Pahami 5 Manfaat Blog untuk Bisnis Anda

  • Whatsapp
Blog untuk Bisnis Cover

Di Indonesia, ide blog untuk bisnis belum banyak diterapkan secara umum. Apalagi dibandingkan dengan bisnis rumahan online di luar negeri. Bahkan bisa dibilang, hanya perusahaan besar saja yang menerapkan blog website. Sebetulnya hal ini bisa dipahami. Bagi sebagian pengusaha, membuat blog dan mengurusnya adalah pekerjaan yangdirasa cukup rumit. Perlu banyak hal teknis yang diperlukan dan diterapkan.



Read More

Meskipun begitu, blog merupakan salah satu elemen penting dalam strategi internet marketing. Blog bisa membantu calon konsumen untuk lebih memahami fitur dan kelebihan sebuah bisnis. Dibandingkan segala kesulitan – kesulitan lain, membuat blog merupakan sebuah investasi bisnis yang sangat menguntungkan dan bermanfaat untuk jangka panjang.

Apabila anda merupakan pemilik bisnis yang masih ragu-ragu untuk membuat blog untuk bisnis, anda bisa menyimak artikel berikut ini. Kami akan menjelaskan alasan pentingnya blog untuk bisnis. Setelah anda membaca artikel ini, kami berharap anda lebih mantap untuk menerapkan ide blog untuk bisnis anda.

5 Manfaat dari Blog untuk Bisnis Anda

Blog untuk Bisnis Cover

Ketika berbicara mengenai manfaat blog untuk bisnis, kita tentu tak bisa lepas dari konsep Customer Journey. Konsep yang pertama kali diperkenalkan oleh OxfordSM. Konsep ini memetakan bagaimana interaksi antara konsumen dengan sebuah brand berjalan. Interaksi dipetakan dengan ikut memperhatikan hal-hal detail dari konsumen yakni perasaan, pengalaman, dan motivasi



Dengan konsep ini, sebuah brand akan mampu lebih memahami bagaimana konsumen memandang brand tersebut. Konsep customer journey akan membantu brand untuk bisa menyesuaikan strategi marketing agar tepat dengan ekspektasi pelanggan.Di sisi lain, brand juga bisa mengetahui apa saja channel yang dipakai pelanggan.

Kemudian, brand akan mendesain cara yang tepat sekaligus memilih channel yang tepat untuk menjangkaunya. Customer journey dimulai dari fase awareness (perkenalan), kemudian consideration (pertimbangan), dilanjutkan dengan purchase (pembelian), lalu retention (pembelian ulang), sampai advocacy (promosi).

Untuk selebinya, anda bisa menyimak penjelasan lebih lanjut mengapa blog penting untuk bisnis.

Mentargetkan Pelanggan Potensial

Blog untuk Bisnis Customer

Sebenarnya, tidak ada konsumen yang mau untuk “disuruh” membeli sebuah produk. Itulah mengapa, jika anda perhatikan, banyak pengunjung mall yang berusaha menghindari salesman di toko. Bahkan obrolan seramah apapun dari takkan jadi menarik dan digubris karena jelas tujuan akhirnya adalah menyuruh pengunjung untuk membeli produk mereka (hard sell).




Sebaliknya, orang-orang akan lebih menyukai cara promosi yang lebih halus atau soft-selling. Berbagai cara untuk menjalin koneksi dan hubungan emosional lebih dihargai. Untuk beberapa kasus, calon konsumen bahkan tidak menyadari bahwa konten yang dinikmati adalah iklan.

Baru pada akhir-akhir, mereka paham tujuan konten tersebut dibuat, yaitu mempengaruhi secara halus untuk membeli produk atau jasa yang diiklankan. Ketika bicara mengenai soft-selling, internet adalah tempat yang ideal. Mengap? Karena banyak orang bergantung pada internet sebagai gudang informasi. Berdasarkan informasi yang dicari, pengguna internet bisa jadi calon adalah pelanggan potensial untuk sebuah bisnis.

Dari situ, anda bisa membuat konten blog yang memuat informasi bermanfaat untuk calon pelanggan. Ketika brand telah berhasil memberi informasi yang dibutuhkan, maka calon pelanggan akan memiliki asosiasi positif pada brand anda. Baru kemudian, anda bisa membuat konten yang sifatnya lebih ke hard sell. Semisal, konten yang menjelaskan fitur dan kelebihan produk yang ditawarkan. Dengan begitu, asosiasi positif yang telah terbangun sedari awal akan berhubungan langsung dengan penjualan.

Pada intinya, internet memberi fasilitas untuk anda membuat kombinasi soft sell dan hard sell dengan baik. Cara yang sangat efektif. Sebab, calon konsumen yang mencari informasi biasanya sudah mempunyai niatan untuk membeli sesuatu. Blog anda kemudian bisa meyakinkan calon konsumen potensial untuk menggunakan produk atau jasa yang anda tawarkan.

Meningkatkan Trafik dari Website

Blog untuk Bisnis Traffic

Bisnis yang memiliki blog rata-rata akan meningkat hingga 55%. Blog bisnis juga rata-rata mempunyai empat kali halaman terindeks Google atau tepatnya 434%. Yang artinya, ada 434% kemungkinan lebih besar bagi calon konsumen untuk dapat menemukan bisnis Anda. Selain trafik dari mesin pencari atau, blog untuk bisnis terbukti dapat membantu strategi email marketing. Menurut sebuah studi, blog bahkan dapat membantu trafik dari email hingga 28%.




Dilihat dari statistiknya, jelas kalau konten blog merupakan ide yang efektif untuk email marketing anda. Hal tersebut wajar karena konten yang berkualitas tentunya bisa menarik orang untuk mengkliknya. Namun sayangnya semua angka di atas juga berhubungan dengan intensitas blogging itu sendiri. Bisnis yang dapat mempublikasikan konten secara berkala pasti mempunyai peluang untuk mendapatkankan lebih banyak trafik.

Blog untuk bisnis yang mampu mempublikasikan lebih dari 16 postingan per bulannya, mampu mendapatkan 3,5 kali trafik. Bandingkan dengan bisnis yang hanya mampu mempublikasikan nol sampai empat postingan per bulannya. Perusahaan yang berbasis business to business (B2B) juga mempunyai kecenderungan serupa. Bisnis B2B yang memposting sekitar 11 konten perbulan bisa mendapatkan 3 kali trafik yang lebih banyak dibandingkan bisnis yang memposting konten yang lenih sedikit.

Meningkatkan Jumlah Lead

Blog untuk Bisnis Lead

Blog untuk bisnis tidak hanya bisa meningkatkan trafik, melainkan juga lead atau prospek. Lead adalah sikap ketertarikkan calon konsumen pada suatu brand. Sikap ini dapat diwujudkan melalui berbagai macam aksi, contohnya dengan berlangganan newsletter, mengisi contact form, mendownload booklet, ataupun membaca konten-konten yang telah diarahkan.




Meningkatkan Reputasi Bisnis

Blog untuk Bisnis Reputasi

Untuk mengukur reputasi bisnis yang tepat bisa dibilang bukanlah hal mudah. Tetapi bukan berarti meningkatkan reputasi lewat blog tidak bisa dicoba. Ada beberapa alasan wajar yang membuat blog bisnis bisa meningkatkan reputasi dari brand. Melalui blog, anda bisa menjawab berbagai pertanyaan konsumen mengenai bidang bisnis yang anda kelola. Jawaban ini bisa diartikan sebagai solusi dari masalah calon konsumen.




Anda bisa membayangkan, apa yang anda rasakan ketika seseorang membantu menjawab masalah Anda? Senang, bukan? Itu pula yang dirasakan oleh konsumen anda. Inilah salah satu bagian penting dari hal yang meningkatkan reputasi bisnis anda. Dengan memberikan konten berkualitas di blog, anda kembali mengingatkan kepada konsumen mengapa brand anda lebih unggul. Melalui blog untuk bisnis, anda bisa menunjukkan bahwa anda tahu apa yang anda kerjakan. Tentunya, tidak ada yang lebih meyakinkan dari pebisnis yang tahu dengan apa yang dikerjakannya, kan?

Membangun Komunitas

Membangun Komunitas Bisnis

Manfaat lain yang bisa didapat dari blog untuk bisnis ialah menciptakan komunitas. Ini bisa anda dapatkan ketika anda mengaktifkan fitur komentar di bagian bawah konten blog. Fitur tersebut akan memungkinkan para konsumen untuk merespons atau menanyakan pertanyaan terkait bisnis yang anda jalankan. Bisa pula konsumen satu dengan yang lain saling berkomunikasi untuk membahas brand anda.

Di satu sisi, fitur ini akan mampu membantu anda memahami bagaimana karakter dan kelakuan pelanggan. Pemahaman inilah yang bisa menjadi tambahan data berharga untuk melengkapi customer persona yang sebelumnya pernah anda buat.




Di sisi lain, komentar juga bisa membantu anda ketika dilihat dari sisi customer service. Melalui komentar, anda bisa mengetahui konten apa saja yang disukai dan konten mana yang perlu dibuat. Berdasarkan pengalaman tersebut, anda bisa membuat konten sesuai dengan kebutuhan. Dalam jangka yang panjang, hal ini akan sangat membantu meringankan pekerjaan customer service. Sebab, anda telah menyodorkan jawaban-jawaban dari pertanyaan sebelum pelanggan mengirimkan pesan atau menelpon bisnis anda.

Hanya saja, perlu anda ingat, manfaat ini bisa anda wujudkan jika anda ikut terlibat secara aktif dalam kolom komentar. Pastikan bahwa anda mendelegasikan pekerjaan tersebut ke tim digital marketing. Pastikan pula tim anda membalas komentar dari para pengunjung dengan seramah dan setulus mungkin. Ketika hal tersebut dilakukan, perlahan-lahan akan membentuk sebuah komunitas dari konsumen anda.

Kesimpulan

Jika anda sudah mengetahui pentingnya blog untuk bisnis, maka anda akan mempunyai kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dibanding sebelumnya.



Dengan menggunakan pertimbangan yang telah kami tuliskan di atas, kami harap bisnis anda akan lebih berprofit dan mampu menyediakan layanan terbaik bagi konsumen anda.

5 / 5. 893

Related posts