Cara Menggunakan VPN Terbaru Untuk Keamanan Data 2020

Cara menggunakan vpn berbagai platform

Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai cara menggunakan VPN atau Virtual Private Network. Kalau di di zaman dahulu keberadaan VPN digunakan untuk mengkoneksikan jaringan antar gedung perkantoran dengan aman sehingga bisa juga digunakan dari rumah atau di tempat lain.

Read More

Seiring perkembangan zaman yang semakin canggih, VPN digunakan oleh para pengguna internet di seluruh penjuru dunia. Penggunaan VPN ini tidak lain adalah demi mendapatkan keamanan yang bersifat pribadi atau private dalam mengakses internet. Selain itu itu bisa mengakses jaringan dengan remote. Cara menggunakan VPN juga terbilang cukup sederhana sehingga anda bisa membuka berbagai situs yang anda inginkan.

Mengenal apa itu VPN?

Cara menggunakan vpn - apa itu vpn

Apa itu VPN ? Virtual private network merupakan layanan koneksi jaringan yang memberi anda jalan atau akses menuju web dengan aman dan secara private yang mengubah jalur koneksi dari server kemudian menyembunyikan pertukaran data yang sedang terjadi. Secara sederhana keberadaa VPN ini akan mengkoneksikan PC, Smartphone, atau tablet ke komputer lain pada suatu tempat yang sudah terhubung dengan jaringan internet serta sudah memberi izin anda untuk menjelajahi internet.

Jika server di negara berbeda akan menjadi negara yang anda gunakan untuk koneksi jaringan internet. Nah, dengan menggunakan jaringan internet tersebut anda bisa mengakses sesuatu yang anda butuhkan yang sejatinya tidak bisa anda akses melalui server negara anda.

Salah satunya anda bisa membuka situs Waptrick yang sudah diblokir. Mengingat dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa mendownload lagu dan video secara gratis.

Tentunya sekarang anda mulai bertanya-tanya mengenai bagaimana cara menggunakan VPN. Nah, dengan menggunakan VPN anda bisa membuka situs-situs yang diblokir yang anda butuhkan seperti membuka Waptrick. Untuk itu silahkan simak pembahasan ini sampai selesai.

Memahami Cara Kerja VPN

Cara menggunakan vpn - bagaimana vpn bekerja

Nah, setelah anda mengetahui tentang VPN onlinedan kegunaannya maka tahap selanjutnya akan dijelaskan mengenai cara kerja VPN. Sebenarnya cara kerja VPN ini cukup sederhana yaitu untuk melakukan enkripsi pertukaran data sebelum koneksi publik membacanya. Ketika anda mengakses internet dengan bantuan koneksi VPN maka anda sedang mengakses jaringan internet melalui lorong khusus sehingga tidak menggunakan jaringan utamanya.

Disini VPN akan bekerja untuk meneruskan koneksi jaringan anda pada situs yang akan anda tuju. Sehingga koneksi jaringan anda akan dikenal sebagai koneksi yang berasal dari jaringan VPN bukan jaringan yang saat ini anda gunakan.

Ketika anda mengakses internet tanpa tau cara menggunakan VPN itu artinya koneksi akan dilakukan secara langsung tanpa adanya enkripsi. Namun kalau anda mengakses jaringan menggunakan VPN maka koneksi anda akan terenkripsi sehingga akan diakses melalui server VPN itu sendiri.

Cara Menggunakan VPN di Berbagai Platform

Cara menggunakan vpn berbagai platform

Bagi anda yang tertarik mengetahui cara menggunakan VPN, seperti untuk mengakses media sosial yang sudah diblokir dan lainnya. Maka jangan khawatir karena saat ini akan dijelaskan mengenai panduan lengkap untuk menggunakan VPN onlinedengan benar di berbagai platform seperti iPhone, Android, laptop dan PC. Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara penggunaanVPN online.

Cara Menggunakan VPN pada Android

VPN bisa digunakan untuk smartphone android untuk mengakses berbagai situs yang sudah diblokir. Berikut ini cara menggunakan VPN untuk smartphone android :

  • Download dan instal aplikasi VPN Private. Apabila anda belum memiliki aplikasi VPN maka anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu
  • Langkah kedua anda bisa mulai untuk menghubungkan jaringan VPN. Caranya cukup mudah, silahkan membuka aplikasi VPN yang sudah terpasang dan anda bisa memilih jaringan internet di negara yang akan anda hubungkan
  • Setelah itu anda menunggu beberapa saat sampai jaringan internet mulai terhubung dengan VPN. Biasanya kalau sudah terhubung akan muncul notifikasi yang bisa anda lihat di bagian layar atas smartphone anda
  • Setelah terhubung dengan jaringan VPN maka anda bisa menikmati internetan tanpa batas. Kini anda bebas memutuskan sambungan jaringan dengan klik tombol disconect.

Cara Menggunakan VPN pada iPhone

Cara menggunakan VPNpada iPhone ini hampir sama dengan cara menghubungkan pada smartphone Android. Selengkapnya silahkan simak beberapa langkah-langkah berikut ini :

Langkah pertama silahkan untuk download aplikasi VPN melalui App Store

Ketika sudah menginstall aplikasi VPN maka langkah selanjutnya anda membutuhkan akses Touch ID agar bisa terhubung dengan VPN. Untuk mendapatkannya anda bisa ketik Allow dan silahkan masukkan Touch ID anda.

Setelah itu VPN secara otomatis akan mencari koneksi jaringan pada negara yang terbaik. Silahkan tunggu beberapa saat maka anda bisa menikmati selancar internetan tanpa batas. Salah satunya anda bisa membuka situs Waptrick untuk download lagu dan video kesukaan anda.

Apabila anda ingin memutuskan jaringan VPN maka anda tinggal klik disconect.

Menggunakan VPN pada Laptop atau PC

Setelah anda mengetahui cara menggunakan VPN pada perangkat mobile kini anda juga bisa menggunakan VPN pada perangkat laptop atau PC. Nah, agar anda bisa menggunakan maka anda bisa ikuti beberapa langkah berikut ini :

  • Langkah pertama silahkan untuk download dan install aplikasi Tunnel Bear VPN. Kita ketahui bersama kalau Tunnerl
  • Bear merupakan salah satu software yang bisa anda gunakan untuk VPN
  • Untuk mendapatkan software ini anda bisa dapatkan langsung dari situs resminya
  • Setelah selesai download maka anda bisa langsung install sampai selesai, setelah itu anda membuka softwarenya untuk melakukan pendaftaran
  • Kemudian untuk mengaktifkan jaringan VPN anda langsung geser toggle yang ada di sebelah kiri layar
  • Setelah itu secara otomatis Tunnel Bear akan langsung terhubung jaringan internet pada negara orang lain.

Ketika sudah terhubung maka anda bisa membuka situs-situs yang diblokir seperti Waptrick. Sehingga anda akan lebih mudah untuk mengakses berbagai situs-situs yang sudah diblokir lainnya.

Memang cara ini cukup menyusahkan namun anda bisa menggunakan aplikasi ini membuka berbagai aplikasi yang tidak bisa dijangkau tanpa menggunakan VPN online.

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan VPN. Penggunaan VPN memang sangat penting untuk kebutuhan online saat ini. Sehingga dengan menggunakan VPN onlineanda bisa melakukan aktivitas internetan dengan mudah dan tanpa batas.

Terlebih hampir semua layanan internet akan menyimpan catatan hasil penelusuran. Nah, bagi anda yang lebih mementingkan privasi maka anda bisa menggunakan VPN. Tentunya dengan memilih jaringan pribadi data anda tidak akan mudah dilacak oleh pihak Google.

Selain itu ketika anda menggunakan wifi publik maka itu belum dienkripsi, sehingga peretas bisa memata-matai data pribadi anda. Agar lebih aman anda bisa menggunakan VPN, karena akan mengenkripsi data anda dari tangan yang tidak bertanggung jawab.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa Cara menggunakan VPN dan berbagai kegunaannya. Seperti membuka situs yang sudah diblokir seperti Waptrick. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda tentang VPN.

5 / 5. 648

Related posts