6 Tipe Asuransi Jiwa Berjangka Beserta Premi dan Ciri Khasnya

  • Whatsapp
6 tipe asuransi jiwa berjangka

Asuransi jiwa berjangka lebih dikenal di masyarakat sebagai term life insurance. Untuk pengertian asuransi jiwa berjangka adalah suatu jenis asuransi jiwa yang memproteksi nasabah dari segala resiko kerugian finansial akibat pemegang polis meninggal dunia dalam masa tertentu. Biaya santunan dan pertanggungan akan diberikan hingga keluarga yang ditinggal mati dapat hidup layak.

Yang menjadi ciri khas pengertian asuransi jiwa berjangka adalah masa perlindungan ditetapkan dalam jangka waktu tertentu dan dapat diperpanjang. Misalkan seseorang mengambil asuransi jiwa berjangka selama 20 tahun, 10 tahun atau 5 tahun. Semua itu dapat diperpanjang oleh pemegang polis hingga 60 tahun atau batas maksimal.

Read More

Asuransi jiwa berjangka bersifat praktis dan fleksibel. Sehingga lebih banyak orang mengambil asuransi jenis ini. Jika sudah habis masa berlaku pertanggungan asuransi jiwa berjangka maka ia bisa berhenti atau melanjutkan proteksi resiko tanggungan dengan memperpanjangnya kembali.

Di tengah situasi kondisi ekonomi serba sulit, asuransi jiwa berjangka pilihan yang tepat untuk melindungi jiwa dari segala risiko dengan biaya premi asuransi jiwa berjangka yang lebih terjangkau. Manfaatnya dari segi nilai uang pertanggungan yang diberikan dalam jumlah besar jika pemegang polis mengalami sakit yang membuat di rawat di rumah sakit maupun cacat total atau kematian.

Pentingnya Asuransi Jiwa Berjangka

Pentingnya asuransi jiwa berjangka

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan perlindungan? Setiap orang menginginkan perlindungan. Misalkan pemilik rumah ingin rumahnya terlindungi dari resiko kerugian kebakaran. Hingga ia mengambil asuransi kebakaran.

Seseorang  ingin terlindungi dari biaya kesehatan dan pengobatan yang mahal maka ia mengambil asuransi kesehatan. Kemudian seorang pemilik kendaraan bermotor berupa mobil ingin mobilnya terlindungi dari resiko biaya perbaikan yang mahal akibat kerusakan maka ia mengambil asuransi mobil.

Banyak orang mengambil asuransi tak terlepas niat mereka untuk mengantisipasi kerugian dan merencanakan keuangan di masa depan. Asuransi atau perlindungan yang banyak diambil orang adalah asuransi jiwa berjangka. Ada banyak perusahaan penyedia asuransi jiwa berjangka di tanah air. Anda bisa memilih tipe asuransi jiwa berjangka sesuai kebutuhan.

Baca Juga : 5 Cara Memilih Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Tahun ini

Seorang kepala keluarga bekerja mencari nafkah buat keluarga di rumah. Namun ia tak selamanya sehat. Suatu waktu ia bisa mengalami kecelakaan dan kematian hingga tidak bekerja lagi. Di sinilah manfaat asuransi jiwa berjangka untuk mengganti biaya kerugian akibat musibah itu.

Namun semua perlindungan kerugian dari asuransi di atas tidaklah gratis. Seseorang mesti membayar biaya perlindungan tersebut yang dinamakan premi asuransi jiwa berjangka. Besaran premi asuransi bervariasi dari mulai besaran premi asuransi jiwa berjangka termurah, sedang sampai termahal.

Ciri Khas Asuransi Jiwa Berjangka

ciri asuransi jiwa berjangka

Untuk lengkapnya, berikut ini beberapa ciri khas pokok dari pengertian asuransi jiwa berjangka, antara lain :

  1. Biaya premi sangat ringan
  2. Bisa dilaksanakan pembaharuan polis misalkan dengan memperpanjang masa perlindungan sesudah berakhir
  3. Pembaharuan polis asuransi jiwa berjangka bisa dalam jangka waktu penambahan tahunan maupun seumur hidup. Hal itu tentu saja akan berubah nilai premi yang harus disetorkan
  4. Bisa digabungkan dengan jenis asuransi yang lain. Misalkan asuransi kecelakaan diri, asuransi kesehatan, asuransi mobil, dll.

Faktor Penentu Premi Asuransi Jiwa Berjangka

Premi asuransi jiwa berjangka

Untuk besaran premi asuransi jiwa berjangka pastinya berbeda-beda tergantung beberapa faktor di bawah ini, antara lain :

  1. Status seseorang apakah ia perokok atau bukan. Kalau ia seorang perokok maka besaran premi asuransi jiwa akan lebih besar ketimbang non perokok
  2. Rekam jejak pemakaian obat-obatan. Apabila ia sudah pernah menggunakan obat-obatan maka besaran premi akan lebih besar ketimbang bukan pemakai obat-obatan
  3. Jejak rekam atau histori penyakit. Besaran premi ditentukan juga berdasarkan jejak rekam penyakitnya. Apabila keluarganya mempunyai riwayat penyakit tertentu dan turun temurun kepada anggota keluarga yang lain biasanya premi akan lebih besar
  4. Kesehatan seseorang. Perusahaan penyedia asuransi jiwa berjangka akan melakukan cek kesehatan seseorang sebelum mengikuti asuransi jiwa berjangka. Hal ini untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Apakah ia dalam kondisi sehat ataukah punya penyakit. Orang yang mempunyai riwayat penyakit tertentu dan dalam kondisi tak sehat maka biaya premi akan lebih besar ketimbang orang sehat
  5. Pekerjaan. Perusahaan penyedia asuransi jiwa berjangka akan memberikan asuransi yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuan keuangannya. Premi dan tipe asuransi jiwa berjangka akan ditawarkan dengan lebih murah jika ia bekerja tidak jelas atau tak mempunyai pendapatan tetap dalam jumlah besar
  6. Jenis Kelamin. Wanita memiliki biaya premi lebih murah ketimbang premi asuransi bagi laki-laki. Karena jenis kelamin laki-laki berpeluang untuk berumur pendek. Sedangkan wanita lebih berpeluang berumur panjang. Sehingga resiko wanita lebih kecil ketimbang laki-laki
  7. Umur. Semakin tua umur seseorang maka biaya premi akan jauh lebih besar. Mengingat resiko sakit dan mengalami kematian lebih besar peluang terjadi.

Tipe Asuransi Jiwa Berjangka

6 tipe asuransi jiwa berjangka

Asuransi jiwa berjangka mempunyai beberapa tipe. Berikut ini beberapa tipe asuransi jiwa berjangka, antara lain:

  1. Asuransi jiwa berjangka selama lima tahun
    Tipe asuransi jiwa berjangka ini memberikan perlindungan jiwa dalam masa lima tahun. Selepas lima tahun, perlindungan resiko nasabah dicabut. Pemegang polis dapat memperpanjang dan merubah status asuransi jiwa berjangka menjadi asuransi jiwa seumur hidup.
  2. Asuransi jiwa berjangka pertahun
    Tipe asuransi jiwa berjangka ini memberikan proteksi akibat segala resiko kerugian akibat meninggal dunia setiap tahun. Pemegang polis dapat memperpanjang setiap tahun untuk berlaku asuransi itu. Bahkan mengubahnya hingga asuransi jiwa seumur hidup. Intinya, masa aktif asuransi jiwa berjangka ini hanya satu tahun.
  3. Asuransi jiwa berjangka tetap
    Para ahli menyebut pengertian asuransi jiwa berjangka tetap dengan istilah level term insurance. Dinamakan asuransi jiwa berjangka tetap karena besaran premi dan manfaat yang akan diperoleh bersifat tetap. Besaran premi dan manfaat tidak akan berubah sampai berakhirnya masa berlaku polis asuransi.
  4. Asuransi berjangka meningkat
    Apa itu asuransi berjangka meningkat? Suatu asuransi jiwa yang memberikan manfaat yang terus meningkat seiring dengan laju inflasi. Tipe asuransi jiwa berjangka ini jarang sekali diambil oleh orang dalam memproteksi kerugian akibat kematian atau cacat.
  5. Asuransi berjangka menurun
    Decreasing term insurance atau lebih dikenal asuransi berjangka menurun. Pengertian asuransi jiwa berjangka menurun adalah suatu asuransi jiwa yang memberikan perlindungan kegunaan yang turun dalam masa periode berjalan. Turun nilai manfaat terus berlangsung sampai nol manfaat. Hal tersebut biasanya berhubungan dengan utang kredit dan hipotek.
  6. Manfaat Penghasilan Keluarga
    Asuransi family income benefit disebut juga asuransi manfaat penghasilan keluarga adalah suatu jenis tipe asuransi jiwa berjangka yang memberikan perlindungan kepada nasabah berupa jaminan pendapatan tahunan, kuartalan sampai bulanan jika terjadi musibah yang merugikan seperti nasabah mengalami kematian. Pendapatan dari polis asuransi ini diserahkan pada keluarga hingga periode masa aktif asuransi habis.

Setelah mengetahui beberapa tipe dan pengertian asuransi jiwa berjangka mungkin timbul dalam benak anda, siapakah yang pantas dan cocok mengambil asuransi jiwa berjangka? Setiap orang pantas dan harus mempunyai asuransi jiwa berjangka berdasarkan manfaat yang diberikan.

Namun pemilihan tipe asuransi jiwa berjangka harus disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang asuransi ini anda bisa mengakses situs resmi perusahaan penyedia asuransi jiwa berjangka.

Baca Juga : Memilih 9 Jenis Asuransi yang Tepat untuk Digunakan

Asuransi jiwa berjangka sangat cocok bagi mereka yang masuk dalam kategori generasi muda atau generasi milenium. Mereka yang bekerja keras dalam menghasilkan uang dalam jumlah besar untuk keluarga tercinta di rumah. Mereka yang merajut karir baru. Untuk menjamin kestabilan keuangan keluarga di masa kondisi tak terduga.

Dari penjelasan di atas, kita dapat mengetahui pengertian asuransi jiwa berjangka dan perusahaan penyedia asuransi jiwa berjangka. Yang populer adalah Prudential dan Allianz.

Asuransi ini adalah suatu asuransi jiwa yang memberikan proteksi dan perlindungan jiwa dalam masa tertentu. Masa aktif itu bisa diperpanjang bahkan diubah seumur hidup.

Akhir Kata

akhir kata asuransi jiwa berjangka

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian asuransi jiwa berjangka dan perusahaan penyedia asuransi jiwa berjangka. Yang semua itu dapat diperbaharui.

Tentu saja dengan biaya premi yang juga ikut berubah dan membesar. Jika anda membutuhkan jenis asuransi jiwa ini maka anda bisa segera menghubungi kantor asuransi jiwa terdekat. Umumnya, semua perusahaan penyedia asuransi jiwa berjangka mempunyai layanan ini.

5 / 5. 2198

Related posts