10 Cara Terbaru Promosi Blog Yang Efektif Dan Mudah

  • Whatsapp
10 Cara Promosi Blog Terbaru

Promosi blog ataupun pengelolaannya memang bisa digolongkan gampang-gampang susah. Pekerjaan anda tidak hanya terbatas terhadap pembuatan konten saja, namun juga dalam mempromosikannya. Anda sebagai owner blog, anda pun juga harus melakukan berbagai macam promosi agar banyak yang mengunjungi blog Anda.



Read More

Pada kesempatan kali ini, kami akan menuliskan rangkuman artikel menegnai cara mempromosikan blog yang efektif dan mudah. Bagaimana caranya? Yuk simak artikel kami sampai selesai.

Cara Promosi Blog dengan Efektif dan Mudah

10 Cara Promosi Blog Terbaru

Sebelum anda membagikan konten di berbagai platform media online, anda harus memastikan kualitas konten anda terlebih dahulu.

Mempunyai Konten yang Berkualitas

Pertama, konten harus baik dalam kualitas secara teknis. Kualitas teknis dalam konten bisa meliputi penulisan judul, paragraf, penggunaan pada subheading, ketepatan kunci, tempat tautan, hingga optimalisasi gambar.

Walau terlihat rumit, anda perlu memastikan kualitas teknis konten untuk bisa menjaga konsistensi semua konten di blog. Selain hal tersebut, konten yang terstruktur rapi maka akan lebih mudah dibaca dan dipahami. Pengunjung akan lebih mudah untuk menemukan poin penting dalam konten anda yang mempunyai struktur yang rapi.



Kedua, konten juga harus mempunyai kualitas yang bagus dalam isinya. Kualitas isi konten ini bisa  meliputi alur cerita, kelengkapan konten, gaya bahasa , sampai solutif atau tidaknya sebuah konten. Kualitas isi konten dinilai bagus apabila mampu menjawab pertanyaan para pengunjung.

Walaupun anda telah membuat konten yang memppunyai struktur rapi, konten tersebut tak akan berarti apabila tidak bisa menjawab pertanyaan pengunjung. Ketika pengunjung mengetikkan kata kunci di mesin pencari, yang ingin didapatkan adalah jawaban yang jelas dalam menemukan masalah mereka.

Promosi Blog pada Forum Online

Promosi Blog ke Forum Online

Forum online adalah salah satu platform yang bisa anda gunakan untuk promosi blog. Platform forum online menyediakan forum yang terpisah untuk bermacam topik tertentu hingga anda bisa mempromosikan blog ke calon pengunjung secara lebih spesifik.




Berbicara mengenai forum online tentu tidak akan lepas dari Kaskus. Di Kaskus, anda bisa menemukan berbagai macam forum online dengan topik yang  bermacam rupa, dari teknologi, olahraga, kuliner, game bahkan sampai pecinta drakor dan anime.

Promosi Blog dengan Aktif dalam Grup Facebook

Promosi Blog ke Group Facebook

Berbagi konten di timeline saja tidak akan cukup. Anda pun perlu mendekati calon pengunjung di lingkup yang lebih kecil lagi, yaitu grup Facebook. Cara mempromosikan blog anda di Facebook relatif cukup mudah. Hampir sama dengan forum online, grup Facebook memungkinkan anda untuk bisa menjangkau calon pengunjung sesuai dengan minatnya.

Anda bisa mengetik kata kunci yang berkaitan dengan topik dalam blog anda di kolom pencarian Facebook dan pilih filter Group. Maka setelah itu Facebook akan menampilkan hasil pencarian grup yang relevan dengan kata kunci yang anda cari.




Ketika anda bergabung dengan salah satu grup Facebook, anda pun juga perlu mengikuti peraturan yang telah ditetapkan admin. Berbagai macam aturan dan admin bisa anda temuui dalam grup facebook.

Ada admin yang tidak memperbolehkan anggotanya untuk berjualan di grup ataupun anggota harus memposting dengan format yang telah ditentukan. Sebaiknya anda mengikuti peraturan admin agar tidak ditendang dikeluarkan dari grup Facebook.

Bagikan Konten Anda di Instagram Stories

Promosi Blog ke Instagram Stories

Pengguna Instagram di Indonesia merupakan yang terbanyak keempat di dunia. November 2018, jumlah pengguna Instagram Indonesia bahkan mencapai 60 juta pengguna. Fakta tersebut tentu membuat anda tak bisa mengabaikan media sosial satu ini. Instagram bisa menjadi ladang promosi bagi siapa saja, termasuk anda. Salah satu fitur menarik yang disediakan oelh Instagram adalah Instagram Stories.

Kini algoritma feed Instagram telah berubah mengikuti yang sering dilihat dan disukai oleh penggunanya. Yang mengakibatkan seringkali postingan Instagram anda bisa terlewat oleh follower Anda. untuk bisa mengatasi masalah tersebut anda bisa menggunakan fitur Instagram Stories.




Untuk bisa melihat Instagram Stories, pengguna bisa mengklik satu Instagram Stories dan secara otomatis berpindah dari stories satu ke stories lainnya. Dengan begitu, walaupun pengguna tidak mengklik stories Anda, stories anda akan tetap memiliki kemungkinan untuk bisa dilihat.

Dan apabila akun Instagram anda memiliki lebih dari 10 ribu follower, anda dapat menambahkan tautan di Instagram Stories dan pengguna bisa langsung membukanya dengan swipe up untuk membuka tautan tersebut. atau anda bisa menaruh tautan anda pada bio Instagram anda.

Promosi Blog dengan Tinggalkan Komentar pada Blog Orang Lain

Banyak hal yang terlihat sepele namun justru mempunyai pengaruh yang besar, meninggalkan komentar di blog orang lain bisa menjadi salah satu cara promosi blog yang efektif secara SEO.

Pertama, anda dapat menjalin hubungan yang baik dengan pemilik blog tersebut. Apabila pemilik blog menganggap konten Anda layak untuk dibaca, maka ia tidak akan ragu untuk mau mempromosikan blog anda pada blog atau media sosialnya.




Kedua, disaat anda meninggalkan komentar di blog orang lain, anda pun juga bisa berdiskusi dengan orang lain pada kolom komentar. Dengan begitu anda tidak hanya bisa menjalin hubungan dengan pemilik blog tersebut, tetapi juga terhadap blogger-blogger lain.

Promosi Blog Anda di SlideShare

SlideShare merupakan platform berbagi slide presentasi secara online. Platform ini telah berdiri sejak tahun 2006 dan telah diakuisisi oleh LinkedIn pada 2012. SlideShare bisa jadi merupakan salah satu platform yang untuk bisa meningkatkan trafik blog anda.

Menariknya anda tidak perlu untuk membuat konten baru untuk SlideShare. Anda hanya cukup mengubah format konten di blog anda menjadi slide presentasi dan mengampilkannya di SlideShare. Sangat mudah, bukan?

Pin Konten di Blog pada Pinterest

Cara promosi blog lainnya adalah dengan melalui pin di Pinterest. Pinterest merupakan salah satu platform online dengan jumlah pengguna 250 juta memungkinkan penggunanya untuk mencari dan menyimpan ide dari bermacam topik secara online.




Jumlah pengguna Pinterest memang tak sebanyak Instagram atau Facebook yang mencapai 1 milyar pengguna. Akan tetapi, platform ini tetap layak untuk anda coba dalam promosi di blog anda Pinterest dapat membantu pengunjung anda untuk menyimpan artikel dan dibaca di lain waktu.

Kontak Calon Pengunjung Secara Personal

Selain membagikan konten anda di media sosial, anda pun perlu mengontak langsung pengunjung blog anda. Ada kabar baik ketika anda mengontak pengunjung blog secara personal melalui email.

Menghubungi pengunjung blog melalui email bahkan mampu memberikan efektifitas promosi blog lebih dibandingkan dengan share di media sosial. Bisa anda coba dalam rangka meningkatkan promosi pada blig anda.

Gunakan Paid Ads

Mungkin anda berpikiran juga “mengapa banyak orang mengeluarkan uang untuk sekadar menampilkan iklan?” Maka anda harus membuang mindset seperti tersebut jauh-jauh sekarang. Karena pertama, cara promosi blog dengan menggunakan paid ads jauh lebih murah dari yang dikira.



Anda juga bisa mengatur budget iklan sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Jadi anda tak perlu khawatir tentang biaya iklan yang mahal. Kedua, paid ads memungkinkan anda untuk bisa menargetkan audiens secara lebih spesifik.

Ketiga, menggunakan paid ads ternyata relatif mudah. Pengoperasian paid ads mungkin akan terlihat sulit karena anda belum pernah mencobanya. Dengan sedikit belajar maka anda dapat menguasai paid ads secara cepat.

Kerja Sama dengan Blogger Lain

Sama seperti profesi umum lainnya, anda juga perlu untuk menjalin hubungan yang baik dengan kalangan yang seprofesi. Dengan begitu anda dapat bekerja sama untuk berbagi konten pada blog masing-masing melalui entah melalui tautan atau share di media sosial.

Anda dapat bergabung dengan salah satu atau bahkan beberapa komunitas blogger di Indonesia untuk melakukan promosi blog yang baik. Ada berbagai macam komunitas blogger yang bisa diikuti. Beberapa komunitas blogger yang terkenal di Indonesia seperti Travel Blogger Indonesia, Blogger Perempuan, Emak Blogger dan lainnya. Dengan bekerjasama dengan blogger lain, maka anda bisa menjangkau jaringan yang lebih luas.

Kesimpulan

Banyak platform online yang tersedia pada masa sekarang ini dengan berbagai fitur yang menarik yang mampu membuat promosi dalam bisnis atau kegiatan menjadi lebuh mudah dan cepat. Maka dalam kaitannya, blog juga hal yang efektif untuk bisa dipromosikan.



Banyak platform yang ternyata tidak boleh diacuhkan, seperti SlideShare dan Pinterest. Maka dari itu anda bisa dengan mudah untuk meningkatkan pengunjung blog anda secara cepat dan mudah. Dari artikel ini, kami harap anda sekalian bisa terbantu sebagai blogger untuk bisa lebih sukses dalam promosi blog maupun mendapatkan pendapatan. Semangat menulis dan selamat sukses!

5 / 5. 1902

Related posts