Ide Bisnis Kuliner Terbaru Tahun 2020

Ide Bisnis Kuliner Cover

Bisnis kuliner merupakan suatu jenis usaha yang tak asing lagi di Indonesia bahkan dunia, bahkan usaha ini mampu menjadi salah satu dari beberapa peluang bisnis rumahan. Karena bisnis ini paling banyak dilakukan orang dan terbukti laris manis. Ada banyak pengusaha kuliner yang meraih predikat orang terkaya berkat bisnis kulinernya. Seperti kolonel Sander yang mempunyai jaringan bisnis KFC di seluruh dunia.



Read More

Apabila anda menghitung jumlah usaha kuliner di sekitar rumah maka pastinya akan kebingungan. Karena jumlahnya sangat banyak. Seperti usaha bakso, usaha es kelapa muda, usaha warung makan, usaha tahu gejrot, usaha berjualan ayam goreng, usaha berjualan martabak manis dan lain sebagainya. Hal ini berbeda dengan jumlah usaha minimarket waralaba yang dapat dihitung jari. Sebab jumlahnya dibatasi oleh pemerintah.

Mengapa lebih banyak orang memilih bisnis kuliner ? Karena manusia mengira bahwa bisnis kuliner adalah suatu usaha yang sangat menjanjikan dan menguntungkan. Dengan alasan, setiap orang membutuhkan makan setiap hari supaya dapat bertahan hidup. Satu hari bisa beberapa kali sampai tiga kali makan. Sehingga mereka buka usaha kuliner. Lalu apa menguntungkan ?

Mengenal Bisnis Kuliner

Mengenal Bisnis Kuliner

Seringkali usaha kuliner yang dibuka tidak menghasilkan keuntungan yang diharapkan. Acapkali usaha makanan dan minuman mengalami keuntungan pada awal usaha. Sedangkan pada tahun selanjutnya mengalami penurunan keuntungan bahkan tidak ada keuntungan sama sekali. Itu adalah fakta dalam bisnis kuliner yang sebagian termasuk dalam usaha musiman.



Di masyarakat terdapat berbagai macam usaha kuliner makanan maupun minuman. Untuk bisnis makanan contohnya usaha kue bolu, usaha pembuatan kerupuk, bisnis warung makan padang, usaha tahu gejrot, usaha warteg, usaha berjualan bakso, mie ayam, kue donat, roti, batagor, baso tahu dan makanan lainnya. Sedangkan untuk usaha minuman seperti usaha es kelapa muda, minuman Thai tea, dll.

Pengertian secara umum, bisnis kuliner adalah sebuah usaha universal yang dapat dijalani oleh siapapun. Seorang karyawan, ibu rumahtangga, pelajar dan mahasiswa dapat membuka bisnis kuliner baik itu makanan atau minuman secara mudah. Adapun resep pembuatan makanan dan minuman dapat ditemukan di youtube dan google.

Lokasi Usaha Kuliner

Untuk lokasi usaha bisnis kuliner sangat fleksibel. Anda bisa menjalani usaha ini dengan berbagai cara, antara lain :



1. Di depan rumah

Anda bisa menjadikan rumah sebagai lokasi usaha. Sudah banyak bisnis kuliner yang melakukan demikian. Sedangkan untuk pangsa pasarnya adalah tetangga dan masyarakat sekitar. Untuk memperluas pasar, bisnis ini dapat dipasarkan secara online melalui kerjasama dengan aplikasi GoFood atau Grab Food.

2. Menyewa tempat strategis

Cara lain yang dapat ditempuh untuk membuka usaha kuliner dengan menyewa lokasi yang strategis yang banyak dilalui orang. Misalkan usaha buka rumah makan padang di pinggir jalan yang ramai atau pusat keramaian. Yang menjadi kekurangan bisnis ini adalah adanya biaya modal usaha sewa tempat yang cukup besar. Apalagi di kota besar.

3. Keliling

Usaha kuliner dapat juga dilakukan secara keliling menggunakan sepeda motor, mobil ataupun jalan kaki. Cara ini akan menjangkau pasar lebih luas.

Persaingan Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner mempunyai tingkat persaingan sangat tinggi. Karena berbagai jenis makanan atau minuman dapat ditiru. Oleh karenanya, anda perlu memastikan kualitas kuliner anda masih segar, cita rasa sangat lezat dan harga terjangkau.




Apalah artinya jika kuliner yang anda produksi dibanderol murah tapi kualitas rasa tak enak maka akan membuat konsumen kapok untuk membeli produk kuliner anda lagi.

Jika anda memilih untuk membuka usaha kuliner pastinya anda akan dibuat bingung. Sebab ada banyak jenis makanan dan minuman yang dapat dijual.

Anda bisa membuka usaha kuliner yang belum ada di kota anda atau membuka usaha serupa. Cara yang paling efektif adalah melihat jenis usaha kuliner terlaris di kota anda. Kemudian mengamati dan meniru serta memodifikasi usaha kuliner tersebut.

Perkiraan Biaya Modal Usaha Kuliner

Salah satu unsur terpenting dalam membuka usaha adalah modal usaha. Setelah mempunyai tekad kuat dalam berbisnis maka anda harus menyiapkan modal usaha. Untuk modal usaha kuliner tidak terlalu banyak. Misalkan untuk berjualan makanan keripik atau baso tahu dan lainnya maka modal uang yang diperlukan relatif kecil hanya Rp 100 ribu.




Besaran modal yang sangat kecil membuat banyak orang buka usaha kuliner. Anda bisa melihat usaha kuliner di kota anda sangat menjamur. Misalkan usaha kuliner di dekat sekolah, pusat perkantoran dan pinggir jalan. Yang dibutuhkan dalam bisnis kuliner yang utama adalah niat, modal peralatan dan perlengkapan usaha, bahan baku dan alat.

Namun dalam membuka usaha kuliner adanya kekurangan. Kekurangan yang utama adalah produk kuliner mudah basi baik itu makanan dan minuman. Kalau sudah basi pastinya tak bisa dijual lagi. Anda akan rugi. Sebaliknya untuk usaha jualan barang elektronik atas gas elpiji 3 kg tak ada istilah basi. Justeru harga barang akan semakin meningkat berjalan waktu.

Kumpulan Ide Bisnis Kuliner

Ide Bisnis Kuliner Cover
Ide bisnis kuliner terbaru tahun 2020

Berikut ini kumpulan ide usaha kuliner yang menguntungkan modal kecil, antara lain :

1. Usaha cemilan unik

Bisnis Kuliner Cemilan Unik

Siapa sih yang tak mengenal cemilan? Pasti semua orang mengenalnya karena menjadi santapan sehari-hari untuk mengganjal perut kosong. Mengkonsumsi cemilan sangat enak ketika sedang santai. Ada berbagai macam cemilan di masyarakat yang dapat dinikmati. Seperti keripik, kue, snack dan lain sebagainya.




Seiring dengan perkembangan jaman orang mulai bosan dengan cemilan yang ada selama ini. Yang membuat para pebisnis kuliner menciptakan terobosan dalam bisnis ini yaitu membuat cemilan unik. Keunikan terlihat dari segi bentuk maupun bahan.

Persaingan bisnis cemilan sangat ketat. Namun pangsa pasar sangat luas sehingga tetap menjanjikan untuk dijalani. Untuk sukses dalam bisnis cemilan unik adalah mempunyai rasa yang enak dan harga terjangkau serta rasa variatif. Anda bisa membuat cemilan unik dengan beragam rasa yang unik seperti rasa telur asin, rasa keju, rasa ayam bawang, rasa barbeque, rasa asam manis, rasa original, rasa asindll.

Kelebihan usaha cemilan adalah dapat dijalankan oleh siapa saja dengan modal kecil, bisa dilakukan secara sampingan, dan gampang dijalankannya.

2. Bisnis kuliner catering

Bisnis Kuliner Catering

Manusia membutuhkan makan dan minum sebagai kebutuhan dasar. Sehari ia bisa makan sebanyak dua kali atau tiga kali bahkan lebih. Oleh sebab itulah, kebutuhan terhadap makanan sangat tinggi. Yang membuat ide peluang usaha buka restoran dan bisnis katering sangat menjanjikan.




Bisnis katering sudah eksis sejak lama dan sampai sekarang. Karena dibutuhkan banyak orang terutama bagi mereka yang malas untuk memasak di dapur. Kebutuhan terhadap usaha katering di tanah air sangat tinggi. Banyak orang membutuhkan usaha ini dalam skala pribadi, keluarga, komunitas atau lembaga.

Untuk membuka usaha katering yang sukses diperlukan upaya yang baik. Seperti menyajikan menu katering dengan harga yang terjangkau, menu lengkap, higienis dan sehat. Kemudian  anda bisa menyajikan menu khusus seperti menu khusus bagi penderita diabetes, asam urat, jantung dan lain-lain.

3. Usaha Kue dan Roti

Bisnis Kuliner Kue dan Roti

Roti dan kue merupakan salah satu cemilan yang paling banyak disukai orang untuk mengganjal perut yang lapar. Kebutuhan terhadap roti dan kue di masyarakat sangat tinggi setiap harinya. Apalagi menjelang hari raya lebaran. Untuk itulah, bisnis kue dan roti patut anda jadikan ide bisnis yang siap anda lakoni.



Adapun jenis roti yang bisa anda produksi adalah roti kering, roti tawar, roti sobek, roti isi, dan lain sebagainya. Sementara itu, untuk jenis kue yang bisa diproduksi seperti kue donat, kue bolu, kue pukis, kue brownies, kue nastar, kue salju dan lain-lain. Untuk resep pembuatannya bisa anda temukan di google search maupun youtube.

5 / 5. 777

Related posts