10+ Instagram Tools Terbaik untuk Pemilik Bisnis

  • Whatsapp
Instagram Tools Pebisnis Terbaik

Mengelola Instagram untuk bisnis tidaklah cukup jika hanya memakai Instagram saja. Oleh karenanya, pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Instagram tools terbaik untuk anda gunakan dalam bisnis, termasuk instagram tools untuk desain, untuk video, untuk marketing, dan untuk keperluan analisis. Ada beberapa jenis tool yang bisa anda manfaatkan, apa saja? Simak artikel kami sampai habis ya.

Instagram Tools untuk Desain

Instagram Tools untuk desain

Read More

Salah satu hal yang penting untuk bisnis di Instagram ialah menghias feed anda dengan visual yang menarik. Visual ini wajib merefleksikan daripada bisnis anda. Beberapa aplikasi yang dapat membantu memperindah feed anda :



1. VSCO (Android, iOS)

Mungkin VSCO merupakan salah satu Instagram tools untuk desain terpopuler pada daftar ini. tidak heran karena VSCO mempunyai fitur yang dapat mengubah foto dari kamera handphone menjadi lebih cantik. VSCO telah menjadi Instagram tools untuk desain yang tidak dapat dipisahkan jika anda menjalankan bisnis di Instagram.

VSCO mempunyai fitur-fitur editing yang cukup lengkap. Termasuk berbagai pilihan filter yang dapat membuat foto anda seperti tidak diambil dari kamera handphone.



Mengenai harga, VSCO dapat dunduh secara gratis untuk fitur editing standar dan filter yang terbatas. Atau bisa membayar $19.99/tahun dengan fitur editing yang lengkap dan filter yang tidak terbatas.

Fitur unggulandari VSCO :

  • Filter kualitasyang tinggi
  • Fitur editing lengkap
  • Mudah digunakan

2. Snapseed (Android, iOS, Windows, macOS)

Snapseed merupakan Instagram tools untuk desain yang keren dengan menawarkan fitur editing yang cukup lengkap dengan gratis. Anda dapat menemukan fitur emacam Tune Image, HDR Scape, dan sebagainya.

Snapseed juga mempunyai fitur Stacks. Yakni fitur yang memungkinkan anda untuk menyimpan pengaturan editing yang sudah dilakukan sehingga dapat langsung diterapkan pada foto lainnya tanpa harus mulai dari nol.

Snapseed ini cocok untuk anda yang menginginkan mengedit bermacam aspek dari foto dengan mudah dan cepat. Snapseed pun dapat digunakan secara gratis. Fitur unggulan dari snapseed :

  • Fitur editing cukup lengkap
  • Stacks yang dapat menyimpan pengaturan editing
  • Ringan

3. Afterlight (iOS)

Afterlight merupakan instagram tools untuk desain dengan edit gambar yang memiliki berbagai macam template filter, tekstur sampai frame yang membuat anda dapat dengan cepat mengedit foto. Tetapi, anda juga akan tetap diberi kebebasan dalam membuat dan menyimpan template buatan sendiri.




Afterlight adalah aplikasi dengan tampilan yang simple dan indah, sehingga mudah untuk anda gunakan. Tools ini patut anda gunakan jika anda serius dalam mempercantik feed akun bisnis anda.

Aplikasi ini dapat anda gunakan dengan harga  free selama trial 7 hari. Setelah itu anda bisa membayar sebesar $2.99/ bulan atau $17.99/ tahun. Fitur unggulan dari Afterlight :

  • Mudah digunakan dengan memiliki banyak pilihan pengaturan
  • Tampilan yang simple dan menarik.

Instagram Tools untuk Video

Instagram Tools untuk video

Anda tidak perlu mahal-mahal untuk menyewa jasa pembuatan video dalam membuat video yang menarik untuk strategi Video Marketing bisnis anda.Sebab, Instagram tools pada jenis ini dapat anda gunakan sendiri untuk mengedit video dari handphone dan bis diubah menjadi video berkualitas tinggi.

1. Boomerang from Instagram (Android, iOS)

Boomerang merupakan aplikasi buatan Instagram yang dapat anda gunakan untuk membuat video pendek berulang-ulang. Setelah selesai, anda dapat langsung mempostingnya pada Instagram atau disimpan untuk kemudian diposting nanti. Anda bisa menggunakan Boomerang ini dengan gratis. Fitur unggulan yang dipunyai :




  • Mudah digunakan;
  • Dapat menyimpan hasil video.

2. Life Lapse (Android, iOS)

Berbanding terbalik dengan Boomerang for Instagram, Life Lapse sangat cocok untuk membuat video durasi lama. Dengan aplikasi ini, anda dapat membuat video stop-motion guna memasarkan suatu produk. Fitur Life Lapse pun ada bermacam-macam.

Anda dapat menambah foto sebanyak mungkin, memilih ukuran video, mengatur kecepatan gambar, sampai memberikan musik pada video. Anda daapat menggunakan aplikasi ini dengan gratis, namun ada in-app purchases dengan harga yang bervariasi. Fitur unggulan yang dimiliki :

  • Fitur banyak;
  • Stop-motion yang cocok untuk memasarkan suatu produk

3. HypeType (iOS)

HypeType merupakan Instagram tools yang mempunyai koleksi font dan animasi yang banyak. Anda dapat dengan mudah membuat caption yang mencerminkan berbagai adegan pada video.




Anda juga dapat langsung memposting hasilnya pada Instagram tanpa harus keluar dari HypeType. Harga aplikasi ini dapat digunakan gratis namun dengan watermark.

Anda perlu membayar untuk bisa menghilangkan watermark atau bila ingin membeli font tambahan. Fitur unggulan dari app ini :

  • Koleksi font dan animasi yang banyak
  • Dapat langsung upload tanpa keluar aplikasi.

Instagram Tools untuk Marketing

Instagram Tools untuk marketing

Anda telah siap mengupload konten setelah menggunakan tools Instagram di atas. Tetapi, sebelum itu pastikan juga bahwa konten anda dapat menjangkau banyak orang. Tools kali ini memungkinkan anda untuk bisa menambah follower sehingga mampu menjangkau konsumen yang lebih banyak, berikut toolsnya :

1. Repost for Instagram (Android)

Alih-alih anda posting foto yang diambil sendiri, anda dapat menggunakan postingan dari follower (regram) anda. Repost for Instagram memungkinkan anda memilih foto dari follower dan memberikan sumber pada saat yang sama dengan cara mudah.




Untuk regram dari akun Instagram follower, caranya anda bisa salin URL dari postingan mereka kemudian buka aplikasi Repost. Anda dapat pula menambahkan sumber, menyalin caption, dan dapat diposting pada akun dengan cepat. Harga yang dibanderol gratis, dengan mempunyai fitur unggulan :

  • Mudah digunakan
  • Penambahan sumber pada gambar
  • Dapat langsung regram dari Repost

2. AutoHash (Android)

Instagram tools gratis satu ini merupakan cara termudah dalam menemukan hashtag yang cocok di gambar anda. AutoHash menggunakan AI sehingga dapat mengenali objek yang ada pada gambar dan memberikan rekomendasi hashtag berdasar objek tersebut.

AutoHash juga secara otomatis akan membatasi hashtag dengan hanya 30 hashtag saja, sehingga tidak akan melebihi ketentuan dari Instagram. Setelah  anda memilih hashtag yang pas, anda dapat menyalinnya dan menaru hashtag pada postingan anda. Harga dari aplikasi ini gratis. Dengan mempunyai fitur :

  • AI yang canggih
  • Proses yang cepat

3. Display Purposes (Web)

Penggunaan Display Purposes cukup simple. Anda hanya perlu memasukkan keyword atau hashtag yang telah ada, kemudian Instagram tools gratis ini dapat memberikan anda rekomendasi hashtag tambahan.




Pada Display Purposes ini, anda juga dapat mengatur jumlah pada hashtag yang diinginkan, bahkan sampai jumlah yang tidak  terhingga sekalipun.

Selain hal tersebut, tools ini dapat menampilkan popularitas dan tingkat relevansi dari masing-masing hashtag yang telah direkomendasikan. Anda dapat menggunakan Display Purpose ini secara gratis. Dengan fitur-fiturnya :

  • Tidak perlu download
  • Dapat mengatur jumlah hashtag

Instagram Tools Analisis dan Monitor Data

Instagram Tools untuk analisis

Anda pasti penasaran apakah usaha anda mempercantik feed dengan konten-konten menarik dapat memberikan hasil yang diinginkan. Anda tidak perlu bingung.




Dengan Instagram tools ini, anda dapat mengetahui apakah telah mencapai target yang anda tetapkan atau belum. Yang mana dapat dianggap bahwa tools ini sangat krusial dalam menjalankan bisnis anda.

1. Instagram Insights (Android, iOS)

Instagram Tools gratis ini telah otomatis didapatkan ketika anda mengubah akun menjadi akun bisnis. Walaupun gratis, Instagram Insights merupakan tools instagram dengan fitur yang cukup lengkap sebagai keperluan analisis dan monitor data.

Anda dapat mengetahui mengenai demografi dari konsumen, postingan terpopuler, impression, sampai jangkauan konten. Plus. Anda bisa menggunaka tools ini secara gratis, dengan beberapa fitur unggulannya :

  • Otomatis ada di akun bisnis
  • Gratis namun memiliki fitur dasar yang bagus

2. Awario (Web)

Awario merupakan salah satu tools Instagram terbaik guna memonitor media sosial anda. Beberapa fitur terbaik di Awario ialah pemberitahuan jika ada yang mention, memonitor performa kompetitor, dan juga memberikan analisis performa secara mendalam.




Anda cukup mengatur kata kunci atau hashtag yang ingin anda monitor dan akan mendapat email pada saat ada orang yang menggunakannya. Awario ini dapat anda gunakan gratis selama trial 14 hari, setelah itu, $29/bulan untuk Starter dan $89/bulan untuk Pro fitur unggulan dari Awario ini :

  • Pemberitahuan mention
  • Mampu memonitor kompetitor
  • Mempunyai harga paket murah.

3. Social Insider (Web)

Social Insider merupakan tools Instagram analisis yang banyak fitur. Beberapa di antaranya ialah anda dapat mengetahui hashtag yang memiliki engagement terbaik, memonitor kompetitor, dapat membandingkan profil, dan fitur menarik lainnya.

Anda dapat menggunakan Social Insider gratis selama trial 7 hari. Setelah itu, Anda dapat berlangganan mulai dari $59/bulan. Fitur unggulan dari Social Insider :

  • Banyak fitur menarik
  • Dapat melacak engagement dari hashtag.

Kesimpulan

Instagram Tools Pebisnis Terbaik

Dalam melakukan bisnis, perlu banyak hal yang digunakan untuk bisa mengembangkan dan memperluas jaringan pada bisnis anda.



Tidak terkecuali jika anda berbisnis melalui Instagram, dengan meggunakan Instagram tools yang telah kami informasikan, kami harap anda dapat memperluas dan mengembankan bisnis anda, sehingga mampu mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Demikian artikel ini kami buat, selamat berbisnis dan selamat sukses.

5 / 5. 988

Related posts