5 Cara Mudah Mengaktifkan Whatsapp Dark Mode di Android & iOS

  • Whatsapp
Whatsapp Dark Mode - Cover

Artikel ini akan menjelaskan mengenai cara mudah dalam mengaktifkan whatsapp dark mode di android dan ios kamu. Semakin hari semakin maju saja perkembangan dalam dunia teknologi, tidak terkecuali dalam bidang chatting. Dahulu kita mengenal MIRC, Yahoo Messengger, BlackBerry Messengger atau yang kerap kita kenal dengan BBM, sampai di era Millenial saat ini yang menjadikan aplikasi WhatsApp menjadi aplikasi chatting terbaik.



Read More

Tidak heran WhatsApp menjadi aplikasi chatting terbaik karena aplikasi yang satu ini memiliki sejumlah fitur yang cukup komplit. Mulai dari obrolan, telepon gratis, video call, kirim file seperti gambar, video, ataupun dokumen hingga party video yang memungkinkan Anda melakukan video call dengan beberapa kontak sekaligus dalam satu waktu. Fitur WhatsApp seperti Smile Icon juga menambah ketertarikan pengguna karena dapat menambah keseruan ketika melakukan obrolan.

Mengenal Whatsapp

Mengenal Whatsapp Dark Mode

Diawal kemunculannya pada tahun 2009, WhatsApp dibuat untuk pengguna iPhone, namun seiring dengan berjalannya waktu, aplikasi WhatsApp berkembang dan juga tersedia untuk versi BlackBerry, Android, Symbian dan Windows Phone. Tahun silih berganti, WhatsApp menjadi aplikasi yang memiliki jutaan pengguna hingga pada tahun 2014 bos besar Facebook Mark Zuckerberg tertarik untuk mengakuisisi WhatsApp menjadi anak perusahaan Facebook.



WhatsApp merupakan salah satu pelopor aplikasi chatting yang menjadikan nomor ponsel sebagai “PIN”. Jika pada BlackBerry Messengger Anda harus memasukkan PIN untuk menambah kontak pertemanan Anda, maka pada WhatsApp Anda hanya perlu memasukkan nomor ponsel teman Anda.

Lebih jauh lagi, Anda bisa menambah kontak WhatsApp melalui kontak yang ada pada smartphone Anda. Jika kontak teman pada smartphone Anda terdaftar di WhatsApp, maka otomatis Anda bisa melakukan obrolan langsung dengan teman Anda di WhatsApp.

Pada dasarnya, WhatsApp memang tidak jauh berbeda dengan BlackBerry Messengger. Hal tersebut dapat kita lihat dalam fitur “Tanda pesan sukses terkirim”. Jika pada BBM menggunakan tanda “D” dan “R”, WhatsApp lebih memilih simbol “centang” sebagai tandanya.

Pesan Anda sukses terkirim dan diterima namun belum dibaca jika muncul centang dua berwarna abu-abu. Centang satu menandakan pesan Anda sudah terkirim namun belum diterima, hal ini terjadi karena koneksi teman Anda mungkin sedang tidak aktif. Centang dua berwarna biru menandakan pesan Anda sudah dibaca oleh teman Anda.




Dengan tujuan memberikan pelayanan saling kirim pesan bebas biaya, tentu koneksi internet menjadi satu hal yang paling penting. WhatsApp sendiri cukup stabil dalam hal koneksi. Meskipun koneksi yang Anda gunakan “lemot”, Anda tetap bisa melakukan kegiatan chat dengan teman Anda tanpa kendala yang berarti.

Meskipun memiliki dasar yang sama seperti aplikasi chatting lainnya, WhatsApp dapat mengembangkan sayapnya lebih jauh karena memiliki inovasi-inovasi yang selalu memanjakan penggunanya. Hal tersebut terbukti dengan fitur-fitur baru yang selalu dikembangkan oleh pihak developer.

Cara Mengaktifkan Whatsapp Dark Mode di Android dan iOS

Whatsapp Dark Mode - Cover

Kabar gembira bagi Anda pengguna setia aplikasi chatting terbaik yakni WhatsApp. Kini pihak Developer telah meluncurkan fitur baru yaitu WhatsApp Dark Mode. Mode Dark WhatsApp ini dapat dinikmati seluruh pengguna WhatsApp baik di Android maupun iOS. Fitur ini hadir sebagai solusi kelelahan pada mata dan juga dapat menghemat konsumsi baterai smartphone Anda. Dengan mengaktifkan mode gelap maka Anda dapat meminimalisir ketegangan pada mata dan membuat obrolan chat Anda lebih nyaman tanpa perlu khawatir boros baterai.




Berbeda dengan aplikasi mode gelap lainnya yang memilih warna hitam, WhatsApp Dark Mode lebih memilih untuk memadukan warna abu-abu dan putih tulang sebagai komponen utamanya. Hal ini merupakan keputusan yang bijak karena berdasarkan hasil riset, dengan memadukan warna hitam dan putih polos dapat meningkatkan resiko kelelahan pada mata.

Whatsapp Dark Mode di Android

Bagi Anda pengguna Android 10 atau “Android Q”, Anda bisa langsung mengaktifkan mode gelap WhatsApp melalui perangkat. Dan bagi Anda pengguna Android dibawah Android 10 Anda perlu melakukan beberapa langkah untuk mengaktifkan WhatsApp Dark Mode. Sebelum melangkah untuk mengaktifkan WhatsApp Dark Mode, pastikan lebih dulu bahwa aplikasi WhatsApp Anda adalah aplikasi terbaru.

Jika belum silahkan Update aplikasi Anda di Play Store karena fitur mode gelap hanya bekerja pada aplikasi WhatsApp versi terbaru. Jika WhatsApp Anda sudah versi terbaru, Anda dapat mengikuti 5 langkah dibawah ini untuk mengaktifkan fitur WhatsApp dark mode :




  1. Masuk ke Aplikasi WhatsApp.
  2. Klik Menu “Pengaturan/Settings/Setelan”.
  3. Pilih “Chat/Obrolan”.
  4. Lalu pilih “Tema/Theme”.
  5. Aktifkan “Gelap/Dark”.
  6. Selesai.

Whatsapp Dark Mode di iOS

Bagi Anda pengguna iPhone dengan sistem perangkat iOS 13, Anda dapat mengaktifkan langsung melalui pengaturan perangkat. Namun bagi Anda pengguna iPhone dibawah iOS 13, Anda dapat mengaktifkan fitur WhatsApp Dark Mode seperti halnya mengaktifkannya di Android.

[UPDATE] Dark Mode Versi WhatsApp Web atau WA Web

Dark Mode Whatsapp Web Wa Web

Pada Januari 2015, WhatsApp resmi meluncurkan fitur yang berjuluk “WhatsApp Web”. Seperti halnya versi smartphone, WA Web ini juga membutuhkan koneksi internet guna mengakses fitur yang ada.

Versi Web yang satu ini dibuat agar pengguna komputer juga dapat menggunakan WhatsApp ketika mereka mengoperasikan komputer dan smartphone mereka mungkin sedang dalam proses pengisian baterai.




WhatsApp Web atau WA Web dapat Anda akses pada https://web.whatsapp.com melalui browser di PC atau laptop. Lalu buka WhatsApp di smartphone Anda untuk sinkronisasi.

Klik simbol titik 3 di pojok kanan aplikasi WhatsApp smartphone Anda lalu pilih “WhatsApp Web”. Setelah itu silahkan scan barcode yang ada pada WhatsApp Web atau WA Web.

Sayang sekali pada WhatsApp Web atau WA Web saat ini belum mendukung fitur WhatsApp Dark Mode. Sehingga Anda harus puas dengan tampilan WhatsApp Web secara default. Anda dapat mengatur kecerahan pada layar PC atau laptop Anda untuk meminimalisir cahaya ketika Anda menggunakan WA Web.

Dark Mode Versi Whatsapp Dekstop

Memang WhatsApp menjadi aplikasi chatting yang komplit. Tidak hanya Anda bisa menggunakannya di smartphone atau mengaksesnya melalui web. Pihak developer juga menyediakan versi WhatsApp Dekstop. Hal ini menjadi solusi ketika Anda ingin menggunakan WhatsApp tanpa perlu membuka browser pada PC atau laptop Anda.



Anda bisa mendownload aplikasi WhatsApp Dekstop dengan mengunjungi situs resmi whatsapp. lalu pilih sesuai sistem operasi yang Anda gunakan. WhatsApp Dekstop ini memerlukan sistem operasi Mac OS X 10.10 atau lebih tinggi dan untuk Windows membutuhkan sistem operasi Windows 8 atau lebih tinggi.

Jadi untuk Anda pengguna Windows 8 kebawah harap bersabar mungkin suatu hari nanti akan ada WhatsApp Dekstop sesuai sistem operasi yang Anda gunakan. Setelah Anda mendownload aplikasi WhatsApp Dekstop sesuai sistem operasi yang Anda gunakan, silahkan install aplikasi seperti biasa.

Seperti halnya WhatsApp Web atau WA Web, Anda belum bisa mengaktifkan fitur WhatsApp Dark Mode pada aplikasi WhatsApp Dekstop. Memang saat ini fitur mode gelap di WhatsApp sepertinya lebih berfokus ke versi smartphone. Mungkin di kemudian hari pihak developer akan memberikan update-update sesuai kebutuhan Anda.

5 / 5. 869

Related posts