10 Tips Belajar Saham Untuk Pemula

Tips Belajar Saham Untuk Pemula

Tips belajar saham adalah mengetahui benar apa itu saham. Saham merupakan instrumen keuangan yang sangat terkenal. Belajar saham untuk pemula merupakan langkah penting supaya mendapatkan keuntungan yang maksimal dari bermain saham. Investasi saham merupakan instrumen dengan salah satu keuntungan terbaik. Lantas bagaimana cara  belajar saham untuk pemula? Silakan menyimak artikel kami terus ya.

Pengertian Saham

Tips Belajar Saham Untuk Pemula

Read More

Saham adalah penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) di dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas, yang dengan menyertakan modal tersebut, maka pihak tersebut mempunyai hak atas pendapatan perusahaan, hak asset perusahaan, serta berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Tips belajar saham bagi pemula yang ingin investasi saham yakni mengetahui bahwa saham berguna juga untuk mendapatkan keuntungan bagi pemilik ataupun pembelinya, beberapa keuntungan yang bisa didapatkan antara lain:

 



  • Dividen : Pembagian dari  keuntungan yang telah perusahaan dan berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan.
  • Capital Gain : Selisih yang ada antara harga beli dan harga jual. Capital gain bisa terbentuk melalui adanya aktivitas perdagangan saham pada pasar sekunder.
  • Harga saham : Indikator dalam jual beli saham pada Bursa Efek Indonesia. Bisa mengenai informasi harga yang tersedia secara real-time pada bursa saham.

Tips Belajar Saham

1. Pahami Investasi Saham

Tips belajar saham yang pertaman adalah pahami investasi saham. Saham merupakan salah satu instrumen keuangan. Investasi saham itu apa sih? Saham merupakan bukti atas kepemilikan dari suatu perusahaan. Dengan membeli saham, artinya anda menjadi pemilik (pemegang saham) dari perusahaan tersebut serta menyerahkan pengelolaan perusahaan terhadap management professional yang telah anda percayai untuk dapat mengelola bisnis untuk meningkatkan nilai perusahaan.




2. Mengintip Reksadana

Saham menarik untuk dipelajari. Tips belajar saham untuk pemula, maka salah satu cara paling yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengintip saham yang dipegang oleh Manajer Investasi yang mengelola Reksadana Saham. Manajer investasi harus menyampaikan portfolio berupa Top 10 Saham yang dipegang pada Reksadana Saham.




Anda dapat melihat daftar Top 10 saham tersebut pada laporan bulanan Reksadana Saham. Pada situs manajer investasi atau agen penjual reksadana online, anda dapat memilih dahulu Reksadana saham yang bisa anda lihat di koleksi sahamnya. Kemudian, pada bagian statistik atau kinerja bulanan, anda pun dapat pula melihat Top 10 Holdings saham dari reksadana tersebut. Pilihan saham bagi pemula dapat menggunakan saham – saham yang telah diiinvestasikan oleh Reksadana Saham.

3. Saham Blue-Chip

Tips belajar saham yang ketiga adalah mengetahui Saham blue-chip. Saham blue-chip ialah saham dari perusahaan yang memiliki kualitas terbaik yang biasanya dijual pada bursa. Jenis saham ini dianggap salah satu paling aman dan juga menjanjikan stabilitas keuntungan. agar lebih mudah dibayangkan, anda bisa melihat contoh beberapa saham blue-chip pada Bursa Efek Indonesia, yang dapat menjadi pilihan saham untuk pemula, yakni:




  • Bank BCA (kode BBCA) ialah bank terbaik di Indonesia dengan salah satu jaringan ATM terbesar, jutaan jumlah dari nasabah dan yang paling penting dapat menghasilkan keuntungan besar untuk pemegang saham.
  • Unilever Indonesia (kode UNVR) ialah perusahaan consumer goods yang dianggap terbaik di Indonesia dengan bermacam brand produk rumah tangga yang tidak asing lagi di masyarakat. Kinerja keuangan UNVR merupakan salah satu yang terbaik pada bursa dengan kemampuan saham yang dapat mencetak laba secara konsisten.
  • Bank BRI (kode BBRI) merupakan bank yang mempunyai laba terbesar di Indonesia. Dengan usia perusahaan yang telah lebih dari 100 tahun, Bank BRI mempunyai kemampuan dan pengalaman pada kredit mikro dan UMKM, yang bisa dikatakan tanpa pesaing saat ini, sebab semua pesaing yang dulu pernah masuk ke sektor mikro dan UMKM telah banyak yang mundur dan mengakui kepiawaian serta dominasi BRI pada sektor ini.

4. Diversifikasi Investasi

Saham merupakan salah satu instrumen investasi tentunya mempunyai resiko dan resiko tersebut jelas besar. Lantas, bagaimanakah cara mengelola resiko pada investasi saham untuk pemula? Tips belajar saham untuk pemula yakni dengan melakukan diversifikasi investasi. Jangan menempatkan seluruh uang anda di saham. Dengan diversifikasi, apabila terjadi krisis pada pasar saham, anda apat bertahan, juga tidak panik karena telah mempunyai simpanan pada instrumen lain yang aman dari krisis saham.




Perencana keuangan telah menyebutkan bahwa penting mempunyai Dana Darurat untuk instrumen jaga-jaga, salah satunya apabila terjadi krisis dalam ekonomi. Memang diversifikasi dapat menurunkan potensi return dikarenakan uang yang ditempatkan pada instrumen dengan return yang lebih rendah. Namun, hal tersebut justru merupakan esensi dari diversifikasi.

5. Bisnis Jangka Panjang

Tips belajar saham bagi pemula yang ingin investasi saham perlu mengetahui bahwa investasi saham merupakan bisnis jangka panjang. Investasi saham menjadi salah satu bisnis kreatif. Investasi saham bukanlah hal yang mudah. Dorongan untuk keinginan yang cepat, dan segera menghasilkan return tinggi, selalu kuat pada investasi saham.




Bisnis memang membutuhkan proses, butuh waktu, untuk dapat berkembang yang akhirnya akan memberikan hasil terhadap investor. Tips belajar saham bagi pemula yang ingin investasi saham, setidaknya butuh waktu sampai 1 tahun untuk dapat melihat bagaimana bisnis tersebut bisa berkembang dan tumbuh. Sama hal nya dengan investasi saham, butuh waktu supaya uang anda bisa berkembang dan tumbuh pada saham yang anda tanam.

6. Berhati-hati Ketika Trading Saham Online

Saham dalam investasi saham dengan melakukan trading saham, anda harus belajar trading saham sebagai pemula dan bisa memperhatikan hal – hal berikut :




  • Trading saham membutuhkan waktu dan tenaga sebab perlu memantau perdagangan setiap waktu. Tidak bisa ditinggal dengan pekerjaan lain.
  • Selanjutnya yang lebih esensial, trading saham ialah mengharap keuntungan dari pergerakkan harga saham setiap hari, dan yang namanya bisnis atau usaha (refleksi dari harga saham) membutuhkan waktu yang lebih dari hari saja bahkan sampai berbulan-bulan untuk bisa meningkatkan valuasi nilai perusahaan.
  • Kemudian, tujuan trading ialah market-timing yang berusaha untuk menentukan kapan harga yang paling murah untuk dapat membeli dan menjual dengan harga paling mahal

7. Membeli Saham Ketika Harga Turun

Saham yang digunakan dalam investasi saham pasti akan menghasilkan kenaikan dan penurunan, hal tersebut merupakan hal yang biasa dalam bisnis saham. Tips belajar saham bagi anda yang ingin berinvestasi saham apabila saham anda sampi turun, maka perlu untuk diingat, separah apapun turunnya harga saham di pasar, harga saham pasti akan kembali naik dan bahkan biasanya kenaikan akan lebih tinggi dibandingkan tingkat sebelumnya.

Tips Belajar Saham Bagi Pemula - Saham Turun

Jadi, apabila sekarang harga saham turun, hal tersebut justru menjadi kesempatan untuk membeli saham. Bisa dikatakan juga sebagai harga diskon.




Perlu anda perhatikan bahwa strategi membeli saham saat harga turun dapat berhasil dengan :

  • Anda mempunyai rentang investasi dalam jangka panjang, yang mana tidak masalah apabila harga saham sangat berfluktuasi dalam jangka pendek
  • Anda mengetahui saham yang bagus yang memang solid dalam keuangan dan secara fundamental, sehingga bagaimanapun krisis yang terjadi, perusahaan akan tetap solid dan mampu mendapatkan keuntungan.

8. Menikmati dalam Bermain Saham

Saham salah satu instrumen yang menarik dalam investasi. Tips belajar saham bagi pemula yang ingin investasi saham ialah jenis investasi yang bila dilakukan dengan benar akan memberikan kebebasan finansial. Anda dapat tetap bekerja dan membiarkan investasi anda dijalankan oleh manajer profesional.




Selain hal tersebut, dengan menikmati permainan dari bisnis saham, anda aka lebih merasakan kebebasan dan keleluasaan dalam segala hal, tidak mudah panik dan yang paling penting mampu berpikir jernih dalam segala hal, jadi anda bisa dengan mudah menghandle masalah dalam setiap situasi.

9. Mencari Informasi yang Valid

Tips belajar saham bagi pemula yang ingin investasi saham adalah mencari informasi yang valid. Saham dalam melakukan investasi saham menjadi hal yang utama untuk dicari informasinya. Keputusan dalam beli jual saham selalu berdasarkan informasi yang dimiliki. Maka tips belajar saham bagi pemula dalam belajar saham, anda harus memperhatikan sumber informasi. Anda harus mencari informasi yang valid dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan, serta dapat diperoleh secara cuma-cuma. Apa itu ?




Yakni Pengelola Bursa Efek Indonesia, atau PT Bursa Efek Indonesia, yang membuka akses mengenai informasi perusahaan yang sahamnya tercatat pada Bursa secara gratis kepada publik. Bahkan anda tak perlu menjadi pemegang saham untuk dapat mengakses informasi ini. Informasi ini didaptkan dari perusahaan, bukan rumor ataupula hasil dari analisis, namun informasi resmi yang dirilis oleh perusahaan.

Dalam belajar mengenai investasi saham, ada beberapa informasi yang penting untuk bisa melakukan analisa saham, yakni :

  • Laporan Keuangan : wajib untuk disampaikan setiap kuartal, tengah tahun dan akhir tahun mengenai kondisi keuangan perusahaan.
  • Laporan Tahunan : wajib disampaikan setiap akhir tahun menganai kajian komprehensif tentang prospek, bisnis, keuangan dan manajemen perusahaan.
  • Corporate Action : yakni laporan mengenai corporate action perusahaan yang dapat mempengaruhi harga saham
  • Publik Expose : setiap setahun sekali perusahaan harus menyampaikan presentasi kepada masyarakat mengenai perkembangan kinerja perusahaan.

10. Berani Meski Modal Kecil

Tips belajar saham yang terakhir bagi pemula yang ingin investasi saham perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:




  • Pertama, yaitu belajar cara investasi saham online. Pada saat ini, transaksi saham secara online merupakan cara yang paling mudah dan murah untuk memulai investasi saham.
  • Kedua, yaitu tidak mempermasalahkan modal yang kecil, karena saat ini ketentuan pada bursa minimum transaksi ialah 1 lot, yaitu seiktar 100 lembar saham.
  • Ketiga, yaitu memilih saham yang akan anda akan beli. Pada akhirnya anda perlu memutuskan investasi pada saham apa.
  • Keempat, anda bisa membuat rencana menabung saham dengan cara menetapkan budget investasi saham pada setiap bulannya.
  • Dan yang paling penting ialah konsistensi. Walaupun badai datang, pasar crash, ekonomi terpuruk, sebisa mungkin anda untuk tetap bisa konsisten untuk menabung saham setiap bulan sesuai dengan dana yang telah saya siapkan.

Kesimpulan

Tips belajar saham bapi pemula yang ingin investasi saham adalah dalam melakukan bisnis tentunya harus mengetahui ilmu-ilmu dasar mengenai bisnis yang akan dijalankannya.



Melalui artikel ini kami harap untuk pembaca sekalian bisa mendapatkan manfaat, sehingga bisa mempermudah anda untuk merintis dan melakukan permainan saham. Selamat berbisnis dan selamat sukses.

5 / 5. 745

Related posts