SEO

Info Update ! Cara Mengetahui Backlink Berkualitas 2020 !

Salah satu aspek penting yang mesti dipelajari buat tingkatkan peringkat website kamu lewat SEO adalah cara mengetahui backlink berkualitas. Aspek ini sangatlah sulit bukan cuma para blogger maupun pemilik website lainnya, namun juga bagi beberapa pakar SEO.


Kekuatan backlink bisa meningkatkan peringkat SERP atau Search Engine Result Pages, hingga penting buat menggali informasi terkait cara mengetahui backlink berkualitas. Apabila kita bisa dapatkan backlink yang berkualitas maka situs kamu bisa berada di posisi teratas halaman mesin pencari seperti Google. Tapi tentu saja kamu mesti tahu dulu pengertian backlink kan?

Pengertian Backlink

Salah satu langkah awal dari belajar SEO sebagai cara mengetahui backlink berkualitas tentunya harus mengetahui pengertian backlink itu dulu bukan?


Backlink merupakan sebutan buat tautan atau link yang mengarah ke website kita. Sebagai salah satu aspek penting dalam menentukan peringkat website di penelusuran mesin pencari, backlink bisa dipakai buat jadi rujukan yang memudahkan pengguna atau dijadikan keperluan optimasi agar website kamu populer di mesin pencari.

Selain mengetahui pengertian backlink, kamu juga mesti tahu jenis backlink berdasarkan sisi manfaat. Salah satunya adalah dofollow yang lebih diminati karena nilai tingginya di mata mesin pencari dibanding jenis nofollow yang tidak memberikan efek banyak buat website kamu.

Jenis-jenis Backlink

Setelah tahu pengertian backlink, maka langkah selanjutnya dari cara mengetahui backlink berkualitas adalah dengan mengenal jenis-jenis backlink.

Jenis-jenis backlink sendiri beragam, mari bahas beberapa diantaranya.

Contextual Backlink

Backlink jenis ini bisa diperoleh dengan bikin artikel atau postingan saja dengan selipan link yang mengarah ke website kamu. Kamu cuma perlu cari website yang sediakan Content Management System atau CMS buat dapatkan atau membangun backlink, seperti WordPress, Blogspot, Kaskus, dan lainnya.



Blog Comment Backlink

Dari semua jenis-jenis backlink, Blog Comment Backlink sangatlah mudah didapatkan. Kamu cuma mesti mencari website dengan artikel komentar di bawahnya dan masukkan link website kamu di kolom komentar itu. Tapi ingat ya, pastikan website itu punya tema sejenis atau relevan sama website kamu serta punya otoritas tinggi, low outbound link atau orang yang ikut komentar sedikit serta bersifat dofollow.

Link Profile Backlink

Kamu bisa dapatkan jenis backlink ini di social media atau akun website komunitas dimana kamu daftar jadi anggota. Isi saja biodata di setting profile yang biasanya ada kolom buat mengisi link website. Kalau link website kamu sudah tercantum di sana, maka kamu sudah dapatkan backlink dari profil.

Social Bookmark Backlink

Dibanding jenis-jenis backlink lainnya, jenis backlink satu ini termasuk paling populer. Social Bookmark Backlink merupakan tempat menyimpan maupun menandai berbagai list website hingga menjadi lahan buat spam backlink karena banyak pengguna yang tahu. Karena itu syarat pakai atau dapatkan backlink dari website ini bakal lebih merepotkan.



Blogroll Backlink

Salah satu cara mengetahui backlink berkualitas adalah dengan mengetahui jenis-jenis backlink, termasuk Blogroll Backlink yang dulu banyak dipakai para pencari backlink. Cara membuatnya cuma dengan menaruh link halaman website yang sudah di-list di bagian sidebar. Tapi teknik ini sudah ditinggalkan, website jaman sekarang mesti bersih dari widget tidak perlu.

Document Sharing Backlink

Website document sharing bisa menampung berbagai dokumen seperti pdf, word, excell, powerpoint dan lainnya. Kamu cuma mesti punya artikel dari website tier 1 atau artikel dari website utama yang sudah dimodifikasi saat dibuat di dokumen. Jangan lupa selipkan link website kamu ya di dokumen itu. Intinya, bikin dan upload dokumen dan nantikan efek dari backlink ini.



Image Sharing Backlink

Prosesnya sama seperti website document sharing, bedanya kalau yang satu berbentuk dokumen, jenis backlink ini berbentuk image yang bisa juga dimasukkan deskripsi singkat atau link website kamu.

Social Media Backlink

Kamu bisa dapatkan backlink jenis ini dengan menaruh link website di biografi, share link website di beranda, atau bisa juga dengan membuat note. Sayangnya banyak website social media cuma bikin website mereka jadi nofollow hingga backlink cuma didapat dari hasil redirect saja.

Guestbook Backlink

Mirip dengan blog comment, cuma bedanya ada di letak guestbook yang dulu bisa ada dimana-mana bahkan hampir di seluruh halaman. Namun saat ini, letak guestbook cuma di halaman seperti contact us. Kalau masih mau dapat backlink jenis ini, pastikan cari website yang masih sedikit spam link nya ya.



Footer Backlink

Kamu bisa dapatkan jenis backlink ini kalau kamu termasuk jasa pembuat theme atau website. Kamu bisa menaruh link website di footer website lain yang kamu buat tentu saja website yang sudah jadi atau theme yang dipakai itu websitenya dioptimasi juga ya. Namun jenis backlink ini kurang efektif terutama buat kamu yang punya banyak website yang mau dioptimasi.

Cara Mengetahui Backlink Berkualitas

Nah, sekarang mari bahas inti artikel ini, cara mengetahui backlink berkualitas tinggi. Selain memanfaatkan metode peletakan backlink profile, guest post, atau social bookmarking yang gratis, kamu juga bisa dapatkan backlink berkualitas yang berbayar, seperti kerjasama dengan sponsor post atau content placement.

Berikut beberapa cara mengetahui backlink berkualitas lainnya :



  • Rajin bangun relasi pertemanan.
  • Bikin konten yang menarik serta unik.
  • Tulis informasi yang banyak dicari.
  • Lakukan aktivitas blogwalking ke website dengan topik sama.
  • Pakai tools seperti MOZ, Majestic, atau Ahrefs yang bisa tampilkan data backlink dari website kompetitor.

Ciri-ciri Backlink Berkualitas

Kalau kamu mau tahu cara mengetahui backlink berkualitas tentu saja perlu mengenal apa saja ciri-ciri backlink berkualitas bukan?

Nah, berikut ciri-ciri backlink berkualitas yang mesti kamu tahu biar website kamu berada di halaman pertama di hasil pencarian mesin pencari.

Backlink Berasal Dari Artikel Berkualitas Tinggi

Ciri-ciri backlink berkualitas tinggi adalah mesti bersumber dari artikel yang juga berkualitas tinggi. Soalnya kalau kamu memasukkan backlink ke artikel yang berkualitas rendah maka bakal mengganggu peringkat website kamu.



Artikel berkualitas tinggi bisa dilihat dari judul serta isi yang relevan dan lengkap, tidak melakukan keyword stuffing, tampilan situsnya nyaman, responsive atau mobile friendly, serta punya hyperlink yang tidak asal-asalan.

Backlink Berasal Dari Blog Yang Relevan

Ciri -ciri backlink berkualitas tinggi lainnya adalah mesti bersumber dari blog yang memiliki konten sama atau sejenis dengan website kamu ya. Kalau website kamu soal kesehatan maka jangan mencari blog yang membahas mengenai otomotif. Backlink yang relevan sangat penting buat meningkatkan peringkat website kamu di halaman mesin pencari.

Backlink Dimasukkan Di Artikel

Google menurut beberapa situs terpercaya lebih suka kalau link dimasukkan ke dalam artikel, karena lebih original dan dinilai baik oleh robot Google. Jadi ciri-ciri backlink berkualitas tinggi lainnya adalah tentu saja mesti dimasukkan ke dalam artikel dengan tema sejenis atau sama.

Backlink Dimasukkan Di Domain .EDU atau .GOV

Banyak webmaster dan blogger yang memilih domain .Edu dan .Gov sebagai tempat menanam link. Soalnya kedua situs berdomain itu sudah sangat dipercaya robot Google, jadi link kamu bakal dinilai bagus serta berkualitas. Namun buat mendapatkan backlink dari kedua domain ini sangatlah sulit, terutama buat pemula.

Backlink Dimasukkan Dari IP Yang Berbeda

Backlink berkualitas tinggi menurut Google adalah kalau IP yang dimasukkan berbeda dengan website kamu. Buat tahu IP situs lainnya kamu bisa pakai Command Prompt buat Windows dan Network Utility buat Mac. Karena itulah banyak pembuat jasa backlink atau PBN pakai IP berbeda-beda di tiap domain.



Backlink Dimasukkan Dari Situs Bertrafik Tinggi

Kalau kamu dapatkan backlink dari situs orang lain yang trafiknya tinggi, maka bisa jadi 5% pengunjung situs itu bakal mengunjungi website kamu.

Cari Backlink Dari Domain Lama Tapi Masih Aktif Update

Selain bisa dapat backlink dari situs ber-DA dan PA yang sangat bagus bisa berefek positif buat website kamu, situs yang sering melakukan update memiliki nilai lebih di Google.

Penempatan Backlink Yang Tepat

Ciri-ciri backlink berkualitas tinggi menurut Google adalah jika ditempatkan di posisi yang tepat dan tidak sembarangan, misalnya di dalam artikel.


Demikian artikel mengenai cara mengetahui backlink berkualitas tinggi, semoga membantu kamu buat memilih cara terbaik ya.

Recent Posts

Kinemaster Pro Apk Aplikasi Edit Video Terbaik

Kinemaster Pro akan dibahas dalam artikel ini. Perkembangan era teknologi memberikan dampak ke semua hal termasuk di ranah digital. Bagi… Read More

2 weeks ago

Fmwhatsapp 6.67 Apk Download Versi Terbaru 2021

Fmwhatsapp sedang banyak diperbincangkan. Tahukah apa itu fmwhatsapp? Banyak sekali memang aplikasi chatting yang mana bisa kita nikmati semenjak perkembangan… Read More

2 weeks ago

Tdomino Boxiangyx

Beberapa waktu belakangan ini, pembahasan mengenai Tdomino di kalangan gamers jadi semakin ramai. Aplikasi ini sendiri, merupakan alat yang bisa… Read More

2 weeks ago

Link Twitter Viral Video Museum Terupdate dan Terbaru 2021

Sudah bukan rahasia publik lagi, jika viral video museum memang selalu dicari para pecintanya. Berbagai link sudah bermunculan dan meotde… Read More

2 weeks ago

Aplikasi Lightroom Mod Apk 2021 : Kelebihan, Fitur dan Link Download

Aplikasi Lightroom Mod sedang ramai diperbincangkan. Apakah kamu termasuk orang yang menyukai kegiatan berfoto atau mengedit foto sebagai sarana untuk… Read More

2 weeks ago

GTA SA Lite Download Lite APK Mod + OBB Tanpa Root Update

GTA SA Lite Download akan dibahas dalam artikel ini. Siapa yang belum mengenal game Grand Theft Auto atau yang lazim… Read More

2 weeks ago

This website uses cookies.