12 Trends Marketing Paling Hits untuk Anda

  • Whatsapp
Trends Marketing

Tahukah anda bahwa trendss marketing hitsĀ  merupakan hal yang penting untuk diketahui, mengapa? Alasannya begitu sederhana, karena marketing merupakan topik yang selalu berkembang, dari waktu ke waktu marketing selalu mempunyai trends yang berbeda, dan bisa saja trends tersebut mempengaruhi industri dan bisnis yang sedang berjalan.

12 Trends Marketing Paling Hits untuk Anda

Trends Marketing

Read More

Di tahun 2020 ini, kira-kira trends marketing apa sih yang sedang hits dan naik daun? Simak rangkuman kami mengenai trends marketing hist berikut :



  1. Artificial Intelligence

Trends Marketing Artificial Intelligence

Apa sih Artificial Intelligence (AI) itu? Yaitu merupakan suatu program kecerdasan buatan yang mampu memprediksi pola, sifat, dan aktivitas konsumen. Pada tahun 2020 ini diperkirakan akan banyak orang yang menggunakan AI ini untuk mendukung produk mereka di pasaran.

Salah satu yang menggunakan teknologi ini adalah chatboat, teknologi lainnya seperti speech recognnition danautomatic content generation. Banyak kelebihan dalam teknologi AIini, sehingga akan mempermudah anda untuk melakukan bisnis dan

  1. Chatbot

Trends Marketing Chatbot

Chatbot merupakan prorgram yang juga berbasis dari artificial intelligence yang berfungsi sebagai layanan livechat untuk pembeli, program ini diatur agar mampu membalas pertanyaan oleh pembeli selayaknya manusia biasa.



Teknologi chatbot memiliki potensi besar untuk mengembangkan bisnis, dengan mempermudah menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh para pembeli yang begitu banyak, jadi akan lebih efisien bagi anda untuk mengelolanya.

Hal menarik lainnya adalah chatbot mampu melayani pembeli tanpa henti, dengan 24 jam sehari, 7 hari satu minggu chatbot mampu menanggapi berbagai pertanyaan tanpa henti, yang tentunya mempermudah akan mempermudah anda.

  1. Visual Search

Trends Marketing Visual Search

Visual search adalah teknologi yang menampilkan gambar, dimana dapat dengan bebas melakukan pencarian dengan menggunakan gambar, walaupun tekonologi seperti ini umum dilakukan oleh masyarakat, namun tetap saja mempunyai potensi yang besar untuk bisnis.




Penelitian mengungkapkan bahwa 62% millenial lebih tertarik menggunakan pencarian berbasis gambar, selain sebagai model promosi, pembeli juga akan lebih mengetahui bentuk, desain, model barang yang akan dibeli dengan lebih detail.

Apalagi nanti dengan adanya penambahan deskripsi terhadap barang-barang yang akan dijual, salah satu aplikasi yang menggunakan teknologi ini adalah pinterest, dimana akan memungkinkan pembeli untuk mencari dan mengidentifikasi produk melalui gambar dan kamera. Tentu pada tahun 2021 visual search akan bertambah keterarikan dan menjadi salah satu trends marketing nantinya.

  1. Voice Search

Selain visual, adapula model pencarian menggunakan voice atau suara. Sangat simple, pembeli hanya perlu mengucapkan kebutuhan produk yang akan dibeli dan bisa menemukan apa saja sesuai dengan keinginannya. Mungkin perlu anda pertimbangkan untuk menambahkan voice search pada bisnis online anda.




Terlebih lagi diperkirakan pada tahun 2022 voice search akan meningkat penggunannya sebesar 20 kali lipat, peluang tersebut dapat anda optimalkan dengan memberikan fitur pada website yang anda kelola. Trends market ini bisa dioptimalisasi dengan mempelajari Latent Semantic Indexing (LSI) keyword dimana voice search sangat menangandalkan kata-kata semantik untuk menampilkan pencarian.

  1. Social Media Stories

Saya yakin, bahwa setiap orang di dunia khusunya di Indonesia sangat sering menggunakan media sosial dikehidupan sehari-hari mereka, apalagi saat ini banyak fitur yang mampu memberikan pengaruh dan ketertarikan terhadap sesuatu. Dalam bisnis ini, trends marketing yang selanjutnya adalah marketing menggunakan social media stories.




Telah banyak aplikasi yang menggunakan fitur ini, sebut saja instagram, WA, Facebook bahkan sampai youtube. Dari banyaknya pengguna maka social media stories merupakan trends marketing yang keren yang dapat anda coba. Selain itu banyak manfaat yang akan anda peroleh dalam penggunaan fitur tersebut, contohnya dengan menggunakan hashtag, melakukan survei, mengarahkan viewer story ke website dan lain sebagainya.

Manfaat lain dari penggunaannya adalah social media stories mampu memberi jangkauan promosi produk yang luas, penggunaan hashtag mampu mengarahkan berbagai macam pembeli untuk melihat produk yang ada dalam hashtag tersebut. Jadi sangat boleh dicoba untuk bisnis dan promoting.

  1. Augmented Reality

Merupakan satu teknologi yang dapat menyatukan antara realita dan dunia digital, salah satu contoh yang populer dikalangan masyarakat dalam AR adalah gim Pokemon Go, pemain akan diarahkan untuk mencari pokemon dan menangkapnya melalui ponsel kamera mereka, sehingga akan terlihat lebih nyata. Dalam penggunaannya pada bisnis online, AR dirasa mampu menjadi trends market untuk perkembangan bisnis.




Pengalaman pengguna juga akan meningkat dan memberikan respon yang positif. Pada tahun 2022 diprediksi AR akan meningkat pengggunannya sebesar 70%, hal yang sangat lumrah karena akan meningkatkan pengalaman pembeli dan mengubah cara interaksi kustomer secara lebih modern.

  1. Trends Marketing Interactive Content

Gebrakan hebat lainnya dalam trends marketing 2020 ini adalah semakin menjamurnya penggunaan interactive content dalam website pasar. Berbeda dengan content marketing biasa yang hanya akan menampilkan gambar dan sajian penulisan, dalam interactive content penyajian-penyajian tersebut seperti mengundang para pembaca untuk ikut aktif dalam bisnis.

Fitur-fitur tersebut dapat berupa : Survey, Polling, Infografsi yang interaktif dan email interaktif. Pengalaman menarik ini tentunya akan menjadikan konsumen lebih nyaman dalam melakukan pembelian, karena konsumen akan seperti ikut andil dalam bisnis online tersebut, patut dipertimbangkan untuk menggunakannya bukan?

  1. Omnichannel Marketing

Omnicahannel marketing merupakan suatu cara dalam pemasaran dengan menggunakan banyak platform, mulai dari website, sosmed, email bahkan hingga toko konvensional. Semua platform tersebut disesuaikan supaya pesan yang disampaikan sama dengan citra yang konsisten. Cara ini dapat membuat produk anda lebih dikenal di masyarakat, karena pembeli akan menemui produk-produk anda dimanapun berada.




Salah satu penerapan omnichannel di Indonesia adalah mitra bukalapak. Bukalapak mempunyai berbagai mitra yang bermacam-macam yang dapat menyatukan berbagai lini dalam bisnis, menjadikannya program yang mampu mencakup jaringan secara luas baik offlinemaupun online

  1. Video Marketing

Video marketing, sesuai dengan nama yang digunakan, trends marketing ini menggunakan video sebagai praktik pemasaran utama dalam bisnis. Video market merupakan salah satu trends yang sering digunakan pada tahun 2020, apalagi melihat banyaknya pengguna di Indonesia, maka konsumsu penggunaan video akan semakin meningkat pesat.

Anda dapat menggunakan video marketing diberbagai platform, umumnya yang terlintas dalam benak kita adalah facebook, twitter, instagram, dan youtube. Selain pembuatan video marketing dapat pula memberikan pengaruh pada keputusan pembeli. Survey membuktikan 96% konsumen lebih mempertimbangkan keputusannya dalam pembelian melalui video marketing.

  1. Trend Marketing Social Commerce

Adalah gabungan antaran sosial media dan e-commerce, sehingga anda akan mendapatkan manfaat dari kedua fitur ini. Anda dapat melakukan penjualan melalui akun-akun di media sosial, sperti facebook, instagram twitter yang menyajikan berbagai macam kemudahan dalam mengelola bisnis anda.




Jumlah pengguna di setiap platform media sosialpun terus meningkat seiring dengan pertumbuhan internet dan konsumusi masyarakat terhadap media sosial dari waktu ke waktu. Sangat patut dicoba untuk menggunakan social commerce sebagai trends marketing di 2020 ini.

  1. Trends Marketing Content Marketing

Tidak bisa dipungkiri bahwa content marketing memang sangat sering kita jumpai dalam setiap bisnis online, trends market ini memang telah berkembang sejak dahulu, yang hanya melalui tulisan dan penyajian deskripsi menjadi berbagai macan rupa. video, gambar bahkan animasi.



Akan tetapi untuk kesuksesan yang ingin anda dapatkan melalui content marketing ini perlu diperhatikan juga kualitas dari konten yang anda sampaikan. Selain itu anda juga perlu memperhatikan kenyamanan audiens pada saat penyajian content. Contohnya kerapian dalam layout blog atau penggunaan frasa dalam penyajian deskripsi.

  1. Push Notification

Push notification merupakan yang berfungsi untuk memberikan notifikasi kepada pengguna suatu browser untuk melakukan sesuatu, kita sering menerima push notification seperti dalam browser untuk membuka website atau berita yang terlampir.

Terlihat sepele bukan? Namun jangan salah, karena ternyata pengguna yang mendaftar melalui push notification dua kali lebih banyak daripada via email newsletter. 85% e-commerce juga menggunakan push notification yang memang menjadi trends market dikalangan masyarakat populer sekarang ini. Apabila anda tertarik, masukkan saja trends marketing ini ke toko online anda.

Mana Trends Market Yang Ingin Anda Pilih ?

Setelah membaca lebih dari 10 trends marketing ini, kami rasa anda kan mempunyai cukup wawasan dan tambahan ide untuk mengelola bisnis anda supaya lebih berkembang, manakah yang ingin anda pilih dari sekian banyak trends market tersebut ? Apakah chatboat ? E-Commerce ? Social media stories ? Atau Augmented Reality ?



Manapun nantinya yang akan anda pilih pastikan hal tersebut sesuai dengan anda dan keinginan calon pembeli di toko online anda.

5 / 5. 795

Related posts