10 Tips Mengelola Bisnis Ketika Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
mengelola bisnis ketika pandemi

Tips mengelola bisnis ketika pandemi Covid-19 akan dibahas dalam artikel ini. Tidak dapat dipungkiri, Covid-19 secara signifikan telah berdampak pada Usaha Mikro, Kecil, sampai Menengah (UMKM). Dengan melihat kondisi perekonomian seperti ini, kalian selaku pemilik bisnis, diharapkan mampu lebih bijaksana dalam mengambil sikap, selain itu perlu memikirkan ide bisnis kreatif.

Salah satu sikap yang dapat kalian ambil tanpa mengorbankan bisnis kalian adalah dengan mengubah strategi marketing kalian. Pada kesempatan kali ini , kami telah merangkum artikel dengan bahasan tips mengelola bisnis ketika pandemi Covid-19 untuk kalian semua . Penasaran? Simak sampai selesai ya.

Read More

Tips Mengelola Ketika Pandemi Covid-19

mengelola bisnis ketika pandemi

Pandemi Covid-19 menjadi ujian untuk semua kalangan bisnis. Tidak sedikit perusahan besar ataupun kecil yang akhirnya gulung tikar karena adanya pandemi ini. Dalam artikel ini akan membahas mengenai tips mengelola bisnis ketika pandemi Covid-19. Check this out

1. Menjadi Pemimpin Yang Dibutuhkan Banyak Orang

Tips mengelola bisnis ketika pandemi Covid-19 yang pertama adalah menjadi pemimpin yang dibutuhkan banyak orang. Meski menjalankan bisnis pada masa pandemi terasa berat dari biasanya, usahakan agar kalian selalu jadi pemimpin yang dapat diandalkan.

Pada masa seperti ini, tim benar-benar membutuhkan sosok yang dapat mengayomi serta menjamin bahwa semuanya akan baik-baik saja walau masih di masa krisis. Kalian bisa meyakinkan tim, bahwa kalian dan tim dapat melalui krisis ini bersama-sama.

Dan yang paling penting, terus tanamkan semangat berjuang di tim kalian. Karena jika sampai semangat itu meredup, maka bisnis kalian juga akan terkena dampaknya. Semua tugas tersebut berada di tangan kalian, karena kalian merupakan sosok pemimpinnya. Tetap berpikir jernih, supaya situasi di tim kalian tetap kondusif.

2. Membuat Rencana Kerja Remote

Salah satu tips mengelola bisnis ketika pandemi Covid-19 yang perlu kalian terapkan ialah mempraktikkan rencana kerja remote atau biasa disebut Work from Home (WFH).  tapi, sebelum memulainya, kalian harus memastikan bahwa semua anggota tahu apa yang mesti mereka kerjakan selama WFH.

Untuk dapat memastikan lancarnya WFH selama masa covid-19, kalian dapat membuat peraturan. Peraturan ini bisa saja berisikan mengenai kapan anggota tim harus online, berapa lama jam kerja yang diwajibkan, seperti bagaimana deadline yang harus dipenuhi, dan cara berkomunikasi. Kalian pun jangan lupa juga untuk selalu membekali semua anggota tim dengan segala perlengkapan dan kebutuhan selama WFH. Seperti contohnya: PC, laptop, handphone, internet, uang makan, dan lain-lain.

Ada beberapa alat yang dapat digunakan untuk mengelola bisnis ketika pandemi selama WFH supaya tetap bisa berkomunikasi dan memenuhi kewajiban kerja. Kalian dapat menggunakan platform Google Hangout atau Zoom, untuk penggunaan komunikasi tatap muka. Untuk komunikasi melalui chat, kalian dapat menggunakan aplikasi semacam Snapchat, Slack ataupun Whatsapp. Mengenai pembagian tugas, kalian dapat memanfaatkan aplikasi seperti Quire atau Trello.

3. Mengusahakan Untuk Selalu Transparan dengan Karyawan dan Pelanggan

Pada masa covid-19 seperti sekarang ini adalah masa sulit, apalagi untuk pebisnis. Banyak karyawan yang mesti dirumahkan. Tips mengelola bisnis ketika pandemi Covid-19 yang ketiga adalah transparan terhadap karyawan dan pelanggan. Kalian sebagai seorang pemilik bisnis sekaligus pemimpin, harus dapat selalu bersikap jujur dan transparan dengan seluruh karyawan kalian.

Artinya, apa pun keputusan yang diambil, atau dalam kondisi apa pun yang dialami bisnis, karyawan kalian perlu untuk selalu diberi tahu. Tak hanya karyawan, ingat juga bahwa kalian wajib jujur dan transparan pada pelanggan. Terutama mengenai perubahan yang terjadi selama covid-19 pada layanan bisnis kalian.

4. Berfokus pada Website Bisnis Kalian

Memanfaatkan website sebagai pengelolaan bisnis tentu merupakan keputusan yang tepat. Terutama, di kala pandemi covid-19 dan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) seperti saat ini. Pada saat lebih banyak orang yang memilih melakukan transaksi online karena harus tetap di rumah saja.

Itulah sebabnya, apabila kalian belum memiliki website, tips mengelola bisnis ketika pandemi Covid-19 selanjutnya membuat website bisnis kalian. Saat inilah waktu yang paling tepat untuk membuat website bisnis kalian. Tetapi, tak hanya sekadar memiliki website. Website yang kalian miliki harus bisa memenuhi kriteria website dengan nama domain yang menarik serta mudah diingat.

Bisa seperti .ONLINE, .SITE dan domain yang berbeda lainnya. Dan bila kalian mempunyai ecommerce, kalian dapat menggunakan ekstensi domain .STORE. Menggunakan ekstensi dengan domain yang tepat mampu memaksimalkan branding bisnis digital secara signifikan.

5. Berlatihan Empati

Mengelola bisnis ketika pandemi-empati

Di masa covid-19 sekarang ini, semua orang tentu berusaha keras untuk bisa beradaptasi. Banyak orang yang kesulitan beradaptasi dengan situasi baru seperti sekarang ini dengan bekerja dari rumah, sekolah dari rumah, dan bahkan physical distancing.

Maka dari itu, tips mengelola bisnis ketika pandemi Covid-19 yang kelima adalah penting bagi untuk kalian berlatih berempati. Kalian bisa mencoba untuk lebih fleksibel dan memaklumi. Karyawan kalian mungkin tidak akan seproduktif ketika berada di kantor. Banyak hal yang dapat mempengaruhinya, seperti mungkin ada anak di rumah yang terkadang mengganggu atau butuh perhatian.

 

Atau ada beberapa persoalan mengenai teknis maupun psikologis selama WFH yang bisa membuat mereka tidak dapat maksimal dalam bekerja. Yang perlu dilakukan adalah hanya memaklumi dan memberikan waktu untuk bisa beradaptasi. Serta jangan lupa untuk selalu memberikan apresiasi dan dukungan supaya mereka dapat terus memberikan hasil yang terbaik selama WFH.

6. Mengevaluasi Keuangan Bisnis

Pada masa krisis seperti ini, penting untuk kalian selalu menjaga kondisi keuangan bisnis. Salah satu tips mengelola bisnis ketika pandemi Covid-19 yang keenam  yang bisa dilakukan adalah dengan membatasi pengeluaran dan melakukan evaluasi keuangan secara terus menerus. Evaluasi keuangan secara terus menerus penting untuk dilakukan untuk mencegah bisnis mengalami kerugian.

Di sisi lain, Pemerintah Indonesia pun juga telah mengeluarkan kebijakan terkait perekonomian di masa wabah Covid-19. Contohnya kebijakan mengenai relaksasi pajak dan kredit UMKM. Kebijakan tersebut diharapkan dapat membantu meringankan beban bagi pemilik bisnis seperti kalian.

7. Tidak Menurunkan Harga Produk

Selama krisis covid-19, tips mengelola bisnis ketika pandemi Covid-19 yang ketujuh cobalah terus untuk mengusahakan agar tidak menurunkan harga produk atau layanan kalian. Karena jika kalian tetap melakukannya, maka nilai produk dan layanan kalian bisa ikut menurun.  Alih-alih kalian menurunkan harga, justru kalian dapat mencoba untuk memotong biaya pengeluaran. Atau, bisa juga untuk mencari peluang usaha baru.

Seperti, restauran dan makanan yang mungkin jadi salah satu usaha yang mengalami masa sulit sekarang ini. Namun sebenarnya mereka bisa menyiasatinya dengan menjual makanan mereka secara online, offline, atau dengan menambahkan varian makanan baru. Jadi kalian bisa tetap sediakan makanan dengan nilai yang sama atau lebih baik, bukan malah menurunkannya.

8. Mengandalkan Unique Selling Proposition (USP)

Karena wabah covid-19 ini, banyak pemilik UKM yang khawatir dengan masa depan usaha mereka. Maka dari itu, tips mengelola bisnis ketika pandemi Covid-19 yang kedelapan ini merupakan saat yang tepat untuk mengandalkan USP atau sisi unik dari bisnis kalian. USP ialah hal unik yang memberi perbedaan produk atau layanan kalian dengan kompetitor lainnya. Dengan USP ini, bisnis kalian dapat lebih diingat dan bertahan lebih lama, bahkan dalam situasi sulit sekalipun.

Kalian pun juga bisa menggunakan kata – kata untuk memancing pelanggan kalian. Slogan tak hanya digunakan sebagai penyampai USP produk, tetapi juga mewujudkan bagian-bagian lain dari bisnis kalian. Kalian perlu mempraktikkan kata apa yang menjadi slogan perusahaan kalian.

9. Evaluasi Bisnis

Meski pada masa ini bukanlah momen yang baik. Namun bisnis tetap harus berjalan. Tips mengelola bisnis ketika pandemi Covid-19 yang kesembilan adalah jadikan pandemi ini menjadi momen tepat untuk mengevaluasi bisnis.

Kalian dapat menilai kembali mengenai segala hal yang berkaitan berkenaan dengan berbagai budget yang kalian alokasikan dan gunakan. Seperti anggaran belanja. Selama kalian belum bisa mandiri secara finansial, maka kalian perlu untuk terus memeriksa rencana belanja kalian.

10. Memanfaatkan Waktu untuk Mencari Solusi

Tips mengelola bisnis ketika pandemi Covid-19 yang terakhir sekaligus yang paling baik untuk bisa dijalankan bisnis di masa pandemi covid-19 ini ialah dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mencari solusi. Ketika kalian mencari solusi, kalian bisa mengajukan beberapa pertanyaan ini ke diri sendiri.

Apakah bisnis kalian mampu menyesuaikan diri dengan keadaan? Apakah kalian mempunyai cara kinerja perusahaan kalian maksimal dengan waktu dan uang yang terbatas? Dan hal lain sebagainya. Setelah itu, rumuskan solusinya. Kalian bisa terus memikirkan dengan jawaban yang positif, sehingga kalian bisa menemukan jawaban yang benar-benar solutif.

Kesimpulan

Demikian artikel “10 Tips Mengelola Bisnis Ketika Pandemi Covid-19”. Sebagai pemilik bisnis, memang sulit untuk melakukan dan menjalankan usaha selama masa pendemi covid-19 ini, maka dari itu diperlukan kesabaran, keteguhan dan dedikasi yang lebih tinggi sehingga bisnis kalian bisa terus berjalan.

Kunci keberhasilan sebuah perusahaan yang  dapat bertahan pada momen seperti ini adalah bagaimana pemimpin bersikap. Bersikaplah bijaksana dan tetap tenang dala segala momentum. Semoga tips mengelola bisnis ketika pandemi Covid-19 bermanfaat untuk kalian. Tetap semangat. Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa baca artikel lainnya dalam web ini.

5 / 5. 877

Related posts