Belajar SEO Bagi Pemula : Penjelasan Dasar 2020

  • Whatsapp

Kalau kamu mempunyai website, sudah semestinya kamu juga mulai belajar SEO. Apapun tujuan kamu bikin website pastinya mau dikunjungi banyak orang bukan ?

Pengertian SEO

Walaupun istilah SEO atau Search Engine Optimization sudah dikenal sejak beberapa tahun lalu, namun tidak sedikit orang yang masih belum memahami apa itu pengertian SEO, dan penting bagi kamu yang mengetahui definisi nya sebelum berurusan dengan hal praktis dari belajar SEO.

Read More



Jadi kalau mau belajar SEO maka langkah pertama adalah tahu dulu pengertian SEO. SEO itu sendiri adalah upaya yang dilakukan buat mengoptimasi website agar bisa berada di peringkat teratas pada hasil pencarian.

Belajar SEO Bagi Pemula

Jadi misalnya website kamu menjual jasa melukis, maka salah satu langkah belajar SEO adalah dengan mengoptimasi website kamu sebagaimana mungkin agar nantinya kalau orang melakukan pencarian jasa melukis di mesin pencari seperti Google maka website kamu berada di peringkat teratas.



Bagaimana caranya? Langkah selanjutnya setelah mengetahui pengertian SEO adalah mencari tahu bagaimana caranya SEO itu dilakukan agar trafik organik bisa tinggi dan tepat pada sasaran.

Nah, agar bisa mendapat trafik tinggi yang tepat sasaran, kamu mesti menuruti berbagai aturan yang ditetapkan mesin pencari.

Tipe Traffic dalam SEO

Sebelum kamu tahu cara tepat mendatangkan serta mengelola traffic, terlebih dulu kamu mesti tahu asal dari mana traffic itu berasal. Ada tiga tipe traffic seperti dibahas di bawah.

Quality Traffic

Bagi website bisnis, kualitas trafik yang baik bisa dilihat dari dua hal :

  • Apabila pengunjung situs yang berganti status jadi pembeli semakin meningkat.
  • Apabila pengunjung situs mencari tahu berbagai produk maupun jasa yang kamu tawarkan di situs.

Kualitasnya tergantung sama tujuan serta jenis bisnis itu sendiri, kamu bisa pakai tingkat konversi buat mengindikasi kualitasnya, apabila berada di sekitar 5% maka sudah bisa dianggap tingkat konversi yang baik.

Quantity Traffic

Traffic kedua yang mesti kamu ketahui saat belajar SEO adalah kuantitas trafik yang diukur berdasarkan pada :

  • Jumlah pengunjung situs yang masuk serta mengakses situs.
  • Page view, berapa banyak pengunjung situs yang melihat website kamu.
  • Durasi kunjungan, berapa lama pengunjung situs melihat situs kamu.

Tentu saja kamu tidak perlu hitung secara manual buat menganalisis trafik situs, banyak kok tool yang bisa kamu pakai, misalnya StatCounter dan Google Analytics.

Organic Traffic

Trafik ini merupakan favorit kebanyakan pemilik website, soalnya selain tidak berbayar alias gratis, trafik ini juga bisa datangkan lebih banyak pengunjung atau konversi.




Jadi kalau misalnya pengguna internet mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencari lalu mengklik link yang ditampilkan, kunjungan lewat link itulah yang disebut organic traffic.

Cara Kerja SEO

Langkah selanjutnya dalam belajar SEO setelah memahami pengertian SEO itu sendiri adalah mempelajari bagaimana cara kerja SEO.

Saat kamu melakukan pencarian di mesin pencari, maka ada tiga tugas utama yang dilakukan mesin pencari itu.




  1. Crawling

Tugas ini dilakukan di tahap awal dimana mesin pencari bakal kumpulkan informasi dari seluruh website, dari satu link ke link lain maupun satu halaman ke halaman lain.

  1. Indexing

Tugas selanjutnya yang dilakukan adalah web crawler bakal menyimpan semua info tersebut di entry list atau index.

  1. Ranking

Ini adalah tujuan atau tugas akhir dari seseorang dalam belajar SEO. Tugas terakhir adalah menampilkan hasil peringkat secara berurutan berdasarkan pencarian yang paling sesuai dengan kata kunci yang diketik.

Agar kualitas pencarian terjamin, maka biasanya mesin pencari bakal menerapkan sejumlah aturan yang dikenal dengan sebutan algoritma. Dengan adanya algoritma mesin pencari, maka pengguna internet bisa dipastikan bakal dapat info yang relevan dari sumber atau resource yang terpercaya.

Misalnya Google, sebagai mesin pencari terpopuler serta terfavorit, Google membentuk tim tersendiri yang khusus berdedikasi penuh pada algoritma. Dimana tim ini mesti bertanggung jawab buat meningkatkan kualitas user experience saat menggunakan Google.




Google memiliki nama khusus buat menyebut algoritmanya, misalnya Panda buat algoritma terkait kegiatan penyaringan, pemberian penalti, dan penghargaan konten, Penguin buat algoritma terkait pencegahan spamdexing, dan Hummingbird buat algoritma terkait peningkatan kualitas kedua algoritma sebelumnya.

Kalau kamu mau paham lebih banyak soal kualifikasi apa saja yang diterapkan mesin pencari dalam menetapkan hasil pencarian terbaik, maka kamu bisa memakai sistem Page authority. Sistem ini merupakan sistem skoring dari 1 sampai 100 yang dikembangkan Moz buat memprediksi peringkat website di mesin pencari.

Untuk mengecek page authority, maka kamu bisa pakai link explorer, pertama-tama masukkan URL yang mau kamu cek, setelah itu kamu bakal dapatkan hasil analisis yang nantinya bakal sangat berguna buat tingkatkan kualitas website.

Manfaat Belajar SEO

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari belajar SEO, simak saja penjelasannya di bawah ini :

  • Mesin pencari seperti Google adalah sumber dari berbagai informasi yang bisa kamu dapatkan hanya dengan satu klik. 75% pengguna internet di Indonesia sudah terbiasa memakai mesin pencari buat mencari informasi seperti harga produk, kesehatan, politik, dan berbagai informasi lainnya.
  • Trafik di mesin pencari biasanya didominasi konten di halaman pertama, seperti ditulis Infront Webworks, 91.5% trafik didominasi website yang muncul di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari Google.
  • Website kamu bakal lebih mudah ditemukan melalui berbagai kata kunci kalau kamu terapkan langkah optimasi SEO. Dengan begitu makin banyak pengunjung yang bisa kamu jangkau memakai berbagai kata kunci terkait topik utama website kamu.
  • Dengan meningkatkan kualitas SEO maka kredibilitas dan brand awareness website kamu juga bakal semakin meningkat. Soalnya 88% konsumen bakal melakukan riset online sebelum membeli jasa atau produk tertentu. Jadi kalau website kamu semakin mudah ditemukan di hasil pencarian Google, pastinya bakal lebih banyak pengguna internet mengetahui website kamu dan brand awareness online website kamu juga semakin baik.
  • Belajar SEO itu penting dalam bisnis, alasannya adalah karena kemudahan buat konversi. Pengunjung situs yang datang secara organik lebih mudah dikonversi jadi pelanggan atau leads.

Dua Kategori SEO

Dalam belajar SEO, kamu juga mesti tahu dua kategori SEO, SEO On Page dan SEO Off Page. Apa saja pengertiannya? Baca saja penjelasan lebih lanjutnya di bawah.




SEO On Page

Pengertian SEO On Page itu sendiri adalah meliputi semua langkah optimasi SEO yang dilakukan dalam website kamu. Dengan begitu mesin pencari bisa melakukan tugas crawling dengan mudah. Jadi jika kamu ingin belajar SEO secara sederhana, kamu bisa mulai mempelajari SEO On Page.

Beberapa langkah di SEO On Page itu sendiri meliputi :

  • Judul konten
  • Permalink
  • Struktur konten
  • Kecepatan website
  • Penggunaan heading
  • Tema responsif
  • Internal linking.

Berikut beberapa hal yang mesti kamu lakukan buat optimalkan SEO On Page :

  1. Kata kunci

Pilih kata kunci yang tepat agar bisa datangkan organic traffic dari konten yang kamu posting. Pastikan target kata kunci ada di judul, heading, dan isi atau body konten.

  1. Tinjauan Teknis

Kamu mesti lakukan beberapa hal ini biar tugas crawler lebih mudah :

    • Mengelola sitemap
    • Jaga agar tidak ada kesalahan pengalihan atau redirect
    • Kalau ada link rusak atau broken link di website kamu, segera ganti atau update
    • Segera perbaiki URL yang error
  1. Optimasi

Salah satu cara optimasi adalah dengan memastikan website kamu punya.

  1. Struktur baik

Dengan adanya struktur yang baik, maka mesin pencari bakal mengkonfirmasi halaman website yang paling penting.




  1. Navigasi yang mudah

Dengan adanya kemudahan dalam navigasi, pengunjung situs bakal betah dan mau meluangkan waktu lebih lama di website kamu.

  1. Konten relevan

Apabila konten website kamu relevan, maka tentunya bakal datangkan lebih banyak trafik berkualitas.

  1. User Experience

Agar SEO On Page kamu efektif dan user experience para pengunjung baik, lakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Buat kategori produk yang jelas dan tepat serta relevan

Kalau website kamu menawarkan produk maupun jasa, maka tidak ada salahnya bikin kategori dengan informasi terperinci di tiap produk atau jasa, buat memudahkan pencarian produk atau jasa.

Jangan lupa tawarkan produk yang relevan dengan kebutuhan jika pengunjung situs mau cari tahu lebih banyak lagi. Kalau kamu blogger, maka buat kategori terkait konten agar pengunjung situs diberi kemudahan navigasi.

  1. Layout atau tata letak

Atur tata letak atau layout website kamu agar menarik dan mendatangkan lebih banyak pengunjung baru.

  1. Performa website

Pastikan kecepatan loading di website kamu baik dan cepat biar para pengunjung tidak cepat merasa bosan dan malas menunggu loading yang lama.

SEO Off Page

Belajar SEO selanjutnya adalah mempelajari tipe SEO kedua yaitu SEO Off Page yang meliputi semua langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar website kamu.




Salah satu faktor SEO Off Page yang penting dalam mempengaruhi kualitas SEO adalah inbound link atau backlink yang menjadi indikator konten kamu dijadikan rujukan website lain.

Jadi kalau makin banyak website berkualitas merujuk ke konten kamu maka Google bakal menilai website kamu sebagai website kredibel hingga berpeluang meningkatkan peringkat.

Beberapa cara melakukan SEO Off Page adalah :

  1. Content Marketing

Cara ini termasuk efektif buat tingkatkan peringkat website kamu di hasil pencarian mesin pencari. Dengan strategi content marketing yang tepat serta terstruktur maka :

    • Bisa datangkan lebih banyak pengunjung situs yang baru.
    • Bisa mempengaruhi orang membeli produk maupun jasa yang ditawarkan.
    • Bisa menghemat biaya.
    • Bisa memperbaiki reputasi bisnis kamu.
  1. Promosi

Kalau website kamu masih belum banyak pengunjung, salah satu cara SEO Off Page yang bisa dilakukan adalah dengan promosi. Jadi pastikan membuat promosi yang kreatif dan menarik ya.

  1. Public Relation

Walau bakal habiskan lebih banyak biaya, namun public relation penting agar :

    • Bisa membangun brand awareness.
    • Bisa berikan informasi tambahan mengenai produk maupun jasa.
    • Bisa tingkatkan community relationship.
  1. Backlink

Tahapan SEO Off Page dari belajar SEO adalah memahami apa itu backlink dan bagaimana cara kerja backlink. Dengan menggunakan backlink berkualitas, maka diharapkan kamu dapat mendapatkan hasil yang jauh lebih baik, yaitu posisi yang baik pada SERP (Search Engine Result Page) Google .

Pembahasan mengenai backlink secara khusus akan kami jelaskan pada kesempatan berikutnya.



Nah, demikian beberapa informasi terkait dengan SEO. Pastikan kamu belajar SEO dengan baik ya biar bisa meningkatkan peringkat website kamu di mesin pencari.

5 / 5. 786

Related posts