10+ Cara Mempromosikan Diri Saat Melamar Pekerjaan Terbaik

  • Whatsapp
Kalimat Cara mempromosikan diri

Pada artikel ini kami memberikan cara mempromosikan diri saat melamar pekerjaan, dengan menggunakan kalimat mempromosikan diri yang sudah teruji dan terbaik, sehingga anda fresh graduate pun bisa mendapatkan peluang besar untuk diterima.

Saat melamar pekerjaan, salah satu dokumen yang wajib dilampirkan yaitu CV yang menjual. Untuk membuat CV yang dapat mempromosikan diri sendiri, ada trik yang dapat di lakukan.

Read More

Trik inilah yang akan membuat HRD tertarik dengan tawaran promosi diri Anda. hal ini memang terkesan mudah, akan tetapi bagi fresh graduate yang belum pernah mempunyai pengalaman bekerja tentunya sedikit kesulitan.

Anda harus membuat kata-kata dalam mempromosikan diri secara singkat dan tepat. Ketika menambahkan kalimat promosi, yaitu dalam CV atau lamaran, maka Anda harus bisa menyesuaikannya pada platform yang digunakan ketika melamar pekerjaan. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa platform yang hanya mencari kerja seperti Jobstreet ataupun yang lainnya.

Pelamar harus membatasi kalimat persentasi perihal promosi diri paling tidak 300 karakter. Oleh karena itu Anda tidak disarankan apabila terlalu bertele-tele karena saat promosi harus menggunakan kalimat yang tepat dan maksimal.

Tips Cara Mempromosikan Diri agar Lolos Saat Melamar Pekerjaan

Kalimat Cara mempromosikan diri

Sebenarnya melamar pekerjaan tidaklah mudah dilakukan, untuk itu bagi Anda yang membutuhkan informasi bagaimana cara mempromosikan diri dan cara membuat kalimat yang tepat ketika melamar pekerjaan informasi. Berikut bisa Anda ikuti:

1. Cara Mempromosikan Diri Melalui Platform Pencari Kerja

Supaya dapat menaikkan branding image yang Anda miliki, maka Anda dapat mencoba mempromosikan diri melalui platform pencari kerja atau melalui sosial media.

Langkah ini akan menunjukkan ciri khas dan interest Anda supaya terlihat yang bisa dilakukan yaitu memilih sosial media yang tepat.

Anda harus memilih sosial media yang tepat, misalnya saja dengan menggunakan visual maka media sosial seperti Instagram cocok untuk Anda pilih. Namun apabila lebih tertarik pada tulisan maka blog dan Twitter dapat dijadikan sebagai alternatifnya.

Pastikan bahwa Anda menyukai sosial media yang Anda gunakan tersebut. Supaya tidak kebingungan ketika mengelolanya.

Apabila Anda bingung mengelolanya tentu saja hal ini justru akan membuat Anda terlihat jelek dan tidak mempunyai ciri khas.

2. Cara Mempromosikan Diri dengan Mengunggah Konten Sesuai Interest dan Passion

Sebelum memutuskan membuat sosial media maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa minat diri Anda dan apa saja yang menjadi ciri khas diri Anda.

Misalnya sangat menyukai jalan-jalan maka silahkan mengunggah beberapa foto travelling atau tempat yang pernah dikunjungi agar dapat dijadikan sebagai pembangun branding image yang Anda miliki.

3. Cara Mempromosikan Diri dengan Follow Akun yang Bermanfaat

Cara mempromosikan diri selanjutnya yaitu mengikuti akun yang bermanfaat ternyata tidak hanya menaikkan branding saja.

Akan tetapi juga dapat membantu Anda supaya memahami hal yang disukai. Dengan cara inilah maka dapat membantu supaya tidak bingung ketika ingin terjun bekerja pada bidang yang Anda sukai tersebut, karena bisa belajar melalui pengalaman dari sosial media yang Anda ikuti tersebut.

4. Cara Mempromosikan Diri dengan Rutin Memperbarui Profil

Memperbarui profil sosial media secara berkala harus dilakukan misalnya yaitu dari segi foto profil ataupun biografi. Melakukan update profil secara berkala maka secara tidak langsung bisa menjadikan orang lain lebih yakin bahwa akun yang Anda miliki tersebut benar-benar seringkali digunakan.

5. Cara Mempromosikan Diri dengan Memasukan Akun Sosial Media Pada CV

Untuk meyakinkan pihak HRD atau recruiter maka Anda dapat menambahkan satu atau dua akun sosial media yang Anda miliki. Namun dengan catatan akun Anda tersebut benar-benar menunjukkan interest dan kepribadian.

Di era digital seperti saat ini pada dasarnya pihak dari recruiter atau HRD akan diam-diam mencari informasi melalui sosial media yang Anda miliki tersebut.

6. Harus Mengetahui Cara Menulis Kalimat yang Tepat

Untuk bisa mempromosikan diri Anda melalui Jobstreet maupun platform yang lainnya maka Anda harus memahami cara mempromosikan diri dengan kalimat promosi yang tepat. Berikut ini caranya:

Kalimat Memprosikan Diri dengan To The Point

Anda sudah menuliskan di CV perihal jati diri Anda atau data pribadi. Untuk itu Anda tidak perlu mengulanginya dengan cara menuliskan nama maupun alamat tinggal. Membuat kalimat yang tepat harus to the point, sehingga tidak perlu memperkenalkan diri Anda lagi.

Tuliskan secara langsung kualifikasi yang Anda miliki supaya recruiter lebih tertarik untuk membacanya. Semakin banyak tulisan yang Anda tulis tentunya membuat pihak rekruiter justru malas untuk membacanya.

Kalimat Memprosikan Diri dengan Mengunakan Bahasa yang Benar dan Baik

Dalam menuliskan kalimat promosi, apabila tidak menggunakan ejaan yang jelas dapat mengurangi penilaian. Sebab itu meskipun bukan berasal dari lulusan sastra atau bahasa tetaplah membuat kalimat yang baik dan benar.

Dengan penggunaan susunan yang tepat, tanda baca yang benar supaya dapat meningkatkan profesionalisme Anda ketika mencari kerja.

Kalimat Memprosikan Diri dengan Jangan Menulis Bahasa Pasaran

Hal ini berarti bahwa Anda disarankan untuk tidak membuat kalimat yang seringkali digunakan oleh orang. Misalnya saja “Anda ingin bekerja keras supaya bisa memajukan perusahaan ini” atau bisa juga “Besar harapan saya supaya bisa diterima bekerja di perusahaan ini”.

Sebaiknya Anda memodifikasi kalimat tersebut supaya lebih tampil berbeda dan hal inilah nilai Anda dimata recruiter akan semakin meningkat.

7. Kalimat Promosi Sesuai Lamaran Kerja

Apabila Anda menuliskan skill sesuai dengan pekerjaan yang dilamar, tentunya hal ini mendapatkan nilai tambahan. Kalimat yang terdapat di dalam promosi harus ada di dalam CV supaya bisa memastikannya.

Misalnya apabila Anda melamar sebagai seorang admin, maka skill yang dapat ditonjolkan yaitu paham data entry dan mampu mengoperasikan Microsoft Excel.

Contoh Kalimat Promosi

Contoh kalimat promosi

Supaya Anda tidak mengalami kebingungan bagaimana cara mempromosikan diri melalui lamaran yang tepat, maka Anda dapat mengikuti atau mencontek beberapa kalimat yang ada dibawah ini, diantaranya:

1. Melamar Sebagai Penerjemah

“lulusan baru dari jurusan S1 bahasa Inggris, dapat berbicara bahasa Inggris, dan menulis bahasa Inggris dengan baik, mempunyai kemampuan dalam menulis artikel hard news yang baik, mengerti fotografi, serta bisa editing”. Melamar di plafon bahasa Inggris maka Anda dapat menggunakan kalimat lamaran bahasa Inggris agar lebih meyakinkan.

2. Posisi Desainer Grafis

“Sudah terbiasa mengoperasikan aplikasi desain grafis. Misalnya seperti Photoshop, Adobe Illustrator, CorelDRAW, dan Inside. Mempunyai pengalaman sebagai freelance desain grafis yang ada di salah satu perusahaan cetak foto secara online”.

3. Posisi Marketing

“lulusan SMK pemasaran, mempunyai pengalaman magang di PT Indo Sepadan selama 3 bulan, mempunyai kemampuan public speaking yang bagus, sehingga dapat mempromosikan produk perusahaan lebih mudah. Saya dapat bekerja secara tim atau secara individu”.

4. Sebagai Admin

“Terbiasa menggunakan program MS Office dan belum mempunyai pengalaman bekerja. Namun sebelumnya pernah mengikuti pelatihan dan mempunyai sertifikat Cisco pribadi yang mendetail dan efisien terhadap suatu hal”.

5. Posisi IT

Mempunyai kemampuan programing javascript dan PHP, pernah magang selama 3 bulan di PT XL Axiata Jakarta dan masuk dalam tim IT support. Saya terbiasa mengoperasikan jaringan ID dan OS Linux”.

6. Posisi Content Writer

“Saya lulusan D3 sastra Indonesia, mempunyai kemampuan dalam menulis artikel selling atau soft news yang baik, dapat menulis dan menerjemahkan artikel bahasa Inggris dan mengerti mempunyai beberapa contoh tulisan yang dapat dilihat melalui Blog pribadi yang tercantum di dalam CV.

Akhir Kata

Dari beberapa cara mempromosikan diri dengan kalimat promosi ketika melamar disuatu platform atau perusahaan yang ada di atas, maka Anda dapat memodifikasinya sebelum mengirimkan lamaran melalui WhatsApp atau email.

Anda tidak perlu merombak tulisan semuanya, karena hanya cukup menambahkan beberapa kalimat mempromosikan diri sebagai penutup ataupun pembuka. Selain itu juga merapikan susunannya saja dengan hal ini maka Anda mempunyai keyakinan bahwa tim recuiter akan menerima Anda.

Baca juga artikel populer lainnya :

5 / 5. 453

Related posts