7 Cara Menerapkan Guerilla Marketing Paling Top!

  • Whatsapp
Menerapkan Guerilla Marketing

Bagi pelaku bisnis yang ingin mendapatkan omzet besar, maka sudah saatnya mempelajari cara menerapkan Guerilla Marketing. Pada artikel ini akan dijelaskan 7 cara inti yang dapat mengubah bisnis kamu menjadi jauh lebih berkembang lagi!

Mulai marketing media social, email marketing, hingga dengan menerapkan guerilla marketing. Lalu, apa yang dimaksud dengan guerilla marketing itu?

Apa sih Guerilla Marketing itu?

Menerapkan guerilla marketing adalah salah satu strategi marketing yang memanfaatkan unsur kejutan atau surprise terhadap calon kustomer. Tujuan strategi marketing satu ini ialah dalam menarik perhatian para konsumen.

Supaya dapat menerapkan guerilla marketing ini secara baik, Anda membutuhkan suatu kreativitas yang cukup tinggi untuk tiap iklan yang bakal Anda buat. Meskipun tantangan dari strategi yang satu ini memang cukup menantang, tetapi efek yang disebabkan sering membuat pelanggan terhibur ketika melihat iklan dari penawaran produk yang dilakukan.

Sampai sekarang ini, sudah sangat banyak dari pebisnis yang menggunakan strategi guerilla marketing. Mengapa? Pastinya karena dirasa efektif dan juga minim anggaran. Sebab energi yang perlu digelontorkan hanyalah kreativitas, ide, waktu serta tenaga, bukan anggaran atau dana iklan.

Disamping itu, strategi guerilla marketing pun lebih cenderung terhadap konsumen lama ketimbang konsumen yang baru.  Hal ini disebabkan karena iklan tersebut memiliki tujuan dalam menaikan hubungan baik konsumen dengan produk atau brand bisnis.

Kelebihan Menerapkan Guerilla Marketing

Aktivitas promosi yang dijalankan melalui strategi guerilla marketing ini pun juga sering kali menjadi viral.

Adanya pesan kreatif yang diutarakan pada iklan tersebut tidak jarang disebarkan oleh para konsumen, entah dari dari mulut ke mulut maupum melalui media sosialnya. Hal tersebutlah yang kemudian menjadi bukti mengenai efektifitas strategi guerilla marketing.

Lalu, Apa Saja Kelebihan dari Menerapkan Guerilla Marketing?

1. Lebih Hemat Anggaran

Biasanya strategi marketing yang lainnya bisa membutuhkan biaya yang besar di dalam pelaksanaannya. Entah itu iklan secara fisik, ataupun secara digital. Hal berbeda bakal Anda jumpai di dalam iklan guerilla marketing.

Iklan tersebut dijalankan tanpa dana yang besar, tetapi tetap bisa untuk menarik perhatian banyak konsumen secara lebih banyak.

2. Terasa Lebih Berkesan dan Lebih Dekat

Iklan yang menerapkan guerilla marketing bakal membuat kesan dan perasaan yang lebih kuat di mata khalayak. Sehingga, bakal lebih mudah untuk memberikan pesan promosi dari produk terkait. Bahkan, sering juga perasaan emosional ini bisa mendorong adanya engagement.

Baca Juga : 10+ Tutorial Online Marketing Untuk Pemula

3. Sangat Pas dalam Membangun Partnership

Pada umumnya, strategi guerilla marketing bakal melibatkan bisnis ataupun organisasi yang lain supaya diajak berkolaborasi. Jadi, selain bisa untuk menghemat dana, target jangkauan konsumen pun bisa lebih luas.

5 Prinsip Strategi Guerilla Marketing

5 Prinsip Strategi Guerilla Marketing

Bagi Anda yang minat untuk menggunakan strategi guerilla marketing ini di dalam bisnis, maka perlu untuk mengenali dan paham mengenai berbagai prinsip dari strategi ini.

Di bawah ini merupakan beberapa prinsip yang perlu di mengerti untuk menggunakan strategi guerilla marketing.

1. Kaya akan Kejutan

Strategi guerilla marketing dijalankan dengan pemberian suatu efek surprise terhadap para konsumennya. Caranya yakni memanfaatkan tempat serta cara yang tidak biasa digunakan oleh orang kebanyakan. Sehingga, bisa lebih mudah untuk menarik perhatian dari target konsumen Anda.

2. Harus Lebih Kreatif dan Inovatif

Strategi guerilla marketing lebih berfokus dalam imajinasi, ide kreatif, dengan dicover desain yang inovatif.

Melalui adanya visual iklan promosi yang unik, maka konsumen Anda bisa semakin tertarik terhadap berbagai pesan yang ada pada iklan tersebut.

3. Minim Anggaran

Anda tidak perlu menggelontorkan biaya dana yang besar untuk menggunakan strategi marketing ini. Dengan hanya memanfaatkan kreativitas tinggi, Anda bisa menghemat anggaran promosi. Sehingga, aktivitas promosi Anda bisa menjadi lebih efisien, entah itu dengan media fisik maupun digital.

4. Bersifat Temporer

Strategi guerilla marketing ini dijalankan yang bermaksud supaya dapat terus berjalan untuk jangka waktu tertentu.

Kenapa? Sebab memakai ide iklan yang pernah dipakai sebelumnya tidak bisa memberikan efek kejut terhadap konsumen Anda.

5. Memberikan Efek Positif

Seperti yang telah dibahas di atas bahwa guerilla marketing dijalankan menggunakan ide yang kreatif supaya konsumen dapat terhibur.

Baca Juga : 10+ Cara Meningkatkan Penjualan Online Secara Efektif

Selain bisa memberikan pengalaman yang baru dan menghibur, Anda pun dapat memberi nilai lebih terhadap konsumen Anda.

Contohnya dengan pemberian giveaway sebagai bagian iklan, atau dengan menggunakan iklan yang bersifat edukatif.

7 Cara Menerapkan Guerilla Marketing Pada Perusahaan

Menerapkan Guerilla Marketing

Apabila sebelumnya Anda telah paham mengenai berbagai prinsip pada guerilla marketing. Sekarang saatnya untuk Anda belajar mengenai bermacam tips dalam menggunakan strategi marketing yang efektif ini untuk bisnis perusahaan Anda.

1. Kenali Target Pelanggan Anda

Langkah utama yang perlu diperhatikan dan dilakukan untuk menjalankan guerilla marketing ialah dengan memhamai target konsumen Anda. Sehingga, Anda bisa lebih mudah untuk membuat iklan yang cocok bagi mereka, dan juga cara terbaik untuk menyampaikannya. Supaya bisa paham, Anda dapat melakukan riset atau dengan survei lebih dulu.

2. Sesuaikan dengan Bisnis Anda

Jenis strategi marketing ini perlu untuk Anda sesuaikan dengan jenis dari bisnis yang Anda kelola, keperluan, ide, serta sumber daya yang tersedia. 

Jadi, apabila Anda masih di dalam tahap perkembangan, maka pakailah strategi marketing ini dengan dana yang tidak terlalu besar.

3. Tentukan Anggarannya

Menggunakan strategi guerilla marketing memang lebih murah dari[ada strategi marketing yang lain. Akan tetapi, syaratnya ialah Anda wajib menggunakannya secara tepat.

Sehingga, Anda bisa memperoleh untung yang berlipat serta mampu dalam menghemat pengeluaran dalam waktu yang bersamaan.

Jadi, bagi Anda yang ingin efek iklan yang luar biasa tetapi dengan dana yang minim, maka strategi guerilla marketing ini bisa menjadi opsi terbaik.

4. Ciptakan Ide Kreatif

Aktivitas guerilla marketing yang Anda jalankan harus mampu menarik perhatian dari konsumen Anda melalui suatu efek kejut.

Maka karenanya, Anda perlu membangun suatu ide yang segar yang belum pernah dipakai perusahaan lainnya. Karena, apabila iklan yang sama atau serupa dan terjadi dua kali, pastinya iklan tersebut tak akan bisa sukses.

5. Siapkan Call-to-Action

Apabila Anda ingin efek yang optimal, maka Anda perlu mempersiapkan call-to-action pada saat menerapkan guerilla marketing.

Caranya yakni dengan melakukan pemberian giveaway, kupon diskon, atau juga dengan mengisi form mengenai informasi yang dapat pelanggan isi. Sehingga, Anda dapat melakukan foll-up supaya menaikkan penjualan brand Anda.

6. Fokuslah pada Kelompok Kecil

Menargetkan iklan di dalam suatu kelompok yang lebih kecil telah terbukti ampuh dalam melakukan strategi pemasaran yang efisien. Sebab, Anda akan bisa membuat suatu ikatan yang erat dengan konsumen.

7. Buatlah Pesan yang Jelas dan Singkat

Salah satu dari kunci keberhasilan ketika menggunakan iklan yang menerapkan guerilla marketing ialah ada  pada pesan yang hendak disampaikan.

Maka dari itu, pastikan bahwa pesan Anda dapat tersampaikan kepada konsumen secara singkat dan jelas. Pakai pula gaya komunikasi yang sesuai supaya mereka bisa lebih mudah dalam pembelian.

Akhir Kata

Demikianlah artikel kami mengenai cara menerapkan guerilla marketing untuk bisnis. Kami harap dengan adanya artikel kami kali ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan keilmuan bagi anda sekalian.

5 / 5. 901