4 Syarat Mendapatkan Adsense Youtube Bagi Pemula

  • Whatsapp
Syarat Mendapatkan Adsense Youtube

Pernah mendengar atau berharap mendapatkan adsense youtube sebagai salah satu penghasilan online anda (uang dari youtube) ? Bagi anda yang ingin mendapakan uang dari internet, maka Youtube merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan.

Youtube juga menjanjikan banyak keuntungan apabila anda sukses berbisnis pada platform tersebut, mulai dari uang penghasilan, penghargaan hingga menjadi influencer yang terkenal.

Read More



Adsense merupakan cara yang bisa dipakai dalam Youtube untuk bisa mendapatkan penghasilan. Lantas apa saja sih syarat mendapatkan Adsense youtube ? Dan bagaimana cara mendaftarnya? Mari simak penjelsan lengkapnya berikut ini.

4 Syarat Mendapatkan Adsense Youtube Bagi Pemula

Syarat Mendapatkan Adsense Youtube

Mendapatkan Adsense Youtube merupakan salah satu sumber penghasilan yang paling menjanjikan, tidak heran jika semua Youtuber mengaktifkan iklan Adsense video mereka.



Youtube memberikan beberapa syarat lebih bagi anda yang untuk bisa monetisasi, yaitu akun yang sudah terverifikasi, mempunyai 1000 subscriber, tidak melakukan spamming dan yang terakhir dan yang paling susah adalah mendapatkan 4000 jam tayang dalam satu tahun terakhir.

Tapi jangan berkecil hati dulu, anda bisa mendapatkan adsense Youtube sambil menunggu total jam tayang di akun anda mencapai 4000 jam tayang. Supaya lebih jelas, berikut syarat yang perlu anda ketahui untuk mendapatkan Youtube adsense..

Terverifikasi

Mendapatkan Adsense Youtube Approve

Proses verifikasi perlu saat anda ingin mengunggah video berdurasi panjang. Jadi berapa jam video kira-kira yang bisa dianggap berdurasi panjang? Tidak perlu sampai berjam-jam. Youtube akan menganggap video dengan durasi yang lebih dari 15 menit merupakan video berdurasi panjang.

Jadi apabila anda ingin mengunggah video lebih dari durasi tersebut, silakan melakukan verifikasi terlebih dahulu. Proses verifikasi ini bisa dilakukan dan cukup mudah, anda hanya akan membutuhkan nomor handphone yang aktif yang nantinya digunakan untuk menerima kode verifikasi. Adapun langkah – langkah nya :




  • Verifikasi Akun : Membuka Halaman Upload

Langkah pertama yang bisa anda lakukann yaitu membuka halaman upload. Pada bagian bawah halaman Anda akan menemui pilihan untuk meningkatkan durasi dari video yang akan diunggah ini. Anda bisa klik “Increase your limit” untuk menambah durasi video anda.

  • Verifikasi Akun : Pilih Metode Verifikasi

Langkah yang selanjutnya adalah memilih metode verifikasi. Ada dua pilihan metode yang bisa anda gunakan. Menggunakan pesan suara atau teks yang berisikam kode verifikasi.

  • Verifikasi Akun : Validasi setelah anda mendapatkan kode verifikasi

Maka anda harus memasukkan kode tersebut ke dalam form yang tersedia, lalu klik submit.

Apabila proses verifikasi berhasil, maka pada profil umum akun anda akan tampil tels “Partner Verified”.

400 Jam Tayang

Mendapatkan Adsense Youtube Jam tayang

Akun anda setidaknya harus sudah mempunyai 4000 jam tayang sebagai syarat mendapatkan adsense Youtube. Total jam tayang tersebut akan dihitung selama satu tahun terakhir. Jadi snda harus bisa memenuhi minimal 4000 jam tayang selama satu tahun.




Itulah mengapa snda diwajibkan melakukan verifikasi dan mengunggah video sebanyak mungkin. Semakin banyak video dan berdurasi lama maka akan mempercepat  pula syarat ini terpenuhi. Jadi anda jangan langsung pesimis terlebih dahulu karena semua pasti perlu proses untuk sukses.

Syarat ini mungkin tidak bisa langsung selesai satu atau dua bulan saja. Anda mungkin membutuhkan waktu beberapa bulan bahkan bisa sampai hampir satu tahun untuk mendapatkannya. Nah itulah mengapa Anda wajib mendaftar YouTube adSense terlebih dahulu. Supaya suatu saat nanti ketika syarat ini  sudah terpenuhi anda tidak perlu lagi susah-susah menunggu dan mendaftar YouTube adSense.

1000 Subscriber

Mendapatkan Adsense Youtube Subscriber

YouTube memberikan syarat lain yang cukup susah untuk dilakukan dalam waktu singkat dalam mendapatkan adsense youtube, yaitu anda harus mempunyai 1000 subscriber. Jumlah tersebut hanya nol koma sekian persen dari total seluruh pengguna YouTube di dunia yang mencapai 1,8 milyar. Dengan pengguna sebanyak itu, saat ini untuk mendapatkan 1000 subscriber mungkin bisa jadi mudah atau bisa dicapai dalam waktu singkat.




Namun jangan salah, Tidak semudah itu. Selain membagikan dan mempromosikan channel yang anda miliki kepada teman melalui media sosial, tentu saja banyak hal yang perlu anda lakukan menjaga kualitas video yang bagus dan menarik.

Jangan sampai ketika pengunjung yang membuka video yang anda bagikan justru merasa bosan dan Anda gagal untuk mendapatkan subscribe. Sajikan konten yang original dan menarik, sehingga pengunjung akan terus datang dan menambah jam tayang serta subscriber anda

Hindari Komentar Spam

Mendapatkan Adsense Youtube Spam

Komentar spam ternyata dapat menghambat proses mendapatkan adsense YouTube anda loh. Anda mungkin sudah memenuhi semua persyaratan. Namun jika Anda masih saja melakukan spamming komentar, maka bisa saja jadi pengajuan akun YouTube Adsense ditolak.




Saat anda mendapatkan adsense YouTube anda tidak akan langsung mendapatkan akun adsense dengan mudah. Ada beberapa proses verifikasi dan penilaian yang perlu dilalui oleh tim Youtube. Biasanya hal ini akan membutuhkan waktu beberapa hari.

Itulah beberapa faktor yang menentukan apakah pengajuan akun Youtube adsense anda diterima atau tidak. Setelah mengetahui syarat mendapat monetisasi Youtube dengan adsense, maka sekarang waktunya untuk mengetahui cara mendapatkan adsense YouTube.

Cara Daftar Akun Youtube

Anda memerlukan akun Youtube untuk bisa mendaftarkan adsense. Maka dari itu, langkah awal yang bisa anda lakukan adalah tentu saja membuat akun Youtube. Anda bisa membuat akun Youtube menggunakan akun Google mail. Dan saat ini sudah banyak penggunanya, anda mungkin termasuk salah satunya.

Ketika anda sudah berhasil login ke Youtube. Hal pertama untuk bisa mendaftar Youtube adsense adalah masuk ke menu pengaturan. Untuk itu, caranya dengan klik “Icon Profile” kemudian pilih “Setting”. Menu tersebut akan mengarahkan anda ke halaman pengaturan.




Kemusian selanjutnya, pilih  “Icon Profile” > “Creator Studio” untuk masuk ke dalam dashboard studio milik akun anda sendiri. Terus apa sih Youtube Creator Studi itu? Youtube Creator Studio merupakan dashboard yang dikembangkan Google untuk para Content Creator video di YouTube. Dashboard ini berisi kumpulan pengaturan yang memudahkan Content Creator pengelolaan video dan akun mereka.

Melalui dashboard ini, anda sudah bisa langsung mengajukan akun untuk Youtube adsense meskipun belum mempunyai video yang diunggah. Pada bagian channel, anda bisa klik “Others Features >> Monetization”. Setelah membuka menu tersebut, anda akan di bawa ke halaman Youtube Partner Program. Halaman ini berisikan tahapan yang perlu anda lakukan untuk mendaftar akun Youtube adsense. Berikut penjelasan setiap tahapnya-tahapnya

  • Tahap Pertama: Persetujuan Youtube Partner Program

Di tahap ini anda sudah mendapatkan adsense youtube serta akan melihat ketentuan persetujuan berisi aturan-aturan yang berlaku selama anda menggunakan Youtube Partner Program. Jika anda setuju, silakan centang pilihan yang tersedia. Setelah selesai, anda klik “I accept” untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

  • Tahap Kedua: Menghubungkan akun YouTube dengan adsense

Bagi Anda yang belum mempunyai adsense tidak perlu khawatir karena pada tahap ini ada pilihan untuk membuat adsense baru yang khusus untuk Youtube. Sedangkan bagi anda yang sudah mempunyai Adsense sendiri, anda bisa langsung menghubungkannya.




Form pertama anda akan diminta untuk mengisi nama dan informasi lain yang berhubungan dengan akun yang akan anda buat. Jika anda sudah selesai mengisi form yang ada dan setuju dengan ketentuan yang berlaku, silakan klik “Create Account” untuk membuat akun adsense.

Maka secara otomatis akan terbuka halaman dashboard Google adsense. Anda pun akan diminta untuk mengisi kembali beberapa informasi mengenai akun yang akan dibuat seperti nama dan alamat. Hal penting yang harus anda perhatikan adalah isi alamat dengan benar karena alamat tersebut dipakai oleh Google untuk mengirimkan kode verifikasi ketika saldo adsense anda sudah cukup untuk dicairkan.

Setelah selesai mengisi, klik “Submit” untuk lanjut ke tahap selanjutnya. Sampai pada tahap ini, anda telah berhasil mengajukan akun adsense ke Google. Anda hanya tinggal menunggu saja sampai akun anda bisa digunakan.

  • Tahap Ketiga: Mengatur Pilihan Monetisasi

Tahap ini adalah tahap untuk anda mengatur posisi iklan yang akan ditampilkan ketika pengajuan YouTube adsense diterima. Di halaman Monetization klik “Start” pada ‘Set monetization preference’. Posisi iklan ini juga bisa menjadi penentu berapa besar uang yang bisa anda dapatkan dari iklan yang tampil di video.

Ada empat pilihan tipe tampilan iklan, apa saja? Yaitu overlay ads, sponsored cards, display ads dan skippable video ads. Tipe – tipe tersebut dapat anda manfaatkan secara optimal untuk menambah penghasilan anda sebagai Youtuber melalui Adsense dari Youtube.

Siapkah Anda Mendapatkan Keuntungan Mendapatkan Adsense Youtube ?

Demikian penjelasan lengkap cara daftar adsense dari Youube. Tahapannya memanglah cukup sederhana supaya diterima adsense untuk YouTube. Anda hanya perlu mengikuti panduan yang sudah ditunjukkan di dashboard Creator Studio.



Semoga melalui artikel ini anda tidak hanya tahu mengenai mendapatkan adsense youtube, tetapi juga paham bagaimana cara kerja adsense dari Youtube sehingga memudahkan anda mendapatkan keuntungan.

5 / 5. 908

Related posts