20+ Ide Dan Topik Untuk Blog Yang Menarik Dapat Meningkatkan Pengunjung

Topik Untuk Blog

Ide dan topik untuk blog yang menarik dapat meningkatkan pengunjung akan dibahas dalam artikel ini. Inspirasi dapat datang dari mana saja. Anda bisa saja mendapatkan ide di jalan bahkan di toilet sekalipun. Maka dari itu, anda bisa mencoba memikirkan pertanyaan yang bisa anda jawab dalam membentuk konten.

Anda bisa menjadikan pertanyaan tersebut sebagai judul konten yang ingin dibuat. Maka, konten anda akan lebih fokus dan terarah. Niche Blog merupakan tema atau topik khusus yang mengenai blog. Dan pada artikel ini, kami telah merangkum berbagai macam ide dan topik untuk anda, sehingga anda tidak perlu kebingungan dalam memilih penulisan konten pada blog anda.

Read More

Ide dan Topik Blog Yang Menarik Untuk Meningkatkan Pengunjung

Topik Untuk Blog

Dalam artikel ini akan membahas beberapa ide dan topik untuk blog yang menarik untuk meningkatkan pengunjung dalam blog anda. Simak sampai selesai artikel ini, karena dapat memberika ide-ide dan topik-topik yang bagus untuk blog anda. Berikut beberapa topik untuk blog yang menarik telah kami rangkum:

1. Review produk

Setidaknya ada 31-42% pengguna internet yang mencari review produk melalui internet. Artinya, review produk merupakan konten yang sering dicari. Topik untuk blog ini juga lebih mudah dibuat. Anda tidak perlu menjadi seseorang dengan banyak pengikut untuk menulis review yang baik. Anda hanya perlu kreativitas, ketelitian, dan kejujuran untuk bisa membuat konten yang menarik.

2. Tutorial

Tutorial merupakan salah satu topik yang dibutuhkan orang. Itulah alasan tutorial adalah sebuah ide topik untuk blog  yang menarik untuk ditilis. Dibanding dengan topik yang lain, tutorial dapat dikatakan low maintenance. Anda tak perlu sering melakukan update konten selama tidak ada perubahan pada cara atau sistem.

Namun dalam pembuatan konten ini, ada semacam peraturan tersirat mengenai siapa yang berhak membuat konten semacam ini. Tutorial biasanya ditulis mereka yang telah dianggap ahli pada bidangnya..

3. Perbandingan produk

Ide konten blog satu ini memang sekilas mirip dengan review produk. Hanya saja nda perlu mereview dua atau lebih produk dengan spesifikasi yang tak jauh berbeda. Topik untuk blog ini akan dapat membantu pembaca menemukan produk yang sesuai dengan yang mereka butuhkan

4. Cerita perjalanan

Ada sekitar 95% pengguna internet yang mencari informasi mengenai tujuan wisata sebelum berlibur. Yang artinya, cerita perjalanan dapat menjadi tema dari konten yang bisa mendatangkan banyak pengunjung. Anda bisa menambahkan informasi penting mengenai rekomendasi akomodasi dan transprortasi untuk bisa memudahkan pengunjung.

Topik untuk blog yang satu ini sangat menarik. Tambahankan pula foto-foto atau video singkat yang bisa membuat konten anda menjadi lebih menarik.

5. Checklist

Checklist disusun agar seseorang tidak melupakan kegiatan atau barang tertentu. Anda pun bisa menggunakan checklist untuk konten anda. Misal, untuk niche parenting anda bisa membuat checklist hal yang dipersiapkan ketika mengajak anak anda ke bioskop.

Selain konten yang bersifat persiapan, anda pun juga dapat membuat konten yang bersifat challenging merupakan topik untuk blog yang menarik. Misalnya, checklist yang dilakukan dalam sesi olahraga atau checklist mengenai buku yang dibaca dalam waktu tertentu.

6. Creating Product

Bagi sebagian orang, membuat barang sendiri merupakan hal yang menyenangkan dibandingkan harus membeli. Selain bida menghemat uang, ada rasa puas dan bangga karena barang yang dibuat tidak ada yang menyamai. Apalagi bila barang yang dibuat dibutuhkan dan kebetulan sedang ngehits.

7. Profil

Konten yang inspiratif biasanya dapat mendatangkan trafik yang tinggi. Salah satunya adalah profil. Anda bisa menuliskan profil dari seseorang yang sukses dan berpengaruh. Tunjukkan fakta-fakta menarik yang tidak banyak orang ketahui. Maka dengan begitu anda tidak perlu mengulang pernyataan yang sama di website lain.

8. Wawancara

Wawancara merupakan cara lain untuk bisa membuat konten yang berkualitas. Anda dapat mewawancarai tokoh terkenal atau influencer untuk bisa mendapatkan banyak klik. Tetapi, anda pun juga menuliskan hasil wawancara dengan orang terdekat anda. Silakan buat pertanyaan yang menarik dan relevan dengan pembaca.

Cara lainnya ialah menanyakan pendapat dari orang-orang mengenai tren terkini, bisa secara random. Topik untuk blog yang satu ini juga manarik untuk dibuat.

9. Rekomendasi buku

Jika buku merupakan jendela dunia, maka rekomendasi buku adalah cara untuk mengenalkan dunia ke orang lain. Mungkin karena hal tersebutlah konten-konten semacam ini tidak pernah menurun. Anda bisa mencoba untuk merekomendasikan buku yang sesuai dengan tema blog.

10. Pengantar atau 101

Apabila anda mempunyai niche blog yang spesifik atau rumit, coba dedikasikan beberapa konten pengantar atau 101. Konten seperti ini akan mempermudah pengunjung baru untuk bisa memahami topik untuk blog yang menarik untuk  ditulis. Dengan membuat konten semacam ini, ada kemungkinan besar untuk mendapatkan pengunjung-pengunjung baru.

11. Kumpulan pertanyaan (FAQs)

Biasanya format konten semacam ini dipakai oleh website perusahaan. Tetapi bukan berarti anda tak boleh mengadopsinya. Anda bisa mendedikasikan FAQ tentang brand yang bisa bekerja sama dengan anda. Konten semacam ini mampu membawa pengunjung bolak-balik untuk datang ke website anda. Contohnya, anda bisa membuat daftar pertanyaan yang sering dipertanyakan pada saat wawancara kerja. Atau, pertanyaan lain yang sering ditanyakan pada saat test akhir skripsi.

12. Cara cepat (life hack)

Manusia tentu menyukai solusi yang praktis untuk segala masalahnya. Itulah yang membuat topik seperti ini takkan turun dan selalu didatangi pengunjung. Untuk menulis topik ini, anda bisa memperhatikan masalah-masalah yang mungkin dihadapi oleh pengunjung anda. contohnya, cara lem sepatu yang efektif, membuat lipatan baju yang cepat, perawatan gigi dan lainnya.

13. Komentar berita / topik terkini

Topik yang sedang viral bisa anda manfaatkan menjadi sebuah konten. Fokus perhatian masyarakat tentang topik yang dibicarakan dapat mengundang pengunjung untuk menambah informasi. Karena topik semacam ini cepat sekali berlalu, maka pastikan untuk selalu mempublikasikan konten sesegera  mungkin.

14. Rekomendasi film

Seperti buku, film adalah hiburan bagi sebagian orang. Jadi, anda bisa membuat konten rekomendasi film untuk ditonton. Meski terlihat mudah, anda perlu sedikit kreatif untuk bisa menyusun rekomendasi ini. Daripada menggunakan kategori konvensional seperti drama, komedi, horor dan sebagainya, anda bisa membuat rekomendasi yang unik.

Semisal, daftar film untuk ditonton untuk menambah ilmu atau film untuk ditonton yang membuat terharu. Topik untuk blog yang satu ini juga menarik untuk dibuat.

15. Guest blogging

Guest blogging membolehkan anda untuk bisa mempublikasikan konten di blog milik orang lain. Cara ini sering dipakai sebagi hal yang menarik pengunjung dari blog lain. Sebelum andas melakukan guest blogging, sebaiknya anda perlu mencari sesama blogger yang memiliki niche yang sama. Karena apabila niche terlalu jauh berbeda, maka tujuan awal untuk menarik pembaca baru juga tidak akan tercapai.

16. Giveaway

Giveaway merupakan salah satu strategi marketing yang sedang trending akhir-akhir ini. Strategi ini membuat pengunjung berkompetisi untuk mendapatkan hadiah yenag telah dijanjikan. Giveaway sering dipakai oleh brand untuk bisa meningkatkan jumlah pengikut serta engagement konten. Cara ini dapat diterapkan untuk menambah jumlah trafik dan pengikut anda di media sosial.

17. Cerita personal

Topik untuk blog yang satu ini sering kali dihindari oleh blogger-blogger profesional. Karena topik ini bisa merusak citra profesional itu sendiri. Namun, apabila anda perlu menunjukkan hal lain yang manusiawi, cerita personal dapat menjadi bentuk otentik konten yang tepat.

Cara ini dapat dipakai untuk meyakinkan pembaca bahwa anda adalah bagian dari mereka. Dengan begitu, pembaca akan merasa lebih dekat dengan Anda. Mereka pun tidak menyangkal apa yang telah anda tulis.

18. Tips

Konten tips sudah pasti banyak dicari oleh pengguna internet. Hanya saja, anda harus melakukan riset dan menyertakan informasi yang tidak terlalu banyak dibahas. Hal ini untuk menghindari konten yang hanya sekedar dibaca sekilas oleh pengunjung.

19. Kesulitan dalam menjalankan sesuatu

Jika tips adalah merupakan rekomendasi hal yang perlu dilakukan, maka ide ini ialah kebalikannya. Menulis kesulitan dalam menjalankan sesuatu dapat memberikan perspektif lain pada pembaca. Konten semacam ini dapat terasa mungkin dan kemungkinan besar akan dibagikan oleh berbagai pembaca yang merasa setuju dengan pemikiran anda.

20. Ulasan acara

Tidak semua acara diberitakan oleh media massa. Bahkan jika iya, tidak semua berita dapat menyajikan cerita yang lengkap. Inilah kesempatan anda untuk bisa mengulas acara dengan lebih detail dan lengkap. Anda bisa memilah informasi mana yang bisa berguna dan menarik bagi sektor pembaca. Topik untuk blog yang satu ini juga cukup menarik.

21. Daftar istilah

Jika anda mempunyai tema dari blog yang cukup spesifik dan teknis, maka tidak ada salahnya untuk membuat konten yang berisikan daftar istilah. Saran dari penulis, silakan letakkan konten ini bersama dengan FAQs untuk membuatnya lebih sesuai.

22. Unduh gratis

Anda bisa membuat konten yang bisa diunduh pengunjung secara gratis. Anda bisa meletakkan watermark nama anda pda materi tersebut. Cara ini dapat membuat blog anda menjangkau audiens yang lebih luas. Cara lainnya  adalah dengan mengaktifkan fitur unduh sekaligus berlangganan melalui email. Dan dengan melalui ijin pengunjung

Anda apat mengirimkan konten-konten terbaru melalui emai, sehingga kemungkinan besar mereka akan menjadi pembaca yang loyal pada blog anda.

23. Rekomendasi blogger

Rekomendasi untuk blogger lain pada pembaca tidak berarti mengusir pembaca dari blog anda. Jika anda berada pada komunitas blogger yang cukup solid, justru hal tersebut bisa menjadi perekat hubungan dengan sesama blogger. Apalagi jika anda diajak untuk bekerja sama.

24. Hal-hal yang harus dihindari

Perlu diketahui kembali, ini merupakan bentuk lain dari tips. Format seperti ini akan  menciptakan kesan yang penting hingga pengunjung akan menjadi lebih waspada pada hal yang anda tuliskan. Format konten seperti ini akan cocok diterapkan terhadap tema blog yang spesifik. Contohnya topik untuk blog olahraga, ataupun dalam memilih bahan makanan.

25. Forum edukasi dan sumber inspirasi

Internet adalah gudangnya dari segala ilmu dan informasi. Tapi juga harus diakui, bahwa akan lebih mudah apabila kita dapat mendapatkan konten pendidikan dan inspirasi dalam satu tempat. Hal inilah yang dapat dimanfaatkan untuk bisa menyusun rekomendasi dari forum dan sumber inspirasi. Topik untuk blog yang terakhir ini juga menarik untuk dibuat.

Kesimpulan

Demikian artikel Ide Dan Topik Untuk Blog Yang Menarik Dapat Meningkatkan Pengunjung yang telah dibuat. Anda memang bisa mendapatkan rekomendasi untuk menulis blog melalui berbagai cara, dan terkadang tidak bisa diduga-duga. Pada artikel ini, kami harap dengan membaca keseluruhan artikel yang kami tulis, anda dapat mendapatkan ide yang lebih bervariatif untuk menulis pada blog anda.

Dan perlu diketahui, ini masih merupakan bagian pertama. Jadi tetap simak dan nantikan bagian keduanya ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

5 / 5. 890

Related posts