Ilmu Dasar VPN : Apa itu VPN dan Cara Menggunakan VPN

Apa Itu VPN

Apabila saat ini anda sedang mencari informasi tentang apa itu VPN dan bagaimana cara menggunakan vpn ? maka silahkan simak penjelasan ini sampai selesai. Tentunya sebelum membahas VPN lebih dalam alangkah baiknya kalau anda paham dulu tentang pengertian VPN (Virtual Private Network). Mengingat pengertian ini menjadi kunci dasar sebelum anda membahas mengena fungsi VPN, Jenis-jenis VPN, dan cara kerjanya.

Satu hal yang pasti penggunaan VPN ini akan membuat jaringan internet anda lebih mudah dan menguntungkan bagi para penggunanya. Tentunya jariangan internet anda akan lebih aman. Hal ini berhubungan dengan anda yang sering melakukan berbagai transaksi keuangan dengan jumlah yang cukup besar. Mulai dari menggunakan e-banking dan saham, maka dengan memanfaatkan VPN bisa menjadi pilihan yang terbaik.

Read More



Memanfaatkan VPN ini membuat berbagai transaksi yang sudah anda lakukan akan lebih mudah dan aman dari serangan para hacker yang tentunya sangat merugikan. Sehingga segala transaksi dalam jumlah yang besar akan lebih private. Selain itu dengan memanfaatkan VPN, segala transaksi dan berbagai jejak history anda di internet akan lebih aman terlindungi. Mengingat semua yang anda lakukan akan lebih tertutup.

Bagi orang yang ingin berbuat jahat dengan anda tidak bisa mendeteksi jejak penelusuran anda. Maka dari itu penggunaan VPN ini sangat membantu sekali dengan berbagai hal yang sifatnya berhubungan dengan hak cipta. Selain itu yang membuat orang tertarik menggunakan VPN adalah proses download akan terasa lebih cepat dan efektif.

Pengertian VPN (Virtual Private Network)

Apa Itu VPN

Apa itu VPN ? Jadi Pengertian vpn adalah salah satu teknologi komunikasi yang dapat membantu anda lebih cepat terhubung dengan jaringan internet publik  atau jaringan internet lokal. Ketika menggunakan VPN maka anda bisa mendapatkan pengaturan dan hak yang sama ketika anda ada di jaringan LAN. Walau sebenarnya ketika anda sudah menggunakan VPN maka anda sedang menggunakan jaringan publik. Masih ingin mendapatkan referensi mengenai apa itu VPN ? anda bisa melihat pengertian dari apa itu vpn dari wikipedia.



Kalau kita melihat dari dalam jaringan internet, masalah yang sering terjadi adalah tidak adanya dukungan keamanan jaringan internet publik yang terbaik. Kalau dari sisi perusahaan, IP menjadi kebutuhan dasar yang digunakan untuk melakukan pertukaran data dari rekanan perusahaan dan kantor cabang. Nah, disinilah keberadaan VPN ini menjadi solusi yang tepat.

Video di atas sudah sangat jelas dalam memaparkan definisi atas pertanyaan umum ” apa itu vpn ? dan bagaimana cara kerja VPN “.

Ketika sebuah perusahaan sudah memanfaatkan jaringan internet VPN maka dapat tersambung pada kantor cabang dengan aman dan lebih private. Sehingga didukung dengan sistem keamanan transmisi data yang bagus, VPN ini menjadi koneksi jaringan internet yang bisa disambung  dengan jaringan publik secara private.




Apa itu VPN ? Salah satu hal yang semu dan kalau private merupakan lebih bersifat pribadi.  Tentunya private network ini sudah aman dan tidak bisa diakses oleh orang lain karena sifatnya pribadi. Tentunya data penting anda akan tetap terjadi oleh jaringan publik. Mengingat semua data and dideskripsi network sehingga bisa terhubung satu dengan lainnya.

Mengenal lebih dalam mengenai fungsi VPN

Apa itu VPN ? Salah satu cara yang paling tepat dan paling aman dalam mengakses LAN melalui jaringan internet. Tentunya ini membuat transmisi data anda akan terjaga lebih aman. Tentunya dengan memanfaatkan VPN ini membuat anda terhindar dari berbagai penyusup ketika anda proses transmisi data. Sesuai dengan yang sudah dijelaskan diatas, kini akan dijelaskan mengenai fungsi apa itu VPN lebih jauh. Penasaran ? Berikut ini penjelasannya :

  1. Penggunaan VPN ini sangat membantu perusahaan dalam menjaga kerahasiaan data para penggunannya. Sehingga dengan menggunakan VPN data anda tidak akan diakses oleh banyak orang. Hal ini didasari semakin bahayanya menggunakan jaringan internet publik. Hal ini bersangkutan bagi mereka yang sedang menjalankan bisnis kecil, atau besar sehingga sangat rentan sekali data penting anda akan dicuri. Nah, penggunaan VPN ni membuat data yang keluar masuk akan lebih private.
  2. Penggunaan VPN ini bisa membantu anda untuk menyelamatkan data dari mereka yang tidak bertanggung jawab. Mengingat ini nantinya akan membuat proses transmisi dan semuanya akan diterima sesuai dengan permintaan user. Sehingga semua itu nantinya tanpa adanya manipulasi data dan tidak adanya perubahan sehingga data anda akan tetap aman dan lengkap.
  3. Memanfaatkan VPN untuk melakukan autentikasi semua sumber pengiriman data yang akan diterima. Sehingga memanfaatkan VPN ini untuk memastikan kalau data yang masuk ini merupakan dari sumbernya. Ketika proses autentikasi ini berhasil maka data baru akan disetujui. Sehingga penggunaan VPN ini juga bisa anda manfaatkan untuk menganalisis berbagai sumber data yang tidak credible. Selain itu bertujuan agar komputer anda aman dari malware dan virus.

Mengenal berbagai jenis VPN dan Bagaimana Cara Kerja VPN

Apa Itu VPN Jenis dan cara kerja vpn

Setelah anda memahami mengenai apa itu VPN ? Serta fungsinya maka pembahasan selanjutnya adalah memahami tentang berbagai jenis VPN. Mengingat dengan menggunakan VPN ini semua transmisi data anda akan terenkripsi dengan lebih baik.




Tidak hanya itu dengan menggunakan VPN maka anda bisa membuka web streaming yang diblokir oleh pemerintah, bahkan semua website yang telah diblokir pemerintah bisa dibuka. Tentunya semua data anda akan aman dari bahaya hacker. Selengkapnya akan dijelaskan 3 jenis VPN yang perlu anda ketahui :

1. Access VPN

Access VPN ini merupakan jaringan yang terkoneksi dari user ke LAN yang biasanya digunakan oleh sebuah perusahaan untuk karyawan yang membutuhkan jaringan internet. Sehingga Remote access VPN ini nantinya yang bekerja untuk mengakses semua data perusahaan yang penting.

2. Intranet VPN

Intranet VPN ini juga disebut dengan site to site VPN. Intranet VPN ini sering digunakan untuk menyambungkan jaringan internet kantor pusat dengan kantor cabangnya. Nah, untuk menghubungkan jaringan ini bisa melalui shared network. Kalau untuk koneksi yang digunakan ini menggunakan koneksi permanen atau dedicated.

3. Extranet VPN

Jaringan Extranet VPN ini sering digunakan oleh pihak perusahaan untuk menghubungkan jaringan kantor dengan jaringan luar. Bisa saja digunakan untuk menghubungkan pihak perusahaan dengan pihak supplier, kepada rekan bisnis, pelanggan, dan komunitas lainnya. Nah, jaringan ini pastinya sudah menggunakan koneksi jaringan dedicated. Pihak perusahaan bisa melancarkan komunikasi dan tukar informasi lebih mudah dan aman menggunakan extranet VPN.

Apa itu VPN ? Tentunya dengan menggunakan VPN maka perusahaan anda akan lebih aman dalam transmisi data. Selain itu dengan memanfaatkan VPN data rahasia perusahaan akan tetap aman dan terhindar dari bahaya para hacker. Selain itu biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan juga lebih murah. Sehingga sangat cocok sekali bagi perusahaan yang lebih mengedepankan mobilitas.




Pihak perusahaan akan membutuhkan jaringan khusus yang lebih aman dengan harga yang lebih terjangkau. Nah dengan melalui VPN ini menjadi solusi terbaik untuk perusahaan anda. Selain mobilitas juga terasa lebih praktis dalam bekerja dan saling terhubung dengan memanfaatkan jaringan kantor. Selain itu anda juga harus tetap memperhatikan sistem keamanan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Menggunakan VPN di Handphone dan Komputer

Secara sederhana Cara Menggunakan VPN ini bisa anda koneksikan pada Laptop atau PC, Smartphone dan lainnya yang sering disebut dengan VPN server. Hal ini terjadi pada suatu tempat yang sudah terhubung dengan jaringan internet sehingga anda bisa menjelajahi internet dengan menggunakan komputer. Ketika server di suatu negara ini berbeda maka itu akan menjadi negara yang anda gunakan. Sehingga anda pun bisa mengakses sesuatu yang tidak bisa anda akses di negara anda.




Setelah anda mengetahui tentang VPN dan berbagai fungsinya maka pada pembahasan selanjutnya ini akan membahas tentang cara kerja VPN. Tentunya hal ini perlu anda ketahui agar bisa memaksimalkan fungsinya. Cara menggunakan VPN cukup sederhana yaitu dengan melakukan enkripsi menukar data. Saat anda menggunakan jaringan internet dengan menggunakan koneksi VPN maka anda seperti sedang mengakses jaringan internet pada lorong khusus. Tentunya anda tidak menggunakan jaringan utama.

Penggunaan server VPN memiliki tugas untuk meneruskan koneksi jaringan internet anda pada situs yang anda inginkan. Sehingga koneksi jaringan yang anda gunakan ini dikenal dengan server VPN. Jadi jaringan yang menggunakan VPN ini dilakukan dengan cara melewati VPN server dengan dilakukan terenkripsi.

Cara Menggunakan VPN di Handphone dan Komputer

Anda sudah mulai tertarik ingin menggunakan VPN tetapi belum tahu cara menggunakannya. Biasanya anda gunakan untuk mengakses berbagai situs yang memang sudah diblokir dan sebagainya. Anda kini tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai Cara menggunakan VPN di berbagai perangkat baik handphone dan komputer :

Cara Menggunakan VPN di Handphone

Menggunakan data pribadi pada sebuah jaringan publik ini tentunya sangat berbahaya. Sehingga kalau dibiarkan bisa rawan hilang karena dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu anda sangat disarankan untuk memasang aplikasi VPN di komputer dan di handphone. Menggunakan layanan ini anda bisa memanfaatkan layanan yang lebih cepat dan aman. Tentunya dengan menggunakan beberapa perangkat maka cara penggunaannya pun juga berbeda-beda.




Kali ini akan dijelaskan cara menggunakan server VPN pada handphone. Tentunya dibekali dengan aplikasi VPN yang terbaik, tentunya digunakan untuk mengakses berbagai situs yang sudah terblokir. Caranya cukup mudah, silahkan simak penjelasan berikut ini :

1. Download dan Install VPN

Ketika anda belum memiliki aplikasi VPN maka anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu. Kemudian anda menginstall aplikasi VPN pada handphone anda. Selain itu masih banyak sekali berbagai jenis VPN yang bisa anda unduh sesuai dengan kebutuhan anda.

2. Menghubungkan jaringan VPN

Langkah kedua yang perlu anda lakukan adalah mulai menghubungkan jaringan VPN pada Handphone. Pada tahap ini anda perlu membuka aplikasi VPN yang sudah terpasang ini untuk memilih jaringan negara yang akan ada hubungkan. Pada tahap ini anda bisa memilih salah satu negara yang ingin anda koneksikan kemudian klik Connect.

3. Terhubung ke VPN

Setelah anda mengeklik maka anda bisa menunggu beberapa saat sampai jaringan internet anda sudah terhubung dengan jaringan VPN. Pada tahap ini akan ditandai dengan munculnya notifikasi di bagian atas. Setelah terhubung maka anda bisa menjelajahi isi internet bebas tanpa adanya batasan. Ketika anda ingin memutuskan sambungan VPN maka anda bisa mengeklik tombol Disconnect.

Cara Menggunakan VPN di Komputer

Selanjutnya akan dijelaskan cara menggunakan VPN pada komputer. Tentunya dibekali dengan aplikasi VPN yang terbaik, tentunya digunakan untuk mengakses berbagai situs yang sudah terblokir. Caranya cukup mudah, silahkan simak penjelasan berikut ini :




  • Cara menggunakan VPN di Laptop dengan Windows 10. Ketika anda ingin menggunakan VPN maka para pengguna harus berlangganan menggunakan VPN. Dalam hal ini anda bisa memilih layanan VPN yang sudah terverifikasi dan berbayar. Ketika anda sudah berlangganan dengan menggunakan VPN maka anda bisa mengaturnya melalui pengaturan >Network dan internet>VPN. Ketika sudah berlangganan maka anda bisa memilih Add VPN kemudian di connection.
  • Setelah itu anda bisa mengatur VPN Provider kemudian silahkan memasukkan preferensi yang sesuai dengan VPN yang anda gunakan. Jangan lupa untuk menekan tombol Save untuk menyimpan. Nah, agar bisa digunakan maka anda bisa menekan VPN dan untuk mengaktifkannya anda bisa menekan tombol connect.
  • Untuk menambah keamanan anda bisa menambahkan username dan password. Ketika anda sudah selesai menggunakannya maka anda bisa menekan tombol disconnect. Selain itu anda juga bisa remove untuk menghapus pengaturan.

Manfaat Menggunakan VPN

Setelah mengetahui beberapa cara menggunakan VPN kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa manfaat yang perlu anda ketahui :

1. Tingkat keamanan

Ketika anda menggunakan VPN maka tingkat keamanan data anda akan lebih terjamin. Selain sudah menggunakan enkripsi pada setiap pengiriman juga sudah menggunakan tunnel pada jaringan public. Selain itu anda bisa mengakses berbagai situs di internet tanpa ada orang lain yang tahu. Sehingga menggunakan VPN menjadi solusi tepat untuk menjaga keamanan dari serangan cyber crime.

2. Mempercepat proses download

Ketika anda sudah menggunakan aplikasi VPN maka ini akan membuat tunnel pada jaringan public sehingga proses download menjadi cepat karena tidak ada intervensi pada jaringan public.

3. Bisa sebagai akses remote control

Ketika anda menggunakan jaringan VPN maka anda bisa melakukan remote komputer di lokasi lain. Kuncinya anda masih terhubung dengan jaringan internet. Tentunya dengan menggunakan VPN ini sangat berguna bagi anda yang menyimpan berbagai data penting pada komputer lain.

4. Bisa mengakses berbagai sumber lebih mudah

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang sudah menggunakan layanan VPN. Tentunya ini memungkinkan para pekerja dan karyawan bisa mengakses berbagai aplikasi, file, dan sumber daya lainnya dengan mudah. Pastinya data perusahaan akan lebih aman karena layanan VPN ini memiliki jalur khusus pada jaringan public.



Demikianlah penjelasan mengenai apa itu VPN dan beberapa cara menggunakan VPN di komputer dan handphone yang bisa anda lakukan Pastinya setiap perangkat memiliki cara yang berbeda, sehingga dengan adanya penjelasan ini bisa memudahkan anda dalam penggunaan VPN.

5 / 5. 776

Related posts