5 Cara Membeli Saham Terbaik Saat Pandemic

46

Cara membeli saham merupakan topik yang sedang hangat dibicarakan. Saham atau dikenal sebagai stock disebut sebagai sebuah instrumen pasar keuangan yang paling terkenal. Dengan membeli sebuah saham, maka para investor yakin bahwa pada suatu saat nanti saham yang dibeli akan dijual kembali dengan memberikan keuntungan finansial yang dirasa menjanjikan.

Seperti yang diketahui sebelumnya, kegiatan dalam pembelian saham telah dianggap menjadi salah satu langkah yang paling bijak untuk melakukan investasi pada bidang tersebut. Di negara kita sendiri, aktivitas dari jual beli saham sendiri dikenal dengan beberapa istilah, yang tentunya tidak asing untuk para investor seperti bisnis saham, pembukaan tabungan, penanaman dan lain-lain.

Sementara itu istilah yang populer digunakan oleh masyarakat terkhusus di Indonesia adalah sebutan “bermain saham”. Pada artikel cara membeli saham kali ini, kami telah merangkum beberapa cara bagi anda untuk bisnis saham, dengan cara membelinya. Penasaran? Ikuti terus artikel kami ya.

Cara Membeli Saham Untuk Pemula

Cara Membeli Saham
Cara Membeli Saham

Bagaimana sih cara membeli saham? Apakah sebagai pemula dapat membeli saham perusahaan TBK? Dalam artikel ini akan membahas mengenai beberapa cara membeli saham untuk pemula diantaranya:

Buat Akun Saham Online

Cara membeli saham yang pertama adalah buat akun saham online. Langkah paling awal yang dapat anda lakukan adalah mempunyai koneksi internet untuk bisa membuat akun saham pada salah satu perusahaan sekuritas atau biasa disebut juga sebagai broker saham.

Di antara broker-broker saham asing yang telah cukup lama dipercaya dan yang merupakan beberapa terbaik ada beberapa yang bisa anda pilih. Kami memberi 3 saran untuk anda yang mana telah perusahaan saham online tersebut sudah mempunyai reputasi dan kredibilitas yang sangat baik di mata masyarakat Indonesia bahkan sampai internasional.

Mereka biasanya beroperasi selama sehari penuh atau 24 jam full dan selama 7 hari berturut-turut tanpa adanya libur. Broker-broker saham asing tersebut yang menyediakan fasilitas dan pelayanan dalam jual beli saham online antara lain : Capital, Olymptrade, dan Binomo.

Setor Dana ke Akun Saham Yang Telah Anda Buat

Cara membeli saham kedua adalah setor dana ke akun saham yang telah anda buat. Anda sekalian sebagai calon investor yang telah selesai membuat akun saham, maka secara otomatis kalian akan dianggab sebagai orang yang telah terdaftar di daftar saham di sistem Jakarta Automated Trading System atau biasa disebut JATS.

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan selaku calon investor adalah dengan memberikan setoran berupa sejumlah dana sebagai awal modal untuk membeli saham awal terhadap rekening dana nasabah. Pada hal ini kalian bisa menanyakan mengenai nomor rekening dana nasabah kepada representatif broker atau pialang sistem yang sudah anda pilih.

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa jumlah dana yang akan disetorkan kepada rekening dana nasabah tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan tersebut. di Indonesia sendiri, calon investor dibebankan menyetorkan dana awal setidaknya kurang dari lima juta Rupiah.

Namun ada pula yang memberikan kewajiban dengan hanya memberikan setoran awal Rp. 100.000 saja. Dan lagi, agar bisa memastikan jumlah dana yang harus disetorkan, anda harus bertanya kembali ketika anda hendak membuat akun saham kepada perusahaan-perusahaan yang anda pilih.

Memilih Saham Yang Memberikan Keuntungan

Cara membeli saham yang ketiga adalah memilih saham yang memberikan keuntungan. Langkah berikutnya yang juga tidak kalah penting ialah memilih perusahaan-perusahaan saham sebelum kalian memutuskan untuk membelinya. Maksudnya adalah supaya kalian bisa mengetahui saham mana sajakah yang dapat memberikan keuntungan terhadap investasi anda pada kemudian hari.

Namun, sebelum kalian menjatuhkan pilihan akan memilih saham yang diyakini menguntungkan, anda akan diminta supaya memberikan analisa mengenai perusahaan yang sahamnya akan kalian beli. Perihal yang fundamental dan mendasar seperti apakah perusahaan berkembang baik? Atau bisa juga pertanyaan mengenai perputaran keuangan, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Maka perlu anda pertimbangkan matang-matang.

Bukan hanya itu, kalian pun wajib untuk menentukan waktu yang tepat, yaitu dengan melihat grafik dari nilai saham yang akan dibeli. Maksudnya, apakah saham tersebut perlu dibeli sekarang, atau nanti ketika menunggu beberapa waktu lagi hingga menampilkan nilai yang maksimal. Langkah dari analisa ini dalam dunia saham disebut dengan analisa teknikal.

Membeli Saham Untuk Investasi Masa Depan

Cara membeli saham keempat yaitu dengan membeli saham untuk investasi masa depan. Jika langkah ketiga yang telah dijelaskan di atas telah anda lakukan, yaitu dengan melakukan beberapa riset dan penelitian mengenai saham yang akan dibeli.

Langkah selanjutnya ialah langkah yang paling pentinh yaitu dengan membeli saham bila kalian merasa bahwa saham dari perusahaan yang anda pilih akan memberikan keuntungan bagi anda di kemudian hari.

Dalam melaukan pembelian saham, ada 2 metode yang bisa dilakukan, yaitu :

  • Dengan melakukan pembelian melalui broker saham yang dipiklih, yang mana hal tersebut dapat anda lakukan dengan memberikan permintaan terhadap pialang baik secara langsung apabila kantor utama maupun cabang dekat dengan lokasi anda, ataupun bisa melalui panggilan telepon.
  • Dengan melakukan pembelian saham via online atau anda dapat langsung melakukan pemesanan saham yang telah dikehendaki. Tentunya untuk cara ini dapat dilakukan dengan Sistem Online Trading Saham atau aplikasi yang memang dibuat untuk masakah jual beli saham.

Calon investor atau nasabah saham selanjutnya akan menginput orderan pembelian saham secara online, agar efisiensi dan efektifitas aktifitas pembelian saham dapat semakin meningkat. Perlu dicatat pula oleh anda, biasanya anda akan diminta agar memasang atau meng-install aplikasi pada perangkat elektronik kalian terlebih dahulu, bukan menjadi masalah anda menggunakan sistem operasi manapun, entah berbasis android, Ios ataupun Windows.

Hanya saja dengan pembelian saham, seorang trader tak diperbolehkan untuk hanya membeli 1 lembar saja, dikarenakan terdapat jumlah minimal yang biasa disebut dengan Lot. Pada masalah ini, sudah sejak 2014 Otoritas Jasa Keuangan telah memberikan keringanan terhadap publik bahwa jumlah lembar saham per Lot sebanyak 100 lembar. Maka kalian diperbolehkan untuk membeli saham minimal 100 lembar Lot.

Lakukan Penjualan Saham Pada Aplikasi Trading Online

Cara membeli saham yang keempat adalah dengan melakukan penjualan saham pada aplikasi trading online. Langkah terkahir yang dapat anda lakukan setelah membeli saham ialah dengan menjual saham yang telah kalian beli tersebut. yang artinya anda harus bisa menemukan waktu yang paling tepat untuk menjual saham yang telah anda beli sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan.

Apabila harga dari shaam menjadi lebih tinggi dari harga pembeliannya, anda dapat memilih untuk melakukan penjualan saham anda. Langkah ini biasa disebut dengan istilah Profit Taking atau perolehan profit/keuntungan. Lebih dari itu, anda pun diperbolehkan segera untuk menjual saham-saham yang telah anda beli jika saham-saham tersebut baru saja menunjukkan grafik yang lebih tinggi atau yang akan memberikan anda keuntungan.

Sampai saat ini pembelian saham-saham kemudian menjualnya kembali pada hari itu mempunyai istilah dalam dunia saham, yakni “Day Trade” yang mana anda sekalian melakukan pembelian saham dan melakukan penjualannya pada hari yang sama. Di mana kalian tak perlu lagi menunggu pada hari berikutnya untuk dapat menjual saham yang telah anda beli.

Untuk tambahan informasi anda, cara menual saham sama saja dengan cara-cara ketika anda ingin membeli saham kalian, seperti yang dijelaskan pada nomor 4. Yang berarti anda harus melakukan pemesanan atau mengorder saham yang ingin dijual. Di sini hasil dari keuntungan anda atas penjualan saham anda, secara otomatis akan dikirimkan ke akun saham anda yang telah terdaftar di broker tersebut.

Kesimpulan

Kemudahan dalam semua hal adalah kekuatan yang bisa diandalkan guna terciptanya kepercayaan dari pelanggan, tidak terkecuali pada bisnis saham di Indonesia. Bisnis saham dapat memberikan keuntungan yang cukup untuk anda.

Setelah anda membaca artikel kami mengenai cara membeli saham, kami harapkan anda sekalian mampu bermain saham degan baik yang mana mampu memberi anda keuntungan yang anda inginkan. Tentunya hal ini tidak bisa anda abaikan begitu saja, bukan? Selain itu, kalian juga perlu mengetahui tips belajar saham bagi pemula.

Demikian artikel yang berjudul 5 cara membeli saham ini dibuat. Semoga bermanfaat untuk anda yang menginginkan menjadi Investor Profesional. Selamat berbisnis dan selamat sukses.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1236

No votes so far! Be the first to rate this post.

/* */