10+ Cara Meningkatkan Penjualan Online Secara Efektif

  • Whatsapp
Meningkatkan Penjualan Online

Bisa melakukan peningkatan penjualan online adalah keinginan bagi kebanyakan bisnis, baik dari bisnis skala kecil sampai besar sekalipun. Kabar baiknya untuk bisa meningkatkan penjualan online tidaklah sesulit yang dibayangkan dan tak semahal yang diperkirakan. Anda bahkan bisa meningkatkan penjualan online dengan budget yang minim sekalipun.

10+ Cara Jitu Dan Efektif Meningkatkan Penjualan Online

Meningkatkan Penjualan Online

Read More

Pada artikel kali ini, kami telah merangkum berbagai cara yang efektif untuk bisa meningkatkan penjualan online pada bisnis anda. Berikut beberapa cara yang efektif untuk bisa meningkatkan penjualan online bisnis anda.



Nama Domain yang Tepat

Identitas di dunia maya memang sangatlah penting. Dengan menggunakan domain yang tepat, anda dapat membangun identitas bisnis yang dapat dipercaya. Selain hal tersebut, domain juga bisa memudahkan konsumen untuk mengenali bisnisyang anda jalankan.

Domain tidak harus melulu menggunkan .COM. Banyak sekali pilihan ekstensi domain yang dapat anda gunakan untuk bisnis. Selain .COM masih banyak berbagai ekstensi domain yang kualitasnya sama baiknya sama baiknya.

Beberapa adalah .SPACE, .ONLINE, .SITE, dan .WEBSITE. Jadi ada banyak pilihan ekstensi domain dapat digunakan untuk membuat nama domain yang tepat untuk bisnis anda.

Platform yang Tepat untuk Website

Membuat website ialah hal utama agar penjualan online anda bisa semakin sukses dan berkembang. Jika dalam dunia nyata anda mempunyai toko fisik, maka di dunia maya website merupakan toko anda. Anda tidak dapat sembarangan memilih platform untuk website yang anda kelola.




Platform yang tidak sesuai bisa saja merugikan anda dan tentu saja pelanggan anda. Platform untuk pembuatan website yang kami rekomendasikan adalah ialah WordPress.

WordPress merupakan platform yang berjasa sampai 30% bagi website di seluruh dunia dan merupakan salah satu yang paling populer di antara platform pembuatan website lainnya.

Selain itu, anda pun perlu memilih ‘rumah’ terbaik untuk website yang anda jalankan. Website yang anda jalankan menggunakan WordPress pasti membutuhkan hosting. Hosting merupakan tempat penyimpanan dari semua file, dari  semua gambar, HTML, sampai konten. Meski fungsinya “terlihat sepele, anda tidak boleh sembarangan dalam memilih layanan hosting.

Dikarenakan, hosting yang abal-abal justru akan membuat website anda akan lambat diakses atau sampai tak dapat diakses sama sekali.  Maka dari itu, silakan anda memilih dan menggunakan hosting terbaik. Hosting yang bisa membuat website bisnis anda selalu online selama 24 jam, cepat diakses, dan yang paling penting aman.

Gunakan Tema Profesional

Jika anda membuat website menggunakan WordPress dan menyewa layanan hosting yang terbaik, yang perlu anda lakukan selanjutnya ialah memilih tema yang profesional.




WordPress mempunyai fitur tema profesional yang cukup banyak dan bisa didapatkan secara gratis. Jadi nda tak perlu khawatir lagi mengenai budget.

Dapatkan Pelanggan dari Trafik Organik

Hasil dari pencarian di Google iaah sumber utama trafik untuk sebagian besar website. Website anda dapat lebih mudah ditemukan pada hasil pencarian Google dengan menggunakan teknik SEO. SEO atau Search Engine Optimization ialah kumpulan panduan dan teknik untuk bisa membuat website anda search engine friendly.

Tetapi, perlu anda pahami juga bahwa membutuhkan waktu yang relatif lama untuk bisa mendapatkan hasil dari SEO. Jadi anda harus sabar dan juga telaten dalam menggunakan teknik SEO.

Menyusun Strategi Content Marketing

Content marketing merupakan strategi yang bias membuat konten yang berguna dan relevan untuk bisa menarik dan membangun audiens. Penerapan dari strategi content marketing bisa memungkinkan anda untuk dapat mendapatkan trafik yang berpotensi untuk bisa menjadi konsumen.




Selain hal tersebut, konten yang bermanfaat bisa membantu anda untuk mendapatkan perhatian dari konsumen. Bahkan sampai membuat mereka loyal pada bisnis anda. Hal ini adalah prinsip dari inbound marketing.

Salah satu cara yang paling efektif untuk bisa menjalankan strategi content marketing ialah dengan penambahan blog pada website anda. WordPress mempunyai fitur untuk bisa  menambahkan halaman pada blog secara terpisah.

Pada blog tersebut anda juga bisa menerbitkan konten-konten yang dirasa berguna dan relevan yang konsisten untuk bisa mendatangkan trafik ke website anda. Anda pun juga dapat memberikan berbagai macam penawaran menarik pada blog sehingga para pengunjung blog maau untuk membeli produk yang anda jual di website.

Membuat Keputusan Berdasarkan Google Analytics

Banyak dari pebisnis pemula yang hanya memanfaatkan intuisi dan perkiraan saja untuk menentukan keputusan yang penting untuk bisnis. Padahal, keputusan yang hanya didasarkan dari perkiraan dan intuisi justru akan membuat bisnis anda tak terarah.




Disaat membuat keputusan penting untuk bisnis, akan lebih baik jika menggunakan data dan fakta yang jelas dan akurat. Google Analytics bisa membantu anda dalam  menyediakan data yang akurat mengenai perkembangan yang terjadi pada website.

Dari mulai jumlah pengunjung harian, penghasilan, penjualan,  dan produk mana yang paling banyak dibeli, halaman yang memberikan kinerja bagus, hingga jumlah dari pengunjung yang meninggalkan website.

Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial bukan hanya berguna untuk memudahkan orang-orang untuk bisa saling terhubung. Platform pada media sosial juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan dari bisnis anda. Kita ketahui bahwa penduduk Indonesia merupakan pengguna aktif yang banyak dalam media sosial populer seperti Facebook dan Instagram.

Untuk bisa meningkatkan penjualan online melalui media sosial, maka anda perlu untuk menyusun strategi social media online marketing yang jitu. Anda juga perlu melakukan riset sebelum melakukan kampanye di media sosial

Aktif di Komunitas Online

Banyak komunitas online yang dapat kita temui, beberapa komunitas online seperti grup Facebook, Kaskus, Reddit, dan Quora bisa membantu anda untuk memahami calon konsumen anda. Anda bisa menemukan forum-forum yang memiliki pembahasan penjualan online yang relevan dengan bisnis yang anda jalankan. Contohnya, jika apabila anda menjalankan bisnis kuliner, maka annda bisa mengikuti forum-forum yang membahas tentang kuliner dan restauran.




Keuntungan lain yang bisa didaptkan pada forum-forum tersebut adalah anda bisdapata menemukan tren terbaru pada kalangan konsumen, masalahyang mereka hadapi, dan bahkan sampi masukan untuk bisnis nda. Maka dengan begitu anda dapat meningkatkan kualitas produk atau jasa anda berdasar dari temuan pada forum-forum online tersebut.

Menunjukkan Testimoni Pelanggan

Testimoni pelanggan dapat menjadi senjata untuk meyakinkan calon pelanggan anda. Kumpulan dari testimoni pelanggan dapat mempengaruhi keyakinan dari calon konsumen yang sebelumnya ragu untuk membeli produk anda, pelanggan bisa menjadi yakin untuk mencoba dengan menunjukkan testimoni. Anda dapat meletakkan testimoni pelanggan pada landing page, halaman produk,  atau halaman utama website anda.

Menyediakan Berbagai Macam Metode Pembayaran

Tentunya anda akan mempunyai berbagai macam pelanggan, dan pelanggan-pelanggan tersebut pastinya mempunyai rekening dari bank yang berbeda. Ada yang menggunakan BCA, BRI, BNI, Bank Danamon, Bank Permata atau Bank Mandiri. Ada pula yang lebih suka membayar lewat kartu kredit ataupun mobile payment tertentu seperti Go-Pay dan OVO.




Anda dapat menawarkan berbagai macam metode pembayaran supaya bisa meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam melakukan pembayaran tagihan mereka. Menambah metode pembayaran juga akan membantu meningkatkan penjualan online bisnis sebab pelanggan akan memiliki banyak pilihan cara dalam pembayaran.

Buat Iklan yang Jujur

Kejujuran dalam membuat iklan merupakan hal yang krusial dan menentukan dalam pertaruhan reputasi bisnis anda. Anda tentunya harus membuat iklan yang unik, kreatif, inovatif dan menarik.

Namun, bukan berarti anda bisa denhan mudah menyisipkan klaim-klaim yang tidak jujur dalam iklan anda. Iklan yang tidak jujur akan memperburuk kredibilitas dan reputasi bisnis anda di mata konsumen.

Kesimpulan

Cara untuk bisa meningkatkan penjualan online dalam bisnis tentu dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk anda. Jadi bagaimana? Mudah bukan untuk bisa meningkatkan penjualan online pada bisnis anda ?



Demikian artikel ini kami tuliskan. Kami harap agar artikel ini dapat bermanfaat bagi anda sekalian yang telah meluangkan waktunya untuk membaca. Selamat berbisnis dan berniaga!

5 / 5. 431

Related posts