8 Rekomendasi Pekerjaan Sampingan Untuk Progammer

  • Whatsapp
Pekerjaan Sampingan Programmer

Pekerjaan sampingan yang bisa ditekuni oleh progammer, banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dalam kesempatan tersebut, bisa untuk meningkatkan skill anda maupun menambah skill dalam bidang keahlian lain, yang mingkin bisa membantu anda dalam pekerjaan utama anda.



Read More

Akan tetapi untuk menemukan ide tersebut tidaklah mudah, maka dari itu beruntunglah anda dengan membaca artikel kami, kami sudah merangkum beberapa pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan oleh programmer. Simak terus tulisan kami.

Pekerjaan Sampingan Untuk Programmer

Pekerjaan Sampingan Programmer

Agar bisa mendapatkan penghasilan lebih dan menambah skill, programmer dapat mencari pekerjaan sampingan yang sesuai dengan kehendaknya. Berikut beberapa rekomendasi dari kamu untuk anda programmer sekalian.



  1. Blogging

Pekerjaan Sampingan Blogging

Programmer tentu saja akan sangat akrab dengan urusan blog, selain memang mudah dilakukan oleh ahlinya, blogging bisa menjadi salah satu sarana edukasi dalam bidang coding. Terlebih lagi melihat perkembangan teknologi yang begitu pesat yang memungkinkan orang-orang dengan mudah menggunakan mesin pencari. Selain itu blogging juga merupakan bisnis rumahan bisa dijalankan oleh banyak orang (tidak hanya programmer).




Jadi apabila konten dalam blog anda relevan dengan yang mereka cari akan mendatangkan banyka pengunjung untuk anda. lantas bagaimana caranya menjadikan blogging sebagai pekerjaan sampingan programer ?

  • Iklan

Hal pertama tentu saja iklan, salah satu cara yang sering digunakan adalah bergabung dengan google adsense, setelah melakukan pendaftaran anda akan mendapatkan kode khusus yang bisa dipasang diblog anda. Selain itu anda bisa menyewakan ruang kosong diblog anda yang bisa diisi oleh iklan.

  • Komisi Afiliasi

Yaitu menggunakan afiliasi untuk mengiklankan barang dan produk, dalam komisi afiliasi anda akan mendapatkan komisi untuk tiap-tiap produk yang bisa terjual, tergantung kesepakatan yang anda setujui.




  • Sponsored Post

Untuk para blogger yang mempunyai reputasi yang baik, maka tidak jarang banyak perusahaan yang bekerjasama dengan mereka, tujuannya yaitu untuk mengenalkan produk mereka. Dengan mempunyai reputasi yang baik maka penawaran-penawaran semacam ini bukanlah hal yang sulit didapatkan.

Anda cukup membuat tulisan mengenai produk yang telah ditawarkan oleh perusahaan terkait, mencakup segala produk dan tidak lupa memberi tautan ke website perusahaan yang memberikan anda tawaran. Tapi untuk bisa mendapatkan sponsored ini memang diperlukan cukup waktu, yaitu anda harus bisa menunjukkan reputasi yang baik dalam blog anda.

  1. Menjadi Youtuber

Pekerjaan Sampingan Youtuber

Siapa yang tidak tahu mengenai Youtube ? Platform video dari google ini begitu mendunia dan dikenal oleh kalangan masyarkat secara luas. Bisa pula dikatakan bahwa youtube merupakan bentuk audio visual dari blog dan tentunya menjadi youtuber adalah pekerjaan sampingan yang menguntungkan bagi programmer.




Anda bisa memberikan content video sesuai dengan keahlian anda, programmer yang akrab dengan coding bisa memberikan tutorial video mengenai coding. Dan juga tekah diketahui bersama bahwa pengguna youtube sangat besar, dan pencarian yang dilakukan bermacam-macam.

Dalam konteks mengenai video coding, ada channel yang membahsanya dengan nama Derek Banas, yang mempunyai subscriber sebanyak satu juta dan dengan perkiraan penghasilan perbulan mencapai $3000.

Sumber penghasilan dari youtube bisa didapatkan melalui adsense atau iklan yang terpasang, afiliasi marketing, kerjasama dengan produk tertentu dan lainnya. Jadi bagi anda programmer bisa mencoba untukk menjadi youtuber sebagai pekerjaan sampingan yang mempunyai penghasilan tinggi.

  1. Menjadi Podcaster

Pekerjaan Sampingan Podcaster

Tidak berbeda dengan youtube, anda bisa menjadikan podcaster sebagai pekerjaan sampingan. Sebelum itu, apasih podcast itu? Podcast merupakankonten yang berisikan audio yang bisa diakses secara online.



Kegiatan podcast sendiri pun bisa menggunakan website pribadi anda atau melalui bantuan aplikasi pihak ketiga, contohnya spotify, joox, soundcloud yang memberikan fitur podcast kepada penggunanya. Di Indonesia sendiri pengguna podcast sudah ada beberapa, sebut saja CeritanyaDeveloper dan WicaraPodcast yang membahas mengenai ilmu-ilmu programmer.

  1. Menjual Software

Pekerjaan Sampingan Menjual Software

Pekerjaan sampingan lainnya yang cocok bagi anda programmer adalah dengan menjual software, entah menjual software buatan anda sendiri ataupun milik pihak lain. Apabila anda berniat untuk menggunakan aplikasi buatan anda sendiri, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu :




  • Tentukan permasalahan yang ingin anda selesaikan melalui aplikasi yang anda buat
  • Pastikan desain yang akan anda buat
  • Pelajari apakah aplikasi tersebut sudah banyak kompetitor ataukah masih belum.

Hal tersebut berlaku pula pada penjualan software yang dimiliki pihak lain, apabila anda jeli dan cermat dalam melihat peluang, maka keuntungan dalam pekerjaan sampingan anda akan dapat diraup.

  1. Mengajar Online

Bisnis Sampingan Mengajar Online

Sebagai programmer, anda pasti sudah memiliki basic ilmu yang anda tekuni. Mengajar online merupakan pekerjaan sampingan lainnya bagi anda untuk membuka pintu rezeki anda, berbeda dengan mentoring mengajar online mengharuskan anda untuk menyiapkan materi yang akan anda ajarkan. Kemudian buat sebagai materi kursus yang bisa diajarkan secara online entah melalui website atau aplikasi pihak ketiga.




Dalam mengajar online, poin penting yang harus diperhatikan adalah dengan menentukan apa yang akan anda ajarkan. Apakah khusus untuk basic saja? Ataukah development? Atau bisa yang lainnya. Selain membangun kursus anda sendiri, anda juga bisa bergabung dengan platform mengajar online, seperti Udemy ataupun Udacity.

  1. Online Mentoring

Bisnis Sampingan Mentor Online

Menjadi mentor merupakan bidang pekerjaan lain yang memungkinkan untuk programmer jalankan. Mentoring banyak diperlukan oleh programmer yang masih awam ataupun orang-orang yang tertarik terhadap pemrograman.

Anda bisa bekerja dengan mengarahkan orang-orang tersebut dengan menggubakan standar yang benar, atau boleh saja standar yang anda berikan sendiri.mentoring bisa menjadi pekerjaan sampingan yang dapat anda lakukan secara online.




Untuk bisa mendapatkan customer yang luas, promosikan melalui platform media sosial populer secara aktif serta ikuti dengan penambahan reputasi mengenai online mentoring anda. Apabila anda sudah mendapat pengakuan secara luas maka akan sangat mudah untuk mendapatkan customer untuk pekerjaan sampingan anda.

  1. Menulis Ebook

Jika anda mempunyai skill menulis selain bahasa pemrograman, maka menulis ebook merupakan pekerjaan sampingan yang cocok bagi anda. Berbeda dengan menulis blog, menulis ebook akan memberi cakupan yang lebih luas dalam penulisannya.

Anda bisa menjual ebook tersebut melalui website anda sendiri ataupun web yang tersedia. Banyak pula platform buku digital yang sering dikunjungi oleh masyarakat. Di Indonesia sendiri anda bisa menjual ebook anda dengan melalui situs karyavirtual.com dan untuk skala yang lebih besar amazon menjadi pilihan yang ideal untuk anda pilih.

  1. Freelancing

Freelancing memang sudah banyak dijadikan sebagai pekerjaan sampingan oleh berbagai programmer, menjadi freelanccer berarti anda mengerjakan pekerjaan paruh waktu dengan kesepakatan yang telah disetujui.

Berbagai langkah bisa anda lakukan, mulai dari kerjasama langsung dengan pihak yang membutuhkan jasa anda ataupun dapat bergabung dengan platform freelancer yang tersedia. Beberapa platform yang menawarkan pekerjaan freelancer di Indonesia adalah project.co.id dan sribulancer.




Dan jika anda ingin lebih mengepakkan sayap anda sampai kancah internasional, maka anda juga bisa masuk ke platform freelancer internasional, Upwork, Toptal dan PeoplePerHour merupakan beberapa contoh yang bisa anda masuki.

Banyak sekali model pekerjaan yang memang ditawarkan, sesuaikan saja dengan keahian anda sebagai programmer agar anda bisa merasa lebih nyaman. Idealnya memang anda harus memilih keahlian yang benar-benar anda kuasai. Namun banyak pula programer pula yang menjadikan pekerjaan sampingan mereka sebagai ajang berlatih dan menguasai keahlian baru untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Siapkah Anda ?

Banyak pilihan pekerjaan sampingan bagi anda programmer yang ingin menambah penghasilan, tentu saja selaras dengan keahlian anda dibagian mana yang akan anda terjuni. Apapun itu rencanakan usaha anda dengan baik.



Lakukan dengan cara yang tepat sehingga kedepannya akan memudahkan anda dan tidak mengganggu pekerjaan utama anda. Namun satu hal yang tidak bisa diragukan adalah penghasilan anda akan bertambah. Jadi bagaimana? Menarik bukan? Lakukan pekerjaan sampingan anda dan mulailah meraih kesuksesan yang lebih.

5 / 5. 814

Related posts