5 Ciri Investasi Bodong dan 5 Cara Menghindari nya

  • Whatsapp
5 ciri investasi bodong

Penting bagi siapapun untuk mengetahui ciri investasi bodong dan bagaimana cara menghindari investasi bodong tersebut. Artikel ini akan menjelaskan lengkap tentang hal-hal tersebut berdasarkan pengalaman banyak orang yang terjerumus ke dalam investasi abal-abal ini.

Suatu perusahaan investasi ilegal yang belum dicatat sebagai lembaga yang resmi memang tidak pernah dimakan oleh waktu. MeMiles, perusahaan investasi yang melakukan penipuan sampai dengan Rp. 750 Miliar.

Read More

Jenis dari investasi sebetulnya dapat dibagi menjadi 2, ada yang diinvesatsikan  dalam produk keuangan dan ada juga yang diinvestasikan dalam bisnis secara langsung.

Baca juga : 10+ Ide Bisnis Kreatif Unik Dilakukan di Rumah

Pada hal ini, investasi bisnis langsung akan memberikan penawaranhasil ataupun return income yang lebih besar daripada produk keunagan semacam investasi warung, toko, kantor tetapi mempunyai resiko yang besar pula.

5 Ciri Investasi Bodong dan Cara Menghindarinya

5 ciri investasi bodong

Hal yang wajib diingat ialah bahwa investasi atau bisnis mempunyai resiko High Risk, High Return yang berarti memiliki tesiko tinggi, tetapi kesempatan untuk mendapatkan keuntungan jug atinggi. Atau dapat dikatakan, sebuah investasi atau bisnis tersebut mempunyai resiko serta potensi yang sama.

Berbeda dengan investasi bodong, apabila investasi bodong, kamu akan ditawarkan investasi yang ada dalam platform bisnis. Namun anehnya kamu tak akan bekerja serta tidak perlu melakukan pekerjaan apapun serta jmemperoleh kanji pendapatan yang besar. Kamu wajib ragu jika mendapati penawaran yang semacam ini.

Ciri investasi bodong memberikan keuntungan sangat besar

Ciri investasi bodong keuntungan besar

Ciri investasi bodong yang paling terlihat adalah mendapatkan keuntungan yang tak masuk akal, juga kamu dijanjikan tak akan mendapat kerugian sepeser pun.

Misalnya kamu memperoleh tawara hany cukup untuk berinvestasi sebesar Rp 20 juta, maka seanjutnya kamu akan dijanjikan memperoleh keuntungan balik sampai dengan Rp 200 Juta.

Bagaimana menurut kamu? Apakah hal tersebut masuk akal?

Sebaiknya jika kamu mendapatkan tawaran semacam itu, kamu lebih baik waspada serta bertanya apakah mereka mempunyai ijin atau legalitas usaha.

Apabila tidak mampu memperlihatkan surat-suray serta izin yang resmi dari OJK atau dari kegiatan pengumpulan dana yang dilaksanakan, maka akan lebih baik jika kmau meninggalkan saja perusahaan tersebut.

Ciri investasi bodong dengan cara mendesak bergabung

Ciri investasi bodong mendesak bergabung

Pada saat mempromosikan pemasaran untuk program investasinya, maka para pelaku dari investasi bodong tersebut akan memberikan tekanan terhadap calon nasabahnya supaya segera ikut bergabung.

Baca juga : 10 Cara Pendekatan Konsumen Potensial Dalam Bisnis

Banyak kalimat mendesak yang umumnya dipakai, ialah tempat terbatas, mendapatkan hak ekslusif, serta masih banyak lagi ajakan yang menggoda dalam segera melakukan investasi di dalam perusahaan investasi bodong tersebut.

Ciri investasi bodong dengan aplikasi

Ciri investasi bodong aplikasi ilegal

Ciri investasi bodong berikutnya adalah bisa juga memanfaatkan dengan menggunakan aplikasi investasi, banyak sekali aplikasi investasi yang belum terbukti kebenarannya.

Investasi bodong bisa dikerjakan dengan aplikasi perantara semacam aplikasi investasi jual beli emas, tetapi kamu jangan merasa senang terlebih dahulu. Emas yang akan di beli sebetulnya tak pernah kamu peroleh, atau tidak akan pernah datang.

Baca juga : 10 Rekomendasi Aplikasi Bisnis Online Terbaik Pilihan

Jika aplikasi tersebut benar, maka pasti akan terdaftar serta mempunyai logo OJK di dalam aplikasi tersebut. sangat perlu untuk kamu mengecek ulang apakah memang benar telah terdaftar ataukah belum.

Ciri investasi bodong rekam jejak fiktif

Ciri investasi bodong rekam jejak fiktif

Ciri investasi bodong yang lain ialah mudah dijumpai ialah mereka tidak pernah menyampaikan rekam jejak mereka serta tidak mampu bertanggung jawab.

Janji yang mereka sampaikan mengenai banyak hal, contohny aialah kepuasan investor tetap, menerima rewsrd, pengalaman di dunia investasi yang telah bertahun-tahun sampai dengan uang yang dihasilkan akan sangat besar.

Tetapi ketika kamu melakukan pencarian di google dengan mengecek dari rekam jejaknya, kamu tak akan pernah medapatkan informasi yang legkap. Jika kamu mendapati hal sepert ini, maka akan lebih baik apabila kamu menolak serta meninggalkannya.

Ciri investasi bodong bisa dengan memanfaatkan Public Figure

Ciri investasi bodong memanfaatkan artis

Tak tanggung tangguung, supaya dapat memberikan keyakinan terhadap para calon korbannya, maka perusahaan investasi bodong akan melakukan klaim.

Klaim yang dilakukan dengan membawa nama orang bahwa dia pernah memperoleh keuntungan yang besar sebab pernah melakukan investasti pada perusahaan tersebut. Mulai dari tokoh masyarakat, selebritis bahkan sampai politikus, padahal sebetulnya tidak pernah.

5 Cara Menghindari Investasi Bodong

5 Cara menghindari investasi bodong

Setelah mengetahu ciri investasi bodong, saat ini elevenconsignment akan menjelaskan beberapa cara menghindari investasi bodong.

Sebelum kamu memutuskan supaya ikut dan bergabung di dalam sebuah investasi, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah melakukan beberapa hal di bawah ini supaya terhindari dari investasi bodong. Berikut 5 cara menghindari investasi bodong :

Cari Tahu Apa Saja Penawarannya

Cara menghindari investasi bodong lihat penawaran

Cara menghindari investasi bodong, yaitu pada saat seseorang yang hendak menjadi investor atau yang hendak melakukan investasi, harus mampu mencari tahu apa saja dari penawaran yang akan diberikan dari perusahaan terhadap para calon korban nasabahnya.

Seperti jenis dari investasi yang diggunakan, apakah investasi tersebut real (perkebunan, emas, properti, perumahan) atau investasi dalam bentuk finansial (saham) maupun pengelolaan saham (reksadana).

Cari Tahu pada yang Sudah Berinvestasi

Cara menghindari investasi bodong lihat investor nya

Sedang mencari tahu mengenai perusahaan investasi? Akan lebih baik lagi jika ingin tahu cara menghindari investasi bodong yang mudah adalah kamu dapat menanyakan hal tersebut terhadap orang yang memang benar-benar paham mengenai seluk beluk dari dunia investasi.

Jika bisa ke orang yang memang telah terbiasa serta terjun pada dunia investasi seperti saudara, orang tua atau kepada teman dalam mencari saran apakah perusahaan yang akan kamu plih tersebut sudah tepat atau belum.

Cara ini masih tergolong cara menghindari investasi bodong yang umum dilakukan dan masih masuk kategori mudah. Jadi jangan sampai melupakan ini ya.

Cara menghindari investasi bodong dengan membaca teliti dokumen perusahaan

Cara menghindari investasi bodong lihat dokumen perusahaan

Kamu perlu berpikir secara matang dan hati hati sebagai calon investor. Pastikan pula kamu membaca dokumen kelengkapan yang mempunyai informasi tentang prospek investasi ke depannya agar kamu bisa terhindar dari pelaku investasi bodong.

Biasanya dokumen tersebut akan berisikan mengenai aspke bisnis seperti keuntungan dari perusahaan, kondisi keuangan sekarang ini, model investasi dan juga resiko yang mungkin saja bisa terjadi apabila tidak mendatangkan profit dan orang – orang yang mengelola perusahaan tersebut.

Cara menghindari investasi bodong dengan cek perusahaan di OJK

Cara menghindari investasi bodong cek OJK

Cara menghindari investasi bodong berikutnya adalah dengan mmemastikan tentang kredibilitas perusahaan yang hendak kamu masuki sebagai tempat investasi dengen mnegecek di dalam situ sresmi OJK atau bisa juga dengan menelepon call center pada 1500655.

Sangat Bergantung Pada Investor Baru

Cara menghindari investasi bodong cek investor baru

Apakah kamu pernah mendengar istilah investasi skema Ponxi? Skema tersebut ialah skema penipuan investasi yang mana keuntungan yang dibayarkan oleh investor berasal dari uang pribadi investor tersebut, atau bisa dibilang investor yang baru saja bergabung.

Apabila kamu terus menerus diminta oleh perusahaan supaya menambah dana investor supaya mendapatkan keuntungan yang besar, bisa dipastikan bahwa investasi tersebut merupakan modus penipuan dari skema Ponzi.

Cara menghindari investasi bodong tersebut adalah kamu dapat belajar dari pengalaman, jika dulu sudah ada perusahaan investasti Tour Haji dan Umroh, tetapi seiring dengan jalannya waktu, investasi tersebut pada akhirnya selesai di tengah perjalanan.

Masalahnya ialah skema yang dipakai dibuat merugikan kepada sesama anggota, bahkan sampai merugikan dana serta waktu yang dipakai guna mampu memberangkatkan ibadah menuju ke tanah suci.

Akhir Kata

Demikian artikel kami mengenai ciri investasi bodong dan bagaimana cara menghindari nya. Kami harap dengan adanya artikel kami kali ini dapat memberikan manfaat serta menambah wawasan keilmuan bagi anda sekalian.

5 / 5. 579

Related posts