5 Ide Bisnis Dropship Yang Paling Hits 2020

bisnis dropship

Apakah pernah terlintas dipikiran anda mengenai ide bisnis dropship dan klo bisa tanpa modal ? Tentu terasa aneh dan sedikit mencurigakan, namun ada peluang bisnis yang mampu mengabulkan keinginan tersebut. Dropshipping membuka peluang bagi anda yang ingin membuka usaha hanya dengan akses internet. Bagaimana caranya?



Read More

Apa sih Dropship itu ?

Apakah anda pernah mendengar reseller ? Yaitu orang – orang yang memperjual belikan kembali barang dari produsen ke pembeli. Lantas bagaimana perbedaannya dengan dropshipper ? Dropshipper merupakan model usaha ataupun bisnis yang melibatkan pihak ketiga untuk menjembatani aktifitas jual beli produsen dan konsumen.

Bisnis Dropship Penjelasan Dropship
Bisnis Dropship, gambar by Niagahoster

Terkesan memiliki persamaan di dalamnya, namun peran yang dilakukan ternyata berbeda. Inti dari ide bisnis dropship itu agar dropshipper mempunyai keuntugan dibanding reseller yaitu dapat menentukan harga jual dari produsen/supplier. Selisih harga tersebut yang menjadi keuntungan bagi dropshipper.



Cara berbisnis dari ide bisnis dropship antara reseller dan dropshipper pun berbeda, dropshipper tidak perlu menyediakan tempat untuk menampung barang yang dibeli serta tidak juga melakukan pengiriman barang ke alamat konsumen.

Model bisnis dari ide bisnis dropship ini membuat seolah-olah dropshipper lah yang menjual produk, padahal dropshipper hanya mempromosikan apa yang produsen jualbelikan. Pengiriman barangpun dilakukan oleh produsen barang ke konsumen atas nama dropshipper.

Peluang bisnis ini begitu menjanjikan bagi anda yang ingin membuka usaha tanpa harus keluar modal, yang dibutuhkan hanyalah keuletan dari diri anda sendiri dalam mengelola dropship anda. Dan bagaimana dengan keuntungannya ?

Keuntungan Dropship

Dari penjelasan di atas mengenai pembukaan dari ide bisnis dropship memang banyak hal-hal yang menjanjikan untuk perkembangan bisnis ini, namun sebelum hal tersebut anda percayai secara gamblang, mari simak penjelasan berikut mengenai apa yang akan anda dapatkan dalam bisnis dropship.




  1. Tanpa modal

Tentu saja dalam bisnis ini anda tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk memulainya, setidaknya anda perlu mempunyai koneksi internet untuk mencari tahu apa saja ide bisnis dropship. Selebihnya untuk masalah penyimpanan barang, restock, pengiriman, dan ongkos kirim barang serta hal lainnya tidak perlu anda risaukan.

Justru dalam melakukan bisnis ini poin penting dalam menjalankannya adalah dengan mempunyai motivasi belajar serta perilaku yang baik. Motivasi belajar diperlukan untuk memperdalam ilmu anda mengenai perihal yang berbau teknis, karena berbisnis melalui internet tidak akan lepas dari hal tersebut.

Dan untuk perilaku yang baik setiap orang yang ingin memulai bsinis harus mempunyainya, karena selain untuk menanggapi calon pembeli anda, juga merupakan sifat dasar untuk kelanggengan dan kelancaran bisnis anda, bersikap profesional, ramah, sabar dan cekatan.

  1. Banyak Pilihan Produk

Dalam menelaah ide bisnis dropship sangat banyak pilihan produk yang dapat kita pilih, mulai dari aksesoris, kebutuhan barang rumah tangga, hingga keperluan popok bayi.




Maka dari itu anda tidak perlu risau mengenai saingan dalam bisnis ini, hanya akan anda temui beberapa saja yang berbisnis sebidang dengan anda, namun hal tersebut memang wajar apabila bergelud di dunia usaha.

Dan yang perlu anda lakukan adalah mendalami satu atau dua bidang bisnis saja sehingga mampu memberikan pengaruh efektif untuk kedepannya. Apabila anda terlalu banyak menjual produk maka justru akan memberikan kesan negatif terhadap toko anda, dan juga bahkan membuat kewalahan dropshipper.

Bayangkan saja, jika ada seorang pembeli yang ingin membeli aksesoris olahraga dan kebetulan menemukan di toko yang juga menjual popok bayi, akan terlihat kurang profesional.

  1. Fleksibel

Pekerjaan memang biasanya banyak menyita waktu, terlebih lagi dengan yang memang terikat dan bersifat formal. Bisnis dropship merupakan usaha yang fleksibel, anda bebas melakukan kapan saja dan di mana saja, asal ada koneksi internet bisnis anda akan berjalan.

Ide bisnis dropship ini sangat cocok untuk ditekuni bagi anda yang menginginkan waktu yang santai, mulai dari ibu rumah tangga dengan membangun bisnis rumahan pilihannya sampai mahasiswa. Dengan waktu yang fleksibel anda dapat membagi waktu sesuai keinginan anda.

Tantangan dalam Dropship

Segala macam usaha dan bisnis di seluruh dunia ini pasti mempunyai resiko dan tantangan, agar anda dapat mengetahui apa saja yang akan anda temui dalam merintis bisnis ini, silakan simak tulisan berikut.




  1. Keuntungan yang terbatas

Dalam meraup keuntungan dari ide bisnis dropship ini, dropshipper biasanya tidak berani mengambil langkah dengan memberikan harga tinggi pada barang yang akan dijual, karena melihat kondisi kompetitor yang bisa saja memberikan harga miring.

Walaupun dari supplier barang sendiri sudah memberikan harga yang murah untuk dipromosikan oleh dropshipper. Untuk menutuoi hal tersebut ialah dengan melakukan pengejaran jumlah penjualan sehingga keuntungan bisa dimaksimalkan.

  1. Memilih supplier

Dalam pemilihan supplier, dropshipper bebas memilih dalam skala yang luas namun perlu juga diperhatikan bahwa pemilihan supplier yang sembaragan akan memberikan dampak buruk bagi bsinis anda.

Kesusahan dalam pemilihan supplier adalah karena pengiriman barang langsung dilakukan oleh supplier, sehingga apabila pembeli kurang berkenan maka reputasi anda juga akan turun. Maka dari itu silakan pilih supplier barang yang mempunyai reputasi yang baik, terpercaya dan mempunyai produk yang terjamin.




  1. Membangun Reputasi

Poin emas dalam ide bisnis dropship ataupun bisnis online adalah reputasi, reputasi dapat memberikan kepercayaan dan kenyamanan bagi para pembeli sehingga bisnis akan terus berjalan lancar.

Namun seperti yang kita ketahui bahwa membangun reputasi di bisnis online tidak semudah membalikkan telapak tangan, anda harus intens dalam mempromosikan barang anda, selalu up to date setiap waktu dan memperhatikan keinginan dan kenyamanan pembeli.

Dalam membangun reputasi bisnis online ulasan dan rating dari pembeli adalah senjata yang cukup tajam yang dapat digunakan untuk menaikkan reputasi dan pamor anda.

Ide Bisnis Dropship Yang Paling Mudah dan Menarik

Untuk memulai suatu bidang bisnis tentu anda akan dibingungkan dengan pilihan bidang yang tersedia, jadi berikut beberapa ide mudah dan menarik yang mungkin membantu anda untuk mulai membangun bisnis ini, diantaranya :

1. Bisnis dropship Pakaian

Bisnis Dropship Pakaian

Jam tangan, sepatu, tas, kaos kaki, kaos, jaket merupakan ide bisnis yang menjanjikan, karena pada jaman dewasa ini banyak konsumen yang lebih tertarik untuk membeli barang secara daring.




Walaupun mungkin telah banyak ditemui, namun tidak perlu khawatir, anda dapat mengolahnya dengan ide orisinal anda sehingga mampu menciptakan peluang baru bagi usaha dropship anda. Sesuaikan saja dengan selera anda dan masyarakat populer sehingga terlihat akan lebih unik dan menarik.

2. Bisnis dropship Aksesoris Gadget

Bisnis Dropship Gadget Aksesoris

Selain ide bisnis pakaian, trend masyarakat sekarang adalah memberikan aksesoris pada gadget masing-masing pribadi. Sudah banyak ditemui entah secara online maupaun offline toko-toko yang menyediakan aksesoris tersebut.




Supaya lebih menarik minat dari masyarakat anda bisa mengkreasikan aksesoris anda sehingga mampu memberikan kesan bahwa dropshiping anda original.

Perlu diperhatikan juga mengenai mekanisme dalam pengembalian barang pembelian secara jelas, karena produk-produk elektronik mudah rusak sehingga anda mampu meyakinkan pembeli secara umum bahwa toko usaha anda merupakan usaha jempolan.

3. Bisnis dropship Makanan Sehat

Bisnis Dropship Makanan Sehat

Pada masa dewasa ini kehidupan memang serba instan, mulai dari komunikasi sampai makanan. Pada bidang makanan sendiri perlu diketahui bahwa makanan instan (junk food) tidak baik bagi kesehatan, sehingga memungkinkan anda untuk membuka bisnis dalam bidang makanan sehat.




Walaupun mempunyai harga yang lebih mahal namun makanan sehat merupakan langkah yang strategis dalam bisnis ini. Target pun dapat berupa macam, entah orang tua, anak-anak ataupun keluarga muda yang menjaga pola makan mereka untuk kehidupan mereka kedepannya.

4. Bisnis dropship Kosmetik dan Skincare

Bisnis Dropship Skincare

Selain tiga hal diatas, terkhusus bagi para wanita kosmetik dan skincare merupakan produk yang wajib dimasukkan. Apalagi sekarang ini bisa dikatakan bahwa kosmetik dan skincare adalah kebutuhan wajib bagi para perempuan untuk menunjukan eksistensi mereka.



Selain itu peluang ini juga bisa menarik minat dalam skala yang cukup besar dengan mengikuti tren kecantikan anyar karena tren-tren make up di media sosial memang tiada habisnya. Selain itu anda juga dapat memberikan ramalan tren kecantikan di masa depan dengan mempromosikan produk-produk baru.

5. Bisnis dropship Furniture

Ide Bisnis Dropship Furniture

Ide bisnis menarik lainnya adalah dengan furniture. Dalam beberapa tahun terakhir furniture memang cukup trendy dikalangan masyarakat luas, mulai dari desain bentuk, kegunaan dan nilai guna dalam penggunaan sehari – hari.



Hal lain yang menarik dari ide ini adalah anda bisa bekerjasama dengan pembuat furniture disekitar lingkungan apabila memungkinkan, selain untuk mempromosikan bidang bisnis anda juga dapat memberi manfaat terhadap lingkungan tempat anda.

Cara Merintis Dropshipping yang Menarik

Setelah anda memilih bidang bisnis apa yang akan anda kelola, maka tiba waktunya untuk mengetahui cara perintisan dropship itu sendiri, ada beberapa cara yang dapat dilakukan ;

  1. Survey terhadap supplier produk

Dalam pemilihan supplier, setidaknya supaya dropship anda mempunyai kualitas yang bagus dan dapat dipercaya oleh masyarakat dibutuhkan kesabaran melalui survey supplier tersebut, apabila anda melakukannya secara tergesa-gesa dan tidak teliti maka dropship anda akan beresiko gagal, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui untuk survey supplier, antara lain :

  • Servey Pertama dari hal ide bisnis dropship yaitu mencari tahu dahulu mengenai reputasi supplier yang akan anda tuju. Jika ada media sosialnya bisa dibuka dan lihat review dari para pembeli sebelumnya. Selain itu lihat juga rating toko di aplikasi jual beli online lainnya. Karena biasanya pembeli akan memberikan review atau komplain pada toko tersebut via online, hal tersebut merupakan pencerminan dari kualitas dan reputasi supplier yang akan anda sasar.
  • Kedua cek keaslian/orisinalitas barang di toko sasaran anda, sehingga dikemudian hari apabila barang terjual pembeli tidak akan merasa tertipu dengan produk tersebut, perhatikan juga varian barang sehingga dalam penjualan akan lebih lengkap.
  • Ketiga pastikan juga apakah toko yang anda sasar mempunyai kebijakan sendiri atau tidak, entah dalam pengembalian barang dikarenakan ketidakpuasan pembeli ataupun dalam memberi supply barang promosi terhada dropship anda.
  • Keempat silakan cari tau opsi-opsi pembayaran yang ada, apakah supplier bekerja sama dengan perusahaan-perusaan pembayaran online, ataupun apakah supplier hanya mempunyai satu rekening atau lebih yang bisa dipakai
  • Surver kelima dari ide bisnis dropship yaitu memastikan apakah barang yang akan dijualbelikan itu barang realtime atau tidak. Karena di sini akan memberikan pengaruh terhadap anda. Apabila iya maka dropship anda akan menjadi lebih efisien dan dinamis dan apabila tidak maka anda justru akan lebih kerepotan dalam mengelola dropship anda karena anda harus menyesuaikan dengan barang yang dipesan
  • Keenam cek ekspedisi barang yang dipakai oleh toko. Hal tersebut juga mempengaruhi branding dropship anda. Apabila pengiriman barang dilakukan oleh ekspedisi yang terpercaya, cepat dan kondisi yang baik maka reputasi dropship anda juga akan ikut terangkat, begitupun sebaliknya.
  • Ketujuh yaitu pastikan penggunaan biaya anda dengan cermat, melalui pajak, asuransi dan biaya adminisrasi sehingga akan mempermudah untuk memberikan harga pada barang dropship anda. Selain hal tersebut juga keuntungan lainnya adalah anda dapat menargetkan keuntungan yang akan anda peroleh.
  • Dan yang terakhir adalah langsung melakukan survey secara praktis dengan uji coba pembelian barang dari toko. Melalui pengalaman sendiri, anda akan yakin dengan bagaimana kualitas toko tersebut, penilaian ini juga akan memberikan nilai efektifitas lebih terhadap survey yang anda lakukan.
  1. Buat Brand dan Promosikan

Brand merupakan investasi anda pada bidang bisnis ini, branding yang tepat akan meningkatkan reputasi dropship anda sehingga dalam jangka panjang anda akan mampu meraup keuntungan yang lebih.



Pada artikel di atas telah dituliskan bahwa dalam ide bisnis dropship atau sebagai dropshipper harus mempunyai motivasi belajar, anda dapat mempelajari bagaimana membuat brand yang bagus melalui artikel, video atauapun ulasan-ulasan yang anda percayai.

Setelah anda yakin dengan brand tersebut, perdalam juga ilmu anda mengenai marketing di internet khususnya sosial media, perhatikan keinginan masyarakat dan tren yang sedang berkembang. Dengan memperhatikan hal-hal berikut maka dropship anda akan mampu berkembang.

  1. Tentukan Marketplace Anda

Seiring berjalannya waktu marketplace begitu banyak dan terbuka bagi anda yang ingin merintis dropshipper. Marketplace online di Indonesia biasanya sudah mempunyai basis pelanggan yang jelas dan juga dalam periode-periode tertentu akan ada promo terhadap barang yang dijual dalam marketplace tersebut.

Sehingga akan mempermudah promosi serta menambah keuntungan anda. silakan pilih marketplace yang sesuai dengan kehendak anda, entah itu Shopee, Lazada, Tokopedia ataupun yang lainnya. Dengan menggunakan pertimbangan pribadi anda sendiri maka anda akan lebih nyaman dalam perintisan usaha dropship ini.

Siapkah Anda Merintis ?

Jadi bagaimana pembaca yang budiman sekalian, sudah siapkah anda mulai membangun bisnis dropship ini? Model bisnis yang dapat dibangun siapa saja ternyata tidak harus mengeluarkan modal, jadi tunggu apalagi?



Langsung saja rintis bisnismu untuk masa depan yang cerah dan menyenangkan dari kumpulan ide bisnis dropship pada artikel ini.

5 / 5. 888

Related posts