Macam-Macam Bisnis Properti & Kelebihannya Tahun 2020

Macam Macam Bisnis Properti

Salah satu bisnis yang paling menjanjikan sepanjang masa adalah bisnis properti. Banyak orang yang mencoba peruntungan dalam usaha ini dan mereka bisa kaya raya. Macam bisnis properti itu sangat luas. Ia bisa buka usaha sewa properti, jual properti atau membangun properti kemudian menjualnya kembali. Anda bisa membuka usaha rumah ataupun tanah berdasarkan kemampuan dan selera.

Kelebihan Bisnis Properti

Kelebihan Bisnis Properti
Kelebihan Bisnis Properti by Niagahoster

Kelebihan bisnis properti sangat luas. Hal ini yang menjadi daya tarik tersendiri bagi orang untuk memulai bisnis ini. Berikut ini kelebihan usaha properti rumah atau tanah yang perlu anda ketahui, antara  lain :

Read More

  1. Tak pernah rugi

Bisnis properti adalah suatu usaha anti rugi. Contohnya usaha investasi properti tanah. Berjalan waktu harga tanah akan mengalami kenaikan.



Contoh cerita adalah ketika penulis berstatus sebagai mahasiswa mendengarkan siaran jual beli lewat radio siaran RRI Bandung ada seseorang yang menjual sebidang tanah harga Rp 300 ribu per tumbak dengan luas tanah 20 tumbak. Total uang yang harus disiapkan secara tunai sebesar Rp 6 juta (Rp 300.000x 20 tumbak). Kala itu penulis hanya mempunyai uang Rp 3 juta kemudian diberikan pinjaman oleh orangtua sebanyak Rp 3 juta. Sehingga bisa membeli tanah itu.

Satu tahun kemudian tanah yang berada di daerah Banjaran dijual kembali dengan harga Rp 500 ribu pertumbak. Dengan demikian, keuntungan kotor yang didapatkan sebesar Rp 10.000.000 (Rp 500.000×20 tumbak). Untung bersih sebesar Rp 4 juta (Rp 10 juta dikurangi Rp 6 juta).

  1. Keuntungan yang berlipat ganda

Keuntungan bisnis properti bisa berlipat-lipat ganda. Kenaikan drastis yang disebabkan banyak faktor. Seperti lokasi properti atau area tertentu. Misalkan lokasi properti yang berada di pusat kota strategis sangat mudah mengalami kenaikan berlipat ganda. Karena banyak orang yang suka dan perlu untuk kebutuhan bisnis.



  1. Cara menuju kaya

Hampir semua orang kaya meraih kekayaan dari sektor properti. Beberapa miliarder dunia menyarankan untuk bisnis properti sebagai salah satu kiat kaya raya bagi pemula. Robert T Kiyosaki, Safir Senduk, Jack Ma, Warren Buffet dan tokoh miliarder dunia berpesan bisnis properti merupakan salah satu jalur cepat kaya disamping bisnis dan investasi saham.

Kelemahan Bisnis Properti

Kelemahan Bisnis Properti

Yang menjadi kelemahan atau kekurangan usaha properti rumah atau tanah, antara lain :




  1. Modal uang yang dibutuhkan sangat besar

Untuk memulai bisnis ini minimal modal uang yang harus anda persiapkan sebesar Rp 10 juta. Karena orang tidak mau menjual rumah dan tanah dengan harga murah di bawah pasaran. Minimal mereka menjualnya sesuai harga di pasaran.

Untuk harga tanah pertumbak di desa pelosok sudah mencapai Rp 500 ribu permeter. Sedangkan harga tanah pertumbak di kota sudah tidak berlaku lagi. Namun sudah per meter. Per meter tanah bisa mencapai jutaan rupiah. Apalagi harga bangunan rumah.

Modal uang yang sangat besar untuk memulai bisnis properti inilah yang membuat hanya sebagian kecil orang yang menekuni bisnis ini. Sebagian besar orang tidak menekuni bisnis properti yang modal uangnya sangat besar. Mereka tak mempunyai modal sebesar itu.

  1. Membutuhkan biaya perawatan yang cukup mahal

Jika anda berbisnis properti dengan cara membelinya maka anda mesti menyisihkan uang untuk biaya renovasi atau perawatan rumah. Kalau dibiarkan terus menerus rumah investasi maka rumah tersebut bisa mengalami kerusakan.

Untuk Siapa Bisnis Properti ?

Usaha properti dapat dilakukan oleh siapa saja. Yang penting ia mempunyai uang dalam jumlah besar dan berakal sehat. Apapun profesi anda baik itu sebagai pedagang, buruh, pengusaha, artis sinetron, penyanyi, arsitek, karyawan swasta, PNS, mahasiswa, pelajar, ibu rumahtangga, jaksa, hakim, tukang becak, sopir dan profesi lainnya dapat menjalani bisnis properti. Caranya sangat mudah.




Hal utama yang harus dilakukan adalah mencari penawaran penjualan properti terbaik di kota anda. Mengapa anda harus bisnis properti di kota anda? Supaya anda dapat lebih fokus dan memudahkan dalam mengurusi rumah serta tak terlalu merepotkan.

Macam Macam Bisnis Properti

Macam Macam Bisnis Properti

Bisnis properti terdiri-dari berbagai macam, antara lain :

  1. Broker properti rumah
  2. Pengembang properti rumah atau kompleks perumahan
  3. Investor properti rumah kecil-kecilan
  4. Investor tanah
  5. Jual beli apartement
  6. Perantara sewa kost kostan
  7. Agen properti perusahaan
  8. Agen properti independen
  9. Dan lain sebagainya.

Mungkinkah Bisnis Properti Tanpa Modal ?

Apakah mungkin di jaman sekarang menekuni bisnis properti tanpa modal? Sangat mungkin dan telah banyak orang menjalaninya sebagai broker atau perantara properti. Caranya sangat mudah. Yang punya modal properti dan uang adalah orang lain. Yang paling mudahnya adalah anda hanya bertugas menjualkan properti milik orang lain.




Usaha broker properti dijalankan dengan modal kecil atau gratis tanpa modal. Caranya anda bisa melihat di sekitar tempat tinggal anda beberapa properti yang mau dijual. Sobat tinggal mendatangi penjualnya dan mengadakan perjanjian kerjasama apabila berhasil terjual oleh anda maka anda akan diberikan komisi. Kemudian anda bisa menawarkan properti itu kepada teman, sahabat, kenalan, tetangga maupun orang lain yang membutuhkannya.

Saat ini untuk menjual properti rumah atau tanah sudah sangat mudah. Dengan adanya media sosial Facebook dan sarana aplikasi media sosial lainnya. Tugas anda hanyalah mengupload gambar properti dan menulis deskripsinya dan nomor kontak. Lalu postingan tersebut di bagikan ke beberapa grup facebook khusus properti. Maka selang beberapa menit akan banyak orang yang akan mengontak nomor anda. Hal ini pernah dialami oleh penulis pada saat hendak membantu teman menjualkan tanah miliknya.

Biaya Modal Usaha Broker Properti

Untuk membuka usaha broker properti tanah dan rumah tak memerlukan modal besar. Berikut ini rincian biaya modal usaha broker properti rumah dan tanah, antara lain :




  1. Smartphone dan koneksi internet

Hal ini berguna untuk melakukan komunikasi atau transaksi dengan calon pembeli dan juga mempromosikan properti kepada banyak grup dan orang di media sosial

  1. Sarana transportasi dan bensin

Yang berguna untuk mengantarkan prospek ke lokasi properti yang mau dibeli.

Bisnis Properti Sebagai Agen

Selain menjadi broker properti maka anda juga bisa berperan sebagai agen properti dan ini juga masih dalam kategori peluang bisnis rumahan yang bisa anda jalankan. Apa bedanya agen properti dengan broker properti? Keduanya hampir sama yakni menjualkan properti milik orang lain. Yang menjadi pembedanya adalah jumlah properti yang bisa dijual. Agen properti dapat menjual lebih dari satu properti. Sedangkan broker properti hanya bisa menjual satu unit properti.

Agen properti pun terbagi dua yakni agen properti independen dan agen properti perusahaan. Misalkan ERA. Lalu apa kelebihan dari semuanya?

Berikut ini kelebihan agen properti perusahaan, antara lain :




  1. Mudah dipercaya

Agen properti perusahaan seperti ERA dan lainnya memiliki nama baik  sebagai salah satu perusahaan agen properti terkenal dan terpercaya sehingga memudahkan dalam mendapatkan konsumen baik pembeli atau pihak penjual.

  1. Terjamin keamanan

Agen properti perusahaan dijamin legalitas dan aman. Dimana segala transaksi dapat diselesaikan secara hukum dikarenakan sudah berbadan hukum yang sah dan diakui oleh negara.

Kekurangan Agen Properti Perusahaan

Adapun yang menjadi kekurangan agen properti perusahaan adalah adanya potongan keuntungan yang harus disetorkan pada pihak perusahaan. Karena status usaha anda berada di bawah naungan perusahaan. Dan seringkali seorang agen properti perusahaan diberikan target tertentu dalam penjualan propertinya.

Kelebihan Agen Properti Independen

Adapun yang menjadi kelebihan agen properti independen adalah kebebasan dalam hal jam waktu kerja. Ia dapat kerja kapan pun dan dimanapun tanpa adanya target penjualan properti.



Selain itu, laba yang diperoleh hasil berjualan properti dapat seratus persen menjadi miliknya tanpa adanya potongan dari pihak perusahaan. Yang menjadi kelemahan bisnis properti ini tentu saja tidak mudah dipercaya orang lain. Terkecuali anda membangun brand dengan baik.

5 / 5. 865

Related posts