6 Cara Menggunakan Whatsapp Web (WA Web) di Komputer

  • Whatsapp
whatsapp web wa web di komputer - cover

Aplikasi berbagi pesan Instan (Chat) Online seperti whatsapp web atau WA Web saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok pengguna internet. Bagaimana tidak, dengan aplikasi chatting online Anda dapat melakukan obrolan dengan teman, keluarga, kerabat, teman jauh hingga berinteraksi dengan pelanggan jika Anda seorang penjual online tanpa biaya tambahan selain biaya paket internet atau BeginiWiFi.

Aplikasi chatting WhatsApp atau biasa dikenal dengan sebutan WA menjadi pilihan favorit bagi pengguna. Selain kemudahan dalam menggunakannya, fitur dalam aplikasi WhatsApp terbilang cukup komplit. Kestabilan koneksi, Smile Icon & Sticker, Telepon, Video Call, Copy Paste, Forward dan Delete Chat, Mode Dark, hingga membagikan lokasi terkini atau sering disebut “ShareLok” menjadi fitur andalan yang dapat menarik orang untuk menggunakan WhatsApp.

Read More

Aplikasi WhatsApp sendiri dapat dengan mudah Anda temukan di Google Play Store dan menginstallnya di perangkat smartphone Anda. Sebelum bisa menggunakan aplikasi WhatsApp, Anda wajib mengisi nomor telepon Anda sebagai ID WhatsApp. Setelah Anda memasukkan nomor telepon, akan ada SMS masuk berisi beberapa digit kode. Lalu masukkan kode tadi ke dalam kolom yang disediakan di WhatsApp.

Chatting Cepat dengan WA WEB di PC

Cara menggunakan whatsapp web (wa web) di komputer 1

Salah satu fitur terbaru dari anak perusahaan Facebook ini adalah fitur Dark Mode WhatsApp. Dimana Anda dapat mengubah tema aplikasi WhatsApp dalam mode gelap.

Hal ini menjadi pilihan ketika Anda mengalami kendala boros baterai ataupun kendala mata mudah lelah. Dengan mengaktifkan Mode Dark WhatsApp, Anda dapat meminimalisir kelelahan pada mata, keborosan baterai dan dapat melakukan aktifitas chatting lebih nyaman. Anda dapat mengaktifkan fitur Dark Mode WhatsApp dengan mudah, dengan cara :

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp pada perangkat smartphone Anda
  • Setelah itu masuk ke dalam menu “Setelan/Pengaturan/Settings”. Pilih menu “Chat/Obrolan”
  • Pilih “Tema/Theme”, lalu aktifkan mode “Gelap/Dark”

Anda akan menemui tema yang berbeda dari biasanya yaitu tema abu-abu kombinasi putih tulang. Pihak developer lebih memilih kombinasi warna tersebut karena berdasarkan hasil riset yang mereka lakukan, warna hitam dan putih polos lebih meningkatkan resiko kelelahan pada mata dan sangat kontras cahaya sehingga dapat membuat aktivitas chatting menjadi tidak nyaman dan baterai menjadi lebih boros.

Fitur dan Cara Menggunakan Whatsapp Web di PC

whatsapp web wa web di komputer - cover

Pada tahun 2015, pihak developer aplikasi WhatsApp secara resmi menciptakan fitur yang bernama “WhatsApp Web”. Fitur ini diciptakan sebagai solusi bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi WhatsApp di PC atau Laptop.

Bagi beberapa pekerja online seperti programmer, designer, ataupun penjual online shop, mereka membutuhkan tampilan layar yang lebih besar dalam melakukan pekerjaannya.

Fitur Wa Web juga menjadi solusi untuk chatting lebih cepat. Karena jika Anda bisa trik mengetik 10 jari, maka Anda dapat mengetik lebih cepat menggunakan PC atau laptop dibandingkan mengetik chat pada perangkat smartphone.

Ada 2 metode untuk menggunakan WhatsApp Web di PC atau laptop yaitu ketika smartphone berada didekat Anda dan ketika smartphone berada diluar jangkauan Anda. Berikut cara membuka aplikasi WhatsApp versi Web ketika smartphone berada didekat Anda :

  1. Silahkan Buka Browser di PC atau Laptop
  2. Selanjutnya buka situs https://web.whatsapp.com
  3. Sebelum Anda scan barcode, pastikan Anda klik dan centang teks “Keep me signed” atau “Tetap masuk” pada homepage WA Web. Hal tersebut agar Anda tidak logout dari WA Web meskipun PC atau laptop Anda matikan
  4. Lalu buka aplikasi WhatsApp di smartphone Anda untuk sinkronisasi
  5. Klik simbol titik 3 di pojok kanan aplikasi WhatsApp smartphone Anda lalu pilih “WhatsApp Web”
  6. Setelah itu silahkan scan barcode yang ada pada WA Web.

Sebenarnya sangat disarankan untuk Anda melakukan logout pada WhatsApp Web melalui aplikasi WhatsApp pada smartphone Anda jika PC atau laptop yang Anda gunakan bukan milik Anda pribadi. Namun bagi Anda yang memiliki perangkat pribadi, maka tidak perlu logout lewat aplikasi WhatsApp smartphone.

Anda hanya cukup menutup browser saja, sehingga akun Anda tetap tersimpan tanpa perlu melakukan scan barcode ulang jika ingin login akun via WhatsApp Web.

Bagi Anda yang terkendala smartphone berada diluar jangkauan, namun disituasi tertentu Anda diwajibkan login ke WA Web, Anda dapat mengikuti trik berikut ini :

  1. Contoh ini dapat digunakan jika smartphone Anda tertinggal di rumah. Anda harus menghubungi orang rumah untuk mengambil smartphone Anda dengan cara meminjam ponsel teman
  2. Setelah Anda menghubungi orang rumah, segera buka browser pada PC atau laptop Anda dan akses situs https://web.whatsapp.com
  3. Foto kode barcode yang ada di halaman depan WA Web menggunakan smartphone teman Anda lalu kirimkan ke orang rumah yang telah Anda hubungi
  4. Setelah orang yang Anda hubungi menerima kode barcode, pastikan orang tersebut melakukan scan barcode dengan memakai akun WhatsApp di smartphone Anda yang tertinggal
  5. Pastikan juga hal tersebut dilakukan dengan cepat karena kode barcode akan berubah dalam jangka waktu tertentu
  6. Dan Anda akan berhasil mengakses WhatsApp Web jika orang yang Anda hubungi tadi telah melakukan scan kode barcode yang Anda kirimkan sebelumnya.

Bagaimana? Mudah bukan untuk login ke WA Web. Perlu Anda ingat bahwa Kode barcode merupakan hal yang penting, karena tanpa barcode Anda tidak akan bisa login ke akun WA Web. Hal ini merupakan salah satu cara yang diterapkan pihak developer untuk menghindari pencurian data maupun keamanan akun pengguna.

Cara Logout Dari WhatsApp Web

whatsapp web wa web di komputer - logout

Jika Anda ingin logout dari akun WA Web, maka anda bisa ikuti cara ini :

  • Buka kembali WhatsApp pada smartphone Anda dan pilihlah menu “WhatsApp Web
  • Setelah itu klik “Logout/Keluar”.
  • Anda juga bisa langsung logout via browser dengan memilih menu dengan simbol titik tiga di sebelah kanan foto profil.

WhatsApp Dekstop

Tak heran WhatsApp menjadi pilihan favorit pengguna. Selain cukup komplit dalam fiturnya, WhatsApp hadir dalam berbagai platform. Seperti yang telah diketahui, Anda dapat menggunakan WA pada smartphone dan juga mengakses WhatsApp Web. Selain itu Anda dapat mendownload WhatsApp Dekstop dan menginstallnya pada PC atau laptop Anda. Beberapa orang lebih memilih menggunakan WhatsApp Dekstop di PC atau laptop dibanding mengakses WhatsApp Web karena alasan tertentu. Bagi Anda yang ingin menggunakan WhatsApp versi Dekstop Anda dapat mengikuti cara berikut ini :

  • Kunjungi situs https://www.whatsapp.com/download
  • Lalu pilih dan klik WhatsApp Dekstop sesuai sistem operasi PC atau laptop yang Anda gunakan
  • Setelah hasil download tadi tersimpan dalam perangkat Anda, silahkan install dan login seperti biasa.

Sebelum Anda menginstall WhatsApp Dekstop, perlu Anda ketahui bahwa versi dekstop ini hanya mendukung sistem operasi Windows 8 ke atas dan Mac OS X 10.10 atau yang lebih tinggi. Jadi bagi Anda pengguna sistem operasi dibawah Windows 8 dan Mac OS X 10.10, Anda belum bisa memasang WhatsApp Dekstop pada perangkat Anda.

5 / 5. 993

Related posts