12 Cara Mudah Menambahkan Lokasi Bisnis Di Google Maps

Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps 1

Tahukah anda bahwa menambahkan lokasi bisnis di google maps sangat membantu meningkatkan bisnisa anda ? Di era digital ini sangat mudah untuk melakukan segala hal, termasuk pencarian melalui aplikasi peta, sering digunakan oleh masyarakat adalah dengan menggunakan google maps. Google maps memudahkan pengguna untuk menemukan lokasi apa saja di internet, dari kantor, restoran hingga lokasi bisnis.

Anda bisa cek, apakah lokasi bisnis anda sudah muncul di google maps ataukah belum. Jika belum maka anda sudah menemukan artikel yang tepat untuk mengatasi masalah anda. Artikel ini akan memandu anda untuk menambahkan lokasi bisnis di google maps.

Read More

Sebelum masuk ke caranya, yuk simak dulu pentingnya mendaftarkan toko anda ke google maps.

Mengapa Harus Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps ?

Tentu banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menambahkan lokasi bisnis adan ke dalam google maps. Kira-kira apa saja ya ?



Oh iya anda juga bisa menambahakan lokasi menggunakan alamat rumah anda loh, hal ini karena google juga mendukung para pelaku bisnis rumahan yang memulai usaha nya.

Konsumen Mudah Menemukan Lokasi Bisnis Anda

Banyak orang di dunia ini yang mengandalkan google maps sebagai penunjuk arah. Lebih dari 140 juta pengguna aktif di google maps khususnya di Indonesia. Bayangkan ketika anda mempunyai konsumen dan tidak bisa menemukan alamat lokasi bisnis anda di goole maps. Tentu mereka akan kesulitan bukan? Jadi mau tidak mau anda harus menambahkan lokasi bisnis anda ke google maps agar konsumen lebih mudah menemukan lokasi anda.

Memberikan Titik Yang Jelas Kepada Konsumen

Selain mudah, google maps juga memberikan fitur penunjuk lokasi yang akurat melalui google street view. Google street view sendiri merupakan fitur penunjuk arah 360 derajat yang menggunakan gambar langsung berupa lingkungan sekitar. Jadi konsumen anda akan lebih jelas dalam pencarian lokasi bisnis anda. konsumen dapat melihat detail lokasi jalan dari jalan raya sampai gang bangunan-bangunan sekitar lokasi bisnis anda.



Anda Juga Bisa Mendapatkan Fitur Google Bisnisku

Ketika anda melakukan pencarian tentang salah satu lokasi bisnis kemudian muncul kotak berisikan informasi tentang bisnis tersebut di bagian kanan layar anda, maka itu adalah fitur dari google bisnisku yang disediakan oleh google maps. Dengan menambahkan lokasi bisnis di google maps, anda sebagai pemilik bisnis akan mendaptkan fitur yang sama seperti di google. Mengiurkan sekali, bukan?

Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps 1

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menggunakan fitur dari google maps yang mampu mempermudah konsumen untuk menemukan lokasi sekaligus informasu mengenai bisnis yang anda jalankan. Berikut langkah-langkah yang bisa anda terapkan untuk mendukung menambahkan lokasi bisnis di Google Maps.




Melalui website Google My Business

Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps - my business

Google bisnisku merupakan fitur dari google maps yang mampu mempermudah calon konsumen untuk menemukan lokasi sekaligus informasi mengenai bisnis anda. ada beberapa langkah  yang bisa anda manfaatkan

  1. Anda masuk ke dalam situs google bisnisku, menambahkan lokasi bisnis di Google Maps adalah dengan pilih ‘start now’ untuk memulai pendaftaran google bisnis.
  2. Tuliskan nama bisnis yang anda pakai, dengan cara klik info , lalu ke bagian icon pensil sesuai gambar

menambahkan lokasi bisnis di Google Maps - info

  1. Anda bisa menambahkan user yang dapat melakukan akses Google My Business Anda

Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps - add user

  1. Anda harus memilih ‘yes’ jika menginginkan alamat dan informasi mengenai bisnis anda muncul di halaman pencarian
  2. Anda bisa menuliskan alamat bisnis online anda dengan lengkap supaya google mampu melacaknya secara baik dan akurat
  3. Setelah anda selesai dengan langkah keempat, maka selanjutnya google akan melakukan pengecekan mengenai bisnis anda, apakah telah terdaftar atau belum. Jika list yang keluar bukan bisnis milik anda maka bisa memilih “none of these”
  4. Silakan menentukan titik lokasi bisnis anda
  5. Pilihan ini adalah pilihan untuk anda, apakah anda akan melayani konsumen di luar kantor juga? Jika iya, pilih pilihan yang pertama “Yes, i also serve them outside my location. Maka selanjutnya google akan memberitahukan konsumen anda mengenai lokasi kantor yang selain telah terdaftar
  6. Pilih kategori bisnis yang anda pakai. Kategori bisnis ini akan memudahkan google dalam merekomendasika penggunanya ketika mencari bisnis yang sama dengan bisnsi yang anda jalankan
  7. Kemudian anda bisa melengkapi informasi-informasi orduk anda dengan menambahkan nomor telepon dan website bisnis anda
  8. Setelah semua proses pengisian informasi terpenuhi, google akan meminta izin anda untuk mengirimkan notifikasi dan beberapa informasi mengenai rekomendasi terkait bisnis yang anda kelola. Jika anda tidak berkenan bisa memilih “no” dan jika anda berkenan, silakan pilih “yes”
  9. Setelah proses-proses tersebut selesai, google akan mengirimkan surat fisik ke alamat bisnis anda untuk memastikan bahwa alamat bisnis yang anda daftarkan bukanlah palsu. Setelah itu, alamat dan akun google bisnis anda telah aktif. Biasanya proses pengirimannya akan memakan waktu kurang lebih empat sampai 7 hari.
  10. Mendaftarkan Langsung Melalui Google Maps

Selain memberikan fitur mengenai petunjuk lokasi, google maps juga bisa memfasilitasi para penggunanya bagi yang ingin menambahkan lokasi bisnis di Google Maps secara langsung. Ada beberapa langkah untuk mendaftar secara langsung lokasi bisnis anda :




  1. Langkah pertama dari menambahkan lokasi bisnis di Google Maps adalah dengan masuk ke dalam aplikasi atau website google maps lalu anda akan menemui tampilan peta, setelah itu silakan temukan tnda garis tiga di sisi kiri atas
  2. Pilih tanda garis tiga tersebut, lalu pilih “Add your business”
  3. Anda harus memasukkan informasi mengenai bisnis yang anda lakukan. Untuk tahapan tersebut sama ketika mendaftarkan lokasi bisnis anda ke google bisnsiku.
  4. Langkah terakhir dari menambahkan lokasi bisnis di google maps adalah bisa dengan klaim Lokasi Bisnis Melalui Google Maps

Cara ini dipilih ketika anda telah mendaftarkan bisnis online dan ternyata telah didaftarkan oleh pihak yang tidak anda kenal. Dengan kata lain, ada duplikasi pada lokasi bisnis anda. Google akan memberikan fasilitas berupa klaim bisnis melalui google bisnisku. Adapaun cara-cara yang bisa anda lakukan :




  1. Anda bisa melakukan pencarian bisnis anda di google. Kemudian pilihlah pilihan “Pemilik bisnis ini?”
  2. Selanjutnya anda akan diminta untuk melakukan pengelolaan terkait bisnis tersebut.
  3. Anda harus melaukakan verifikasi laporan. Ada tiga pilihan untuk memverifikasi laporan anda, bisa melalui panggilan telepon, email ataupun kirim melalui surat dalam bentuk fisik. Pilihan mengirim surat fisik dipilih ketika dua pilihan lainnya tidak mencamtumkan mengenai identitas anda.
  4. Tuliskan alamat pengiriman dengan benar supaya surat dari google akan sampai ke tujuan dengan tepat. Proses pengiriman ini biasanya akan memakan waktu berkisar kurqang dari empat hari. Setelah itu, lakukan verifikasi lokasi bisnis anda yang telah diduplikasi oleh pihak lain.

Penutup

Setelah anda membaca artikel kami, kini anda telah mengetahui cara-cara untuk menambahkan lokasi bisnis di Google Maps. Anda bisa memilih cara yang sesuai dengan kondisi anda.



Tidak susah, bukan? Ada baiknya juga untuk menambahkannya sekarang juga supaya konsumen bisa menemukan lokasi bisnis anda dengan mudah. Jadi, ayo lakukan segera penambahan fitur ini untuk pengalaman dan penghasilan yang lebih baik bagi anda.

5 / 5. 846

Related posts