Membeli Asuransi Online di Indonesia

3,926

Beli asuransi online? Kenapa tidak? Pandemic Covid-19 sangat membuat tubuh rentan terhadap penyakit lain. Selain itu warga menjadi sangat berhati-hati untuk keluar rumah. Akibat lainnya adalah banyak sekali usaha yang menurun dan pendapatan yang jauh berkurang bahkan tidak cukup untuk membiayai pengobatan saat positif terkena Covid-19.

Hal ini menjadi salah satu faktor pentingnya menggunakan asuransi, namun asuransi apa yang sesuai? ElevenConsignment berpendapat bahwa kamu harus mencari asuransi online resmi yang sudah diawasi oleh OJK.

Sebelumnya sudah dibahas mengenai daftar perusahaan asuransi terbaik menurut elevenconsignment, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara membeli asuransi secara online di Indonesia dan perusahaan asuransi apa saja yang menerima cara pembelian secara online.

Asuransi Online Terbaik yang Diawasi OJK

Asuransi Online

Beberapa perusahaan asuransi telah memberikan penawaran menarik ke banyak orang agar mereka dapat membeli asuransi online mereka, dengan cukup mengunjungi situs resmi perusahaan asuransi tersebut.

Hal ini merupakan awal yang bagus bagi dunia asuransi karena sudah tidak perlu melakukan temu langsung untuk mendapatkan perhitungan asuransi ataupun pendaftaran asuransi melalui tatap muka. Cukup mengisi formulir digital yang telah disediakan oleh masing-masing situs perusahaan asuransi tersebut.

Asuransi Online “Sun Life”

Asuransi Online Sun Life

Seperti akan mengetahui adanya pandemic Covid 19 ini, perusahaan asuransi Sun Life pada tahun 2021 mulai merancang sebuah asuransi online yang bekerjasama dengan Bank CIMB Niaga. Beberapa produk yang dikhususkan kepada nasabah yang ingin menggunakan asuransi secara online yaitu X-Tra Active Pro dan X-Tra Active Plus.

Baca juga : 6 Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk, TLO, dan Triknya

Lalu apa sih yang bisa diunggulkan dari asuransi online di CIMB Niaga? Berikut beberapa keunggulan secara umum yang bisa kamu ketahui :

  • Kamu cukup membayar sekali saja untuk mendapatkan perlindungan selama 3 bulan, 6 bulan, dan bisa juga selama 1 tahun
  • Asuransi ini bisa digabungkan dengan BPJS ataupun asuransi lainnya
  • Tidak perlu temu langsung untuk melakukan pendaftaran, kamu bisa lakukan semua pendaftaran ataupun pembelian asuransi secara online dan bisa langsung serah terima polis digital atau istilah lainnya adalah e-polis (perlindungan aktif)
  • Proses pemberian manfaat sangat praktis yaitu akan langsung ditransfer ke rekening pemegang polis
  • Tidak adanya batasan rumah sakit

Hal di atas merupakan manfaat umum yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan asuransi CIMB Niaga secara online. Untuk masing-masing manfaat dari kedua produk yang dikatakan sebelumnya, akan dibahas di bawah ini :

Asuransi X-Tra Active Plus

Produk ini memberikan keunggulan dengan memberikan pemegang polis sebuah santunan rawat inap yang disebabkan oleh kecelakaan atau juga penyakit yang dapat menular. Nilai manfaat yang akan di dapatkan hingga Rp 1.600.000 per hari nya.

Ahli waris juga mendapatkan manfaat jika pemegang polis meninggal dunia yang diakibatkan oleh apapun hingga sebesar Rp 80.000.000.

Nasabah tidak perlu khawatir mengenai besaran premi, karena cukup terjangkau yaitu hanya sebesar Rp 300.000 selama setahun (per tahun).

Asuransi X-Tra Active Pro

Mirip dengan asuransi X-Tra Active Plus yaitu santunan berupa rawat inap yang disebabkan oleh kecelakaan dan penyakit penular (yang terdaftar) sebesar hingga Rp 800.000 per hari nya.

Selain itu manfaat meninggal bagi ahli waris juga didapatkan jika pemegang polis meninggal dunia disebabkan oleh kecelakaan sebesar Rp 80.000.000 hingga Rp 240.000.000 tergantung kasus kematian yang sebagaimana telah dijelaskan di dalam polis asuransi itu sendiri.

Premi sangat terjangkau yaitu hanya memerlukan dana sebesar Rp 180.000 per tahun.

Asuransi Online “AXA”

Sudah dimulai pada tahun 2018, perusahaan asuransi yang diawasi OJK ini menawarkan nasabah untuk bisa membeli polis asuransi secara online. Beberapa produk asuransi online dari AXA terdiri dari :

AXA Hospital Plus Life

Sebuah asuransi kesehatan yang disajikan untuk nasabah asuransi sebagai bentuk perlindungan atas kesehatan dan jiwa. Manfaat yang diberikan oleh produk ini berupa jaminan penggantian atas biaya rawat inap pada rumah rumah sakit yang beraliansi dengan AXA.

Santunan duka dan juga pengembalian premi 100% dilakukan pada tahun ke 12 jika selama itu tidak adanya klaim Rawat Inap atau tidak melakukan klaim (ROP).

AXA Life & safe

Produk asuransi online dari AXA ini merupakan asuransi jiwa online yang memberikan perlindungan nasabah yang penerima manfaatnya adalah sang ahi waris. Tidak hanya itu, pemegang polis yang masih hidup sampai masa akhir perlindungan pun akan mendapatkan manfaat dari produk ini.

AXA SmartDrive

Produk asuransi online dari AXA ini lebih kepada memberikan perlindungan atas kendaraan mobil nasabah. Produk ini termasuk ke dalam bentuk asuransi kendaraan yang komprehensif yang memberikan manfaat luas bagi pemegang polis.

AXA SmartTraveller

Jenis produk asuransi online AXA SmartTraveller diperuntukan bagi kamu yang suka menjelajahi dunia. Asuransi perjalanan ini memiliki perlindungan Penundaan Perjalanan, Perlindungan Terhadap Bagasi dan Barang Milik Pribadi, dan juga Pengurangan Perjalanan.

Jika kamu ingin mendapatkan VISA Schengen Eropa maka kamu perlu memiliki AXA SmartTravel sebagai salah satu Indonesia Travel Insurance yang terpecaya.

Asuransi Online “FWD”

Asuransi Online FWD

Apa itu Asuransi FWD ? FWD merupakan singkatan dari nama sebuah perusahaan yaitu dari PT. Financial Wiramita Danadyaksa yang sebelumnya dikenal sebagai PT. Asuransi Agrapana Aksata.

Dalam hal ini asuransi online FWD adalah PT FWD Life Indonesia (FWD Life) yang juga dapat disebut sebagai perusahaan asuransi jiwa patungan dan merupakan bagian dari grup FWD.

Cara mendaftar dan membeli asuransi FWD secara online sangat mudah, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

  1. Kunjungi situs resmi asuransi FWD di https://www.fwd.co.id/
  2. Lalu isi form dengan salah satunya dalah memilih salah satu jenis pekerjaan kamu
  3. Melengkapi data diri dal selanjutnya memilih cara pembayaran yang sesuai
  4. Selanjutnya FWD akan mengirimkan e-policy melalui email yang kamu daftarkan

Lantas apa saja asuransi yang dijual secara online di FWD ? Beberapa jenis asuransi online FWD, sebagai berikut :

Asuransi Kecelakaan Diri

Sebuah produk yang memberikan manfaat meninggal dunia akibat kecelakan dengan biaya penanggungan sebesar Satu Miliar Rupiah. Manfaat akan diberikan bagi penerima kecelakaan yang diakibatkan oleh kegiatan dengan resiko tinggi seperti travelling dan olahraga ekstrim, ataupun kecelakaan tidak terduga ringan seperti saat menonton konser.

Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life)

Produk asuransi online dari FWD satu ini memberikan uang pertanggungan yang besar senilai Satu Miliar Rupiah untuk kasus meninggal dunia karena kecelakaan di tahun pertama dan di tahun kedua. Uang pertanggungan juga diberikan dalam jumlah yang sama yaitu Satu Miliar Rupiah untuk meninggal dunia dengan sebab apapun pada tahun ketiga dan seterusnya. Asiknya asuransi online FWD jiwa berjangka dapat kamu perpanjang secara tahunan hingga kamu berusia 80 tahun dengan batas usia pendaftaran asuransi pada kisaran usia antara 18 tahun hingga 55 tahun.

Ada syarat yang dikhususkan bagi pendaftar asuransi jiwa FWD, garis besarnya yakni sebagai berikut:

  • Memastikan bahwa saat pendaftaran dalam kondisi sehat atau tidak sedang menderita penyakit atau pernah mengalami penyakit jantung, paru, stroke, tekanan darah tinggi, kanker / tumor, kencing manis, sirosis, gagal ginjang, HIV/AIDS, dan penyakit lain yang akan dijelaskan di dalam polis.
  • Tidak dalam pengaruh obat-obatan terlarang atau pernah mengkonsumsi narkoba dalam waktu berdekatan sebelumnya
  • Tidak memiliki riwayat penolakan pengajuan asuransi sebelumnya, tidak dalam kondisi penangguhan premi pada asuransi lain, tidak pernah mendapatkan penalti pada asuransi lain, dan juga tidak pernah dibatalkan karena wanprestasi sesuai dengan perjanjian kepada asuransi sebelumnya.

Perlu diingat walaupun polis kamu telah disetujui namun dalam perjalanan ditemukan adanya misprestasi atau dalam arti adanya penyembunyian informasi sebenarnya kepada perusahaan asuransi terkait, maka pihak asuransi FWD bisa membatalkan polis yang sudah berjalan tanpa pengembalian dana yang sudah dikeluarkan oleh pemegang polis.

Asuransi Online “Zurich”

Asuransi Online Zurich

Zurich merupakan sebuah perusahaan asuransi perjalanan yang dilakukan secara online. Zurich memiliki portal untuk melakukan pemesanan secara online yang bernama Zurich Click.

Pada Zurich Click kamu bisa memberikan data perjalanan kamu untuk memperoleh sebuah penawaran harga premi dan coverage asuransi perjalanan zurich. Asuransi Online Perjalanan dari Zurich atau lebih dikenal dengan nama Zurich Travel Insurance adalah salah satu dari sekian perusahaan asuransi yang bisa memenuhi syarat mendapatkan VISA Schengen ke Eropa.

Asuransi online Zurich sangat praktis untuk digunakan karena kamu bisa melakukan klaim langsung secara online dimanapun dan kapanpun.

Asuransi Online “JagaDiri”

Asuransi Online JagaDiri

Darinama nya saja sudah terlihat bahwa ini merupakan jenis asuransi online dengan memberikan beberapa manfaat mengenai tubuh pemegang polis. JagaDiri merupakan sebuah portal asuransi besutan PT Centra Asia Financial atau disingkat CAF yang sudah mengantongi ijin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan juga Anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Beberapa produk asuransi online yang ditawarkan oleh JagaDiri, sebagai berikut :

Asuransi Kesehatan

Beli asuransi online kesehatan dari JagaDiri sangat mudah dan juga kamu akan mendapatkan penawaran menarik untuk perlindungan finansial akan kesehatan kamu, dari penyakit Demam berdarah.

Keunggulannya adalah kamu hanya perlu membutuhkan satu premi saja untuk mendapatkan manfaat asuransi sekeluarga, hal ini termasuk rawat jalan, dan jika kamu tidak melakukan klaim dalam batas waktu tertentu maka uang akan dikembalikan sebesar 25%.

Asuransi murah dengan biaya premi hanya sebesar 90 ribuan selama sebulan untuk usia 20 tahun.

Asuransi Kecelakaan

Secara garis besar jenis produk asuransi online atas kecelakaan ini memiliki manfaat yang tidak jauh dengan perusahaan asuransi lain, hanya saja pada produk asuransi online perusahaan JagaDiri memberikan jaminan uang kembali.

Asuransi Jiwa

JagaDiri memberikan penawaran berupa asuransi jiwa online dengan uang pertanggungan atas meninggal dunia bukan karena kecelakaan.

Kelebihan Beli Asuransi Online

Kelebihan Beli Asuransi Online

Sudah dibahas mengenai daftar perusahaan asuransi terbaik di Indonesia yang bisa melakukan pendaftaran secara online dan juga sudah diawasi atau terdaftar resmi di Otoritas Jasa Kuangan (OJK). Kali ini ElevenConsignment akan memberikan beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika melakukan pembelian asuransi secara online, diantaranya :

Kemudahan dan Praktis

Tidak perlu repot untuk datang ke kantor asuransi, ataupun menunggu sales asuransi datang menemui kamu. Kini dengan adanya pembelian asuransi online akan mempermudah semua proses karena kamu hanya memerlukan dua hal yaitu gadget dan koneksi internet.

Perbandingan Polis Lebih Mudah

Kamu bisa dengan mudah langsung membandingkan setiap jenis asuransi ataupun antara perusahaan asuransi secara online tanpa perlu mengkhawatirkan beban biaya mengunjungi kantor di setiap tempatnya.

Saat ini sudah ada banyak sekali portal, blog, youtuber yang memberikan pembahasan mengenai keunggulan dari banyak asuransi di Indonesia. Kamu bisa cek dan kamu bisa mencari tahu dengan sangat mudah. Jadi kamu tidak akan salah dalam memilih asuransi online ya.

Proses Cepat dan Aman

Perlu diingat hanya memilih perusahaan asuransi online yang benar-benar kredibel. Terdaftar PT nya dan produknya pun sudah diawasi oleh OJK. Namun tidak hanya itu perlu dilakukan studi terhadap feedback yang sudah pernah diberikan oleh nasabah lainnya.

Proses cepat karena semua bisa dilakukan di portal yang telah disediakan secara online. Kamu tidak perlu datang ke kantor asuransi. Lebih aman karena data diri kamu langsung masuk ke dalam database perusahaan asuransi.

Promo Menarik ada Banyak

Kamu bisa mendapatkan banyak sekali informasi atas promo-promo asuransi online di situs resmi nya dan bahkan bisa kamu dapatkan melalui marketplace yang sudah bekerjasama dengan pihak asuransi.

Klaim Asuransi yang Mudah

Calon nasabah pemegang polis konvensional (non online insurance) pasti sering mengalami penolakan klaim asuransi yang sudah diajukan setelah menunggu beberapa lama setelah pengajuan dilakukan. Hal ini berbeda pada asuransi online, kamu bisa mendapatkan hasil disetujui ataupun tidak terhadap klaim yang kamu lakukan.

Semua dilakukan secara online melalui portal resmi atau website perusahaan asuransi terkait.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 7755

No votes so far! Be the first to rate this post.

/* */
error: Alert: Content is protected !!