Panduan Instagram : Cara Daftar dan IG Marketing 2020

  • Whatsapp
Panduan Instagram IG Marketing

Pernah menggunakan instagram ? Apakah anda tahu bahwa instagram bsia membantu meningkatkan bisnis anda ? Berikut panduan instagram marketing untuk berbisnis yang paling mudah yang bisa anda gunakan.

Seiring perkembangan zaman, kini sosial media tidak hanya digunakan untuk aktivitas posting foto dan video. Kini dengan semakin banyaknya penggunaan media sosial bisa anda manfaatkan untuk melancarkan aktivitas bisnis baik produk atau jasa. Nah, salah satu media sosial yang bisa anda gunakan dan sangat berpengaruh pada proses penjualan adalah dengan menggunakan Instagram.

Read More



Instagram merupakan sebuah media sosial yang sangat populer saat ini hingga mampu memberikan pengaruh yang sangat besar pada sebuah peluang bisnis. Bagaimana tidak, sampai saat ini Instagram sudah memiliki sekitar 700 juta pengguna. Kemudian untuk setiap harinya saja sudah ada sekitar 60 juta foto yang sudah dibagikan dan mendapatkan like 1,6 milyar.

Sehingga saat ini instagram bisa dikenal dengan media sosial berbagi foto dan video yang paling populer. Hal inilah yang akhirnya menjadi alasan bahwa Instagram ini bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk membuka dan mengembangkan produk bisnisnya. Mungkin saat ini anda sedang bertanya-tanya bagaimana panduan Instagram untuk mengembangkan bisnis.

Panduan Instagram untuk Mengembangkan Bisnis Online

Panduan Instagram IG Marketing

Kita ketahui bersama sejak tahun 2016 lalu, Instagram sudah meluncurkan fitur Instagram Business. Nah, dengan memanfaatkan fitur ini anda bisa menjalankan bisnis dengan membuat profil bisnis dengan gratis. Dengan membuka akun bisnis maka bisa mencantumkan nomor telepon, email dan lainnya untuk mendapatkan petunjuk arah. Dengan adanya profil bisnis membuat anda bisa melihat Insights dan kemampuan dalam promosi produk.



Keberadaan Insights pada Instagram memudahkan anda untuk mengetahui informasi tentang followers dan postingan yang bisa menjangkau pelanggan. Dengan begitu anda bisa membuat sebuah konten yang sesuai dengan audience. Selain itu dalam Instagram juga terdapat fitur promote yang bisa menjadikan postingan anda sebagai iklan di Instagram. Nah dengan adanya panduan Instagram akan memudahkan anda berhubungan dengan para pelanggan bisnis.

Cara Mendaftar Akun Instagram Bisnis

Panduan Instagram IG Bisnis

Apabila saat ini anda belum memiliki akun instagram bisnis maka pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara daftar IG dengan mudah. Penasaran? Berikut Langkah langkah daftar membuat akun Instagram :




  1. Panduan Instagram yang pertama silahkan mengunduh aplikasi Instagram. Ketika sudah mengunduh maka silahkan untuk menginstall aplikasi tersebut pada smartphone anda. Kemudian anda bisa membukanya untuk mengikuti tahap selanjutnya.
  2. Kemudian pilihlah Sign Up, pada tahap ini anda diminta untuk memasukkan alamat email dan langsung menekan tombol Next. Kalau anda memiliki akun Facebook juga bisa langsung login dengan memakai akun Facebook.
  3. Ketika anda sudah masih dalam aplikasi Instagram maka langkah selanjutnya pilih menu settings atau pengaturan. Silahkan scroll ke bawah untuk menuju menu akun bisnis.
  4. Ketika anda sudah berhasil mengubah akun Instagram anda menjadi akun bisnis maka langkah selanjutnya adalah memasukkan berbagai informasi penting seperti alamat bisnis, waktu bisnis, dan nomor telepon yang anda gunakan untuk bisnis.

Pengetahuan Dasar IG Marketing

Panduan Instagram selanjutnya agar akun Instagram bisnis anda mudah ditemukan oleh banyak orang maka username yang anda gunakan pada akun Instagram ini sama dengan username yang anda gunakan pada akun media sosial lainnya. Selain itu yang sering muncul pada profil adalah website (untuk mempromosikan konten baru pada website).




Selain itu anda bisa membuat bio data pendek yang berfungsi untuk menjelaskan bisnis yang sedang anda jalankan. Selain itu anda juga perlu memasukkan branded hashtags yang follower anda. Branded hashtags ini merupakan sebuah hashtag yang bisa anda manfaatkan untuk promosi, quiz, events, dan launching produk.

1. Profil Foto Instagram

Nah, panduan instagram kali ini adalah memperhatikan profil Instagram bisnis anda, yaitu anda bisa memasang sebuah logo perusahaan. Selain itu usahakan pada username ini juga menggunakan foto profil yang sama sehingga para pelanggan akan lebih mudah untuk mengenali anda.

2. Follow akun instagram orang lain

Pada tahap awal anda lebih baik melakukan follow akun instagram orang lain sebanyak-banyaknya. Selain itu anda bisa mengikuti akun bisnis orang lain yang ada kaitannya dengan bisnis yang anda jalankan. Selain itu anda juga bisa memfollow akun bisnis yang relevan.

Panduan Instagram Membangun Strategi Marketing Secara Tepat

Panduan Instagram Strategi Marketing

Instagram ini merupakan platform yang mengandalkan visual sehingga untuk membangunnya anda perlu lebih kohesif sehingga lebih mudah untuk diingat. Nah, agar bisnis di Instagram anda bisa berjalan dengan baik maka silahkan simak beberapa tips berikut ini untuk panduan instagram marketing.




1. Menggunakan Instagram Story

Saat ini sudah banyak sekali para pelaku bisnis yang mencari tahu tentang cara upload insta story dengan tepat. Mengingat dengan menggunakan Instagram story maka bisa anda manfaatkan untuk promosi berbagai produk anda. Selain itu dengan adanya instastory ini bisa mengasah kreativitas anda dalam menciptakan video yang menarik perhatian banyak orang.

2. Optimasi Feed Instagram

Selain insta story anda bisa memposting berbagai postingan yang berasal dari feed akun lain. Anda bisa menambahkan stiker yang lucu sehingga menampilkan kesan yang lucu dan cantik. Jadi postingan yang akan anda bagikan pada instastory anda nantinya juga akan menampilkan nama pemilik akun. Sehingga ketika pengikut Instagram anda menge-klik postingan tersebut maka pengikut anda juga bisa beralih ke akun yang membuat postingan tersebut.

Pastinya anda mulai penasaran, bagaimana cara upload insta feed.  Langkah pertama silahkan membuka postingan yang ingin anda bagikan, kemudian silahkan ketuk ikon pesawat kertas untuk share. Silahkan tap untuk mengembangkan postingan ini untuk memilih ke Instastory anda. Untuk lebih menarik maka anda bisa menambahkan stiker.

Apabila anda ingin terlihat kece dan estetik maka anda bisa memindahkan stiker sesuai keinginan. Kalau sudah anda bisa membagikan postingan ini untuk para pengikut anda. Dengan menggunakan insta feed maka ada bisa memposting iklan yang menarik untuk anda tawarkan kepada para pengikut anda.

3. Membangun visual yang konsisten

Langkah selanjutnya dari panduan instagram ini yang bisa anda lakukan adalah membuat visual yang konsisten agar akun instagram anda lebih style. Hal ini bertujuan agar lebih mudah untuk dikenali oleh banyak follower. Ketika foto anda lebih mudah dikenali maka banyak followers yang akan like dan komentar di postingan anda.

4. Instagram live

Sesuai dengan namanya dengan menggunakan Instagram Live maka anda bisa melakukan siaran langsung yang bisa langsung ditonton oleh para follower anda. Sehingga dengan menggunakan siaran langsung maka anda bisa memasarkan produk baru anda dengan lebih seru dan bisa menarik perhatian banyak orang.



Demikianlah penjelasan mengenai Panduan Instagram untuk berbisnis. Dengan memanfaatkan instagram bisnis maka anda bisa mengembangkan bisnis anda dengan berbagai langkah yang sudah dijelaskan diatas. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah pengetahuan anda dalam memanfaatkan berbagai fitur yang ada di Instagram untuk mengembangkan bisnis.

5 / 5. 891

Related posts