Web Hosting 2020 : Pengertian dan Cara Memilihnya

  • Whatsapp
web hosting adalah

Artikel ini merupakan penjelasan web hosting yang dibahas secara lengkap dan bahasa yang mudah dipahami bahkan oleh pemula sekalipun. Website hosting terbaik merupakan salah satu unsur penting yang harus terdapat dalam sebuah website. Yang berguna untuk menjamin website dapat diakses secara cepat dan stabil di seluruh dunia. Sebuah website tanpa adanya hosting pasti tidak akan bisa diakses oleh seluruh orang di dunia. Web hosting bagian dari keberadaan website disamping domain dan konten.

Dalam dunia blog atau website sering terdengar kata kata web hosting. Lalu apa itu hosting? Dan apa hubungan dengan domain? Untuk mengetahuinya anda dapat membaca terus artikel ini atau mencari di Google. Untuk sederhananya web hosting sama dengan hosting. Yang berguna untuk menyimpan file dan data website secara online.

Pengertian web hosting berbeda-beda, antara lain :

  1. Sebagian ahli berpendapat bahwa hosting merupakan sarana alat sebagai tempat menyimpan segala data berupa video, gambar maupun tulisan bagi website supaya dapat diakses dan online
  2. Menurut Wikipedia, web hosting yaitu sebuah pelayanan yang diberikan bagi para pengguna dalam rangka menyimpan data dan informasi secara aman. Adapun data dapat berupa video, gambar, tulisan dan foto. Data-data yang tersimpan tersebut bisa diakses melalui blog ataupun website.

Yang mempunyai layanan web hosting adalah perusahaan provider hosting itu sendiri yang berada di Indonesia dan mancanegara. Namun website hosting di luar negeri memiliki harga yang jauh lebih mahal ketimbang perusahaan di Indonesia. Sehingga disarankan bagi anda untuk menggunakan jasa layanan dari perusahaan provider hosting di Indonesia yang lebih murah. Dan terkadang pada momen tertentu memberikan undian hosting gratis.

Untuk mencari provider hosting Indonesia terbaik maka anda dapat menemukannya di Google dengan kata kunci penyedia hosting terbaik atau hosting murah Indonesia dan lain-lain. Untuk yang lebih mudah dan praktis, anda dapat meminta referensi kepada para pemilik website atau blog mengenai provider web hosting yang bagus di tanah air. Berdasarkan pengalaman mereka yang pernah menggunakannya.

Penjelasan Tentang Web Hosting

web hosting adalah

Tidak seperti dulu, orang ngeblog atau membuat website sekedar untuk menyalurkan hobi menulis dan memperkenalkan profil perusahaan. Namun kini membuat blog atau website dapat dijadikan suatu penghasilan tetap yang lumayan besar. Berikut ini beberapa cara menghasilkan dari kegiatan membuat website atau blog, antara lain:

  1. Membuat blog atau web toko online
  2. Membuat blog dan dipasang iklan google adsense
  3. Membuat website yang kemudian slot kosong disewakan sebagai spot iklan mandiri

Bagi anda yang mempunyai modal keuangan terbatas pastinya akan merasakan kesulitan ketika harus mengeluarkan modal uang yang sangat besar untuk membuat blog atau website dari nol sampai jadi. Adapun biaya yang dibutuhkan yaitu biaya pembelian domain dan biaya pembelian template, biaya pembuatan website, serta biaya sewa hosting. Semua itu tidak murah.

Untuk sobat yang merasakan keberatan dengan biaya sewa web hosting yang mahal maka anda bisa mengambil alternatif mencari perusahaan penyedia hosting murah atau gratis di Indonesia. Sangat mudah bagi anda menemukan provider hosting gratis atau murah. Anda  dapat mencarinya di mesin telusur google maupun lewat media sosial.

Web Hosting Indonesia

Indonesia adalah negara besar yang jumlah penduduknya sangat besar. Begitupula jumlah netizen di tanah air lumayan banyak . Sebagian dari mereka menekuni bisnis blogging dan website toko online. Sehingga memerlukan jasa web hosting.

Untuk pilihan lokasi, anda dapat menggunakan jasa web hosting di luar negeri atau di Indonesia. Namun atas nama cinta produk Indonesia maka anda bisa mengambil jasa hosting dalam negeri. Sebab di tanah air terdapat beberapa perusahaan penyedia hosting murah dan terbaik.

Cara Memilih Web Hosting untuk Website Anda

Perusahaan penyedia layanan hosting murah menawarkan berbagai jenis hosting secara lengkap.

Yang meliputi :

  • Colocation Server
  • Virtual Private Server (VPS)
  • Dedicated Hosting
  • Shared Hosting

Untuk penggunaan website yang standar atau biasa cukup dengan mengandalkan Shared Hosting. Akan tetapi, untuk situs, blog atau web yang mempunyai trafik tinggi maka perlu memakai hosting tipe Dedicated Hosting atau VPS.

Dalam penggunaannya, ada hosting yang kualitasnya kurang bagus dan ada yang bagus. Untuk bentuk web hosting terbaik sendiri berupa komputer server. Yang menjadi perbedaannya, Hosting terbaik dilengkapi teknologi mutakhir yang menpunyai kecepatan super tinggi yang terkoneksi internet.

Perbedaan Web Hosting dan Domain

Semua orang paham, ada banyak perbedaan antara web hosting dan domain. Web hosting adalah tempat atau wadah untuk menyimpan data website. Adapun  domain yaitu alamat dari wadah penyimpanan data file web itu.

Kalau diumpamakan website adalah bangunan. Dan bangunan itu mau dibangun di atas kapling-kapling tanah. Kavling tanah itulah yang dinamakan web hosting. Adapun domain adalah alamat bangunan atau petak tersebut. Dengan domain yang ada akan membimbing trafik untuk tiba di bangunan itu.

Perbedaan hosting dan domain dapat dilihat dari segi bentuk. Untuk bentuk hosting seperti server yang didukung teknologi canggih. Adapun domain memiliki bentuk berupa nama domain plus ekstension.

Contoh domain  : elevenconsignment.com atau www.elevenconsignment.com. Penggunaan www atau tanpa www bisa ada atur pada cpanel hosting anda saat melakukan instalasi ke website anda.

Untuk ekstension bisa dot id, dot com, dot net dan lain-lain.

Perhatikan Fitur dan Kapasitas Penyimpanan

Bagi anda yang mau membuat dan membangun website mesti mempersiapkan web hosting dengan matang. Tentu yang dipilih adalah hosting yang memiliki kualitas terbaik dalam segi kecepatan, kapasitas penyimpanan dan fitur yang dimiliki. Umumnya harga hosting sesuai dengan kualitas dan kelengkapan fitur yang diberikan.

Anda bisa menggunakan jasa hosting yang murah meriah. Namun jika anda tak mempunyai uang untuk sewa hosting maka anda bisa memilih jalan yang agak sulit yakni hosting gratis. Beberapa provider menyediakan program undian. Bagi anda yang beruntung maka anda bisa menyewa hosting secara gratis tanpa biaya bulanan.

Alasan Anda Mesti Memiliki Web Hosting

Berikut ini alasan kuat bagi anda untuk mempunyai hosting bagi website anda yaitu bahwasanya sebuah website tak dapat berdiri tanpa adanya domain dan hosting. Banyak orang yang mengharapkan mempunyai website yang bagus. Padahal hosting yang digunakannya kurang bagus. Bahkan tak mau mengeluarkan modal uang untuk biaya sewa hosting. Hal ini mustahil jika anda ingin punya website bagus. Sebab website yang berkualitas baik dibangun atas dasar hosting dan domain terbaik.

Beberapa Paket Web Hosting yang Ada

Website terdiri-dari berbagai macam yaitu website bisnis, website toko online, website informasi, website perusahaan, website pendidikan, website makalah, website lowongan kerja, website sekolah, website pemerintah dan website pribadi. Semua web itu memerlukan wadahnya yang bernama hosting dan alamat domain.

Untuk alamat domain dibuat sedemikian rupa hingga website tampak menarik dan profesional. Misalkan menggunakan tld atau ekstension com. Sebab jika anda menggunakan platform web gratisan seperti blogspot akan tampak kurang serius dan profesional.

Untuk membeli hosting murah maka anda dapat kontak langsung perusahaan penyedia hosting di Indonesia. Dengan web hosting yang anda miliki, maka sobat dapat menyimpan video, gambar, foto dan lainnya dalam hosting. Kapasitas hosting bervariasi tergantung paket yang dipilih. Ada paket hosting 300 MB sampai 48 GB.

5 / 5. 698