajar menambahkan review pelanggan melalui plugin ke dalam plugin di WordPress. Semoga anda terbantu dengan apa yang telah kami sampaikan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa baca artikel lainnya dalam web ini.

5 / 5. 789

Related posts