9 Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Bagi Pemula

Mendapatkan Uang Dari Youtube cover

Mendapatkan uang dari youtube ? Kenapa tidak ! Anda merasa tidak cocok dengan kerja kantoran? Banyak pilihan pekerjaan yang bisa anda lakukan, salah satunya adalah dengan bisnis rumahan yang saat ini digandrungi yaitu bisnis online menggunakan platform youtube. Ya anda bisa menjadi salah satu content creator untuk mendapatkan penghasilan dari youtube!



Read More

Artikel kali ini akan membahas mengenai peluang bisnis online anda sebagai youtuber untuk menghasilkan uang. Lantas bagaiamana sih cara mendaptkannya? Mari simak penjelasan kami supaya anda lebih yakin dan memiliki ide yang luas.

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Mendapatkan Uang Dari Youtube cover

Apakah anda sudah menentukan konten apa yang akan anda pakai untuk diupload oleh channel anda? jika sudah, kini anda bisa lanjut belajar mengenai cara membuat konten youtube. Harus diingat bahwa cara mendapatkan uang dari Youtube selalu diawali dengan konten yang berkualitas. Jadi kali ini anda akan dipandu membuat konten youtube berkualitas sampai dapat menghasilkan uang hingga melakukan monetisasi Youtube.



Pilih Jenis Konten yang Sesuai dengan Anda

Setelah anda mempunyai channel Youtube tentunya anda harus mengisinya dengan konten-konten yang menarik. Anda hatus ingat bahwa kontenm yang baik adalah konten yang menarik. Anda harus ingat bahwa konten yang baik merupakan kunci untuk sukses mendapatkan uang dari youtube. Ada berbagai konten untuk bisnis online satu yang bisa anda pilih :

  • Game

Konten game merupakan konten yang sangat banyak ditonton oleh sebagian besar penikmat youtube, subscriber nomer 2 dunia, Pewdiepie mampu meraih subscriber mencapai 105 juta per Mei 2020. Walaupun kini isi kontennya memang beragam namun dia memulai menjadi youtuber dengan menjadikan game sebagai konten utamanya

  • Entertainment

Kategori ini cukup luas untuk bisa diartikan, anda bisa mengisi channel anda dengan cover lagu, dance cover atau web series dan pembahasan mengenai sesuatu yang menarik, meme misalnya.



  • Teknologi

Banyak orang yang memang perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana pengalaman penggunaan gadget sebelum mereka membilnya. Review laptop, handphone dan lain sebagainya merupakan salah satu konten yang bisa anda buat, karena memang konten ini cukup populer di kalangan anak muda.

  • Kuliner

Kategori inipun juga banyak macamnyam dari review makanan sampai mukbang yang bikin ngiler. Anda bisa memulainya dengan mereview makanan disekitar anda.

  • Kecantikan

Konten ynag cukup populer di kalangan wanita, tema ini sangat cocok bagi anda yang suka membuat review mengenai produk kecantikan maupun yang suka berdandan.

Riset Keyword

Langkah penting untuk mendapatkan uang selanjutnya adalah dengan melakukan riset keyword, sehingga anda bisa mengetahui apa saja konten yang benar-benar dicari oleh banyak orang. Anda bisa melakukan riset keyword untuk Youtube menggunakan Google Trends. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan prediksi dengan pencarian di Youtube. Ketika menulisakan kata kunci di kolom komentar maka youtube akan memberikan beberapa rekomendasi prediksi kata kunci.

Buat High Retention Video

High Retention Video adalah rata-rata presentasi video yang ditonton yang telah diunggah. Banyak orang yang memang masih asing mendengar kata tersebut. misalnya anda mengunggah video berdurasi selama 10 menit dan rata-rata orang hanya menonton selama 5 menit, maka tingkat retensi video anda adalah 50%.




Youtube memang mengutamakan video dengan retensi tinggi karena membuat orang lebih lama menghabiskan waktu di platformnya. Semakin tinggi rata retensi videonya maka semakin besar kemungkinan menjadi trending pencarian teratas. Untuk tetap menjadikan high rretentiion video anda tinngi, sajikan video yang menarik, berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan penonton.

Optimalkan Judul dan Deskripsi

Tidak hanya soal cinta, first impressionjuga berlaku untuk youtube. Secara umum membuat judul untuk artikel blog dan video youtube tidak jauh berbeda. Anda harus mrangkum keseluruhan isi konten video anda dalam satu kalimat saja. Judul harus sinkat, padat, jelas dan tentunya terkait dengan video yang anda suguhkan.

Anda jyga bisa memberikan bumbu dalam judulnya agar lebih menarik. Selain judul, deskripsi video juga penting untuk membantu youtube dan google memahami konteks video anda.

Memanfaatkan Tag

Sama seperti di WordPress, anda juga bisa menambahkan tag ketika mengunggah video di Youtube, tag bisa ditambahkan melalui kolom deskripsi anda. Dalam bisnis online hal-hal seperti ini memang harus diperhatikan, meskipun terlihat sepele, namun tag mampu membantu Youtube dan Google untuk memahami isi dari konten video anda.




Dan juga paling penting pertama adalah memasukkan fokus keyword yang anda targetkan.  Kedua, tambahkan variasi atau LSI keyword dari kata kunci tersebut. Ketiga, tambahkan kata kunci lain yang masih berkaitan dengan focus keyword.

Buat Call to Action di Video

Mungkin anda juga menyadari hal ini ketika menonton video di YpuTube. Content creator biasanya mengatakan hal seperti, “Jangan lupa like, coment, dan subscribe” atau “Link ada di deskripsi ya”.

Apa yang dikatakan oleh content creator di atas adalah contoh dari call to action. Mereka mengingatkan penonton untuk melakukan tindakan yang menguntungkan, baik itu like, coment, subscribe, maupun klik link yang ada di deskripsi.

Promosi Video di Media Sosial

Pada point sebelumnya, sudah kita bahas bahwa jumlah share di media sosial mempengaruhi rangking anda di hasil pencaria YouTube. Skebari terbaik adalah ketika orang dengan tidak sengaja menemukan video anda, menyukai video anda, bahkan membagikannya di media sosial.




Tapi sayangnya realita tidak semudah yang kita bayangkan. Terkadang atau bahkan seringkali anda perlu menjemput bola terlebih dahulu, yaitu dengan aktif membagikan video YouTube anda di media sosial dan forum-forum online lainnya.

Ada banyak media sosial dan forum online yang bisa anda manfaatkan. Mulai dari Twitter, Facebook, Instagram, WhatsApp, LINE, Kaskus, hingga Quora. Selain itu, anda juga bisa mengikuti grup-grup di Facebook atau Kaskus yang sesuai dengan tema channel YouTube anda. dengan begitu anda bisa membagikan video ke audiens yang sudah tersegmentasi.

Hubungkan Video di Youtube dengan Blog Anda

Jika anda memiliki blog atau website, media promosi video Youtube anda akan bertambah satu lagi. Anda juga bisa menambahkan embed video Youtube ke website atau blog. Dengan begitu, pengunjung blog atau website anda bisa menonton video anda dengan mudah tanpa perlu membuka Youtube.




Tidak hanya memberikan efek yang positif untuk untuk channel Youtube anda, menambahkan embed video Youtube juga berpengaruh positif untuk blog atau website anda. Video Youtube di blog atau website akan membuat pengunjung blog atau website bertahan lebih lama lagi. Hal ini tentu saja akan menjadi sinyal yang bagus kepada Google dan akan meningkatkan kualitas SEO anda.

Kerja Sama dengan Brand

Setelah anda membuat konten video berkualitas dan mengoptimasinya, kini saatnya untuk menghasilkan uang dari Youtube. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan uang dari Youtube.

Cara pertama adalah dengan bekerja sama dengan brand atau perusahaan dalam bentuk endorsement. Perusahaan akan memberikan anda produk untuk di riview di channel Youtube anda. anda juga akan mendapatkan produs secara Cuma-Cuma dan perusahaan mendapatkan audiens baru.




Keuntungan yang akan didapatkan pun bisa bermacam-macam, dari produk sample, kupon diskon, hingga uang tunai. Tergantung pada kontrak yang anda tanda tangani dengan perusahaan. Semakin banyak subscriber anda biasanya semakin tinggi pula biaya endorsementnya.

Anda juga bisa menghubungi perusahaan terlebih dahulu dan mengajukan kerja sama. Jika anda sudah punya basis audiens yang luas dan loyal, perusahaan bahkan bisa menghubungi anda terlebih dahulu. Anda harus membangun personal branding yang kuat terlebih dahulu agar banyak perusahaan dan brand yang mau bekerja sama dengan anda.

Membangun personal branding online tidak cukup hanya dengan mengumpulkan subscriber. Anda juga perlu membuat portofolio online yang bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja. Salah satunya adalah dengan embuat website khusus untuk personal branding.

Penutup

Demikianlah tutorial membuat Youtube dan cara menghasilkan uang dari Youtube. Tidak ada cara mendapatkan uang dari Youtube yang kilat.



Butuh rencana yang matang dan ketekunan agar channel Youtube anda memiliki banyak impresi baru kemudian menghasilkan uang untuk anda. Jadi tetaplah semangat untuk berkarya!

5 / 5. 888

Related posts