Investasi Reksadana: Pengertian hingga Pedoman Membeli

  • Whatsapp
Investasi Reksadana

Investasi reksadana adalah suatu investasi yang berkaitan dengan saham. Ia merupakan bentuk penyertaan modal dan penanaman uang untuk investasi. Jika kamu ingin mulai berinvestasi dalam reksadana mesti mengetahui seluk beluk reksadana, berapa modal uang yang diperlukan di awal, mengenal jenis-jenis reksadana, dan memahami bagaimara mekanisme kerjanya sampai bisa menguntungkan.

Sebuah pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang. Kamu harus mengenal reksadana sebelum mengambil jenis investasi ini. Supaya kamu tak mengalami kerugian dan mencintai investasi reksadana. Sebuah reksadana merupakan jenis produk investasi yang banyak orang belum mengetahuinya sama sekali. Di sinilah peran manager investasi untuk memperkenalkan produk ini ke masyarakat luas sama halnya produk deposito dan saham.

Cara paling umum dipergunakan orang untuk menyimpan uang mereka adalah di rekening tabungan atau deposito. Cara ini terbilang mudah tapi kurang memberikan keuntungan yang maksimal. Disebabkan return yang kecil ketimbang investasi reksadana. Atas kenyataan itulah mulai banyak orang melirik investasi reksadana ketimbang menyimpan uang di bank atau rekening tabungan.

Pengertian Reksadana

Investasi Reksadana

Reksadana adalah suatu kumpulan dana yang berasal dari masyarakat. Kemudian dikelola oleh manajer investasi profesional supaya dapat menghasilkan laba. Reksadana merupakan investasi yang cocok bagi para pemula dengan tingkat resiko kerugian yang relatif kecil dan potensi keuntungan lebih besar ketimbang membuka rekening tabungan atau deposito di bank.

Investasi yang ada di dunia selama ini terdiri-dari dua bagian yakni investasi konvensional dan investasi  keuangan. Untuk investasi keuangan bisa berupa saham, obligasi, deposito dan reksadana. Dari banyak jenis investasi maka kamu akan dibuat pusing dengan banyak jenis investasi. Seperti investasi reksadana yang juga mempunyai beragam macam dan jenis.

Untuk mulai investasi reksadana, kamu memerlukan persiapan matang. Dalam arti kamu bisa mempelajari apa itu reksadana, jenis-jenis, cara membeli reksadana, apa saja resiko reksadana, apa saja kelebihan atau keuntungan investasi reksadana, dll. Dengan modal pengetahuan yang mencukupi tentang reksadana akan membuat kamu semakin mantap membeli reksadana.

Gambaran Investasi Reksadana

Gambaran Investasi Reksadana

Untuk melihat seberapa besar keuntungan investasi reksadana maka berikut ini digambarkan skema simulasi reksadana. Diumpamakan kamu mengambil reksadana di lembaga perbankan dengan uang sebesar Rp 500 ribu. Satu tahun kemudian harga reksadana mengalami kenaikan sebesar Rp 700 ribu. Berarti keuntungan yang kamu dapatkan dari investasi reksadana sebesar Rp 200 ribu.

Untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari investasi reksadana diperlukan beberapa strategi. Salah satunya adalah merencanakan tujuan keuangan. Misalkan kamu investasi reksadana dengan tujuan meningkatkan dana darurat, dana pensiun maupun dana pendidikan. Pilihlah jenis investasi reksadana yang sesuai tujuan keuangan kamu. Kamu dapat memilih reksadana saham, reksadana syariah, reksadana pendapatan tetap, atau reksadana campuran.

Jenis-Jenis Reksadana

Untuk lebih lengkap, beriku t ini jenis-jenis reksadana yang terdiri-dari dari empat jenis, antara lain:

1. Reksadana Pasar Uang

Pengumpulan uang yang dilakukan oleh bank, kemudian oleh manajer investasi disalurkan pada obligasi, sertifikat Bank Indonesia atau investasi deposito. Yang menjadi keuntungan investasi reksadana pasar uang adalah sangat aman. Dengan aman ini, laba yang diperoleh agak rendah dibandingkan investasi reksadana di sektor lain.

2. Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana pendapatan tetap adalah jenis reksadana yang uang dari masyarakat disalurkan pada sektor investasi obligasi sebesar 80 persen. Dibandingkan dengan reksadana pasar uang maka keuntungan reksadana pendapatan tetap lebih besar. Keuntungan dapat diangka 10 persen setiap tahunnya.

3. Reksadana campuran

Reksadana yang tidak hanya satu jenis tapi melainkan campuran beberapa jenis. Uang yang dikumpulkan dari masyarakat dimasukkan dalam berbagai macam investasi. Seperti saham, pasar uang, deposito, obligasi dan lain sebagainya. Hal inilah yang membuat reksadana ini disebut investasi reksadana campuran.

Penerapan reksadana campuran sangat bagus. Hal ini sesuai pesan dari investor terkaya, Warren Bufet : “Jangan menyimpan pada telor yang sama.” Investasi yang sangat beresiko rugi dan untung. Jika mengalami kerugian maka ruginya akan tak terlalu besar. Begitu juga sebaliknya, apabila mendapatkan keuntungan maka keuntungannya lebih besar ketimbang investasi di reksadana jenis lain.

Mengetahui Prinsip Kerja Reksadana

Mengetahui Prinsip Kerja Investasi Reksadana

Dalam suatu permainan atau investasi, kamu harus mengetahui cara kerja dan prinsip kerja permainan atau investasi tersebut. Seperti investasi yang kamu lakukan pada reksadana. Investasi reksadana adalah suatu permodalan keuangan yang diberikan pada sejumlah perusahaan. Dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan selisih harga jual.

Pendek kata, investasi yang dilaksanakan oleh reksadana bukan hanya tertuju pada satu perusahaan. Tapi penyebaran investasi sebagaimana sebuah pedoman investasi saham yang berbunyi jangan pernah menyimpan telor pada satu tempat yang sama. Dengan demikian resiko kerugian reksadana lebih kecil ketimbang investasi saham.

Investasi reksadana dilakukan penyebaran saham. Ia tidak hanya mengandalkan satu saham pada satu perusahaan yang sama. Tapi ia mengandalkan beberapa perusahaan untuk menghasilkan laba. Ketika satu perusahaan mengalami penurunan nilai saham maka kerugian akan didapatkan sangat kecil. Sebab ia bisa mengandalkan keuntungan dari saham perusahaan lain yang mengalami kenaikan.

Investasi yang dilakukan pada reksadana dilakukan oleh manajer investasi yang profesional dan handal sehingga resiko tingkat kerugian sangat kecil. Justeru investor reksadana akan memperoleh keuntungan yang didapat dari investasi reksadana berupa return.

Cara Main Reksadana

Cara Main Investasi Reksadana

Jika ditanya investasi saham, mungkin banyak orang yang mengetahuinya. Jika ditanya investasi properti pasti banyak orang tahu terhadap investasi ini. Akan tetapi apabila seseorang ditanya mengenai apa itu investasi reksadana mungkin masih ada orang yang belum mengenalnya. Apa sih investasi reksadana itu?

Investasi reksadana adalah investasi yang sangat menjanjikan, mudah dijalankan dan cocok untuk investor pemula. Bagi pemula yang sama sekali belum pernah investasi reksadana maka perlu mengenali jenis investasi ini. Kamu bisa mempelarinya di internet atau bertanya kepada investor reksadana yang sudah berpengalaman.

Jika kamu masih bingung cara mulai investasi ini, berikut ini cara main investasi reksadana bagi para pemula dari nol sampai akhir, antara lain:

1. Mengetahui istilah dalam dunia reksadana

Mengetahui istilah-istilah dalam dunia reksadana seperti Nilai Aktiva Bersih (NAB), Subscription, NAB/UP, UP, NAB, Portofolio Efek, Bank Kustodian, Manajer Investasi, Prospektus, Redemption, Kontrak Investasi Kolektif, Transaksi Switching, Transaksi Disbursement, rekening efek, simulasi reksadana, reksadana saham, reksadana BCA, reksadana terbaik, dan istilah lain sebagainya.

2. Mengetahui berbagai macam produk reksadana

Apa itu reksadana harus bisa dipahami secara baik sebelum memutuskan menjadi investor reksadana. Kamu bisa mempelajari reksadana di internet maupun manager investasi. Reksadana terdiri dari berbagai macam, antara lain reksadana syariah, reksadana konvensional, reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana campuran, dan lain-lain.

Pedoman Membeli Reksadana

Pedoman Membeli Reksadana

Untuk kamu yang mau investasi reksadana memerlukan bimbingan yang lengkap. Berikut ini langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mengambil investasi reksadana, antara lain:

1. Memilih jenis reksadana

Kamu bisa mengambil reksadana pendapatan tetap, reksadana pasar uang, reksadana saham maupun reksadana campuran. Pemilihan jenis reksadana mesti disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan serta seberapa besar keuangan yang kamu miliki.

2. Menentukan tempat beli reksadana

Kamu dapat membeli reksadana di lembaga perbankan atau membelinya lewat marketplace bukalapak atau tokopedia.

5 / 5. 1584