9 Tips Mendapatkan Uang Dari Facebook

Tips Mendapatkan Uang Dari Facebook

Tips mendapatkan uang dari Facebook memanglah susah-susah gampang. Dengan melihat jumlah pengguna aktif di Facebook yang telah mencapai dua milyar lebih per bulannya memang dapat menjadi calon konsumen yang menarik.




Maka dari itu, pada kesempatan ini, kami telah merangkum beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan keuntungan di Facebook. Apa saja? Ikuti terus ya.

Tips Mendapatkan Uang dari Facebook

Tips Mendapatkan Uang Dari Facebook

Dalam artikel ini akan dibahas beberapa tips mendapatkan uang dari Facebook, diantaranya sebagai berikut:



1. Berjualan di Grup Facebook

Tips mendapatkan uang dari facebook yang pertama ini mungkin juga merupakan cara yang  termudah dan paling terkenal. Anda tentunya mempunyai barang yang ingin dijual dengan cepat, bukan? Maka dari itu anda dapat bergabung ke grup Facebook. Terdapat dua jenis group Facebook yang dapat dipakai untuk berjualan, yakni grup mengenai topik tertentu dan forum jual beli.

Contohnya, apabila anda ingin menjual smartphone bekas, anda dapat bergabung ke grup yang membahas serba-serbi mengenai handphone. Dan jika anda berniat menjual barang-barang umum anda dapat bergabung ke grup jual beli umum. Contohnya, “Forum Jual Beli Salatiga.” Grup ini menjual segala barang selama lokasi penjual dan pembeli berada di area Salatiga.




Tips mendapatkan uang dari facebook yang satu ini perlu anda ingat, walaupun anda dapat menjual apapun di grup Facebook. Namun tetap ada peraturan mengenai apa yang tidak boleh dijual di Facebook.

2. Memanfaatkan Facebook Fanpage untuk Berjualan

Tips mendapatkan uang dari facebook yang ke dua dengan membuat Facebook Fanpage. Selain anda bisa berjualan di grup, membuat fanpage toko online di Facebook juga adalah salah satu cara yang sering dilakukan orang-orang dalam melaksanakan bisnis kreatif online di Facebook. Membuat fanpage khusus toko online akan membuat anda lebih profesional serta dapat terpercaya. Selain itu, anda pun bisa memasang iklan Facebook Ads pada fanpage Anda.




Pada fanpage toko online Facebook ini, Anda dapat menjual barang buatan anda sendiri, ataupun dapat menjadi reseller sekalipun.

3. Memanfaatkan Fanpage Facebook guna Menarik Trafik ke Website

Tips mendapatkan uang dari facebook yang ke tiga dengan memanfaatkan Fanpage Facebook. Selain untuk berjualan, Fanpage Facebook pun memiliki banyak manfaat lainnya. Salah satu manfaat tersebut adalah anda bisa memanfaatkan untuk menarik trafik ke website anda.

Setelah anda mempunyai fanpage, anda perlu mempromosikannya. Anda dapat memulai dengan mengundang teman-teman Facebook anda yang mungkin saja tertarik. Kemudian, anda juga bisa meminta tolong ke mereka supaya membantu mengusulkan temannya yang mempunya ketertarikan terhadap bahasan fanpage Anda. Jika fanpage telah mempunyai beberapa follower melalui cara promosi di atas. Anda dapat memulai untuk secara rutin membagi konten yang berkualitas dan bermanfaat dari website yang anda kelola.

Pastikan juga, anda aktif pada fanpage dengan menjawab berbagai pertanyaan dan membalas bermacam komentar yang diketik oleh pengunjung. Semakin banyak trafik, msks semakin banyak pula orang-orang ysng tahu tetang hal yang ditawarkan pada website anda. Sehingga dapat meningkatkan brand awareness dan pastinya mampu meningkatkan peluang anda dalam menambah keuntungan dari website.




Tips mendapatkan uang dari facebook yang satu ini perlu diingat supaya brand awareness anda terus meningkat, anda perlu mengimbanginya dengan produk yang sesuai target pasar anda. Maka dari itu, anda perlu memastikan bahwa produk yang anda tawarkan sudah bagus. Karena, produk bagus yang didukung awareness tinggi akan membuat peluang besar bagi penjualannya yang juga akan bagus.

4. Membuat Grup Facebook

Tips mendapatkan uang dari facebook yang ke empat, anda dapat membuat grup Facebook yang membahas mengenai pembahasan dari produk yang anda jual. Jadi pada dasarnya, grup ini bersifat selayaknya forum/komunitas online Usahakan anda sebagai pemilik grup untuk selalu berinteraksi dengan anggota agar grup yang selalu aktif.

Mulai dari melaukan pertanyaan, menjawab sampai membagikan konten yang relevan. Selain supaya mereka nyaman berada di grup tersebut, hal ini juga dapat membuat menjadi lebih  terpercaya mengenai topik tersebut.

Tetapi juga, anda sebagai pemilik grup perlu memfilter pertanyaan dan jawaban yang ada.  Jangan sampai topik pembahasan melenceng dari yamg sehausnya atau terjadi debat kusir yang tidak ada habisnya.




Tips mendapatkan uang dari facebook ini, sesekali anda dapat menjawab pertanyaan dengan menyertakan produk-produk anda sebagai solusi dari msalah mereka. Namun, jangan pula terlalu sering, sebab promosi yang berlebihan justru tidak disukai oleh calon konsumen dan hanya memuat mereka tidak nyaman.

5. Membuat Facebook Ads

Tips mendapatkan uang dari facebook yang ke lima dengan membuat Facebook Ads. Kali ini berbeda dari tiga cara sebelumnya, membuat Facebook Ads ini dibutuhkan modal. Dikarenakan, Facebook Ads adalah iklan yang memang ditujukan terhadap pengguna Facebook. Akan tetapi modal yang digunakan tidaklah banyak. Bisa dengan Rp 10.000,- anda telah bisa memasang iklan. Jadi, jika anda membuat Facebook Ads, anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan. Keuntungan tersebut dapat berupa penentuan target iklan secara spesifik, remarketing, sampai mengumpulkan leads.




6. Mencoba Monetisasi Fanpage

Tips mendapatkan uang dari facebook yang ke enam adalah melakukan monetisasi pada fanpage anda. Cara ini dapat anda lakukan dengan menggunakan Iklan In-Stream. Iklan In-Stream merupakan iklan pendek yang dapat anda masukkan dalam konten video, selayaknya iklan pada YouTube. Anda dapat memonetisasi fanpage dengan topik yang bebas, asalkan tidak melanggaran peraturan dari Facebook. Hanya saja pastikan bahwa video yang diposting merupakan video yang original. Karena, video yang diambil dari sumber lain tak dapat dimonetisasi karena adanya pelanggaran hak cipta.




Selain original, video anda pun juga harus berkaitan dengan topik fanpage. Sehingga dapat memantik diskusi dan engagement. Yang akan berefek, video tersebut dapat lebih populer, iklan akan dilihat banyak orang, dan anda dapat menghasilkan pendapatan yang lebih banyak.

Tips mendapatkan uang dari facebook ini, ada beberapa syarat yang mesti anda penuhi sebelum dapat memasang Iklan In-Stream. Beberapa persyaratan tersebut ialah fanpage anda wajib setidaknya mempunyai 10.000 pengikut dan video anda mendapat minimal 30.000 tayangan dalam dua bulan terakhir.  Apabila fanpage anda telah memenuhi semua syarat tersebut, maka anda dapat mendaftarkan fanpage tersebut.

7. Menghubungkan Shopify ke Fanpage Facebook

Tips mendapatkan uang dari facebook yang ke tujuh dengan membuat toko online yang mudah menggunakan Shopify. Apabila anda menginginkan untuk membuat toko online dan sekalian ingin menyasar target konsumen Facebook, maka tips yang satu ini tidak boleh anda lewatkan.  Setelah toko online berhasil dibuat, maka anda dapat menghubungkannya ke fanpage Facebook anda.




Dengan menghubungkan Shopify ke fanpage anda, maka dapat memberikan banyak manfaat. Di antaranya ialah dapat memanfaatkan Messenger untuk berkomunikasi langsung dengan konsumen, integrasi penuh dengan Facebook Mobile, dan pastinya mampu membangun komunitas aktif pada fanpage.

8. Mengelola Akun Facebook Orang Lain

Tips mendapatkan uang dari facebook yang ke delapan adalah mengelola akun Facebook orang lain. Pekerjaan mengelola akun Facebook orang lain ini mempunyai bermacam berbagai jenis. Tergantung dari jenisnya, bahkan anda dapat menjadikannya sebagai pekerjaan penuh atau full time.




Perlu anda lakukan, pertama, anda dapat menjadi admin Facebook pada olshop yang tidak terlalu besar. Dimana tugas anda cukup simpel karena anda hanya akan menjadi admin saja. Selain admin olshop, ada pula jenis lain dari pekerjaan ini, yaitu Social Media Specialist. Jenis pekerjaan ini dapat anda jadikan full-time sebab membutuhkan keahlian khusus, tetapi juga mempunyai bayaran yang besar.

9. Menjadi Influencer

Tips mendapatkan uang dari facebook yang terakhir adalah dengan menjadi influencer. Influencer tidak terbatas hanya pada Instagram atau YouTube saja. Facebook pun juga dapat menjadi alternatif media sosial populer lain untuk anda yang berkeinginan menjadi terkenal di internet. Karena, berdasarkan riset, Facebook berada pada posisi dua pasar yang terbaik untuk influencer.

Sehingga, menjadi influencer di media sosial Facebook juga merupakan kesempatan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Caranya pun tidak terlalu berbeda dengan kedua media sosial tersebut. Anda diwajibkan untuk membuat konten yang unik dan original, kemudian anda posting pada Facebook secara rutin.




Tips mendapatkan uang dari facebook pada tips yang ke sembilan ini. Setelah anda dapat  membangun reputasi dan audiens pada fanpage anda,  selanjutnya silakan memasang tarif endorsement atau postingan yang bersponsor. Atau anda dapat memulai dengan berjualan. Dengan konsumen yang telah sukses anda bangun, untuk mendapatkan keuntungan dengan berjualan produk dapat menjadi lebih mudah daripada melakukan promosi dari nol.

Kesimpulan

Tips mendapatkan uang dari facebook pada artikel ini berbagai cara untuk mendapatkan uang di internet memanglah menarik, mulai dari membuka bisnis toko online sampai menjadi influencer yang terkenal.



Facebook sendiri telah menyediakan fitur-fitur bagi anda yang berkeinginan untuk melakukan bisnis pada media sosial populer tersebut. Dengan artikel ini kami harap, anda sekalian dapat terinspirasi dan bermanfaat bagi perinitsan bisnis anda. Selamat berbisnis dan selamat sukses!

0 / 5. 0