Mengenal Tentang Instagram Ads : Jenis dan Cara Kerja

Mengenal Tentang Instagram Ads

Saat ini sudah lebih dari 1 milyar pengguna dari instagram dan tidak sedikit pelaku bisnis mengenal tentang instagram ads sebagai media promosi bisnis mereka. Tentunya melihat data ini, bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang cukup menguntungkan. Terlebih dalam urusan pemasaran produk atau jasa. Mengingat ini menggunakan sistem online maka jangkauan para pelanggan potensial akan lebih luas.



Read More

Nah dengan menyadari adanya peluang bisnis yang cukup komersial membuat IG saat ini sudah meluncurkan fitur baru yang digunakan untuk berbisnis yaitu Instagram Ads. Peluncuran ini sudah resmi sejak bulan Oktober 2013 lalu. Terbukti tanpa waktu panjang, fitur baru dari IG ini sudah banyak dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis online sebagai strategi penjualan.

Mengenal Tentang Instagram Ads

Mengenal Tentang Instagram Ads

Kita ketahui bersama bahwa ada banyak sekali keunggulan yang membuat banyak para pelaku usaha online tertarik untuk mengenal tentang Instagram Ads dan menggunakannya. Penasaran apa saja keunggulannya? Selengkapnya silahkan simak penjelasannya berikut ini :




  1. Kita ketahui bersama kalau iklan yang ada pada fitur instagram ini tidak begitu agresif. Berbeda dengan tampilan iklan di platform media sosial lainnya. Ketika melihat postingan iklan di instagram maka anda akan melihat layaknya postingan video dan foto yang biasa anda saksikan di akun teman. Sehingga iklan di IG ini akan terlihat lebih natural dan lebih mudah diterima oleh orang banyak.
  2. Keunggulan kedua ketika anda menggunakan fitur instagram adalah bisa mengadopsi sistem targeting yang sama dengan yang diterapkan pada Facebook. Sehingga anda bisa mendapatkan target konsumen yang lebih spesifik mulai jenis kelamin, usia, lokasi, hobi, dan lainnya.
  3. Keunggulan selanjutnya yang bisa anda rasakan dari fitur Instagram adalah sudah tersedia banyak variasi format iklan mulai dari video, foto, dan carousel.
  4. Menggunakan fitur instagram ini, pengaruh iklannya lebih signifikan dalam hal promosi. Mengingat dalam instagram sudah tersedia fitur yang bisa meningkatkan engagement seperti kunjungi situs web, follow, dan download aplikasi. Tentunya sangat menarik untuk anda yang ingin mengembangkan bisnis online lebih besar lagi.

Tentunya anda sudah pernah mendengar kalau Facebook sudah berhasil mengakuisisi Instagram dan menerbitkan instagram ads sebagai media promosi berbayar unggulan. Sehingga dengan adanya akuisisi tersebut membuat seluruh pengaturan periklanan di Instagram harus terintegrasi dengan pengaturan yang berlaku di Facebook. Nah, dari sinilah anda akan menggunakan fitur Power Editor di FB untuk mengatur scheduling, budgeting, dan berbagai pengaturan lainnya yang berhubungan dengan iklan di Instagram.

Istilah – istilah pada Instagram Ads

Bagi anda yang baru mengenal tentang Instagram Ads maka anda harus mengetahui dan memahami tentang berbagai istilah-istilah pada Instagram. Mulai dari istilah Power Editor, Ads Manager, Business Manager dan lainnya. Hal ini bertujuan agar anda tidak mengalami kendala saat melakukan promosi produk atau jasa anda dengan menggunakan Instagram.




  1. Power Editor

Kita ketahui bersama Power Editor merupakan salah satu aplikasi iklan yang ada di Facebook.  Keberadaannya memang dirancang untuk melakukan pengiklanan dalam skala besar bisa langsung dibuat, diedit dan diterbitkan beberapa iklan dalam satu klik saja.

Selain itu dengan menggunakan fitur ini anda bisa melakukan pengontrolan iklan kampanye yang sudah dibuat. Selain itu anda juga bisa menggunakan berbagai fitur lainnya untuk membuat, mengelola, duplikasi dan mengedit berbagai iklan sekaligus dalam satu waktu.

Selain itu penggunakan Power Editor bisa mengimport iklan dengan menggunakan Excel. Caranya cukup mudah anda tinggal mengunduh template yang sudah disediakan untuk proses pengiklanan anda. Selain itu anda juga bisa menemukan kampanye dan iklan dengan mudah dengan menggunakan filter dan fitur pencarian yang sudah ada.

  1. Ads Manager

Istilah selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah Ads Manager yang berfungsi sebagai mengelola serta membuat Instagram dan Facebook secara bersamaan.

Tentunya dengan menggunakan Ads Manager ini bisa memudahkan anda dalam membuat iklan, menjalankan iklan, melakukan target, dan menentukan modal atau anggaran untuk iklan. Kemudian juga untuk menunjukkan kinerja dari iklan, rangkuman riwayat dan berbagai informasi tentang metode pembayaran iklan.

  1. Business Manager

Aplikasi dari Facebook ini memang digunakan untuk aktivitas beriklan. Kita ketahui bersama kalau antara akun Facebook dan Business Manager ini berdiri sendiri. Jadi akun Facebook ini memiliki beberapa Business Manager. Menggunakan fitur ini anda bisa memuat lebih dari 10 iklan. Kalau fitur yang ada pada Business Manager ini bisa memudahkan anda dalam membuat dan mengelola Ads Manager.

Jenis Format Pada Instagram Ads

Pada tahap ini akan dijelaskan tahap selanjutnya dari mengenai tentang instagram ads yaitu mengenai berbagai jenis iklan yang sudah disediakan oleh platform Instagram Ads. Sehingga nantinya anda akan lebih mudah untuk menyesuaikan berbagai jenis iklan pada Instagram yang akan anda gunakan sesuai dengan kebutuhan promosi. Dalam hal ini ada beberapa jenis yang bisa anda gunakan pada media sosial. Mulai dari Image Ads, Video Ads, dan Instagram stories Ads.



  1. Image Ads

Pada jenis Image Ads ini mengandung berbagai konten gambar. Image Ads ini merupakan salah satu jenis iklan yang paling banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis karena lebih mudah. Ketika anda memilih iklan gambar pada Instagram maka ada beberapa syarat yang harus anda lakukan yaitu format gambar sudah Jpg atau Png. Kalau untuk ukuran gambar potret ini 1080 x 1080 piksel. Kemudian resolusi gambar minimal setelah di uplod yaitu 600 x 600 piksel.

Kalau untuk ukuran gambar iklan dengan landscape yaitu 1200 x 628 piksel. Kemudian untuk resolusi minimal gambar iklan setelah di upload yaitu 600 x 600 piksel. Kemudian untuk ukuran gambar pada iklan di Instagram ini lebih baik kurang dari 20% ukuran pada gambar.

  1. Video Ads

Kalau fitur Video Ads pada instagram yaitu iklan yang mengandung konten video. Hampir sama dengan fitur Image Ads, iklan yang berbentuk video ini memiliki beberapa persyaratan yaitu menggunakan format mp4. Kalau untuk rasio video landscape ini 1.91:1 atau vertical 4:5 dengan Resolui 600 x 315 piksel. Kalau untuk vertikal Resolusinya 600 x 600 piksel untuk square dan 600 x 750 untuk vertical. Sementara dusari maksimal pada video instagram ini 60 detik dengan ukuran maksimalnya 4GB.

  1. Instagram Stories Ads

Dalam hal ini para pebisnis bisa memanfaatkan Instagram Stories Ads untuk konten berupa gambar dan video. Kalau untuk gambar harus dengan ukuran 1080 x 1920 piksel. Kalau untuk video ini harus menggunakan format video seperti MP4, GIF, MOV dengan ukuran 9:16. Kemudian untuk durasi maksimal pada video ini adalah 15 detik.



Demikianlah penjelasan mengenai mengenal tentang Instagram Ads, cara kerja dan berbagai jenis-jenisnya. Sehingga anda akan lebih mudah memahami Instagram untuk memudahkan anda dalam menjalankan bisnis online yang sukses. Semoga penjelasan ini berguna untuk anda dalam memanfaatkan Instagram untuk berbisnis.

5 / 5. 666

Related posts